Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • ORDER DESIGN
  • ABOUT ME
  • JUAL KEFIR
JASA DESIGN BLOG KHUSUS BLOGSPOT & JUAL PRODUK KEFIR

Template Baru Desainku

Agustinadian Susanti | Senin, Desember 30, 2013 | 31 Comments so far
Beberapa hari ini saya asyik utak-utik desain template. Terinspirasi dari template-template girly di internet. Penasaran pengen nyoba sendiri dengan berbagai macam cara. Sempat gagal juga karena ada clash kode script berulang kali ganti desain dan penuh percobaan. Bahkan sampai sempat hapus 2 dummy blogku karena gagal lagi gagal lagi. Dan ini lah hasil akhirnya, meski masih banyak kekurangan sana-sini, setidaknya ada rasa puas karena sudah bisa mencoba. 

Gambar vektor dan icon sosmed yang saya pakai adalah hasil kreasi gambar saya sendiri dengan fasilitas seadanya di PC saya. Saya mencoba mendesain dengan sedikit berbeda dari biasanya. biar ada ganti suasana aja hehe.. mungkin bisa saya baru seperti ini tapi saya akan terus belajar untuk menggali potensi yang ada dalam diri. Puji Tuhan, karena beberapa orang telah mempercayakan dirinya menjadi klien saya.

Saya berharap siapapun yang pernah menjadi klien saya makin diberkati sama seperti saya hidup dalam berkat Tuhan setiap hari. Saya bisa sampai saat ini semua karena karya Tuhan. Dulu saya sangat gaptek sekali. gaptek akut. Blog saja itu apa saya ga tahu. Mungkin ada teman yang tahu bagaimana awalnya saya. Dengan penuh tekad dan semangat meski tertatih-tatih mencari tutorial di internet yang notabene banyak dicopas dan keterangannya kadang rancu membuat saya ingin terus belajar dan membuat tutorial saya sendiri.
Demo : disini

Berbagi itu indah, jika ada yang bertanya kepada saya tentang tutorial itu saya anggap sebagai inspirasi untuk kemajuan saya dan mulai memberikan dampaknya pada orang lain. Saya open terhadap kritikan, asal kritik itu membangun dan bukan menjatuhkan. Selagi masih ada kesempatan, saya akan terus belajar . Semangat Ngeblog!!!

NB: Oya, jika ada yang berminat untuk mempercantik blognya silakan hubungi saya di contact form di bagian bawah blog saya ya.. ditunggu.... fast order fast respon :)
Read More

Indahnya Kebersamaan Keluarga

Agustinadian Susanti | Sabtu, Desember 28, 2013 | 18 Comments so far
Hari ini saya kok ketagihan pengen nulis di blog hehe.. mumpung ada waktu luang setelah orderan setting blog selesai. Hari-hari ini saya sangat merasakan kebersamaan kumpul dengan keluarga kecil saya. 

Ada adikku yang beberapa hari lalu baru pulang dari luar kota merayakan natal dan tahun baru di BLORA. Senangnya karena saya bisa memasak untuk adikku dan ia mau memakannya. Hm puas rasanya menyiapkan sarapan buat adik dan bapakku. Meski cuma sayur sop tapi jika memasaknya dengan penuh cinta jadi beda rasanya. 

Jujur saya ini paling takut kalau masakan saya kurang enak disantap karena saya ga terlalu ahli dalam hal memasak. Asin si pasti tapi ga sampe berasa air laut lah ya ? hahaha…. Entah kenapa ya? Mungkin kebiasaan setiap kali bapakku atau adikku makan masakanku selalu saya tanya, “Enak ga?” padahal ya baru pegang sendok. Haha.. 

Jika ada adikku pulang itu rasanya lengkap gitu keluarga ini. Tapi saya sedih karena besok adikku sudah pulang ke luar kota. Walau cuma beberapa hari rasanya masih pengen ditemeni. Hihi.. padahal biasanya juga cuma berdua sama bapak. Wah kok jadi curcol ya ini ceritanya. 

Intinya saya ingin menyampaikan bahwa memiliki keluarga yang harmonis adalah impian setiap orang. Meski kami cuma bertiga bisa dibilang KKBS (Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera) hehe..senangnya kumpul dalam keadaan sehat walafiat. Bisa makan dan tetap sehat saja kami sudah sangat bersyukur. 

Tuhan maha baik dan penuh kasih. Saya bersyukur punya keluarga yang rukun dan harmonis. Tetap jaga keharmonisan keluarga ya. Memiliki keluarga itu berharga sekali. Berdua, bertiga , berempat, dst tetap lebih baik daripada seorang diri.
Read More

Cara Mencegah Pencurian Artikel Blog

Agustinadian Susanti | Sabtu, Desember 28, 2013 | 28 Comments so far
Cara Mencegah Pencurian Artikel Blog - Suatu ketika saya penasaran banget sama icon yang satu ini:ya ini namanya icon RSS Feed. RSS (Rich Site Summary) adalah ringkasan isi situs (blog) dengan format xml. Sedangkan Feed adalah layanan yang disediakan oleh sebuah situs untuk mengumpulkan ringkasan blog untuk didistribusikan ke orang yang berlangganan situs tersebut. 

Nah, pas saya baca-baca di google, ternyata eh ternyata pasang icon RSS Feed ada kelemahannya juga, yaitu orang lain bisa dengan mudah mencuri konten artikel kita lewat RSS feed ini. 

Tapi kemudian saya cari tahu juga gimana ya cara mencegah pencurian artikel di blog kita jika kita pasang icon RSS Feed ini? Ternyata caranya sangat mudah, yaitu : 

1. Log in ke www.blogger.com 
2. Klik Setelan 
3. Klik Lainnya 
4. Perhatikan pada opsi “Izinkan Umpan Blog” pilih SINGKAT (kenapa milih yang 'singkat' ? Ini lebih mending daripada pilih yang TAK SATUPUN. Kalau yang singkat pencuri artikel cuma bisa copy setengah aja dari isi blog kita, nah kalau milih yang 'TAK SATUPUN' berarti kita matiin semua update artikel kita sehingga para pembaca blog kita juga TIDAK akan tahu tentang update terbaru blog kita) . 

Jika kita milih "PENUH" maka semua isi artikel kita akan muncul semua di RSS Feed, ini yang memudahkan pencuri artikel mencuri konten kita. Nah, pilihan di tangan Anda mau yang "singkat" apa yang "tak satupun"?

5. Simpan dan lihat blog Anda 

Mudah bukan. Dengan menyetel ke pilihan SINGKAT selain mencegah pencuri artikel mencuri seluruh isi artikel kita dan pembaca blog juga masih bisa ikuti update an blog kita. 

Adapun cara mengeceknya Anda harus pasang dulu icon ini di blog Anda, kalau di blog Anda tidak ada icon RSS feednya si aman-aman aja. Nah, jika mau ngecek tinggal di klik saja icon RSS feed di blog Anda nanti akan terlihat bagaimana kalau di setting PENUH, SINGKAT, atau TAK SATUPUN akan terlihat bedanya. 
 
NB : Pikirkan juga untuk menyetel ke singkat karena jika Anda memasang widget kotak komentar blog seperti di tutorial saya maka isi kotak komentarnya juga ikut ilang. ya semua emang ada untung dan rugi-nya hehe..  
Read More

Belajar Ikhlas

Agustinadian Susanti | Rabu, Desember 25, 2013 | 4 Comments so far
Ikhlas, satu kata dalam maknanya. Mudah diucapkan namun sulit dilakukan. Kadang kita begitu terlalu mengharapkan sesuatu tetapi pada akhirnya apa yang kita harapkan dengan amat sangat itu tidak juga kita dapatkan. Rasa sedih, kecewa campur jengkel/ marah pasti akan menghampiri kita. Namun ada pereda rasa itu semua yaitu belajar ikhlas dan merelakannya dengan hati yang lapang. Percayalah kalau rejeki emang ga kemana. Kalau itu pada akhirnya ga baik untuk kita pasti Tuhan akan beri yang lebih baik kok. Percaya saja dan serahkan pada Tuhan karena ada 3 hal yang memang tidak bisa kita kendalikan di dunia ini dan hanya Tuhan saja yang bisa yaitu, jodoh, rejeki dan maut. 

Kadang dalam hidup ini kita bertemu dengan orang-orang yang tidak menghargai kita, dan mungkin itu sempat menyita pikiran kita. “Kok tega ya dia bilang begitu? Kok orang itu sikapnya begitu ya pada saya? Padahal saya ga pernah nyalahi dia lho? Kok dia begini dan begitu ya sama saya?” Perasaan-perasaan kecewa seperti itu jika makin kita rasakan maka kita sendiri yang akan rugi. Kekecewaan akan sikap seseorang yang tidak sesuai dengan harapan kita akan dapat membuat hidup kita jadi ga sehat. Kesehatan kita bisa terganggu dengan banyaknya pikiran dan terlalu sensitive akan sikap seseorang. Dan ga adilnya lagi rasanya karena orang yang menyakiti dan mengecewakan kita hidupnya malah baik-baik saja. Bukankah kita yang rugi? Dobel rugi malah. Udah merasa dikecewakan plus sakit hati sendirian. 

Kalau begitu kok enak ya orang yang menyakiti kita? Kalau begitu enak donk mengecewakan orang? Udah ga berasa salah tapi juga hidupnya baik-baik aja karena ga sadar sudah mengecewakan kita. Terkadang ada orang yang ga terima dengan sikap temannya yang bikin sakit hati itu lalu melakukan tindakan kriminal misalnya. Nah itu malah tambah runyam lagi masalahnya. Bisa kena tindak pidana. Yang seharusnya jadi korban malah jadi tersangka karena balas dendam. 

Inilah ketidakadilan hidup yang kadang pernah dirasakan semua orang yang kurang bisa mengendalikan diri dan perasaannya. Lalu bagaimana nasib orang-orang yang dikecewakan tadi? Mau cari bukti ga ada, karena sudah dikecewakan hanya perasaan kita dan Tuhan yang tahu. Orang lain mana tahu apa yang kita rasakan? 

Untuk menjawab semua ini hanya ada satu jawaban. Ikhas ketika kita dikecewakan dan jangan membalas kejahatan dengan kejahatan. Memang sulit. Serahkan saja semua masalah kita kepada Tuhan. Di dunia ini ada hukum tabur tuai. Siapa menabur yang baik pasti suatu saat akan menuai hal yang baik juga. Semua butuh proses ga bisa instan. Mungkin orang lain ga ngerti perasaan kita, tapi kan kita masih punya Tuhan yang mengerti dan peduli? Biarkan saja orang yang mengecewakan kita itu berlaku sesuka hatinya sendiri. Kalau kita mau bereskan langsung dengan bicara baik-baik dengannya secara terbuka dan empat mata. 

Kita bisa berkata kepadanya, “Terus terang saja, aku tersinggung dengan sikapmu yang begini begini..” jadi dengan keterbukaan semacam itu kita ga menanggung beban pikiran sendiri. Dia juga jadi tahu letak salahnya. Keterbukaan akan membuat hati kita juga jadi lega. Tetapi seandainya orang yang mengecewakan kita itu acuh tak acuh meski kita sudah bicara baik-baik ya sudah berarti itu bagian Tuhan buat selesaikan dengan dia sendiri. 

Suatu saat nanti dia juga akan dikecewakan oleh orang lainnya lagi. Yang penting kita ada di jalur yang benar saja. Hukuman Tuhan sendiri yang akan bekerja kok. Percaya saja. Mungkin ga sekarang, tapi Tuhan itu punya waktu yang tepat untuk menjalankan semua rencanaNya. Dan satu hal lagi jangan takut kalau Anda benar. Ketakutan hanya untuk orang-orang yang merasa salah tapi gengsi mengakui. Be happy, be healthy… salam blogger…
Read More

Sedihnya Musim Hujan

Agustinadian Susanti | Senin, Desember 23, 2013 | 2 Comments so far
I hate rainy itulah kalimat yang menggambarkan suasana hatiku saat ini karena aku sangat sedih kalau musim hujan. Bagaimana tidak, rumah kami yang sudah rapuh bagian belakangnya membuat air hujan sering trocoh. Khawatirnya lagi aku hanya tinggal berdua dengan bapakku. Kalau ada genting melorot, pasti bapakku yang naik ke atas membetulkan. Kadang ga tega dan cemas kalau bapakku naik-naik. Mau nyuruh tukang kadang masih sibuk udah di sms ga datang-datang. Belum ada biaya lagi buat memperbaiki rumah bagian belakang. Sedangkan bagian yang paling aman adalah di ruang tamu karena baru ruang tamu yang sudah kami tembok. 

Awalnya TV yang kami taruh di kamar juga kena trocohan air hujan sehingga 2x diservis. Jadi mau tak mau TV harus pindah ke ruang tamu. Semua peralatan elektronik lainnya juga sudah kami taruh di ruang tamu. Cuma satu yang belum bisa yaitu kompor gas.. 

"Masa kompor gas ditaruh di ruang tamu?" Kata bapakku menyelaku. Berkali-kali kompor gas itu kena rembesan air hujan . atap dapur kami terbuat dari seng. Kalau hujan pasti sengnya netes air. Susahnya lagi aku belum bisa makan sembarang makanan yang dijual bebas dipasaran. Hanya warung tertentu saja yang bisa menyediakan menu sesuai keadaan lambungku. Jadi kompor adalah benda yang sangat berharga buatku untuk memasak. Kompor gas akhirnya aku payungin biar ga kena air hujan. Hati rasanya pengen nangis kalau kompornya ga mau nyala. 

Yang bikin sedih karena aku tidak bisa makan seperti orang lain yang bebas tanpa efek samping, mual dan muntah. Ditambah lagi galaunya saya karena warung makan langgananku yang kupesan khusus menunya ternyata tidak jualan. Lengkap sudah kesialanku. 

Keterbatasan ini benar-benar menyiksaku. Kadang sempat jengkel juga mengapa aku harus lemah pencernaan seperti ini. Andaikan memang kompornya tak bisa menyala kan masih bisa jajan di luar. Entahlah, saat ini aku terus bekerja dan mengumpulkan uang demi sedikit buat renovasi paling tidak dapurku. Agar aku tak kelaparan di tengah banyaknya makanan.
Read More

Tips Blog Untuk Anda

Agustinadian Susanti | Minggu, Desember 22, 2013 | 2 Comments so far
Beberapa waktu belakangan, saya baca keluhan beberapa teman yang mengeluhkan tentang hilangnya foto-foto mereka di blog setelah secara gak sengaja menghapus file foto di picasa. Mungkin emang maksudnya supaya bersih jadi dibuanglah foto-foto itu ke recycle bin (kotak sampah). Jika hanya dibuang ke kotak sampahnya aja masih bisa dipulihkan atau dikembalikan lagi ke albumnya. Tetapi jika kotak sampahnya juga dikosongin alamat dah hilang bener itu foto yang sudah diupload di blog juga. Apalagi jika kita nyimpen foto di picasa trus ambil URL linknya untuk dipasang bersama kode script widget. 

Yang kedua, masalah mengikuti tutorial blog di internet.Tak ada salahnya mencoba-coba tutorial karena saya juga begitu hehe, tapi memang harus ekstra hati-hati dalam mengikuti panduan tutorialnya karena template yang kita pakai kadang tidak sama dengan template si empunya tutorial. Blog saya hampir jadi korban karena kotak komentar saya sempat hilang disebabkan adanya bentrok kode script. Seperti halnya kode jquery ga boleh ada dobel kode itu di template kita. 

Untuk mengutak-atik template pun sebelumnya kita wajib unduh template blog kita dulu dengan cara klik cadangkan/ pulihkan dan unduh template lengkap. Simpan file template kita dalam bentuk .xml ke tempat yang aman, sehingga sewaktu-waktu kita gagal ikuti panduan tutorial di internet, bisa kita kembalikan lagi susunan kode template kita seperti semula. 

Ada lagi yang seperti ini kasusnya, seseorang pengen agar postingan dan gambarnya tidak bisa dicopy paste orang lain. Waktu ikuti tutorial di internet eh mungkin karena gagal malah susunan tata letaknya jadi berantakan. Untuk berjaga-jaga agar postingan kita ga dicopy paste si boleh juga, tapi kalau blog Anda isinya tutorial mau dibuat agar tidak bisa dicopas ya nanti sulit buat yang mau ikuti tutorialnya, karena blog isinya tutorial itu harus copy kode script. Bisa sih di simpan dalam file lain tapi buat yang masih gaptek akan kesulitan. 

Kasus berikutnya adalah pasang kode capthca di blognya biar ga ada spamer masuk. Bisa aja, tapi buat pembaca mesti males kalau ada kode verifikasi dulu. Untuk mencegah komentar spam, saya punya tutorialnya disini

Kemudian, ada juga yang begini, tidak mau blognya dikomentari orang lain sehingga disembunyikanlah kotak komentarnya itu. Alhasil, ternyata kotak komentarnya hilang forever. Meski sudah ganti template tetep ga ada . Entah dimana kotak komentarnya berada. 

Jadi intinya begini, jangan sampai maksud kita mau menjaga diri eh malah kena batunya. Beberapa hari ini saya baca komentar dari para pembaca yang menanyakan hal aneh dan tidak masuk akal. Misalnya lho di template saya kog ga ada tulisan Ctrl+F nya mbak? Ya iyaalah Ctrl+F itu kan di keyboard bukan di template hahaha.. aneh aneh aja nih orang, ternyata dia cuma iseng nanya. Komentar ya komentar tapi dipikir dulu donk sebelum komen. Nanya asal-asalan kurang kerjaan kali ya? Haha.. saya sih senang-senang aja pada komentar tapi yang masuk akal donk. 

Geli lagi tuh kayak gini, tulisan saya tentang apa komentarnya ngomongin lainnya. Trus maksanya "kunbal gan…" (kunjungan balik gan) wedew….BW si BW tapi yang tulus dongggg.. wkwkw… 

Oya, semua tutorial yang saya buat di sini sudah saya praktekan terlebih dahulu di blog saya sebelum saya buat tutorialnya. Jadi apabila ada complain lho di template saya kog ga ada kode ini dan itunya itu mungkin karena template kita berbeda. Template saya adalah template asli bawaan blogger yang dimodifikasi. Jadi tutorial saya cocoknya buat yang bertemplate bawaan blogger juga. 

Ok, segitu aja ya tipsnya.. so be carefull ingat catatan itu penting banget, bookmark segala sesuatu yang penting dan jangan sampai ilang terutama username dan password blog Anda. Sip.. happy blogging ya…..
Read More

Ibu, Cinta Tanpa Akhir

Agustinadian Susanti | Minggu, Desember 22, 2013 | 18 Comments so far
Ibu, Cinta Tanpa Akhir – Memperingati hari Ibu setiap tanggal 22 Desember setiap tahunnya, membuatku teringat kembali akan almarhumah ibuku. Sosok wanita hebat yang penuh kasih sayang untuk kedua anak-anaknya. Sudah 14 tahun lamanya aku hidup tanpa ibuku. Terkadang disaat aku sedang sedih, pasti malam harinya aku mimpi bertemu mendiang ibuku. Seakan beliau ingin menghiburku. 

Salah satu mimpiku terjadi ketika aku pulang dari retreat dari luar kota dengan setumpuk baju kotor, aku sangat capek untuk mencuci. Jadi aku rendam dulu di ember dan kutinggal tidur. Dalam mimpiku aku bertemu ibuku, dan aku mengeluh capek tidak bisa mencuci baju. Lalu ibuku berkata, “Ya nanti ibu yang cucikan.” Dan ketika bangun tidur aku sadar ibuku sudah meninggal, aku pun mengambil cucian ku dan mulai mencuci. Herannya lagi, aku sama sekali tidak merasa capek, rasanya bukan aku yang mencuci baju itu tapi dibantu almarhumah ibuku. 

Dulu setiap mau tidur, ibu selalu mendongeng untukku dan adikku. Dongeng "Si Kancil Mencuri Ketimun" adalah salah satu dongeng ibuku. Ibuku pandai sekali bercerita, bahkan tanpa menyusun kerangka karangan dulu, kisah demi kisah ia ceritakan bagai sudah nglothok langsung ceplas ceplos ngomongnya. Akhirnya kami pun terlelap meski dongengnya belum selesai. 

Sejak kecil, ibu selalu mengajariku menyanyi dan itu direkam dengan kaset dan tape recorder jadul. Dari suaranya terlihat bahwa ibuku adalah sosok ibu yang sabar dan penyayang baik untuk anak-anaknya sendiri maupun anak orang lain. Tapi entah dimana ya kaset rekamannya dulu? Hehe.. mungkin sudah hilang. Tapi meskipun kaset rekamannya hilang, suara ibuku tetap menggema dihatiku. 

Aku paling suka makan masakan ibuku. Bahkan sejak dari TK sampai SMP aku tak pernah bawa uang saku karena aku merasa sudah cukup kenyang makan masakan ibuku di rumah. Ibuku adalah seorang penjual nasi pecel. Setiap jam 3 pagi ibu dan bapakku bangun untuk mempersiapkan buka warung. Pagi-pagi benar setelah usai membuka warung, ibuku mandi dan berdandan lalu menghampiri kami berdua yang masih tertidur sambil mencium pipi kami dan membangunkan kami untuk segera mandi dan berangkat ke sekolah. Dengan manjanya, aku dan adikku meminta ibuku untuk menyeret kaki kami sampai ke ujung ranjang supaya mau bangun. 

Dulu aku sangat manja, makan pun minta diambilkan. Jangan ditiru ya.. hihi.. berasa sekarang harus mandiri. Setelah mandi biasanya ibuku menyisir rambutku yang panjang. Aku makan masakan warung ibuku dengan kenyang dan sebelum berangkat sekolah, kami berdua mencium pipi ibuku dan pamit. Ibu selalu mengajar kami untuk pamit seperti itu. 

Pulang sekolah, ibuku selalu memeriksa tasku dan membuka buku-buku tugasku memberiku pujian ketika nilaiku bagus serta membiasakanku untuk langsung mengerjakan PR setelah makan siang. Jadi ketika beranjak dewasa tanpa dikomando pun kami reflek langsung mengerjakan PR jika ada PR tanpa menunda mengerjakannya. Setelah selesai makan siang, biasanya aku membantu ibuku mengupas bawang, memotong sayuran, serta pergi ke pasar besar untuk menyelepkan kacang. Aku berboncengan dengan adikku pergi ke pasar yang jaraknya 30 menit dari rumah sambil membawa tas keranjang besar berisi kacang dan bumbu untuk diselepkan. 

Sore harinya setelah membantu ibu, aku bermain bersama tetanggaku sampai petang, kadang lupa mandi. Ibuku langsung menghampiriku dan menyuruhku mandi. Tapi karena aku bandel tidak mau segera mandi, maka ibuku langsung membawa seember air penuh lalu mengejarku dan menyiram sekujur tubuhku dengan seember air jadi basah semua deh bajuku. Hahaha… itu adalah caranya memaksaku mandi. 

Ya, itulah kenangan indah bersama ibuku selama 16 tahun kami bersama. Aku merasa sangat bahagia mempunyai kedua orangtua yang sayang pada kami. Hingga waktu aku duduk di bangku kelas 2 SMU. Ibuku mulai kehilangan pendengarannya. Itu disebabkan karena beliau sering membersihkan telinganya dengan lidi yang dibalut kapas. (cuttonbuds gawe dewe). Ya mungkin karena terlalu dalam membersihkannya mbuh kesogrok mungkin jadi infeksi. Beliau sering mengeluh sakit kepala dan akhirnya dokter vonis ibuku kena kanker telinga. 

Aku tak tahu kapan pastinya ibuku meninggal, karena waktu itu aku masih di sekolah dan ketika aku sudah pulang begitu banyak sepeda motor parkir di depan rumahku, ada kursi-kursi juga dan banyak orang sudah berkerumun di rumah kami. Aku kira ada pasar malam. Eh ga tauya ibuku sudah meninggal. Dan beliau meninggal tanpa daun telinga kanan karena sudah termakan oleh sel kanker. Aku bahkan tak bisa menangis, pikiranku saja yang kosong, seperti shock berat. Tubuhku terasa lemas karena aku tidak siap kehilangan ibuku. Dan sejak ibuku meninggal, fisikku tidak sesehat dulu lagi. Aku mudah merasa cemas dan terkena psikosomatis. 

Kini ibuku telah pergi, namun kasih sayangnya selalu kurasakan hingga sekarang. Ibu, cintamu benar-benar tanpa akhir. I love you mom.. 

http://emak2blogger.web.id
Tulisan ini diikutsertakan untuk memperingati hari Ibu bersama Kumpulan Emak Blogger.

Read More

Cara Mengetahui dan Mempercepat Loading Blog

Agustinadian Susanti | Sabtu, Desember 21, 2013 | 3 Comments so far
Akhir-akhir ini saya lagi pengen benahin blog. Hal yang paling menegangkan saat benahin blog yaitu saat utak utik template. Buat Anda yang gemar utak-utik saya sarankan jangan lupa backup dengan cara klik cadangkan dan pulihkan template Anda lalu unduh template lengkap terlebih dahulu biar kalau terjadi sesuatu/ eror bisa cepat balik lagi ke template semula. 

Lagi pengen-pengennya nyoba slider, yang full ga taunya loading blog saya jadi lemottt saya pikir karena cuaca, biasa lah sinyal naik turun kayak eskalator hihi… mungkin karena terlalu banyak kode script di blog saya jadinya ya gitu deh lemot. Selidik punya selidik, akhirnya nemulah saya cara mengetahui dan mempercepat loading blog. 

Caranya sangat mudah yaitu dengan membuka situs http://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/ 

Kemudian isilah alamat URL link blog Anda → Klik ANALISIS 

Nah, disana tertera berapa kecepatan loading blog Anda via seluler dan via desktop. Ukuran blog idealnyakurang dari 100Kb, apabila kapasitas blog Anda lebih dari 100KB mungkin ada widget yang tidak perlu dipasang yang dapat mempengaruhi loading blog lama. 

Ok, happy blogging ya..
Read More

Yang Penting Nggak Penting Cuma Ada di Nyunyu.com

Agustinadian Susanti | Kamis, Desember 19, 2013 | | | | 32 Comments so far
Hari gini apa sih yang penting nggak penting buat anak muda dan yang seru? Mau tau, apa mau tau bangets (pake “S” biar maknyesss plus sueger). Jawabannya cuma ada di blog Nyunyu.com. Blog dengan tampilan header warna kuning-putih ini pas banget dengan selera anak muda. By the way, nama blognya ngegemesin gitu ya? Kenapa "Nyunyu" ya namanya? Menurut contekan dari komentar-komentar yang kubaca, Nyunyu ini berasal dari kata new new ( kalau dibaca kan jadi nyunyu) ya hahaha.. Unyu-unyu.. gitu. 

Yang bikin aku demen banget tuh ya isinya bo… anak muda banget. Kocak, gaul, seru, lucu, wah komplit dah pokoknya. Ga ngebosenin baca artikel-artikel di blog Nyunyu.com ini. Buat yang super kepo tentang blog Nyunyu bisa langsung aja kunjungi www.nyunyu.com

Blog yang ditulis sejak 3 Februari 2012 ini tadinya mengusung tagline “Yang Muda Yang Berjaya” . Tetapi kemudian seiring perkembangan jaman tagline tersebut diganti jadi “Yang Penting Nggak Penting” . Tanya kenapa? Ya, karena cuma disini yang mengupas info-info menarik yang penting nggak penting dan yang nggak penting jadi penting yaitu tentang gaya hidup, sosial, teknologi, olahraga, music, de el el.. (dan lain-lain). 

Emang sih aku akui kata-kata yang ditulis di blog ini agak nyeleneh, tapi disitulah serunya. Itung-itung bisa jadi obat galau tuh buat anak muda yang masih jomblo kayak aku (modus curhat). Ada 15 orang team anak muda di Nyunyu.com dan siapa aja sih mereka ini? Kreatif sangat.. yak? Hehe.. kenalan dulu yuk : 

1. Mas Arief Muhammad 
Sebagai pemimpin redaksi yang berstatus jomblo berakreditasi ini mempunyai side job sebagai joki 3 in 1, penulis novel “Pocong juga Pocong”, dan duta move on. Yang mau follow twitternya bisa di @poconggg (waduh maksudnya follow akun @poconggg aja ) hehe.

2. Alit Susanto 
Adalah penulis buku Shitlicious. Buka aja blognya di www.shitlicious.com. Kelebihannya yaitu mempunyai lubang hidung besar. Beliau adalah  sesepuh mahasiswa abadi yang terkenal karena wejangan-wejangannya yang menyesatkan. Dan yang mau dapat tips-tips kuliah lama buka aja http://www.nyunyu.com/alitt serta follow juga twitternya @shitlicious.

3. Dara Prayoga 
Pebasket yang gak digandrungi. Hobby suka iseng edit tulisan orang dan penggelisah sejati terutama yang berhubungan dengan kegaulan anak muda. Buka website pribadinya di daraprayoga.com atau follow twiternya @landakgaul. 

4. Barlie Ve 
Emak-emak penggemar Coboy Jr yang berjiwa muda. (eh udah emak apa belum ya? Hihi maaf kalau salah tafsir). Anggota komunitas “Mamah muda siapa yang punya.” Hobbynya dagang, makan, jalan-jalan. Cek blognya di barlieve.tumblr.com atau follow @barlieve. Bagi yang berminat masang iklan di Nyunyu.com bisa menghubungi beliau. 

 5. Adhie Fahmi 
Personil Band dengan suaranya nyaris bikin sakit telinga membuatnya lebih keren diem daripada sing a song. Wkwkw…Hobby nulis, ngetwit, ama jepret-jepret. Baca blognya di adhiefahmi.blogspot.com atau follow @adhiefahmi dan yang penasaran ama suaranya bisa dengerin di soundcloud.com/adhiefahmi

6. Fathan Auladi 
Moto hidupnya: kesempurnaan hanya miliq D’essential. Follow twiternya @todjon. 

7. Pramirtha Sudirman 
Mengaku Xena jaman baheula. Impian terpendamnya mencoba nyebur di semua pantai dimuka bumi ini serta miara chettah. Kelebihan penghitung angka yang teliti. Follow @pramirtha.

8. Jodi Baskoro 
Emosinya kadang bisa 3kg kadang bisa 15 kg bisa juga meledak kayak tabung gas. Wkwkw. IT di Nyunyu.com ini adalah cowok tambun berkacamata yang hobbynya desain, motret, main vector. Jarang olahraga terutama lari padahal lari kan bikin body sehat ga sekedar tambun. Hihi.. Oya, buat yang mau follow twitternya @jodibaskoro.

 9. Aprishi Allita 
Kalau tadi Alit itu cowok nah ini alita (cewek). Hm ternyata ada 2 alit di Nyunyu.com. Hihi.. Cool in school adalah buku perdananya. Hobbynya main music, makan, dan olahraga. Sebagai duta pepaya dan anti bullying ini adalah pemilik website www.carikapapaya.com. Follow twitternya @AprishiAllita.

 10. Reynaldi Fernando Kusuma 
Tukang ketik artikel di Nyunyu.com ini aktif sebagai tukang foto keliling dan dagang kamera. Sempat punya blog di www.jellipillot.blogspot.com dan follow twitternya @enatnetnot

11. Fitri Noviyanti 
Cewek berkacamata ini punya nama panggilan Pipit. Kalau mau follow twitternya di @pypito_O 

12. Oldy Jurakli 
Dikenal sebagai Older plus. Jabatannya : illustrator, desain grafis, dan animator di Nyunyu.com. Salah satu moderator dalam Tembokbomber.com – forum terbesar dan pertama di Indonesia tentang Indonesian Urban Art Community. Follow @orderplis..eh @olderplus 

13. Risky Ramadhan 
Pemilik blog www.terlalurisky.com ini suka jepret-jepret, mengabadikan kesehariannya dengan menulis, suka kirim kartupos juga meski udah bukan jamannya. Follow @terlaluriskan eh salah lagi @terlalurisky (terlalu beresiko ) haha.. 

14. Muhammad Yacob Badaru Jaman 
Wew panjang bener yak namanya? Panggil saja Falen, Palen, atau sayang meski kau tak sayang. Mahasiswa psikologi ini ngakunya jomblo romantis karena suka bikin tweet galau dan puitis di @falleninhope yang mau kirim surat bisa email ke fallenpratama.yahoo.com 

15. Ade Imelda Sari 
Menjadi sekretaris yang cita-citanya adalah tumbuh tinggi meski sesenti. Haha. Follow twitternya @adeimeldas

Demikianlah perkenalan ke-15 personil team. AKIMH (Awas Kalimat ini mengandung Humor) dan buat para team jangan marah yak arena ini buat seru-seruan aja. 

Nah, pertanyaannya ada apa aja sih di blog Nyunyu.com ini? Di menu MAIN ARTICLE ada artikel-artikel yang seru dan kocak yang ditulis oleh para team. Ada menu REKOMENDASI berisi karya-karya (kartun, buku, lagu, film, sastra, yang direkomendasikan buat dinikmati), di Menu PEMADAM KELAPARAN ada info-info tempat makan yang menggoyang lidah plus menggugah selera. DI Menu EVENT ada info event up to date yang penting nggak penting, Ada Menu NYUBROL yang berisi obrolan tamu-tamu yang diundang dan diwawancarai oleh Nyunyu Team. Ada komik-komik lucu di Menu KOSANYU (Komik sarang Nyunyu) yang diambil dari seputar keseharian, ada Menu FRESTEVAL tentang info lomba foto dan poster. Dan juga kita bisa nonton video Nyunyu di menu NYUTUBE. Selain itu ada menu-menu tentang artikel cinta, sekolah, bahasa (bahas bahasa), serba-serbi, tips, gift-party, mistis, tekno, music, dll wah pokoknya banyak deh. 


Menu di Nyunyu yang paling kusuka banget itu ajang cari jodohnya di Menu MASIH SINGLE. Secara aku masih jomblo juga haha, ups malah curhat iki pie to? (Kembali ke jalan yang benar) dan Menu POJOK GALAU-SOLUSHIT karena selain jomblo juga aku kadang galau akut juga. (parah… parah…wkwkw) dan disini kutemukan solusi-solusi yang cukup menghibur dan mengurangi prosentase kegalauanku. Satu lagi aku paling suka baca artikel NYUBROL.. karena disini aku bisa membaca hasil obrolan tamu-tamu Nyunyu yang inspiratif.

By the way, kita juga bisa kirim artikel disini tentunya kalian musti jadi member Nyunyu atau log in dulu ya, dan kalau belum punya akun di Nyunyu.com bisa daftar aja dengan akun facebook atau twitter kita. Aku juga barusan daftar. Ini buktinya :

Oya, bagi yang mau tau cara daftar jadi member Nyunyu, ini aku buatkan tutorialnya disini


Semua postingan kita bakal dimoderasi dulu untuk menentukan layak atau tidaknya artikel kita itu buat dimunculin. 

Trus artikel apa saja yang bisa kita kirimkan? 
1. #Main Article : artikel kreatif, kocak, dan seru yang membahas tips-tips kehidupan anak muda sekarang (cinta, sekolah, persahabatan) dan yang paling penting bukan curhat masalah pribadi ya.

2. #Pemadam Kelaparan : review artikel tentang tempat nongkrong anak muda yang asik , murmer (murah meriah ) dengan menu yang leziz… maknyus. Kalau bisa ada foto dan info lokasi yang detail biar ga nyasar. 

3. #Ngumpul-Ngumpul : Buat yang pengen show off tentang komunitasnya syaratnya punya kegiatan rutin dan visi misi yang jelas. 

4. #Pojok Galau : yang namanya anak muda tak lepas dari rasa galau tapi jangan sampai sakaw ya hehe. siapa aja yang galau boleh curhat masalah kalian disini dan tenang aja karena team akan mencarikan tukang ngasih solusi buat kalian dengan komentar absurd. 

5. #Aibtemen : tempat buat share foto-foto temen kita yang malu-maluin. Bukan bermaksud apa-apa sih, tapi ini buat lucu-lucuan aja hehe..plus menghibur. 

Selain itu kita juga bisa masang iklan dan bisa nampang juga cari jodoh buat yang single (ingat ya buat yang single) klik aja menu MASIH SINGLE di blognya Nyunyu. Jika ada pertanyaan lain seputar Nyunyu.com bisa samperin kantornya di: 

Jl. Brawijaya 1B No.72 Kebayoran Baru, 
Jakarta Selatan 12160 
Telp :  021-7206226 

Dan inilah alamat social profilenya Nyunyu.com 

Saat ini Nyunyu.com lagi ngadain lomba blog lho, buat yang mau ikutan bisa simak ketentuannya disini .
 
Nyunyu

Postingan ini diikutsertakan dalam Lomba Ngeblog tentang Nyunyu bersama Nyunyu.com
Read More

Cara Mendaftar Jadi Member Nyunyu.com

Agustinadian Susanti | Kamis, Desember 19, 2013 | Be the first to comment!
Hai, pas ikutan lomba blognya Nyunyu.com jadi kepikiran nih buat bikin tutorial cara daftar jadi member Nyunyu.com. Yuks daftar, caranya : 
2. Klik Sign Up for Nyunyu Sosmed 

3. Jika kalian mau daftar dengan akun facebook juga bisa klik aja tombol connect facebook 
4. Atau jika mau daftar dengan cara lain bisa isi data berikut ini → Daftar Sekarang 
Ketr.no.3-4
5. Nah, jadi deh… oya buat yang mau ganti foto profilnya bisa klik My Nyunyu → Pengaturan Akun 

6. Arahkan kursor agak ke bawah lihat tulisan AVATAR → Upload foto Anda dari komputer/ laptop (ukuran foto 600x350px) 

 7. Simpan perubahan 

Nah, gampang kan? Dicoba ya dicoba.. selamat bergabung di Nyunyu.com
Read More

Posting dari HTML

Agustinadian Susanti | Selasa, Desember 17, 2013 | 2 Comments so far
Sekedar mengingatkan kembali untuk semua klien Susan Jasa Online. Setelah blognya saya pasangi readmore otomatis maka Anda TIDAK PERLU lagi mengklik icon insert jumpbreak ini lagi:


dan untuk mencegah terjadinya eror sehingga tampak tulisan :

 Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE 

saat anda klik Menu HOME/ Beranda, maka untuk mengantisipasi hal itu sebaiknya Anda perhatikan cara posting di blog sebagai berikut :

1. Masuk ke www.blogger.com 
2. Klik POS → Entri baru 
3. Ketik Judulnya 
4. Klik HTML 
5. Mulai mengetik atau mungkin jika Anda sudah mengetiknya di word terlebih dahulu bisa langsung copas dari word (masih dalam kotak HTML) 
6. Setelah selesai semua tulisannya lalu klik COMPOSE 
7. Setelah itu Anda bisa atur ulang spasi dan jaraknya serta tampilannya mau rata tengah atau kanan-kiri. 

ketr.no.4-7

8. Ketik nama labelnya 
9. Simpan dan Lihat Blog Anda 

Nah, setiap setelah memosting artikel di blog sempatkan waktu untuk klik menu HOME / beranda pada navigasi menu Anda untuk memeriksa apakah terjadi eror atau tidak. Jika ternyata ada eror, maka yang perlu anda lakukan adalah ikuti tutorial saya berikut disini

Terima kasih sudah mempercayakan setting blog Anda pada Susan Jasa Online. Tetap semangat ngeblog ya…
Read More

Cara Memasang Video di Postingan Blog

Agustinadian Susanti | Minggu, Desember 15, 2013 | 9 Comments so far
Cara Memasang Video di Postingan Blog – Hai? Mau coba pasang video di blog? Kali ini saya mau coba pasang juga ah, lagu favorit saya sih, hehe yaitu Ost. Endingnya film Office Girls seperti ini : 


Adapun caranya yaitu: 
1. Buka www.youtube.com 
2. Search kata kuncinya misalnya Ost Office Girls

3. Klik Bagi → Sematkan → Atur ukuran misalnya (320x180)
untuk ukurannya sesuai selera ya, kalau Anda rasa kekecilan bisa dibesarin..hehe, btw, ini cuma contoh aja :)

4. Copy kode nya (Ctrl+C) 

Nah, untuk memasukkan ke dalam postingan blog kita, caranya sebagai berikut : 

5. Log in ke akun blog Anda di  www.blogger.com 
6. Klik Entry Baru 
7. Klik HTML 
8. Paste kode tadi (Ctrl+V)
9. Klik Compose 
10. Simpan & Lihat Blog 

Tadaaa… mudah kan? Selamat mencoba ya…
Read More

Siapa Aku di Matanya?

Agustinadian Susanti | Sabtu, Desember 14, 2013 | Be the first to comment!
Sebuah pengakuan akan membuat seseorang merasa dihargai dan dicintai. Namun ketika apa yang kita harapkan itu tidak kita terima maka yang ada hanya kekecewaan semata. Ya, aku memang bukan siapa-siapa, dan sangat salah memilih orang yang seharusnya ku beri cinta karena aku ga tanya Tuhan dulu apakah dia emang baik buatku?

Maunya langsung to the point dan instant. Ya mungkin karena factor U mengejar. Banyak yang bilang lebih baik terlambat menikah daripada menyesal seumur hidup. Ya si, Tuhan lebih tahu kapan waktu yang tepat untuk memberi kita jodoh. Sekarang logikanya gini aja. Adam itu kan tercipta lebih dulu daripada Hawa kan? Nah, Hawa dibuat dari tulang rusuk Adam. Seumpama ni aku Hawa, berarti aku dibuat dari tulang rusuknya Adamku kan? Ga mungkin ada aku kalau ga ada tulang rusuk. Hehe bingung kan? Yang nulis aja bingung. Cuma masalahnya si empunya tulang rusuk ini entah lagi ngapain dan dimana ya? Apa dia ga kesakitan gitu ilang satu tulang rusuknya? Apa dia ga nyari gitu? Mana ada tulang jalan-jalan sendiri nyari yang punya tulang rusuk? Bisa si, ngglundung.. Haha.. tapi kan ga nyampe-nyampe. 

Aduh, kenapa postingan hari ini super galau ya? Biasanya si aku kalau udah banyak kerjaan ga mikirin tu si Adam mau ngapain. Yang penting bisa makan, cari uang, hidup sehat bareng bapakku dan adikku, happy all the time. Penting banget sih mikir cinta? Masalahnya sampe sekarang nemunya cinta yang salah mulu. Jadi males sendiri paling-paling ntar ujung-ujungnya ditolak. Daripada sakit ati mendingan ngeblog sampe pagi. Punya kesibukan itu worthy banget lho.

Kadang lihat cowok cakep dikit emang si suka, cuma aku mikir lagi, ya kalau dia mau sama aku? Kalau cuma dikepret doang? Makin sakit ati kan aku? Pasalnya aku ni sensitive banget jadi aku ga mau pikiranku kacau mikirin orang yang sama sekali ga sayang sama aku. Kalau mikir panjang si emang seharusnya menikah itu perlu. Ya buat masa tua lah, masa masa tua mau lonely. Aku jujur paling takut sendiri. Apalagi saat sakit di rumah sakit. Tiba-tiba ditagih uang administrasi, ditanya keluarganya. Nah kalau ga punya keluarga? Ditanggung sendiri gitu? Ih,…takut… 

Ya, menikah itu perlu. Dengan siapa kita nikah juga menentukan masa depan kita dan anak-anak kita. Aku ga mau ah punya keluarga yang brokenhome. Jadi mulai sekarang aku hanya akan berharap sama Tuhan saja. Percuma juga naksir yang ditaksir kagak respon. Buang waktu dan tenaga, pikiran, perasaan tersakiti. Duh, menikah si emang indah kalau nemu yang tepat. Kadang ketemu cowok yang kurang cakep aja bisa bilang, “Siape lu berani naksir gw?” kalau sama yang kurang cakep aja ga laku, masa ngarep sama yang cakep? Ditendang bisa bisa.. duh… 

Intinya kalau bukan Tuhan yang gerakkan orang itu pasti susah dapetin cintanya. Ampuni aku Tuhan, pake kekuatanku sendiri lagi. Duh kemarin kemarin aku tegar lho, kenapa sekarang jadi lemah gini ya? Jadi curhat nih hehe.. gpp ya guys, mungkin ini syndrome malam minggu.
Read More

Cara Update Status Twitter Otomatis

Agustinadian Susanti | Kamis, Desember 12, 2013 | | 12 Comments so far
Cara Update Status Twitter Otomatis - Seperti halnya alarm pada jam untuk mengingatkan kita bangun, maka update twitter pun bisa disetting agar nge-update sendiri karena sudah kita setting. Bisa tuh ditinggal bobo, eh pas jam yang sudah kita tentukan tau-tau twitternya bisa bikin status sendiri. Hihi.. 
Mau tau caranya? Simak langkah-langkahnya berikut ini : 

2. Klik Update Status Twitter 

3. Izinkan Aplikasi → klik Masuk 

4. Pilih Zona Waktu (GMT+07.00) Asia/Jakarta 

5. Tuliskanlah status Anda, atur tanggal dan waktu kapan status tersebut update sendiri, dan centang kotak disamping akun twiter yang akan digunakan → SCHEDULE 

6. Akan muncul tulisan "Your Message have been saved"

Nah berarti status Anda sudah tersimpan dan akan tayang sesuai dengan waktu dan tanggal yang sudah Anda tentukan. Gampang kan? Yuk…dicoba ya dicoba…
Read More

Cara Membuat Banner dengan HTML5 Maker

Agustinadian Susanti | Selasa, Desember 10, 2013 | 12 Comments so far
Cara Membuat Banner dengan HTML5 Maker – kebetulan sekali ketika ada seorang teman yang kebingungan cara memasang banner dari html 5 maker ini membuat saya jadi pengen buat tutorialnya sekalian itung-itung isen-isen blog ya hihi.. ok, sebelumnya saya akan berbagi cara membuat bannernya terlebih dahulu dengan menggunakan html 5 maker.

Bagi yang belum pernah membuat banner disini, bisa klik sign up dulu untuk mendaftar dan jika Anda sudah terdaftar silakan ikuti langkah-langkah berikut ini :

2. Ubah size (ukuran banner) melalui klik Change Canvas, misalnya saya pilih ukuran full banner (428x60 px) 
3. Klik Add Image → Choose Category 
4. Klik Element → Pilih gambar/bentuk yang Anda mau → Modify 

5. Klik Text untuk menambah tulisan (silakan berkreasi sendiri dengan tool-tool yang ada seperti : 

Effect : menampilkan efek 
Frame : memberi bingkai 
Overlay : lapisan
Image : jika ingin mengambil dari komputer Anda 

6. Jika sudah dipilih silakan klik APPLY → SAVE 
7. Tariklah ke kanan-kiri-atas-bawah (sesuaikan ukurannya terserah Anda) 
8. Untuk menambah image lagi silakan klik Add image seperti tadi dst.....
9. Jika sudah selesai membuat banner klik SAVE 
10. Klik Export Java Script 
11. Klik Download NOW 
12. Klik Embed 
13. Copy kode yang ada di Iframe Code for Website dengan menekan Ctrl+C 
14. Paste sementara di notepad (Ctrl+V) 

 Nah jika ingin memasangnya di blog, caranya : 

1. Masuk ke blog Anda www.blogger.com 
2. Klik Tata Letak 
3. Klik Tambah Gadget 
4. Klik HTML/ Java Script 
5. Pastekan kode tadi ke dalam kotak HTML 
6. Simpan → Lihat Blog Anda
Read More

Jangan Terlalu Cemas

Agustinadian Susanti | Minggu, Desember 08, 2013 | 12 Comments so far
Beberapa hari terakhir ini saya merasakan ketidaknyamanan pada tubuh saya. Mungkin karena terlalu capek kerja dan sering tidur diatas jam 00.00 WIB. Awalnya saya tak terlalu memerhatikannya tapi ketika saya mulai memikirkan hal ini muncul kecemasan. Coba Anda perhatikan dua ibu jari tangan saya dibawah ini. Ada bercak warna kuning yang tak bisa hilang. Anehnya hanya ada di ibu jari kedua tangan saya , sedangkan pada jemari tangan yang lain tidak ada warna tersebut. 


Untuk meredakan kecemasan saya, biasanya pertama kali saya akan cari info di google. Disana ada berbagai macam artikel tentang perubahan warna kuku yang salah satunya mengarah ke gejala sakit tiroid. Wah, ketika saya baca ini, tiba-tiba saja saya mulai merasa tak nyaman di leher. Berulangkali saya pegang-pegang terus leher saya. Rasanya ada yang menebal, tapi tak ada benjolan. Mulai deh cemas ga karuan. Pikiran saya sudah mulai negative. Nanti kalau begini begitu bagaimana ya? 

Beberapa teman di facebook juga memberikan argumennya masing-masing dan membuat saya ingin segera check up ke dokter. Saya makin merasa tak enak di leher saya. Setiap kali bercermin saya perhatikan terus leherku ini. Hingga jumat kemarin saya sekalian mengantar bapak untuk minta surat rujukan ke puskesmas karena bapakku juga masih dalam pengobatan dokter di RSU. Dalam hati saya berkata, “ Duh Tuhan, jangan sekarang, saya masih harus menjaga bapakku. Jangan sampai saya sakit ya Tuhan.” 

Sampai di puskesmas, saya menceritakan keluhan-keluhan saya termasuk kuku saya ini kepada mantri yang bertugas disitu. Sampe 4 mantri melihat kuku saya, mereka ada yang bertanya, “Apa kukunya abis dikuteki?” 

"Hah? Kutekan?" Saya meskipun cewek ga pernah kutekan, risih aja kutekan. Tapi ini mirip abis dikuteki. Ada yang bilang infeksi jamur kuku. Tapi mereka juga heran kenapa cuma ibu jari saja yang warnanya aneh? Mungkin Anda ada yang tahu mengapa? Setelah usai mengeluhkan kuku, saya mengeluhkan leher. 

Mantri :“apa kamu sering deg-degan? 
Susan : (mikir, apa ada hubungannya ya) Ya tri mantri kalau saya denger suara keras saya pasti deg-degan. 
Mantri : Apa kamu sering gemeter/tremor? 
Susan : Ya tapi tidak terlalu. Mantri : Apa susah menelan dan sering haus? Tidak. 

Langsung dia menulis resep obat. Dia kasih saya obat gatal dan alergi karena dikira kena jamur kuku. Saya sendiri tak yakin kena jamur kuku. Setelah pulang ke rumah, saya pun enggan meminum obatnya karena saya melihat mantri itu ga yakin dengan diagnosanya. 

Keesokan harinya, leher saya makin terasa ga nyaman. Saya pun kembali ke puskesmas untuk minta rujukan langsung ke RSU. Untung hari itu Sabtu jadi agak sepi. Surat rujukan sudah ditangan saatnya ke RSU. Di rumah sakit pun bagian pendaftaran sepi sedangkan yang rame bagian poli dalam dan saya adalah pasien terakhir. Waktu perawatnya memeriksa tekanan darah saya, dia tanya mau periksa apa? Saya bilang mau cek fungsi tiroid. Dia bilang mahal lo harga ngeceknya. Dia mengatakan sejumlah harga dan saya shock mendengarnya karena mahal buat saya. 

Bapakku yang ikut mengantarku menenangkanku. “Sudah jangan dipegang-pegang terus lehernya diobati dengan air liur saja kalau bangun tidur nanti kan sembuh.” 

Dasar saya reflek sedikit-sedikit pegang leher. Tiba giliran saya dipanggil masuk ke ruang dokter. Setelah dokter memeriksa leher dan kuku saya serta mengajukan beberapa pertanyaan dengan jawaban tidak akhirnya dokter mengatakan saya tidak apa-apa. Karena dokter yang bilang begitu saya merasa tidak sakit lagi. Saya keluar dari ruang periksa dengan senang karena saya tak jadi kena sakit yang saya takutkan dan tak perlu keluar biaya mahal untuk cek tiroid.

Dokter kasih saya obat namanya Mecobalamin 500mg (salah satu bentuk vitamin B12). Karena saya merasa sudah sehat, sampai sekarang obat dari puskesmas dan RSU tidak jadi saya minum. (#La lah opo perikso ik mbak e iki ? ) Yacuma kepo aja ehehehe.. 

Kalau dirunut-runut masalah utamanya memang dari pikiran, pikiran yang cemas, takut terjadi sesuatu yang sebenarnya tidak terjadi membuat badan ini tersugesti pikiran negative tadi. Orang sehat pun kalau pikirannya cemas badannya bisa sakit tiba-tiba. Ada ada saja rasanya. Bahkan ada yang bilang lebay, karena terlalu dirasa-rasain. Setelah mendengar kata dokter baru percaya kalau saya tidak apa-apa. 

Ya, lalu bagaimana dengan kuku dan leher tadi? Leher rasanya tak nyaman karena saya sering tidur dengan posisi miring ke kanan. Jadi kaku semua. Dan kuku tadi ya sudah lah biar aja mau kuning mau merah mau biru cuek aja lagi ah.. daripada mikir aneh-aneh toh badan saya sehat walafiat. 

Hal yang bisa diambil dari kisah saya ini adalah semakin orang banyak ingin tahu maka semakin takutlah ia. Kadang orang yang tidak tahu apa-apa yang malah baik-baik saja. Waspada boleh asal jangan keterlaluan kayak saya. Hehe.. tetap jaga kesehatan ya dan pikiran harus positif supaya tetap fit. Kalau bukan kita yang menjaga kesehatan diri sendiri, siapa lagi?? Karena kesehatan itu mahal harganya.
Read More