Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • ORDER DESIGN
  • ABOUT ME
  • JUAL KEFIR
JASA DESIGN BLOG KHUSUS BLOGSPOT & JUAL PRODUK KEFIR

TB Sembuh Tanpa Kambuh

Agustinadian Susanti | Rabu, April 30, 2014 | 35 Comments so far
   Bapakku adalah penderita TB yang pernah putus obat, baca kisah sebelumnya disini. Awalnya beliau selalu menolak kuajak berobat sebelum akhirnya beliau setuju setelah aku bujuk berulangkali. 

   Sebenarnya aku paling cemas kalau bapakku mulai mengeluh nggak doyan makan dan sesak nafas lagi. Beliau itu belum mau berobat kalau dirasa penyakitnya belum parah. Ini yang repot dan bikin was-was. Padahal bapakku itu punya riwayat sakit TB dengan gejala yang kupaparkan di serial sebelumnya disini

   Kita tahu bersama, yang namanya TB itu kan berbahaya kalau nggak segera diobati dan kalau mau sembuh maka penderitanya harus rutin minum obat selama 6 bulan sampai tuntas. Masalahnya kalau nggak rutin dan tuntas minum obatnya bisa kena MDR-TB (multi drug resistance tuberculosis) alias kumannya jadi kebal obat (terutama rifampisin dan INH) dan kalau sudah begitu penanganannya akan lebih sulit lagi, mana dosisnya pasti lebih tinggi dari semula, butuh waktu pengobatan lebih lama (sekitar 2th), belum lagi efek samping yang ditimbulkan lebih kuat dari sebelumnya. 

   Aku berusaha menjelaskan kepada bapakku tentang pentingnya berobat sejak dini dalam upaya menyembuhkan TB yang dideritanya.
dokumentasi pribadi

Aku : Bapak kok batuk-batuk? Sesak nafas lagi? Wah badan bapak kok demam begini, ayo pak besok Susan antar ke puskesmas ya. Siapa tahu penyakit TB bapak kambuh lagi, soalnya dulu kan bapak pernah putus obat. 

Bapak : Ah, aku rapopo nduk, ini cuma masuk angin biasa, paling dikerokin sebentar juga sembuh. 

Aku : Astaga, bapak ini lho! Mencegah kan lebih baik daripada mengobati. Lagipula nih pak, menurut artikel di internet yang Susan baca, TB bisa kambuh lagi kalau stamina bapak lemah, mana bapak nggak doyan makan pula. Aduh, kumannya itu bisa menyerang tubuh bapak lagi kalau begini. Ayo ah pak, nggak lama kok minum obatnya, cuma 6 bulan aja berobat yang bener, ya pak ya?

Bapak : Malas nduk. Obatnya banyak, nanti bapak mual-mual lagi kayak dulu. 

Aku : Pak, itu karena bapak minum obatnya ga rutin. Bapak mau sehat gak sih? Susan bingung dan sedih pak kalau bapak sakit begini. Sekarang obat TB yang 4 macam itu sudah dijadikan 1 tablet aja kok pak namanya paket kombinasi dosis tetap (KDT), jadi bapak tinggal minum 1 obat aja. Lagipula berobat di puskesmas kan gratis pak. Ayo to pak, tugas bapak cuma minum obat dengan rutin dan tuntas aja biar cepat sembuh dan sehat kembali. Nanti Susan yang jadi PMO deh buat bapak biar bapak ga lupa dan ga telat minum obatnya. Pak, kalau bapak menunda-nunda berobatnya nanti kumannya bisa menyebar kemana-mana dan malah tambah parah, lho. Kalau sudah parah, obatnya bisa tambah banyak pak. Ayo to…Susan ga mau bapak sakit. 

   Setelah berusaha membujuk cukup lama dan bapakku kasihan melihatku sedih, barulah bapakku mau diajak berobat lagi. 

  *** 

   Kejadian semacam ini jika dibiarkan akan membuat banyak penderita TB di dunia ini meninggal dunia karena tidak segera mendapat penanganan medis. Tak bisa dipungkiri, alasan-alasan seperti malas berobat, merasa sudah sembuh, berat badan naik dan lain-lain itu membuat penderita TB tidak tuntas dalam meminum obatnya.

   Padahal sebenarnya TB itu bisa sembuh total. Hal ini ditandai dengan bukti tidak ditemukan kuman mycobacterium tuberculosa lagi di dalam tubuhnya saat dilakukan pemeriksaan kembali yaitu setelah 6 bulan biasanya dokter akan memeriksa dahak penderita sebanyak 3x dan didukung dengan pemeriksaan lanjutan berupa rontgen dada. 

   Nah kalau cuma sembuh aja mungkin kurang mantap ya, yang mantap itu sembuh tanpa kambuh lagi tapi ada syaratnya biar ga kambuhan, diantaranya harus mau melakukan hal-hal berikut ini: 
 
dokumentasi pribadi penulis
  1. Berobat TB sejak dini dan tuntas jika diketahui gejala TB
  2. Selalu menjaga kesehatannya dengan makan makanan bergizi, istirahat cukup, berolahraga dan minum obat secara teratur
  3. Berjemur di bawah sinar matahari pagi untuk membantu mematikan kuman penyebab TB.
  4. Menghindari kontak dengan penderita TB lainnya.
  5. Dukungan dari keluarga dan lingkungan di sekitarnya 
  
   Jangan khawatir lagi, TB bisa disembuhkan asal ada kemauan dan semangat dari penderitanya untuk mau sembuh. Tak lupa dukungan keluarga atau orang terdekat sangat dibutuhkan demi proses kesembuhannya. 

  Jangan mengucilkan penderita TB di sekitar kita, sebaliknya berikan edukasi tentang TB dan bawa berobat segera ke puskesmas/ rumah sakit pemerintah terdekat jika kita menemukan penderita dengan gejala-gejala TB seperti batuk lebih dari 3 minggu, sesak nafas, nafsu makan hilang, berat badan menurun, demam dan keringat dingin di malam hari. 

    Mau Indonesia bebas TB? Mulai sekarang mari setiap kita peduli TB. Dengan begitu maka akan mengurangi angka kematian penderita akibat TB dan banyak orang akan mengalami kesembuhan. 

sumber referensi:

 
Read More

Aplikasi Anak Cerdas Cara Asyik Belajar dan Bermain

Agustinadian Susanti | Sabtu, April 26, 2014 | 48 Comments so far
   Masa kanak-kanak tak lepas dari yang namanya bermain. Biasanya, anak-anak lebih suka bermain daripada belajar. Ini terjadi pada murid saya, Brisa, yang selalu malas setiap disuruh mengerjakan soal matematika. Terkadang baru mengerjakan soal sebentar saja dia sudah mengeluh, “Ah males kak, istirahat dulu ah. Mainan aja yuk, kak.” 

   Ini disebabkan karena dia tidak suka pelajarannya. Mungkin saya perlu menambahkan sedikit trik agar Brisa suka belajar, misalnya saja dengan diselingi permainan. Tak hanya saya, namun para orangtua bijak pasti ingin mencari media permainan yang edukatif untuk anak-anaknya. Hal itulah yang kini mendorong banyak orangtua membelikan gadget sebagai sarana bermain anak-anaknya di rumah. Sehingga, wajar apabila anak-anak jaman sekarang jadi lebih mahir pencat-pencet gadget daripada jaman saya kecil dulu. 
 
dokumentasi pribadi
    Terlepas dari sisi positif gadget, ternyata ada juga sisi negatifnya untuk anak-anak. Masalahnya perkembangan jaman yang dibarengi dengan kemajuan teknologi memungkinkan semua orang mudah mengakses internet termasuk anak-anak. Apalagi kalau anak-anaknya lebih melek internet daripada orangtuanya dan tanpa bimbingan ortu saat memainkannya. Kadang muncul kekuatiran orangtua dan saya sebagai guru lesnya kalau mereka mengakses situs yang tidak sesuai dengan usia mereka. 

    Tapi kemudian, kekuatiran saya sirna saat di grup KEB ada info lomba blog Aplikasi Anak Cerdas yang diadakan oleh ACER. Saya pun tertarik mempelajari lebih dalam artikel tentang aplikasi ini di microsite Anak Cerdas
 
ilustrasi penulis sendiri
   Wah, ternyata aplikasi ini bermanfaat sekali untuk membantu saya dalam mengajar sekaligus menjadi solusi untuk mengatasi rasa bosan murid saya ketika les. Aplikasi ini membantu mereka belajar sekaligus bermain dengan parental control. Saya jadi ingin mengetahui lebih detail tentang aplikasi ini tidak hanya dari membaca artikelnya saja. Berikut ini syarat downloadnya : 
 
dokumentasi pribadi
   Berhubung saya tidak memiliki gadget android maupun smartphone, maka saya berencana meminjam tablet milik murid saya yang bernama Jenny. Tetapi sayang sekali, ternyata versi tabnya tidak compatible untuk diinstal aplikasi Acer. Kemudian saya meminjam saluran dari laptop adik saya untuk menginstal bluestack (software untuk menjalankan seluruh aplikasi OS Android) dengan teamviewer (remote PC jarak jauh). Tutorialnya disini dan disini

    Berhubung, kemarin murid-murid les saya sudah selesai tes dan buku-buku LKS mereka sudah selesai dikerjakan semua jadi saya pikir akan sangat bermanfaat jika bisa menggunakan aplikasi ini sebagai tambahan latihan soal. Aplikasi anak cerdas adalah aplikasi android keluaran ACER sebagai cara baru belajar yang aman dan menyenangkan karena disamping belajar, mereka bisa bermain juga. 

   Untuk menginstal aplikasi ini saya mendownloadnya dari halaman google play :
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.acer.anakcerdas
Add caption

dan klik install/ pasang → membuat akun → Login dengan menggunakan akun email atau facebook → dapatkan  konfirmasi via email :
email dari Acer
   Di Menu PANDUAN ada beberapa petunjuk untuk menggunakan aplikasinya. 
tampilan beranda Aplikasi Anak Cerdas

    Untuk masuk ke menu PENGATURAN, saya memasukkan kata sandi yang sama dengan saat registrasi tadi. Di menu ini ada 4 sub menu, yaitu : laporan penggunaan, akses dan proteksi, profil pengguna, dan tentang aplikasi. 

  Untuk mengaktifkan LAPORAN PENGGUNAAN, saya menggeser tombol ke posisi ON untuk memantau aplikasi apa saja yang mereka gunakan dan lamanya digunakan. Saya pun bisa mendapatkan hasil laporan penggunaan ke email saya yang akan dikirim setiap tanggal 1 perbulannya. 
dokumentasi pribadi

   Di Menu AKSES dan PROTEKSI saya mengaktifkan izin unduh dan zona anak dengan cara menggeser tombol ke kiri (posisi ON) juga. Pada fitur izin unduh, saya memasukkan kata sandi dan klik “mulai zona anak” untuk memilih menu MARI BERMAIN dan LATIHAN YUK

Tips: Sebaiknya jangan mengaktifkan fitur izin unduh untuk menampilkan Play Store atau browser sebab nanti anak-anak bisa bebas mengunduh konten atau aplikasi dari internet karena ternyata fitur ini hanya mampu memblokir download aplikasi dari dalam "Anak Cerdas" sendiri.

   Profil orangtua dan anak terdapat di menu PROFIL PENGGUNA. Saya bisa memasukkan nama dan mengupload foto saya dan kedua murid saya. Saya juga mengisi data profil murid saya di profil anak. Adapun data yang diminta antara lain : nama anak, tanggal lahir, kelas, sekolah, dan warna favoritnya. 

   Di menu TENTANG APLIKASI, saya bisa memeriksa pembaruan soal latihan, membaca syarat dan ketentuan tentang aplikasi dan berbagi aplikasi melalui media sosial. Saya dapat mengatur aplikasi apa saja yang ingin ditampilkan atau disembunyikan. Untuk menampilkan nya, klik Mari Bermain → Atur Aplikasi→ Masukkan kata sandi orangtua → Pilih Aplikasi → Simpan  
 
dokumentasi pribadi
   Jika saya mengaktifkan zona anak, maka tampilan beranda tadi berubah menjadi seperti ini : 
dokumentasi pribadi

Ketika menu MARI BERMAIN diklik maka akan tampak 3 menu aplikasi diantaranya aplikasi terbaru, aplikasi terinstal dan pilih kategori. 
contoh aplikasi

   Di dalam pilihan kategori, saya bisa memilih diantara ratusan permainan, buku cerita, dan edukasi yang direkomendasikan. Di menu LATIHAN YUK ada 4 jenis mapel dari mulai kelas 1-6 SD untuk latihan soal diantaranya : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Sains. Yang mana masing-masing mapelnya ada 4 Bab dan 4 level berisi 20 soal latihan yang harus dikerjakan secara bertahap. 
4 mata pelajaran di aplikasi anak cerdas

   Ketika mereka salah mengisi jawabannya maka bisa dikoreksi kembali sebelum lanjut ke soal berikutnya/sebelum dikumpulkan. Jika mereka sudah selesai mengerjakan level 1 bisa dilanjutkan dengan level 2. Untuk membukanya perlu password saya dan jika sudah selesai di bab 1 bisa lanjut ke bab 2 dengan cara mengunduh soal kembali. 
 
urutan cara mengerjakan soal latihan Acer
   Keempat mapel ini disesuaikan dengan kurikulum sekolah nasional juga lho. Jadi memang terbukti sangat bermanfaat untuk murid-murid les saya. Saya bisa membuka kunci jawaban untuk mengetahui jawaban yang tepat dan sebagai pembetulan jika suatu saat ada soal seperti itu di sekolah. Jadi, lain kali mereka bisa menjawab dengan benar. 

    Saya juga bisa mendapatkan report mereka melalui menu profil pengguna di profil anak. Inilah hasil latihan kedua murid saya : 
 
dokumentasi pribadi
   Untuk mengakses DUNIA TEKNO maka diperlukan koneksi internet. Melalui dunia tekno, mereka bisa belajar teknologi dengan bahasa yang lebih mudah dipahami. Selain itu ada tips dan info seputar produk teknologi yang pastinya bermanfaat juga untuk saya. 
contoh artikel di dunia tekno

Berikut ini video sederhana tentang Acer: 
video
video buatanku

   Aplikasi ini juga bisa membuat hubungan orangtua dan anak jadi lebih dekat lho, karena mau tak mau orangtua ikut berperan aktif untuk memantau perkembangan belajar anak-anaknya dimana aktivitas anak terhadap gadgetnya selalu butuh password orangtua. 


   Sebagai guru les privat khusus SD kelas1-6 saya sangat terbantu dan berterima kasih kepada PT. Acer Indonesia yang telah berinisiatif mengeluarkan produk yang amazing ini. 

ilustrasi penulis sendiri

Apakah Anda juga tertarik untuk download aplikasi ini demi perkembangan pengetahuan putra-putri Anda? Download sekarang juga dan dapatkan manfaat positifnya.




Postingan blog ini diikutsertakan dalam lomba blog  
Aplikasi Anak Cerdas, kerja sama 
Kumpulan Emak Blogger dan Acer Indonesia 

Jumlah kata : 1000
Read More

Cara Install Aplikasi Anak Cerdas via PC/ Laptop

Agustinadian Susanti | Kamis, April 24, 2014 | | 22 Comments so far
    Bagi Anda yang ingin menginstal Aplikasi anak cerdas namun tidak mempunyai fasilitas android, gadget tablet/ smartphone (seperti saya) jangan putus asa dulu. Saya pernah bertanya kepada dr. Acer untuk mengatasi masalah ini :

Akhirnya, saya menemukan caranya via google, ada sebuah software yang disebut bluestack yang dapat menghadirkan OS Android pada PC. 

    Walaupun sebenarnya RAM PC saya tidak memadai untuk diinstal bluestack :O (hanya bermodal remote control jarak jauh via laptop adikku), tapi saya tetap ingin berbagi dengan Anda yang mungkin PC/ laptopnya punya spesifikasi berikut ini :
- RAM (Random Acces Memory 2 GB atau lebih
- Procesor 1 GHz atau lebih
- Kapasitas Hard disk minimum 800 MB
- OS Windows XP, Vista, & 7 (32 & 64 bit)

This is just for example : 

Ada beberapa cara untuk melihat berapa kapasitas space RAM PC Anda.
Cara I : 
  1. Klik Start → My Computer (Klik Kanan) → Properties
  2. Klik menu General 
 Cara II :
  1. Klik Start Menu → Run 
  2. Ketik dxdiag pada kotak → OK/ enter 
Hasilnya :

Cara III:
  1. Klik Start → All Programs → Accecories 
  2. Klik System Tools → System Information 
Nah, setelah Anda mengetahui berapa kapasitas RAM PC/ laptop Anda dan apakah memorynya cukup memadai, silakan lakukan langkah-langkah berikut ini :
  1. Download bluestack disini
  2. Klik file instaler → continue
  3. Centang App Store access & App Notification → Install
  4. Tunggu sampai proses instalasi selesai
  5. Setelah itu silakan buka microsite Aplikasi Anak Cerdas →  Klik Download disini  → Instal/ pasang.
Ok, mudah kan? Selamat mencoba :D
Read More

B Blog’s I A.M a Blogger

Agustinadian Susanti | Senin, April 21, 2014 | 33 Comments so far
Mengapa aku membuat Blog? 

    Sebenarnya waktu kecil itu aku suka mengarang dan beli buku diary, sayangnya karena tulisanku jelek dan banyak coretan di sana-sini, jadi aku sering merobek buku diary itu. 

    Aku pernah jadi juara 3 lomba mengarang waktu SD. Aku mulai tertarik sama yang namanya komputer waktu kelas 6 SD. Kupikir kayaknya enak nih, nulis bukan dengan bolpen tapi ngetik di komputer. Masalahnya kalau kita nulis pake bolpen kalau salah akan banyak tip ex dan coretan. Nah, kalau ngetik di komputer kan kalau salah bisa dihapus pake tombol backspace, jadi lembar kerjanya tetep bersih. Selain itu kalau ngetik di komputer ga secapek seperti kalau nulis pake bolpen. 

    Waktu SMP pengen ikut kursus komputer tapi belum diijinkan ortu, sampai lulus SMA baru deh kursus sendiri. Dan sejak itu aku suka ngetik-ngetik curhatku pake Microsoft Word. 

    Aku baru tahu tentang blog itu waktu main ke warnet depan rumahku dan lihat penjaga warnetnya lagi sibuk nulis di blog. Waktu itu aku masih gaptek akut. Blog itu apa sih? Aku juga belum paham. Aku kira blog itu alamat perumahan (ups kalau itu kan blok pake ‘k’ bukan blog pake “g” ya hahaha). 

    Tapi waktu itu aku masih cuek aja. Sampai suatu ketika waktu aku gabung di sebuah komunitas kepenulisan, baru deh aku tergerak buat bikin blog karena  ada yang ngajari dasar-dasar buat blog. Kebetulan adikku juga memberikan komputer secondnya padaku. Meskipun banyak yang perlu diservis ulang dan pelindung layarnya ada tambalan lakban sama penjepit, after all lumayan lah masih bisa dipakai buat nulis-nulis dan desain. 
Komputer secondku yang berjasa

    Blog itu diary online yang dibaca oleh banyak orang di dunia. Kok bisa? Kok tahu dibaca orang banyak? Nah tuh aku pasang widget feedjit, ketahuan deh dari kota dan negara mana aja yang baca blogku :D .

    Kalau buku diary kan cuma kita aja yang baca, kadang malah digembok bukunya :D. Kan jadi ga bermanfaat kalau yang baca cuma aku sama Tuhan aja yang tahu? Kalau nulis di blog kan bisa bermanfaat juga buat orang lain. 

    Sebenarnya, aku punya 4 blog tapi yang aktif cuma 1 ini. Di blogspot ada 2, yang satu blog tentang masakan dan yang ini. Ada juga blog yang kubuat di wordpress, blogdetik, dan tumblr. 
tampilan blogku sekarang
blogku lainnya tentang masakan

    Dasarnya aku ini orangnya suka penasaran dan belajar hal baru, langsung deh tancap gas browsing di internet tentang cara buat blog lebih dalam, sampai utak-utik blogku sendiri. 

    Berbagai tutorial aku pelajari, aku coba dan aku review caranya di blog lalu aku bagikan buat temen-temen di grup. Berulangkali gonta-ganti template dan pasang kode script sampai blogku ini hampir rusak karena sering clash script code

    Melalui kejadian ini aku jadi tahu bahwa tidak semua tutorial blog di internet itu cocok diterapkan diblog kita. Dan karena sering trial and eror itulah aku jadikan kegagalanku buat belajar setting blog dan buka jasa online ngerapiin blog orang lain sekaligus bikinin blog teman-teman yang masih gaptek kayak aku dulu. 

    Alasanku ngeblog, selain buat terapi stres karena aku pernah stres dan dengan menulis itu bagaikan terapi buatku jadi aku ngeblog. 

    Disamping itu, blog ini aku jadikan lahan pencari uang. Dengan blog ini aku bisa promosi jasa onlineku ke khalayak umum dan pernah juga ada yang pasang iklan di blogku. 

    Aku bisa berbagi lewat blog ini dan menambah banyak kenalan. Dengan blogwalking/ BW (saling mengunjungi blog teman) aku mendapat ilmu baru dan saling bersilaturahmi dengan sesama blogger. Aku juga suka ikutan berbagai lomba blog dan giveaway berhadiah. 

Bagaimana aku memilih nama dan tema untuk blogku? 

   Tadinya judul blogku "Enjoying Everyday Life." Kenapa milih tema itu karena bagiku menikmati hidup sehari-hari adalah cara untuk menjadi tenang dan lebih sehat. 

    Blog ini kuisi tulisan-tulisan keseharianku, ada sedikit pelajaran anak SD juga karena aku merangkap jadi guru privat di rumah, ada tutorial blog yang pernah kupelajari secara otodidak, dan artikel untuk lomba blog/ giveway. 

    Waktu itu aku masih pake template simple, kemudian tertarik ganti template download-an yang ada anime Jepangnya karena aku suka banget sama anime Jepang. Kemudian karena yang namanya template download-an itu ada menu-menu yang ga bisa kuedit dan kumodifikasi, akhirnya balik lagi ke template asli bawaan blogger dan mulai modifikasi seperti sekarang ini. Blogku ini hasil modifikasi template asli blogger lho. 

   Kemudian, karena kupikir judulnya kepanjangan dan agar mudah diingat mendingan aku pake nama panggilanku aja, yaitu Susan. Jadi kunamai blogku ini Susan’s Blog. Blog kepunyaan Susan. 

Manfaat Ngeblog buatku

   Ngeblog itu ajang berbagi ilmu dan silaturahmi. Sejak aku ngeblog, banyak silent reader yang add facebookku dan jadi temanku. So, otomatis dengan ngeblog akan menambah banyak teman dan kenalan. Aku ga kenal mereka tapi mereka yang kenal aku duluan lewat baca tulisanku di blog. 

    Aku dapat uang dari sering dapat order job desain blog, ada yang pernah pasang iklan juga, Aku sering dapat kiriman hadiah dari menang lomba dan dari teman-teman pembaca setia blogku lho. Hihi.. 

    Hadiah hasil ngeblog selama ini yaitu aku dapat buku, pulsa, piagam, uang tunai, dll. Pengen dapat gadget juga sih (ngarep.com) 
dokumentasi pribadi

Tips &Trik sebagai seorang blogger 

Dalam membuat blog yang perlu diperhatikan : 

  1. Tema yang jelas. Maksudnya disini, temanya jelas mau bikin blog tentang apa misalnya blog kuliner, ya isinya resep-resep masakan, tips tips memasak yang baik, contoh bagaimana cara mengetahui air mendidih (haha,.. ini cuma misalnya aja..btw, parah banget nih aku ngasih contohnya ya?) . Ya kayak gitu gitu deh, jangan dicampu-campur. Misal blog masakan kok dicampur sama review film. Ga nyambung kali, boleh beda tapi yang sejurusan. Misalnya food photography. Kalau mau buat yang random ya bisa ditaruh di menu khusus, jadi penting buat bikin menu navigasi di blog (kalau ga cukup bisa pake menu dropdown) biar ada pengelompokan artikelnya berdasarkan label yang kita buat. Jadi pembaca itu jadi ga bingung dan lebih mudah cari artikel yang sesuai minatnya. Selain itu buat memudahkan pembaca mencari artikel kita bisa memasang daftar isi di blog. Kalau kotak pencarian/ search box di template asli bawaan blogger nih sebenarnya sudah ada diatas sendiri.
  2. Akses yang mudah dan cepat. Ini untuk memudahkan pembaca ketika mengunjungi blog kita. Kalau blog kita loadingnya lama buat terbukanya pasti pembaca ga sabaran, belum dibaca eh udah kabur duluan karena menunggu terlalu lama. Mengapa loading blog lemot? Karena pemilik blog banyak pasang widget yang memberatkan blog. Misalnya terlalu banyak efek animasinya, seperti kursor animasi, salju, petir, dll. Atau mungkin karena blognya dipasangi music/ lagu-lagu itu bisa juga bikin tambah lemot dan ngabisin kuota pembaca blognya kalau pembacanya pake kuota internet
  3. Isi/ konten yang bermanfaat .Kalau ingin blognya banyak dikunjungi orang lain, selain kita rajin blogwalking ke blog teman, kita juga perlu menulis artikel yang bermanfaat bagi pembacanya. Tulis saja tentang hobby kamu misalnya, berikan tips-tips yang bermanfaat
  4. Tampilan Blog yang menarik. Buatlah tampilan blog meskipun simple tapi enak dilihat, rapi dan tidak pedih di mata. Misal dengan memakai latar utama yang warnanya terang/ netral. Jangan terlalu banyak iklan melayang-layang disana-sini, karena itu bisa mengganggu pemandangan. Jangan naruh iklan di dalam postingan, nganggu pemandangan menurutku. Tata letak yang proporsional (responsive template) ga kelebaran melebihi lebar layar PC/ netbook/laptop, sehingga kalau kita mau baca artikel di blog itu ga usah scral-scrol mouse sampai jauh. 
  5. Widget Translator (optional) tapi ini penting banget buatku kali aja ada orang luar negeri yang baca blogku bisa diubah bahasanya jadi sesuai dengan negara mereka tinggal. 
Tentang BBlog 

    Aku tahu tentang BBlog ini pas ga sengaja blogwalking ke blog salah seorang kenalanku yang posting tentang info lomba blog. BBlog (Bina Blog) dari PT. Bina Blog Indonesia ini adalah perusahaan blog network yang menyediakan layanan job review artikel untuk para blogger yang sudah terdaftar menjadi member BBlog itu sendiri. BBlog ini dioperasikan oleh Cyberbuzz Inc, pemain blog network no.1 di Jepang dari grup CyberAgent Inc. 

    Asyiknya gabung jadi member BBlog itu kita bakal dikirimi sample produk, misalnya contoh produk kosmetik atau makanan ringan sebelum kita buat review artikelnya di blog. Jadi sebelum produk itu dijual ke masyarakat luas, kita dapat kesempatan buat nyobain dulu, baru deh kita tulis kesan-kesan dan pengalaman kita di blog tentang produk tersebut. Lumayan dapat sample gratis kan? :D . 

    Ga cuma itu aja, kita juga bakal diundang untuk ikut serta dalam acara tukar pendapat tentang produk pada sebuah diskusi/ talkshow dan ketemu orang-orang terkenal disana. Double wow deh pokoknya (y) 

    Tapi ada syaratnya, pertama kalian musti jadi member BBLog dulu dengan cara :
  1. Buka http://s.bblog.web.id/c/m2a3z0 → Klik pendaftaran gratis disini 
    dokumentasi pribadi
  2.  Isi data (alamat email dan password) dengan benar → Klik setuju dan daftar
    dokumentasi pribadi
  3. Buka email dan klik tautan link yang telah dikirim ke email kita
    dokumentasi pribadi
  4. Lengkapi profil. 
Dan inilah bukti kalau aku udah terdaftar jadi membernya BBlog :
dokumentasi pribadi

Bayar gak nih daftarnya? Eits, tenang aja ini semua GRATIS!! 

Saranku, masukkan data dengan lengkap dan benar ya, soalnya menurut pengalamanku kemarin pas daftar kalau ada kotak yang ga diisi alias kosongan, pendaftaran kita belum berhasil. Terutama pas ngisi nomor telepon, siapkan 3 nomor telepon yang bisa dihubungi ya. 

Kalau kita udah terdaftar jadi member BBlog, kita jadi bisa ikutan lomba blog berhadiah gadget dan uang tunai jutaan rupiah lho :D mupeng gak tuh? Aku jugaaaa.., so buruan aja daftarin diri kamu semua dan ajak temen-temen kamu juga buat ikutan ya…masih ada waktu lho karena DL-nya sampe tanggal 15 Mei 2014. Kalau berminat, klik aja banner di bawah ini ya: 
http://s.bblog.web.id/c/m2a3z0
Read More