Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • ORDER DESIGN
  • ABOUT ME
  • JUAL KEFIR
JASA DESIGN BLOG KHUSUS BLOGSPOT & JUAL PRODUK KEFIR

Pengalamanku Mempersiapkan Dana Pensiun dengan BNI Simponi

Moocen Susan | Jumat, Juli 31, 2015 |
    Aku adalah blogger dan freelancer yang ingin memiliki pensiun. Tapi bagaimana mungkin, aku kan bukan PNS? Namun, ternyata BNI bisa mewujudkannya melalui layanan BNI Simponi, lho. 

   Setahun yang lalu, tepatnya 31 Mei 2014 aku memutuskan menjadi nasabah BNI untuk program Simpanan Pensiun BNI atau yang lebih dikenal dengan nama BNI Simponi. Awalnya aku tergerak untuk ikut mendaftar BNI Simponi karena saran dari alm. Bapakku yang notabene dulu salah satu pekerjaannya yaitu mengurus dana pensiun kolektif untuk para guru dan karyawan swasta sebuah yayasan SD tempat beliau bekerja. Jadi tiap bulan beliau sering datang ke BNI untuk menyetor iuran dana pensiun sampai-sampai karyawan BNI hafal lho, sama beliau. 

     Singkat cerita, hari itu, aku pergi ke kantor BNI cabang Blora yang letaknya di sebelah barat alun-alun kota. Parkiran kendaraan di depan kantor BNI tertata rapi berkat pak satpam yang bertugas di luar. Pas masuk ke dalam ruang kantor BNI, eh ada sambutan ramah dari satpam lainnya. Karena baru pertama kali menjejakkan kaki di kantor cabang BNI, tentu saja aku agak bingung. Tapi berkat keramahan satpam BNI yang menunjukkan tempat untuk mengurus BNI Simponi aku jadi merasa sangat terbantu. 
dokpri : suasana antrian di BNI cabang Blora, Jawa Tengah

    Setelah mengambil nomer antrian yang letaknya di dekat pintu masuk itu aku duduk di bangku-bangku yang disediakan disitu. Aku masih ingat waktu itu aku mendapat nomor antrian 010. Setelah mendapat panggilan, aku beranjak dari tempat dudukku. Rupanya, untuk mendaftar pembukaan rekening BNI Simponi aku harus naik ke lantai 2 menemui Customer Service BNI. Dengan senyum yang ramah mbak Customer Service melayani semua pertanyaanku sehubungan dengan BNI Simponi. 
dokpri : saat aku mengisi formulir aplikasi pembukaan BNI Simponi

Apa sih BNI Simponi itu ? 
    BNI Simponi adalah layanan program pensiun yang diselenggarakan oleh Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DLPK) BNI. Dimana program dana pensiun ini bisa diikuti oleh siapapun, ga harus karyawan kantoran/ PNS mulai usia 17-70 tahun. 

   Syarat pembukaan rekening BNI Simponi pun cukup simple yaitu membawa KTP asli, membayar setoran awal minimal Rp.250.000,-/ dan Rp.6000 untuk biaya materai. Kemudian aku diminta mengisi formulir rangkap 3 ini :
(lembar 1 : untuk Unit DPLK; lembar 2: untuk peserta; lembar 3:untuk file cabang)

   Di dalam formulir aplikasi pembukaan BNI Simponi ada pilihan memiliki NPWP atau tidak. Jika kita memiliki NPWP akan lebih menguntungkan daripada yang tidak. Karena jika kita tidak memiliki NPWP maka pajak penghasilan yang dikenakan akan lebih tinggi (20%) daripada yang memiliki NPWP. 

    Setelah mempertimbangkan berbagai pilihan paket investasi yang ditawarkan, diantaranya : 
• Paket 1 : 75% (Deposito dan Pasar Uang); 25% (Obligasi) 
• Paket 4 : 65% (Deposito dan Pasar Uang); 35% (Obligasi) 
• Paket 6 : 50% (Deposito dan Pasar Uang); 50% (Obligasi) 
• Paket 10 : 100% (Deposito dan Pasar Uang) 
• Paket 11 : 70% (Deposito dan Pasar Uang); 30% (Obligasi dan/atau Saham) 
 • Paket 13 : 100% (Deposito Syariah, Pasar Uang Syariah, dan/atau Obligasi Syariah) 

    Maka aku memilih paket 6 : 50% (Deposito dan Pasar Uang); 50% (Obligasi) sebagai pilihan paket investasi yang aman dan stabil. Sedangkan pilihan paket lainnya mengandung prinsip high risk, high return, dalam hal ini pasar uang dan saham (reksadana) adalah salah satu instrument investasi yang memiliki risiko tinggi namun juga menjanjikan peluang imbal balik investasi yang lebih menggiurkan. 

    Dengan iuran bulanan minimal Rp.50.000,-, kita bisa mendapatkan pengembangan/ bunga perbulannya dan setelah memasuki usia pensiun yaitu minimal 45 tahun kita bisa mengambil tabungan kita itu jadi kayak dapat pensiun gitu. 

   Kemudian aku diminta mengisi data pihak yang kutunjuk sebagai ahli waris dalam hal ini adikku. Di kolom prinsip mengenai nasabah, ada isian tujuan penggunaan dana, aku mengisinya dengan investasi. Terakhir aku membubuhkan tanda tangan dan nama jelas pemohon yang kemudian distempel oleh Customer Service Bank. 

   Aku pun diberi lembar kedua (untuk peserta) sebagai bukti pendaftaran pembukaan BNI Simponi dan menandatangi buku kepemilikan BNI Simponi. 
dokpri : lembar 2 u/ peserta BNI Simponi

     Setelah itu aku turun ke lantai 1 menuju ke kasir untuk membayar uang setoran awal yaitu Rp.50.000,- dan biaya materai Rp6000. Aku mendapatkan buku BNI Simponi yang mana buku ini harus dicetak minimal 2 bulan sekali. Sebaiknya sih konsisten melakukan iuran setiap bulannya. Namun jika tidak punya waktu antri ke bank, kita bisa membayar iurannya melalui autodebet internet banking, tentunya jika kita mempunyai rekening BNI Taplus. 

    Bila saldo akhir tidak mencukupi dari pembebanan biaya yang berlaku maka rekening akan tertutup secara otomatis dan total dana yang diterima peserta akan dikenakan pajak sesuai ketentuan yang berlaku. 

SIMULASI PENGEMBANGAN DANA 
    Biaya administrasinya Rp.18.000/ thn atau Rp.1500 /bln. Biaya Pengelolaan Dana 0.85%/ thn Asumsi tingkat bunga 7% pa (dapat berubah sewaktu-waktu). 

    Jika kita ingin menghitung kisaran simulasi pengembangan dana milik kita, silakan klik link http://www.bni.co.id/en-us/simulasi/bnisimponi.aspx dan masukkan data yang diminta. 

SYARAT dan KETENTUAN 
    Setelah 2 tahun masa kepesertaan, dana bisa ditarik (kecuali dana pengembangan baru bisa ditarik setelah masa pensiun normal) yang mana besarnya maksimal 10 % dari total iuran maksimal 4 kali, dan jarak pengambilan minimal 1 bulan. 

    Biasanya 3 bulan sebelum usia pensiun normal, pihak BNI Simponi akan menghubungi nasabah untuk menyampaikan informasi bahwa nasabah akan pensiun normal. Nasabah diberikan keleluasaan untuk memilih bentuk anuitas dan perusahaan asuransi mana saja. 

   Jika kita ingin mengambil saldo seluruhnya, paling cepat 10 tahun sebelum usia pensiun normal (Pensiun Dipercepat) dengan membuat surat pernyataan berhenti mengiur dengan menyebutkan alasannya. 
Untuk pencairan dana, syaratnya sebagai berikut : 

Adapun Jumlah Dana & Tarif pajak PAJAK PENARIKAN SALDO IURAN (UU RI No.36 Tahun 2008 tentang PPh Pasal 17 ) 

 s/d Rp 50 juta : 5% 
>Rp 50 juta s/d Rp 250 juta : 15% 
> Rp 250 juta s/d 500 juta : 25% 
> Rp 500 juta : 30% 

KLAIM PENUTUPAN SIMPONI (PP No. 68 Tahun 2009) 
    Jumlah dana s/d 50 juta dikenakan tarif pajak sebesar 0%, sedangkan untuk dana lebih dari Rp 50 juta dikenakan tarif pajak 5 %.

IURAN dan MANFAAT PENSIUN  
     Setelah memasuki masa pensiun, apabila total dana peserta peserta kurang dari Rp. 500 juta, maka peserta dapat mengambil sekaligus dananya sesuai ketentuan yang berlaku. Jika total dananya lebih dari Rp. 500 juta, maka diharuskan untuk memilih / menentukan perusahaan asuransi yang memiliki program anuitas pensiun, dimana Perusahaan Asuransi yang menyediakan anuitas misalnya Jiwasraya, Bumiputera, BNI Life, dan Bringin Life. 

    Dengan membeli anuitas pada Perusahaan Asuransi Jiwa, maka kita bisa mendapatkan pensiun seperti pegawai negeri yang mana diberikan kepada peserta sampai meninggal dunia, janda / dudanya sampai meninggal dunia dan anaknya sampai dengan usia 25 tahun 

    Setelah melalui prosedur di atas, akhirnya, aku resmi menjadi nasabah BNI Simponi...
dokpri: tampilan Buku rekening BNI Simponiku

    Hm, kapan lagi punya kesempatan berinvestasi demi masa depan seperti ini? Hanya BNI yang paling mengerti dengan hadirnya BNI SIMPONI. Akhir kata kuucapkan : "Dirgahayu ke-69 BNI. Semoga makin banyak mengukir prestasi dan berbagi untuk negeri."

sumber gambar : Vintage vector designed by Freepik

38 komentar:

  1. Aku juga punya BNI mbak dari semenjak kuliah, selamat ultah BNI :)

    BalasHapus
  2. Tos mbak aku juga punya Simponi BNI supaya masa tua kita nantinya terjamin ya

    BalasHapus
  3. Smg sukses mbak Susan dan lancar BNI Simponinya, aku juga lagu ngedraf soal lomba ini, Kalau aku nyeritain ttg pengalamanku ikut BNI Tapenas, good luck ya mbak..

    BalasHapus
  4. Wahh,, aku jadi tertairk untuk membuka rekening BNI Symphony ini makk.. Untuk masa depan yang lebih baik.. H ppy birthday BNI..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mak ikutan buka rekening BNI Simponi jg

      Hapus
  5. Asyiiikkk, aku juga bangga jadi nasabah BNI ^^walopun belum tahu mau posting soal apa, hahhahahaha^^ numpangcurcol :)

    BalasHapus
  6. wah,,jadi tertarik juga nih. Karena kita kan bukan PNS,jadi harus,wajib dan kudu prepare untuk dana pensiun kita ya mak,, semoga beruntung ^_^

    BalasHapus
  7. jadi tertarik nih ikut bni simponi ..aku juga ga pns mbak memang hrs prepare buat masa tua nanti

    BalasHapus
  8. thanks sharenya mak, diingatkan utk mempersiapkan kebutuhan hari tua

    BalasHapus
  9. Aku juga punya tabungan BNI Simponi, Mak. Tapi waktu itu dibikinkan oleh perusahaan, hehe :)

    BalasHapus
  10. Aku udah lama punya tabungan BNI mak, tapi gak pernah denger BNI simponi.
    jadi tertarik deh :D

    BalasHapus
  11. Terjangkau bgtt 50ribu, ya.
    Selamat ulang tahun BNI. ;)

    BalasHapus
  12. Aku jg punya tabungan simponi mbak. Nyicil ayem ya klo uda punya simpanan dana pensiun:)

    BalasHapus
  13. Jaman sekarang apa2 serba mudah, ya. Nggak harus jadi PNS untuk bisa dapat dana pensiun :)

    BalasHapus
  14. Wah, aku baru tau ttg BNI Simponi. Sama, pengen punya dana pensiun tapi bukan PNS juga. Harus apply juga nih. Makasih infonya, Mak Susan. Semoga berkah ya lomba blog nya. AMIINNNN ^^

    BalasHapus
  15. wah lengkap infonya jadi mudah neh kalo mau buka BNI Simponi, jaman sekarang kayanya semu orang memang harus punya simpanan pensiun

    BalasHapus
  16. Kalau sy ikutan tabungan rencana mba dari bank lain :) itung2 uang lupa aja tiap bulan autodebet & ga kena biaya :)

    BalasHapus
  17. Saya juga ikut BNI Simfoni, didaftarkan oleh orang tua saya.

    akhirnya saya ngerti udah baca blog ini, ternyata lumayan menjaga hari tua ya. amin.

    BalasHapus
  18. saya lebih memilih asuransi unit link, jadi Nasabah asuransi juga mendapat perlindungan asuransi juga selain Investasi/tabungan pensiunan.

    Bunga bank dan Unit Link di Asuransi, lebih menguntungkan di unit link

    BalasHapus

  19. SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, TANPA PERLU RITUAL, WIRIDAN, PUASA DLL. Anda tak perlu ragu harus tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan, Atas bantuan pak ustad Insyaallah dengan bantuan dana hibah ghaibnya, semua masalah Ekonomi dan hutang saya terselesaikan dengan cepat. untuk konsultasi tata caranya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< karna nmr hp pak ustad tdak bisa di publikasikan sembarangan. terima kasih...

    BalasHapus
  20. hanya pengen ketawaaa

    BalasHapus
  21. sekedar info saja, saya sedang membantu orang tua saya mempersiapkan pensiun, saya dowload peraturan pajak mengenai dana pensiun, hati2 bila di akhir anda ingin mengambil total seluruh tabungan anda d DPLK Simponi, bila dana diatas 50 jt kena 5% (normal), tp mulai 100jt anda kena 15%, dan di atas 500jt kena 25%... silahkan dicek.

    BalasHapus
  22. selamat siang saya juga nasabah simponi tapi setelah 2 tahun iyuran tidak saya lanjutkan, apakah rekening saya masih hidup dan bisa tidak dana yang sudah masuk diambil setelah masa pensiun, terimakasi sumaryono

    BalasHapus
  23. Makasih, Mbak. Penjelasannya lengkap banget :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...