Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • ORDER DESIGN
  • ABOUT ME
  • JUAL KEFIR
JASA DESIGN BLOG KHUSUS BLOGSPOT & JUAL PRODUK KEFIR

Pengalamanku Mempersiapkan Dana Pensiun dengan BNI Simponi

Agustinadian Susanti | Jumat, Juli 31, 2015 | 38 Comments so far
    Aku adalah blogger dan freelancer yang ingin memiliki pensiun. Tapi bagaimana mungkin, aku kan bukan PNS? Namun, ternyata BNI bisa mewujudkannya melalui layanan BNI Simponi, lho. 

   Setahun yang lalu, tepatnya 31 Mei 2014 aku memutuskan menjadi nasabah BNI untuk program Simpanan Pensiun BNI atau yang lebih dikenal dengan nama BNI Simponi. Awalnya aku tergerak untuk ikut mendaftar BNI Simponi karena saran dari alm. Bapakku yang notabene dulu salah satu pekerjaannya yaitu mengurus dana pensiun kolektif untuk para guru dan karyawan swasta sebuah yayasan SD tempat beliau bekerja. Jadi tiap bulan beliau sering datang ke BNI untuk menyetor iuran dana pensiun sampai-sampai karyawan BNI hafal lho, sama beliau. 

     Singkat cerita, hari itu, aku pergi ke kantor BNI cabang Blora yang letaknya di sebelah barat alun-alun kota. Parkiran kendaraan di depan kantor BNI tertata rapi berkat pak satpam yang bertugas di luar. Pas masuk ke dalam ruang kantor BNI, eh ada sambutan ramah dari satpam lainnya. Karena baru pertama kali menjejakkan kaki di kantor cabang BNI, tentu saja aku agak bingung. Tapi berkat keramahan satpam BNI yang menunjukkan tempat untuk mengurus BNI Simponi aku jadi merasa sangat terbantu. 
dokpri : suasana antrian di BNI cabang Blora, Jawa Tengah

    Setelah mengambil nomer antrian yang letaknya di dekat pintu masuk itu aku duduk di bangku-bangku yang disediakan disitu. Aku masih ingat waktu itu aku mendapat nomor antrian 010. Setelah mendapat panggilan, aku beranjak dari tempat dudukku. Rupanya, untuk mendaftar pembukaan rekening BNI Simponi aku harus naik ke lantai 2 menemui Customer Service BNI. Dengan senyum yang ramah mbak Customer Service melayani semua pertanyaanku sehubungan dengan BNI Simponi. 
dokpri : saat aku mengisi formulir aplikasi pembukaan BNI Simponi

Apa sih BNI Simponi itu ? 
    BNI Simponi adalah layanan program pensiun yang diselenggarakan oleh Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DLPK) BNI. Dimana program dana pensiun ini bisa diikuti oleh siapapun, ga harus karyawan kantoran/ PNS mulai usia 17-70 tahun. 

   Syarat pembukaan rekening BNI Simponi pun cukup simple yaitu membawa KTP asli, membayar setoran awal minimal Rp.250.000,-/ dan Rp.6000 untuk biaya materai. Kemudian aku diminta mengisi formulir rangkap 3 ini :
(lembar 1 : untuk Unit DPLK; lembar 2: untuk peserta; lembar 3:untuk file cabang)

   Di dalam formulir aplikasi pembukaan BNI Simponi ada pilihan memiliki NPWP atau tidak. Jika kita memiliki NPWP akan lebih menguntungkan daripada yang tidak. Karena jika kita tidak memiliki NPWP maka pajak penghasilan yang dikenakan akan lebih tinggi (20%) daripada yang memiliki NPWP. 

    Setelah mempertimbangkan berbagai pilihan paket investasi yang ditawarkan, diantaranya : 
• Paket 1 : 75% (Deposito dan Pasar Uang); 25% (Obligasi) 
• Paket 4 : 65% (Deposito dan Pasar Uang); 35% (Obligasi) 
• Paket 6 : 50% (Deposito dan Pasar Uang); 50% (Obligasi) 
• Paket 10 : 100% (Deposito dan Pasar Uang) 
• Paket 11 : 70% (Deposito dan Pasar Uang); 30% (Obligasi dan/atau Saham) 
 • Paket 13 : 100% (Deposito Syariah, Pasar Uang Syariah, dan/atau Obligasi Syariah) 

    Maka aku memilih paket 6 : 50% (Deposito dan Pasar Uang); 50% (Obligasi) sebagai pilihan paket investasi yang aman dan stabil. Sedangkan pilihan paket lainnya mengandung prinsip high risk, high return, dalam hal ini pasar uang dan saham (reksadana) adalah salah satu instrument investasi yang memiliki risiko tinggi namun juga menjanjikan peluang imbal balik investasi yang lebih menggiurkan. 

    Dengan iuran bulanan minimal Rp.50.000,-, kita bisa mendapatkan pengembangan/ bunga perbulannya dan setelah memasuki usia pensiun yaitu minimal 45 tahun kita bisa mengambil tabungan kita itu jadi kayak dapat pensiun gitu. 

   Kemudian aku diminta mengisi data pihak yang kutunjuk sebagai ahli waris dalam hal ini adikku. Di kolom prinsip mengenai nasabah, ada isian tujuan penggunaan dana, aku mengisinya dengan investasi. Terakhir aku membubuhkan tanda tangan dan nama jelas pemohon yang kemudian distempel oleh Customer Service Bank. 

   Aku pun diberi lembar kedua (untuk peserta) sebagai bukti pendaftaran pembukaan BNI Simponi dan menandatangi buku kepemilikan BNI Simponi. 
dokpri : lembar 2 u/ peserta BNI Simponi

     Setelah itu aku turun ke lantai 1 menuju ke kasir untuk membayar uang setoran awal yaitu Rp.50.000,- dan biaya materai Rp6000. Aku mendapatkan buku BNI Simponi yang mana buku ini harus dicetak minimal 2 bulan sekali. Sebaiknya sih konsisten melakukan iuran setiap bulannya. Namun jika tidak punya waktu antri ke bank, kita bisa membayar iurannya melalui autodebet internet banking, tentunya jika kita mempunyai rekening BNI Taplus. 

    Bila saldo akhir tidak mencukupi dari pembebanan biaya yang berlaku maka rekening akan tertutup secara otomatis dan total dana yang diterima peserta akan dikenakan pajak sesuai ketentuan yang berlaku. 

SIMULASI PENGEMBANGAN DANA 
    Biaya administrasinya Rp.18.000/ thn atau Rp.1500 /bln. Biaya Pengelolaan Dana 0.85%/ thn Asumsi tingkat bunga 7% pa (dapat berubah sewaktu-waktu). 

    Jika kita ingin menghitung kisaran simulasi pengembangan dana milik kita, silakan klik link http://www.bni.co.id/en-us/simulasi/bnisimponi.aspx dan masukkan data yang diminta. 

SYARAT dan KETENTUAN 
    Setelah 2 tahun masa kepesertaan, dana bisa ditarik (kecuali dana pengembangan baru bisa ditarik setelah masa pensiun normal) yang mana besarnya maksimal 10 % dari total iuran maksimal 4 kali, dan jarak pengambilan minimal 1 bulan. 

    Biasanya 3 bulan sebelum usia pensiun normal, pihak BNI Simponi akan menghubungi nasabah untuk menyampaikan informasi bahwa nasabah akan pensiun normal. Nasabah diberikan keleluasaan untuk memilih bentuk anuitas dan perusahaan asuransi mana saja. 

   Jika kita ingin mengambil saldo seluruhnya, paling cepat 10 tahun sebelum usia pensiun normal (Pensiun Dipercepat) dengan membuat surat pernyataan berhenti mengiur dengan menyebutkan alasannya. 
Untuk pencairan dana, syaratnya sebagai berikut : 

Adapun Jumlah Dana & Tarif pajak PAJAK PENARIKAN SALDO IURAN (UU RI No.36 Tahun 2008 tentang PPh Pasal 17 ) 

 s/d Rp 50 juta : 5% 
>Rp 50 juta s/d Rp 250 juta : 15% 
> Rp 250 juta s/d 500 juta : 25% 
> Rp 500 juta : 30% 

KLAIM PENUTUPAN SIMPONI (PP No. 68 Tahun 2009) 
    Jumlah dana s/d 50 juta dikenakan tarif pajak sebesar 0%, sedangkan untuk dana lebih dari Rp 50 juta dikenakan tarif pajak 5 %.

IURAN dan MANFAAT PENSIUN  
     Setelah memasuki masa pensiun, apabila total dana peserta peserta kurang dari Rp. 500 juta, maka peserta dapat mengambil sekaligus dananya sesuai ketentuan yang berlaku. Jika total dananya lebih dari Rp. 500 juta, maka diharuskan untuk memilih / menentukan perusahaan asuransi yang memiliki program anuitas pensiun, dimana Perusahaan Asuransi yang menyediakan anuitas misalnya Jiwasraya, Bumiputera, BNI Life, dan Bringin Life. 

    Dengan membeli anuitas pada Perusahaan Asuransi Jiwa, maka kita bisa mendapatkan pensiun seperti pegawai negeri yang mana diberikan kepada peserta sampai meninggal dunia, janda / dudanya sampai meninggal dunia dan anaknya sampai dengan usia 25 tahun 

    Setelah melalui prosedur di atas, akhirnya, aku resmi menjadi nasabah BNI Simponi...
dokpri: tampilan Buku rekening BNI Simponiku

    Hm, kapan lagi punya kesempatan berinvestasi demi masa depan seperti ini? Hanya BNI yang paling mengerti dengan hadirnya BNI SIMPONI. Akhir kata kuucapkan : "Dirgahayu ke-69 BNI. Semoga makin banyak mengukir prestasi dan berbagi untuk negeri."

sumber gambar : Vintage vector designed by Freepik

Read More

Belanja Aman dan Sesuai Pilihan di Shopious.com

Agustinadian Susanti | Jumat, Juli 24, 2015 | 12 Comments so far
    Hai guys, aku termasuk orang yang suka hal-hal yang praktis dan paling bĂȘte sama yang namanya ANTRI! Aku belanja ke mall mungkin bisa sebulan sekali hanya untuk beli kebutuhan pokok aja itu pun ga sendirian. Apalagi sejak aku kena anxiety disorder rasanya tambah males buat keluar rumah. 

      Nah, kalau pas butuh sesuatu dan ga berani keluar rumah sendirian, solusinya yaitu minta dianter tetangga, ya kalau tetanggaku pas sempet, lha kalau sibuk? Hm, ya alamat ga jadi belanja deh. Kalau nitip dibelanjain temen atau delivery order belanjaan, bisa sih tapi kadang ga sesuai selera kita. 

     Solusi lainnya mau ga mau beli secara online di toko online dan transaksinya online juga. Hari gini semua serba online. Praktis, hemat waktu, tenaga, bisa milih barang sesuai selera hanya dengan duduk di depan komputer/ laptop atau melalui smartphone, jadi ga usah keluar rumah, dan bisa belanja kapan aja, ga terbatas waktu… widih aku banget.. 

    Eits, tapi ada sedikit keraguan nih kalau belanja di toko online sembarangan kadang ada resiko tak terduganya seperti misalnya ada oknum yang tidak bertanggungjawab yang menggunakan kesempatan dalam kesempitan di tengah maraknya situs-situs toko online di internet. Ngeri bingits? Tatuut.. Hm, jadi dilemma kan ya? Tapi tenang aja guys, semua keraguan itu bisa teratasi dengan baik. Ga percaya? Coba kunjungi Direktori Toko Online shopious.com

Mengapa harus shopious.com? 

Karena shopious.com merupakan direktori toko online yang aman, sesuai pilihan dan terpercaya. Bayangin aja, seluruh toko online di Indonesia ada disini. 

     Istilahnya shopius.com itu tempat iklanin toko online (semacam yellow pages-nya online shopping), yang menyediakan banyak produk dari berbagai kategori. Mulai dari pakaian pria dan wanita, pakaian anak-anak, tas, sepatu, gadget, hingga aksesoris dan berbagai keperluan rumah tangga. 

    Di shopious.com kita juga bisa membandingkan daftar harga yang ada di satu toko dengan toko lainnya juga, lho. Toko online yang satu ini buka nonstop 1x24 jam dan 7 hari dalam seminggu. Meski yang punya toko lagi tidur ni katakanlah, tapi toko online ini ga pernah tutup. 

Apa sih kelebihan shopious.com? 

Ada 2 manfaat yang dirasakan baik untuk pembeli maupun pemilik toko online sendiri. Pertama untuk pembeli dulu nih: 
  • Kita ga perlu khawatir belanja di shopious.com karena berbagai toko online yang ada disini sudah diseleksi secara ketat sebelum masuk shoppius.com
  • Selain kualitas barangnya baik, juga lebih variatif
  • Terdapat fitur filter harga sehingga kita bisa memilih barang sesuai budget yang kita miliki 
     Nah, untuk para pemilik toko online dengan mendaftarkan toko online-nya di shopious.com maka dapat membantu memperluas target penjualan. Misalnya buat kamu yang lagi nyoba buka usaha toko online, biasanya cuma majang foto produknya di facebook, bbm, atau kadang instagram. Kenapa ga coba daftarin toko online kamu ke shopius.com aja? 
     Cara kerjanya, dengan memasang produk di instagram ke dalam toko online shopius.com. Produk-produk kamu akan terkatergorikan dengan sangat baik di website shopius.com sehingga lebih mudah dicari oleh pembeli. 
    Meski tidak semua orang menggunakan instagram jangan takut karena dengan memajang produk-produk kamu di shopious.com, maka kemungkinan toko kamu ditemukan oleh calon pembeli akan jauh lebih besar. Ya karena buat online shoppers yang ga pake instagram pun bisa lihat produk-produk yang kamu jual dalam kategori yang jelas dan ga tergantung pencarian hashtag. 

    Yuk, jangan ragu lagi belanja atau daftarin toko online kamu di shopious.com - directori toko online yang aman dan sesuai pilihan serta bermanfaat bagi para online shopper dan pemilik toko online sendiri.
Read More

Trauma Psikis hingga Psikosomatis yang kualami

Agustinadian Susanti | Selasa, Juli 14, 2015 | | 13 Comments so far
    Entah kapan pertama kali saya merasakan ini saya sudah agak lupa. Tapi yang paling saya ingat suatu hari saya diajak jalan-jalan ke pasar Johar, Semarang bersama dua teman kantor saya. 

    Hari itu hari Minggu, seusai pelayanan sekretariat minggu di gereja, saya diajak ke Johar.  Btw, saya punya jam makan yang sangat teratur semenjak kena sakit maag akut. Dan siang itu tepat jam 12.00 WIB teman saya rupanya masih asyik milih-milih baju di Johar biasalah cewek kalau belanja lama banget dan itu bertentangan dengan nurani saya meski sama-sama cewek. 

    Rasa panas terik matahari, suasana pengap di pasar dan perut keroncongan membuat saya makin lama makin lemas. Saya sudah meminta mereka untuk berhenti sejenak dan makan siang, namun mereka sedang asyik belanja dan tidak menghiraukan saya. Saya mencoba bertahan dengan makan biscuit yang sengaja saya bawa dari kos. Namun itu tetap tidak membantu karena saya terbiasa makan sangat sangat teratur. Jam 12 teng harus makan nasi. 

    Dua teman saya jalannya cepat sekali saya dibelakang mereka. tubuh saya mulai melemah dan mata saya berkunang-kunang hingga akhirnya saya nyerah dengan sedikit tenaga saya mencoba memanggil mereka untuk berhenti dan menolong saya. Namun mereka tidak terlalu dengar, yang mengetahui hal itu adalah tukang becak yang saya lewati dan ia membantu saya memanggil kedua teman saya yang sudah berjalan jauh di depan saya. Semuanya gelap dan saya merasakan rasa pahit (cairan empedu) naik dari lambung ke kerongkongan. Keringat dingin dan singkatnya Saya pingsan!

   Saya setengah sadar merasa tubuh saya diangkat ke becak menuju ke kos. Sejak saat itu saya tidak mau lagi jalan-jalan bareng temen cewek yang suka shopping, karena apa? Lama kalau belanja. 

     Peristiwa berikutnya ketika saya sedang ada di gereja dan waktu itu  pelayanan jadi singer. Meski berdiri hanya di depan 50 orang jemaat waktu itu entah kenapa saya takut jatuh. Sepertinya semuanya memandang ke arah saya dan saya merasa "malu" kalau saya sampai pingsan di depan. meski itu cuma perasaan saya sendiri. Apalagi saat perut kosong, paniknya lebih lagi. 

   Tiba-tiba di gereja itu saya merasa sendirian meski di tengah keramaian. Saya tengok ke samping kanan kiri bawa pasangan dan ada yang datang bersama keluarga masing-masing sedangkan saya sendirian, pikiran negatif saya muncul, duh kalau saya pingsan gimana ya. Meskipun di gereja itu banyak orang, tapi saya rasa kalau saya datang bersama keluarga mungkin lebih aman. Saya duduk di bangku paling belakang, dekat pintu keluar supaya kalau saya kumat lemes saya bisa kabur meski kebaktian belum selesai. Atau saya cari tempat duduk yang dekat toilet supaya jika saya muntah bisa cepet ke toilet. 

   Suatu hari ada pelayanan singer lagi tapi di pos PI lain diluar wilayah. Saya hanya sarapan biscuit karena belum ada warung buka pagi pagi. Posisi di kos ga boleh masak juga. Saya berangkat jam 6 pagi naik mobil temen rame-rame udah kerasa pusing karena Cuma ngemil biscuit. Sampai di tempat pelayanan saya coba rileks dan ngemil biscuit lagi. Tiba tiba rasa panic menyerang kembali ketika giliran maju ke depan untuk nyanyi. Kami semua maju, music baru aja dimainkan dan semua menyanyi namun kepala saya tambah berat dan semua rasanya berputar. Saya tidak bisa menyanyi hanya lipsing tangan saya mencengkeram kuat baju teman di sebelah saya. Wah gawat aku mau pingsan lagi rasanya. Untung temanku kuat, kalau ga udah jatuh bareng aku karena aku ganduli. 5 menit nyanyi rasanya 5 tahun tersiksa banget. (lebai ya)

    Udah selesai nyanyi turun panggung saya tambah lemes akhirnya saya ga sabar lari ke kantin dan minum air mineral sebanyak-banyaknya. Ruang gerak saya makin lama makin terbatas. Perjalanan jauh juga bikin stress. Semua berawal dari telat makan bisa stress. Parnonya makin dashyat telat makan kumat, salah makan kumat, akibatnya jaga makan. Sudah ga beli makan diluar tapi masak sendiri masih aja parno. Saat milih bahan makanan/ sayuran atau telur. Hampir semua bahan makanan yang mau saya masak saya teliti dulu dari bau, warna, tekstur. Berasa jadi QC, Semua yang masuk ke perut saya harus dicek aman ga. Ribet bener hidup gw. 

   Ada lagi, saya terbiasa makan teratur dan waktu itu saya minum obat penenang. Saya minum obat penenang biar rileks. Tapi ternyata itu membuat saya tidur nyenyak banget, dan lemes di sekujur badan saya. Saya di kos di kamar sendiri dan yang kos ada 2 orang. Waktu itu saya tidur jam 2 siang sepulang kantor dan pikir saya mau tidur bentar aja, eh kebablasan sampai kira kira jam 8 malam. Padahal saya biasanya harus makan jam 5 sore tapi saya ga bangun bangun saking nyenyaknya. Saya terbangun karena mendengar teman saya naik tangga pulang kerja. Waktu saya lihat jam itu sudah jam 8 malam, panic sekali. Saya belum beli makan rupanya, saya coba keluar kamar eh tapi langsung lemes dan mau pingsan. Saya ketuk pintu kamar kos temen saya. Saya tergeletak di depan pintu kamarnya. Temen saya yang tadinya baru capek pulang kerja tiba-tiba harus kumpulin tenaga ekstra buat gotong saya masuk kamar dan lari keluar kos untuk beli nasi bungkus (kalau di semarang nasi kucing) buat saya. Setelah itu dia telepon pendeta saya. Setelah makan 3 bungkus nasi kucing ditambah makanan dari pendeta saya akhirnya saya tidak lemes lagi. Sejak saat itu saya takut tidur nyenyak, kenyenyaken sampe ga bangun-bangun. sampai sekarang saya insomnia.

    Kejadian terulang lagi, kali ini saya harus rutin konsumsi obat penenang, tapi hari itu saya salah makan. Padahal itu sudah malam, makanan terakhir saya harus saya muntahin lagi karena lambung saya ga kuat. Sudah malam, ga ada makanan ganti padahal harus minum obat, akhirnya saya cuma makan 3 keping biscuit setelah muntah berjam-jam. Kemudian minum obat penenang namanya Zoloft, yang sebutir nya dulu 50rb waktu itu. Lalu saya tidur. Jam 3 pagi saya terbangun rasanya mau end. Mati. Rasanya kepala saya pusing banget, dada saya mengkap mengkap. Tiba-tiba saya merasa ketakutan luar biasa. Nafas saya sesak, dan saya mencoba sms teman saya agar bawa saya ke rumah sakit. Beberapa waktu kemudian, pendeta saya bagian ngurusi pemakaman datang. Waduh kenapa yang dipanggil pendeta bagian ini, dikiranya saya mau end beneran. Untung segera dibawa kerumah sakit dan mendapat perawatan dokter dan sejak saat itu saya mulai hati hati dalam makan sesuatu apalagi harus minum obat yang sifatnya tidak boleh putus tanpa konsultasi dokter. 

    Trauma kembali muncul lagi di lain waktu. Saya pindah kos dan obat penenang saya tinggal 2 butir. Uang saya hampir habis buat berobat padahal harus kontrol lagi. Hari itu saya coba untuk ke gereja lagi dan minum obatnya ntar aja kalau pulang pikir saya. Di tengah kebaktian saya mulai gelisah. Cemasnya kembali datang tanpa sebab yang jelas, jantung saya berdetak kencang, saya kenapa ya? Saya naik sepeda pulang ke kos. Di perjalanan rasanya saya mau end lagi. Tapi coba saya kuatin sampe kos. Saya coba makan dulu dan minum obat lagi tapi karena tinggal 2 saya Cuma minum separonya. 

   Malam itu biasanya saya berani tidur sendiri tiba tiba saya kayak orang ketakutan. Saya ga berani di kamar sendirian, saya ketok kamar temen saya, saya mengeluh takut dan teman saya bilang, itu karena kamu terbiasa minum penenangnya. Kalau mau lepas ga boleh tanpa petunjuk dokter. Tapi mau bagaimana lagi uang sudah mulai habis dan saya terpaksa harus mencoba tidak bergantung lagi pada obat. Malam berikutnya saya mulai aksi nekat saya. Saya ga minum penenang itu lagi. Badan saya rasanya sakit semua, ketakutan, jantung berdegub kencang tapi saya iklasin aja. Saya berdoa. Obat penenang tinggal 1 ½ butir Cuma saya pandangi aja, kalau saya ga kuat saya minum tapi puji Tuhan bisa lepas, meski harus terkapar di kos 3 hari. Sejak hari itu saya ga pernah lagi minum penenang.

    Kejadian serupa kembali datang, saat saya pelayanan di gereja lain kali ini ga cuma menyanyi aja tapi ada gerakan tariannya. Waktu latihan fine-fine aja, begitu di depan umum panic attack muncul lagi, tiba-tiba saya lesu, lemes tidak bertenaga, gerakan tariannya udah kayak senam taichi bukan breakdance. Sampe temen saya yang merhatiin saya bilang, “Susan lemes tuh” Kejadian beruntun itu membuat saya takut berdiri di depan umum lagi dan parahnya lagi saya takut ke gereja sendirian meski sudah bawa amunisi rasa takut itu terus menghantui saya. Akhirnya sering minta dispensasi. Bolos dulu besok minggu depan aja, tapi ketika minggu datang, diulang lagi akhirnya ga pernah ke gereja. Mundur dari pelayanan sampai akhirnya kehilangan pekerjaan. Inilah rentetan trauma psikis yang saya alami. Apakah kamu juga punya trauma psikis yang membuatmu jadi psikosomatis? Tulis dan amati apa saja yang bisa bikin kamu trauma, lalu cari solusinya. To be continued…
Read More

Masalah Listrik Jeglek di Rumahku

Agustinadian Susanti | Senin, Juli 13, 2015 | 25 Comments so far
     Di rumah aku pakai meteran pulsa prabayar. Jadi ceritanya, sekitar 2 hari yang lalu, pagi hari ketika aku lagi di toilet dan nyalakan sanyo tiba-tiba listrikku jeglek. Masih jam 5 pagi sudah mati lampu, kulihat lampu tetanggaku nyala, waduh cuma listrik di rumahku yang jeglek. Akhirnya aku keluar dari kamar mandi dan coba nyalakan mcbnya. Tapi selalu ke posisi off. Akhirnya aku coba cabut semua stop kontak dan matikan beberapa lampu dan bisa nyala lagi. Mungkin kelebihan daya tapi anehnya kok baru kali ini gitu lo biasanya gapapa. 

     Udah gitu selesai urusan toilet. Aku mulai masak nasi pakai magic com. Baru nyalain magic com eh 5 menit kemudian listriknya jeglek lagi. Aduh cobaan pagi hari, dasarnya aku ni kena anxiety disorder juga dan lagi menerapkan cara mengobati anxietynya erikwibowo wah sudah harus praktek untuk tetap tenang hadapi masalah. Pikirku wah ini mulai ga beres. 

   Aku mencoba hubungi PLN sekitar jam 6.30 WIB. Yang angkat operator. Aku sampaikan permasalahanku dan beberapa saat kemudian petugas PLN datang bawa mobil. Karena aku sudah agak kenal dengan petugas yang satu ini dia malah ngajak guyonan aja-Ga ngapa ngapain, yang temennya satunya nutul-nutul mcb aja. Lalu dia bilang tambah daya aja jadi 1300 listrikmu ga kuat. Kok aneh kemarin kemarin padahal gapapa loh. Aku tu udah nambah daya dulu dari 450 jadi 900 masa ini suruh nambah daya lagi? 

   Kemudian petugas yang kenal aku ini mulai kasih solusi cara dia. Atau gini aja tak gantikan mcbnya tapi bayar 300rb. Tapi ga usah lapor kantor kalau aku yang ganti. 

    Lah kenapa ga boleh lapor kantor? Aneh. 

   Terus dia bilang, ya terserah kamu mau lapor kantor nanti kantor pasti nyuruh kamu tambah daya, dan harganya jauh lebih mahal gitu katanya. Gimana mau ga? Kalau mau besok waktu aku piket aku kesini ganti mcbnya. 

   Aku sempat bingung, akhirnya aku nulis status di fb tanya ke temen-teman yang mungkin pernah alami hal serupa. Terima kasih buat teman-teman yang sudah kasih solusi ke aku kemarin ya. Dari saran teman-teman aku mulai browsing ke google tentang mcb ini. Perlu ga ganti mcb karena sering jeglek? Benarkah masalahnya di mcbku? Masalahnya setiap ada pemadaman listrik lalu nyala, pasti listrikku jeglek dulu baru nyala lagi. Spontan aku mikir oh mungkin juga mcbku lemah karena sering jeglek. Hm ok kayaknya aku yakin mau ganti mcb ni. 

   Tapi waktu browsing di google aku makin dibuat galau lagi. Karena disitu dikatakan kalau ganti mcb illegal pasti kena denda kalau ketauan. Aduh makin takut illegal? Kan yang masang petugas PLNnya sendiri? La kalau dia kemarin bilang jangan lapor kantor jangan jangan itu illegal? Aduh takut ah. 

   Dan dari saran teman ada juga yang ganti mcb tapi gratis ga bayar seperti kata petugas kemarin. Haduh kalau emang gratis kenapa harus bayar? Aku makin bingung, sampe sampe psikosomatisku kumat. Tapi aku harus tenang. Sendirian boo.. dapat masalah kayak gini akhirnya aku doa sama Tuhan mohon petunjuk. 

   Aku ga puas dengan petugas ini lalu aku coba telepon PLN lagi untuk kedua kalinya. Yang angkat bagian pelanggan. Aku mengemukakan masalahku lagi dan tanya kalau ganti mcb dari PLN itu gratis apa bayar si sebenernya? Petugasnya makin buat aku bingung. La tadi sama siapa mbak lapornya kalau mbak laporan ya ga bayar kalau mbak langsung lewat petugasnya ya bayar. 

   Hm, mmmbak tadi saya sudah lapor via telepon jam 6.30 terus petugas PLN datang. Bukan langsung ke petugasnya saya lapornya. Tapi dari kantor dulu. Mungkin karena yang jawab operator jadi beda orang dikira ga lapor? Aduh gimana sih apa yang namanya laporan itu musti datang dulu ke kantornya baru dikatakan laporan. 

   Aku tunggu petugasnya belum datang juga. Padahal itu hari Sabtu tak pikir cuma setengah hari jadi jam 12.30 aku coba datang. Anxietyku kambuh lagi sambil sempoyongan aku minta tolong tetanggaku buat nganter ke PLN. Sampai disana petugasnya tidur-tiduran, mungkin efek puasa. 

   Mbak saya tadi yang telepon. Saya mau buat laporan tertulis disini. 

  Oh, Ga usah mbak tadi kan sudah telepon. Yah gimana sih tadi katanya suruh datang buat laporan. Oh ya wes, Akhirnya si mbaknya nyatet di form pengaduan warna ijo kayak formalitas gitu. Udah ditunggu aja mbak pulang kerumah dulu nanti petugasnya datang. Tapi bukan petugas yang tadi kan mbak? Bukan, lain orang. Nanti gini daya listriknya mbak diukur dulu kalau memang kelebihan muatan harus tambah daya, tapi kalau mcbnya yang rusak kami akan ganti gratis. 

   Hm lega akhirnya aku pulang ke rumah. Beberapa jam kemudian, petugasnya datang, kali ini lain orang. Dia ngukur pake amperemeter waktu sanyoku nyala dan memang arusnya naik turun. Dia menyarankan yang sama. Tambah daya mbak, listrik mbak ga kuat ini. Tapi biasanya kuat kok mas. Heran aku. 

   Mulai deh petugas yang satunya kasih solusi serupa dengan petugas pertama, atau gini aja mbak, saya ganti mcbnya tapi bayar 350rb ke saya tapi jangan lapor kantor karena nanti saya yang kena masalah. Waduh petugasnya kok sama aja malah lebih parah selisih 50rb. Aku makin ga yakin lah katanya mcbnya gratis kok ini suruh bayar? Ya gratis kalau mcb mbak rusak. Kita ganti gratis la mcb mbak ini ga rusak. Lah kok mcbnya mau diganti kalau ga rusak. Kan mbak pengennya bisa ga jeglek lagi. Saya punya mcb untuk daya 1300 meski daya mbak 900 lebih irit gitu mbak daripada mbak nambah daya nanti lebih mahal. 

   Irit si irit tapi kalau illegal saya yang kena denda. Pusing aku harus gimana. Aku browsing lagi cari tahu mcb yang lemah dan mcb yang masih bagus. Dan ternyata memang mcbku masih bagus. Saran teman membuatku nekat batalin janji bayar 300rb sama oknum sebelumnya. Konsekuensi dari pembatalan itu pasti si oknum marah donk ke saya. Tapi cuek aja marahnya lewat telepon. Ok, apa yang kulakukan lagi? 

   Akhirnya aku minta tolong kenalanku yang di BTL (biro teknik listrik) dan benar keesokan harinya petugas BTL datang. Hm, beda banget pelayanannya sama yang sebelumnya. Ini lebih teliti meriksanya. Semua diperiksa dari sanyo ada konslet ga, terus jalur listriknya diperiksa satu-satu dan nemu sekringku kendor lalu dikencengin. Udah gitu aja. Sekring kendor dikencengin beres. Bukan masalah mcb, ga harus ganti mcb sampe merogoh kocek 300rb/ 350rb untuk oknum itu. lalu petugas BTLnya bilang kalau besok masih jeglek, sms saya aja saya akan kesini lagi. Dan puji Tuhan hari ini ga jeglek seperti kemarin. Jadi masalahnya sepele Cuma di sekering yang kendor. 

    Jadi ini pengalaman banget buat temen-temen yang mungkin alami hal serupa. Cek dan ricek dulu segala sesuatunya biar kita ga rugi. MCB masih bagus kok ngapain juga diganti? Kan mcb nya standar dari PLN. Hm akhirnya berhasil melalui anxiety lewat masalah listrik yang sempet bikin puyeng.
Read More

Makarizo Solusi Cara Merawat Rambut Rusak Secara Alami

Agustinadian Susanti | Minggu, Juli 05, 2015 | | 12 Comments so far
      Cara Merawat Rambut Rusak gunakan Makarizo Hair Energy yang merupakan salah satu produk perawatan rambut yang berbentuk cream. Produk ini diyakini oleh banyak konsumen sebagai cara merawat rambut rusak secara alami. Hal ini dibuktikan dengan Hair energy meraih penghargaan Top Brand sebanyak 3 kali (tahun 2012,2014,2015). Makarizo hair energy tersedia dalam 3 varian produk, yaitu hair energy creambath royal jelly, hair energy creambath aloe vera, dan hair energy creambath kiwi. Inovasi dan pengembangan produk Makarizo mampu memberikan solusi untuk merawat rambut rusak, rontok, dan bercabang akibat bleaching, pelurusan, keriting, sering dicatok dan diwarnai. Cara merawat rambut rusak dengan bahan alami ini terpercaya memberikan hasil lembut layaknya conditioner, seperti Vitamin C, Vitamin B5, dan Antioksidan, seperti halnya cara merawat rambut dengan bahan tradisional. Adapun cara pemakaian makarizo hair energy creambath yaitu dengan mengaplikasikannya pada rambut secukupnya, lalu pijat dengan lembut. Biarkan krim meresap selama kurang lebih 5-10 menit, lalu bilas hingga bersih. Makarizo hair energy creambath bisa digunakan kapan saja dan dimana saja. Bisa di rumah, di salon, atau dimana saja, pokoknya yang mampu menjadikan rambut lebih lembut, sehat, dan wangi. 

Makarizo ENERGY  
      Makarizo ENERGY menawarkan kegembiraan dan keberanian bagi mereka yang menginginkan sesuatu yang menyenangkan, energik, namun tetap tulus menjalankan misinya untuk menyembuhkan dan merawat. Terinspirasi dari sinar matahari, logo Makarizo ENERGY menunjukkan kesederhanaan namun tetap merepresentasikan segala hal yang brand ini ingin ciptakan. Warna kuning keemasan yang cerah melambangkan warna matahari pada siang hari sehingga memikat mata yang melihatnya. Titik-titik kecil yang menyerupai bentuk matahari mengingatkan kita akan kesederhanaan dan keindahannya. 

       Produk-produk Makarizo ENERGY dibuat dari unsur-unsur alam yang ada di bumi. Dengan bantuan matahari melalui daya transformatifnya, bahan-bahan yang digunakan Makarizo ENERGY memiliki kemampuan menyembuhkan, memperbaiki, meregenerasi-tergantung pada fungsi produk tersebut. Lini produk Makarizo ENERGY dimulai dari rangkaian Shampoo, Creambath, dan Parfum Rambut yang saling melengkapi. 

Visi dan Misi Brand Makarizo 
Visi: menjadi perusahaan Beauty Care terbaik di dunia dengan menyajikan produk-produk berkualitas tinggi dan standar pelayanan yang superior yang dapat mendatangkan manfaat serta keuntungan tinggi bagi seluruh pelanggan, sehingga tercapai sebuah kreasi bernilai tinggi untuk para pemangku kepentingan sekaligus memakmurkan komunitas kerja yang berarti berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan manusia. 

Misi : Makarizo adalah ahli kecantikan yang mendukung tiap pribadi untuk mengeksplor, meningkatkan, dan memperbarui diri sebagai sebuah ekspresi dari sisi terbaik mereka. Makarizo mempermudah konsumen melakukan eksplorasi dan menemukan kembali arti kecantikan. 

     Inovasi dan pengembangan produk kerap dilakukan oleh Makarizo demi memenuhi kebutuhan pasar. Berbagai macam masalah rambut dapat diberikan solusinya. Baik untuk perawatan rambut normal, perawatan rambut yang telah rusak, ataupun telah mengalami penuaan, untuk masalah ketombe, dan berbagai macam masalah lainnya. Untuk perawatan, Makarizo menawarkan produk nutrisi untuk rambut. Salah satu produk yang paling dicari adalah creambath Makarizo Hair Energy sebagai merk creambath paling bagus. 

Masalah rambut dan cara mengatasinya  

    Umumnya rambut rontok adalah masalah rambut yang paling sering dialami. Diikuti dengan ketombe, rambut bercabang, kusam, kering, menjadi keluhan umum lainnya. Rajin melakukan perawatan rambut adalah kunci utama untuk menjaga agar rambut tetap sehat. 

    Cara merawat rambut rusak dan rontok yaitu dengan creambath karena Creambath adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan rambut. Selain itu Creambath mampu membuat rambut menjadi lebih lembut. Dengan melakukan creambath secara teratur, maka rambut senantiasa terjaga kesehatannya dan terhindar dari kerusakan rambut yang disebabkan karena kurangnya nutrisi dan perawatan. Produk Makarizo hair creambath bisa digunakan sebagai creambath untuk rambut kering maupun creambath untuk rambut rontok. 

   Produk yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi untuk Anda para wanita. Makarizo Hair Energy, adalah terobosan baru creambath praktis untuk pemakaian creambath di rumah, creambath di salon, atau dimana saja yang mampu menjadikan rambut lebih lembut, sehat, dan wangi. Makarizo Hair Energy mengandung bahan dasar alami yang terpercaya memberikan hasil lembut seperti layaknya conditioner, seperti Vitamin C, Vitamin B5, dan Antioksidan. 

Kandungan Vitamin dalam Makarizo Hair Energy : 
1. Vitamin B5 
    Mampu meresap ke dalam batang rambut serta mampu melembabkan rambut lebih lama. Membuat bentuk rambut menjadi lebih berkilau dan mengembang, serta membantu proses perbaikan rambut rusak. 

2. Vitamin C 
    Mampu meningkatkan pertumbuhan rambut dan memperbaiki kulit kepala tidak sehat. 

3. Antioksidan 
   Menutrisi rambut, mampu melindungi rambut dengan membuat lapisan film forming yang menjembatani rambut dengan udara langsung. 

    Makarizo Hair Energy membuat rambut Anda lebih lembut, lebih sehat, dan wangi. Makarizo Hair Energy adalah produk perawatan rambut berupa krim creambath untuk pemakaian di rumah, atau dimana saja yang mampu menjadikan rambut anda lebih lembut, sehat, dan wangi. 

Makarizo Hair Energy tersedia dalam 3 Varian, yakni : 
1. HAIR ENERGY CREAMBATH ROYAL JELLY 
     Untuk merawat rambut yang cenderung kering, rusak dan bercabang Hair Energy Creambath Royal Jelly menutrisi serta memelihara kelembaban dan elastisitas rambut. Gunakan selalu Hair Energy Creambath Royal Jelly ini sebagai cara merawat rambut rusak dan bercabang karena Hair Energy Creambath Royal Jelly adalah cream creambath terbaik untuk merawat rambut kering.

Kenapa harus Hair Energy Royal Jelly? 
     Karena selain mengandung zat untuk melembutkan dan menutrisi tadi, Energy Creambath Royal Jelly juga mengandung Royal Jelly yang kaya dengan fungsi yaitu sebagai antioksidan tinggi (mengatasi radikal bebas). Creambath Royal Jelly atau susu lebah merupakan sumber makanan yang paling istimewa bagi lebah, terutama bagi ratu lebah yang mengonsumsinya seumur hidup. Sementara itu, Royal Jelly bagi manusia dapat memberikan manfaat yang luar biasa terutama untuk memperlambat proses penuaan (anti aging). 

2. HAIR ENERGY CREAMBATH ALOE VERA 
   Cegah kerontokan dengan creambath dengan menggunakan produk Hair Energy Creambath Aloe Vera. Hair Energy Creambath Aloe Vera mengandung Aloe Vera yang dikenal sebagai nutrisi alami yang berfungsi untuk menyuburkan, menghitamkan rambut, dan mengurangi kerontokan. Hair Energy Creambath Aloe Vera berkhasiat untuk membantu pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan, mengurangi ketombe, merawat kekuatan akar rambut agar tetap sehat dan berkilau alami. Hair Energy Creambath Aloe Vera disarankan untuk rambut normal. 

Kenapa harus Hair Energy Aloe Vera? 
   Creambath Makarizo Lidah Buaya selain mengandung zat untuk melembutkan dan menutrisi, juga mengandung Aloe Vera yang kaya fungsi dengan manfaat ganda yaitu menghitamkan sekaligus menyuburkan rambut serta membersihkan kulit kepala dari gangguan ketombe. 

3. MAKARIZO HAIR ENERGY CREAMBATH KIWI EXTRACT 
   Untuk cara merawat rambut yang rusak setelah pelurusan gunakan Makarizo Hair Energy Creambath Kiwi karena Makarizo Hair Energy Creambath Kiwi ini berkhasiat untuk rambut yang mengalami proses pewarnaan/ pelurusan. Khasiat creambath kiwi berfungsi untuk menutrisi rambut agar tetap sehat, tidak kering, kusam, dan gejala penuaan lainnya. Creambath Makarizo Kiwi menjaga keseimbangan dan kelembaban rambut berwarna agar tetap lembut berkilau serta memberi asupan gizi dan bersifat antioksidan yang melindungi rambut. Jangan lupa gunakan selalu Hair Energy Creambath Kiwi Extract sebagai cara merawat rambut rusak karena pengeritingan, cara merawat rambut rusak karena sering dicatok , cara merawat rambut rusak karena diwarnai, dan cara merawat rambut rusak akibat bleaching. 

Kenapa harus Hair Energy Kiwi? 
   Karena mengandung Kiwi yang kaya fungsi yaitu mengandung banyak zat yang bermanfaat sebagai anti oksidan bagi tubuh, terutama mengandung vitamin C. Buah kiwi juga mengandung vitamin E dua kali lebih banyak daripada alpukat, memberikan banyak manfaat sebagai creambath alami. 

Tersedia di : 
Carefour, Giant, Hypermart, Hero Yogya, Century, Guardian, Watson, Alfamart, Indomaret, serta toko-toko kecantikan terdekat. 

Ukuran dan Harga Retail : 
Pot 500 gram, HET (Harga Eceran Tertinggi) Rp.60.000 – Rp.70.000 
Sachet 60 gram, HET (Harga Eceran Tertinggi) Rp 11.000 – Rp.12.000 
Sachet 30 gram, HET (Harga Eceran Tertinggi) Rp 5.000 – Rp.6.000 

Produk Pelengkap : 
    Hair Energy Creambath baik dikombinasikan dengan Hair Energy Shampoo untuk membersihkan rambut dengan lembut dan Hair Energy Scentations yang mampu mengatasi bau apek pada rambut. 


Tentang Makarizo 
    Makarizo merupakan perusahaan Beauty Care terkemuka di Asia dan pesaing kuat di taraf internasional. Hadir sejak tahun 1980, Makarizo memberikan kualitas dan standar pelayanan terbaik sehingga tercipta value yang tinggi serta berkontribusi dalam peningkatan kualitas hidup. Makarizo mempertahankan posisi unggulnya dalam bisnis salon professional dengan top of mind brand Rebonding System dan 8 brand lainnya : Maxi Smoothing, Exo, Smart Waves, Concept Ultimax, MK3, Salon Daily, Texture Experience, dan Honey Dew. Melihat antusiasme permintaan konsumen atas produk Makarizo yang berkualitas, Makarizo menyentuh hidup orang banyak dengan menghadirkan brand konsumen seperti Hair Energy, Advisor, t1, Vorsatz, dan Rebonding System Kitz. Makarizo merupakan bagian dari PT. Akasha Wira International Tbk dengan kantor pusat di Jakarta, Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.makarizo.com. Makarizo Solusi Cara Merawat Rambut Rusak Secara Alami.

Postingan ini diikutsertakan dalam Blog Contest 
Makarizo Creambath Hair Energy 
Cara Alami Merawat Rambut Rusak
Read More

Categories

Komentar