Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • JUAL SUPERGREENFOOD

Trial and Eror

Moocen Susan | Minggu, Mei 04, 2014 | 17 Comments so far
   Setiap hari kalau pas ga ada job atau sudah selesai ngerjain blog klien biasanya saya nyobain hal baru, kadang juga cuma mantengin status facebook teman aja, komen sana sini, haha hihi ga jelas. 

   Hari ini, kerjaan rumah juga udah kelar, tugas nulis buat lomba juga udah, pikirnya mau tidur eh ga bisa, bawaannya pengen ngadepin komputer terus dan nyobain utak-utik blog lagi. 

  Pengen desain blog dengan background buatan sendiri. Sayangnya upload gambar bikinan sendiri lagi cuma dapat free trial 1 kali aja. Ketika mau upload lagi musti upgrade ke premium. Lagi nyari alternative lain yang bisa menghadirkan hasil yang sama dengan cara yang berbeda Pas yang saya upload salah pula ukurannya hiks…. Mau ngulang lagi udah ga bisa. Jadilah salah perhitungan. 

  Ya beginilah suka duka kerjaan nyetting blog ga selalu mulus, perlu mata yang manteng berjam-jam butuh konsentrasi tinggi, tadi sempat salah ngoding juga fiuh.. tapi memang kalau tidak pernah salah ga akan belajar hal baru. Dan inilah dummy blog yang gagal, 
 
desain blog gagal
salah perhitungan akhirnya tata letaknya jadi kacau. Gambar sendiri, gabungin kode-kode, untung internetnya lancar. Ga gampang nyeting blog itu , musti menghadapi trial dan eror. Tenang aja ini bukan buat klien kok tapi hasil uji coba belajar saya aja. Kalau buat klien ya ga mungkin disalah-salahin begini hihi..

Pentingnya Sebuah Keramahan

Moocen Susan | Minggu, Mei 04, 2014 | 8 Comments so far
   Pada waktu murid lesku meminta penjelasan tentang cara menyelesaikan soal matematika karena ia belum paham caranya aku pun menjelaskan dengan detail. 
   Dasarnya anak-anak, ada aja yang ditanyain bahkan hal yang menurutku jawabannya sangat sederhana. Aku mencoba menjelaskan kepadanya agar ia lebih mudah menangkap maksudku. Kemudian aku bertanya, "Mengapa kamu tidak bertanya kepada gurumu di sekolah kalau masih belum paham?" 

   "Aku takut kak, soale gurune galak dan kalau jelasin itu cepet banget.” :(

   Jangan sampai hanya karena gurunya galak murid jadi takut bertanya sehingga mengakibatkan ia tidak suka pelajarannya dan nilainya jelek. 

    Aku selalu bilang pada muridku, "Jika kamu ingin bisa sukai dulu pelajarannya. Jika kamu suka pada pelajaran itu pasti kamu akan belajar dengan sungguh-sungguh."

   Tapi bagaimana mungkin bisa suka pelajarannya kalau gurunya saja menakutkan. Murid akan enggan untuk bertanya karena takut. 
    
   Cara penyampaian dalam mengajar menentukan keberhasilan murid juga meski sisanya adalah usaha dari murid tersebut untuk mau belajar. Sebaliknya jika gurunya ramah, murid akan merasa nyaman dan tidak sungkan atau takut-takut lagi untuk bertanya. Bahkan pertanyaan yang aneh pun dijawab dengan gurauan. 

   Bagaimanapun juga yang namanya keramahan akan membuat orang lain merasa nyaman. Contoh kasus lainnya, suatu ketika aku diminta adikku untuk menanyakan soal kredit kendaraan di sebuah agen arisan motor di daerahku. Ketika aku sampai disana dan aku ingin tahu detail tentang syarat dan ketentuannya untuk mendaftar arisan ternyata sikap dari customer service maupun pengelolanya sangat kurang ramah menurutku. Seakan ga mbutuhi gitu

   Mereka cuma memberikan brosur yang isinya daftar biaya angsuran dan memberi nomor rekeningnya saja. Ketika aku ingin mendapat penjelasan eh mereka malah bilang, "Mendingan mbak datang saja ke acara kami pada jam ini bla bla bla."

   "Justru karena saya ga bisa datang makanya saya tanya sekarang penjelasan singkatnya apa si susahnya menjelaskan sedikit saja?"

   Sebagai calon konsumen jujur saya sangat kecewa dan kapok mau tanya-tanya lagi. Akhirnya adikku kusuruh beli sendiri aja. 

   Jika setiap konsumen diperlakukan seperti itu apa ga rugi? Seharusnya dia bisa dapat konsumen tapi karena ketidakramahannya dia ga jadi dapat uang. 

   Konsumen adalah pihak yang awam tentang sebuah produk, ia perlu penjelasan gambling dari sang customer service. CS yang ramah, fast respon, dan sabar terhadap pertanyaan-pertanyaan sang konsumen akan lebih disukai dan membuat nyaman dan puas. Siapa tahu dari situ akan membuka saluran-saluran berkat yang lain dengan gethok tularnya? 

   Belajar berkata terima kasih kepada orang lain. Ucapan itu ternyata membawa sebuah magnet kenyaman dan orang pasti lebih leluasa dan tanpa tekanan jika ingin bertanya.

Jangan Mau Dikasihani Terus

Moocen Susan | Sabtu, Mei 03, 2014 | 7 Comments so far
   Sepertinya judulnya bisa menimbulkan pro dan kontra buat yang membaca ya? Hahaha.. bukan apa apa sih, cuma mau share pengalamanku aja. Betapa ga enaknya dikasihani terus sama orang lain. 

   Aku punya temen yang buka salon. Kami berteman dari kecil dan setelah dewasa dia melanjutkan kursus potong rambut. Setiap aku potong di salonnya selalu dikasih harga persahabatan alias murmer. Sekali dua kali si enak kayaknya ya aku bisa dapat diskon. Tapi emang beda sih, serasa ga normal aja perlakuannya. 

   Misalnya, kalau orang lain datang ke sana dengan harga wajar, pasti dikeramasi, sedangkan kalau aku yang datang, langsung dia bilang gini, “Ga usah dikeramasi ya, San. Langsung aja disemproti pake air. Yang penting basah aja.” 

   Padahal jujur dalam hatiku, kalau cuma buat potong rambut,  aku tuh masih sanggup bayar dengan harga wajar, tapi dia udah underestimated gitu sama aku. Udah gitu langsung aja dia pangkas rambutku tanpa tanya dulu pengen dipotong model apa. Padahal banyak banget model-model rambut yang Korean style gitu yang aku suka. Eh ga taunya nyampe disana tetep aja aku dipotong model Dora (ngebob gitu). Kalau dipotong model begini rasanya kayak anak-anak deh.
 
credit
   Wah parah nih, kalau kayak gini apa enaknya dikasihani coba. diskon si diskon, tapi kalau modelnya Dora hwaaa... kagak mauuu...

   Penting banget ya buat berkata jujur (ga usah sungkanan ntar rempong sendiri)  supanya kita ga diperlakukan semena-mena sama orang lain. Di lain waktu aku datang kesana, dia menyambutku dengan ramah langsung aku to the point bilang padanya, "Eits.. kali ini tolong pakai keramas ya, ga usah diskon diskonan deh dan jangan potong aku dengan model dora lagi ya. Kalau aku culun terus kapan dapat cowoknya? :O 

  Dan sejak saat itu, aku pun diperlakukan dengan wajar layaknya konsumen yang lain. Ada harga ada rupa kan?

Mencari Jodohnya Akses Internet Cepat

Moocen Susan | Sabtu, Mei 03, 2014 | 2 Comments so far
   Akhir-akhir ini saya dirundung galau, bukan galau masalah cinta monyet lagi tapi galau karena internetku sering lola loading lemot sekali. 

   Berkali-kali gonta ganti paket, salah ambil paket dan reflek ngeklik tombol stop. Sedangkan yang namanya internet adalah separuh jiwaku, soalnya berhubungan banget sama pekerjaanku baik sebagai penulis status facebook, blogger, dan jasa utak-utik blog orang lain. 

   Berasa banget gemesnya pas lagi enak-enakan browsing buat lomba blog atau pas lagi ada kerjaan nyetting blog, ngoding dll tiba-tiba internetnya lemote minta ampun. 

    Kemarin sempet kubela-belain begadang demi lancarnya inet, aku bangun jam 00.00 buat nulis dan ngerjain desain, pagi jam 4 aku bobo bentar, jam 6 musti bangun lagi buat masak nasi, bikin teh buat bapak, ke pasar, dan ngerjain tugas rumah yang ga pernah akan ada habisnya. 

    Alhasil aku jadi kurang tidur, padahal jam efektifku buat online ya jam 10.00 ampe jam 22.00 WIB. Tapi justru pada jam tersebut dapat kuota minim dan pas abis musti ngalahin bangun saat orang lain lagi asyik-asyiknya bobo. Aku agak bĂȘte gara-gara inet lemot, sampai kepikiran buat pasang speedy, tapi kan speedy itu so expensive buat kantongku? :O . 

    Kalau gini terus kerjaanku jadi terbengkalai dan aku ga tau musti gimana lagi. Sabar? Sampai kapan? Akhirnya hari ini, aku putuskan buat keluar beli pulsa internet lagi, tapi masih bingung mau pakai yang mana. Sambil nganter bapak cukur rambut, aku menuju ke counter dan rencananya mau beli pulsa internet lagi. 

   Setelah aku pilih-pilih, mbaknya yang jaga nawari Indosat Mentari. 

Aku : Ini lancar gak buat internetan? 

SPG : lancar mbak

Aku : Ah moso? Dijam in gak? Maksudnya ada jam khususnya gak?

SPG : ga ada mbak

Aku : Berapa nih? 

SPG: 3GB Rp.20.000,- aja buat 3 bulan. 

Aku : Hah? 3 bulan ? serius lu? 3 bulan 3 GB kalau di aku ga nyampe 3 bulan kali. Tergantung pemakaian juga kan ya? 

SPG : Ya mbak. Hehehe. 

Aku : Ya udah deh, bungkus! (mau nawar juga sungkan)

SPG : Eh, mbak tunggu dulu, ada hadiah mug buat mbak, ini lagi ada promo indosat mentari mbak.
 
lumayan dapat mug gratis...

   Wah baru kali ini aku beli pulsa dapat hadiah, soalnya biasanya beli pulsa dapat pulsa sih hahaha.. ga nyangka, ini jawaban dari kegalauanku. 

   Sampai dirumah aku baca pulsa perdana Rp.3000,- + bonus langsung 3GB + gratis BBM tanpa syarat 3 bulan hanya Rp.49.000,- WOW, sayang aku ga punya BB punyanya PD (*_*) 

Untuk aktivasi kartu : 

Masukkan kartu mentari ke ponsel, muncul pesan registrasi dari 4444, ikuti petunjuknya dengan mengisi data diri pelanggan atau bisa juga ketik DAFTAR kirim sms ke 444 

CEK PULSA

  • Tekan *555# → OK/yes/send → sisa pulsa dan masa aktif kartu 
  • Tekan *777*8# → OK/yes/send → untuk mengetahui nomor indosat mentari kamu atau baca aja di covernya gede banget tu nomer.. mau nomer cantik apa ganteng? (:D ono ono wae) 
   Dan…. Setelah kucoba di modemku …mak wusss lancar pisan euy…. Ga nyesel aku pake indosat mentari. Akhirnya aku nemu jodohnya internet cepat. Semoga lancar selalu yak…kalau ada internet yang gratis selamanya dan unlimited bebas browsing kapan aja sak kemenge sak pegele wah mau banget itu.. kapan ya? Haizzz… berkhayal…!! Operatornya nenek moyang kali hahaa.

Pentingnya Tutup Galon Anti Tumpah

Moocen Susan | Kamis, Mei 01, 2014 | 11 Comments so far
    Seperti biasa 3 hari sekali aku pasti membeli air isi ulang (wajar apa boros ya saya ? :D :D sst doyan minum). Saat pertama kali kami punya dispenser di rumah, ada bonus 2 tutup galon air. Setiap aku beli air, pasti tutupnya aku ambil dan aku simpan, tapi entah kenapa hari itu aku tidak ambil, aku pasrah aja sama masnya yang jual galon dan tutup kecil warna putih yang biasa ada di tutup bagian dalamnya itu masuk ke dalam mesin pengisi air. Hilang deh jadinya. Yang satu juga begitu. Akhirnya tanpa tutup putih kecil itu setiap ganti galon. 
 
sumber gambar

   Kalau bukan tukang galonnya sudah terbiasa menuangkan galon ke dispenser tanpa tutup kecil itu pasti airnya bisa meleber kemana-mana. Aku baru sadar, ketika hendak membuat teh manis untuk bapakku, tiba-tiba aku mendengar suara air menetes dan lantai sudah banjir kena air galon. Kupikir galonnya yang bocor. Akhirnya mau tak mau aku musti ngepel lantai. Aku mikirnya, “Oh, mungkin Tuhan suruh saya ngepel lantai jadi dibikin meleber gini airnya.. hm bagus..” 

   Aku masih belum ngeh kalau masalahnya ada di tutupnya. Kedua kalinya kejadian yang sama terulang lagi, baru aja diisi ulang sama tukang galonnya. Beberapa saat setelah ditinggal pergi eh air mulai merembes lagi. Kalau memang galonnya bocor seharusnya dari tadi diangkat sudah netes, lah ini air darimana ya? :O 

   Aku panggil lagi tukang galonnya untuk  mengganti galon. Malam harinya netes lagi. Tapi karena sudah malam aku hanya bisa menunggu sambil kutaruh ember di bawah dispenserku. Iseng-iseng aku sms yang jual dispenser, nanya dimana beli tutupnya. Puji Tuhannya ternyata dia juga jual tutup galonnya. Akhirnya keesokan harinya aku pergi ke tokonya dan membeli tutup galon 4 buah. Harga perbuahnya murah sekali @Rp2000,- dan kali ini ga bakal ilang lagi karena ada pengikatnya. 

   Sepele, tapi cukup menegangkan apalagi kalau ga teliti pas nyolokin ke stop kontak dan airnya abis. Makanya dispenserku kubiarkan tanpa penutup, bagus si emang pake penutup kain, tapi ribet musti nengokin masih ada gak ya isinya? Kalau ga pake penutup kan tinggal diliat sekilas aja. Hehe. Postingan ini bukan untuk review tutup galon lho. Just share pengalaman pribadi.

Pujian adalah Teror

Moocen Susan | Kamis, Mei 01, 2014 | 4 Comments so far
   Itulah kata teman kantorku dulu dan memang terbukti. Itulah sebabnya aku agak takut dipuji karena ujung-ujungnya pasti ada aja masalah. Semakin tinggi dijunjung, jatuhnya semakin dalam. Oleh sebab itu jangan terlalu lebay. Kadang aku geli, lihat orang yang hari ini bisa memuji tapi kemudian hari bisa begitu mencela. Aku tidak terkejut, ini hal biasa. Roda itu berputar dan manusia mudah berubah. Hari ini dia bisa jadi teman baikmu dan esok dia bisa menjadi musuhmu. 

   Dalam bergaul dengan orang lain jangan terlalu dekat tapi juga jangan terlalu jauh. Seorang guru yang dilupakan muridnya, seorang sahabat yang dilupakan jasanya. Lebih mudah mengingat kesalahan orang lain daripada kebaikan yang dilakukannya. Tapi diatas semua itu untungnya hati saya tetap damai sejahtera. Sungguh saya sama sekali tidak mendendam, saya begitu damai sedangkan dia bisa menyindir-nyindir di sosmed. Hanya senyum yang keluar dari diri saya. 

   Sebenarnya apapun yang dikatakan orang lain melalui sosmed yang ditujukan ke kita, tidak akan membuat kita terpengaruh kalau kita tidak menanggapi hal itu. Justru orang itu yang bermasalah, karena sering unfriend teman yang tidak sepaham dengannya.  Berapa banyak orang yang akan diunfriend jika tidak sependapat dengan kita? Padahal watak dan karakter orang itu berbeda-beda satu dengan yang lain. Bisa-bisa malah ga punya teman lagi.

   Masalah itu tempatnya diluar, tapi karena dimasukkan ke dalam hati itu yang bikin sesak. Apalagi kalau masalahnya besar sedangkan hatinya kecil. 

   Saya memang orang yang mudah stress jadi saya mencoba untuk tidak menekan diri saya sendiri. Saya bergaul dengan orang-orang yang positif yang mendukung dan bukan mencela/ negative. Saya membebaskan diri saya untuk melakukan hal yang saya sukai. Itulah cara saya menghindari sakit hati. 

   Lebih sakit mana, pembenci atau yang dibenci? Justru orang yang membenci kita itu hidupnya yang tidak tenang, yang dibenci tetap bisa hidup dengan bebas. Kata orang, bluboh, cuek. Justru kalau kita cuek dengan apa kata orang (yang negative) kita akan tetap happy. 

   Kalau memang saya tidak sanggup mengerjakan sesuatu saya pasti akan mundur dengan tetap sopan dan rendah hati. Tuhan tahu kok kalau kita sudah berusaha, kalau ternyata tidak berkenan ya berarti bukan rejekimu. Tidak ada yang dirugikan, karena saya menyadari keterbatasan saya. Tapi jika saya melakukan apa yang saya suka pasti saya akan melakukanya dengan penuh semangat. Lakukan apa yang kamu suka dan jangan menekan dirimu sendiri. Hidup ini sudah sulit jadi jangan dipersulit. I am very happy..and always be like that.