Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • JUAL SUPERGREENFOOD

KULINER BLORA “Maknyus, Bikin Lidah Bergoyang”

Moocen Susan | Jumat, Mei 10, 2013 | 18 Comments so far

Selamat datang di kampung halaman saya yaitu Blora. Jika Anda baru pertama kali memasuki daerah Blora, Anda akan melewati sebuah gapura yang bertuliskan Blora Mustika. Dimana Blora Mustika merupakan singkatan dari  Berani bekerja keras, Loyal pada pimpinan, Rasional dalam tindakan, Maju, Unggul, Sehat, Tertib, Indah, Kontinyu, Aman.  Saya ingin berbagi informasi kuliner yang ada di kota ini. Kota yang terletak 127 km di sebelah timur Semarang, berdekatan dengan Cepu yang merupakan daerah penghasil minyak bumi paling utama yang ada di Pulau Jawa serta berbatasan langsung dengan Kabupaten Rembang dan Pati di sebelah utara ini terkenal dengan sebutan Kota Sate.

Berikut ini adalah ulasan mengenai kuliner yang ada di Blora:

SATE AYAM
Siapa yang tak suka sate ayam? Makanan khas Blora yang satu ini terkenal enak dengan sambal kacangnya yang kental dan mempunyai ciri khusus pada daging ayamnya yang tidak mengeluarkan asap tebal saat dibakar. Ini menandakan bahwa daging ayam yang dimasak adalah ayam kampung asli.
Sate ayam ini lebih lezat bila dimakan dengan menggunakan alas pincuk (daun jati yang telah dikeringkan) sebagai pengganti piring dan dimakan dengan nasi putih yang diberi kuah opor serta sambal kacang sebagai bumbu siramnya. Sebagai referensi tempat makan sate ayam enak di Blora adalah Sate Ayam Pak Kadirun yang berlokasi di Jalan Gunung Sumbing No.1 Blora.


Beliau memenangkan Lomba kuliner dalam rangka HUT Blora ke-258 sebagai juara I. Warung sate yang telah berdiri sejak tahun 1996 ini buka setiap hari pukul 06.30-14.00 WIB. Untuk masalah harga Pak Kadirun memasang tarif Rp.1.000,-/ tusuk untuk sate dan nasi Rp. 2.500,-/ porsi dan cara pembayarannya yaitu dengan menghitung jumlah tusuk sate. Rahasia kelezatan sate ayam buatannya terletak pada bumbu siramnya yang terbuat dari kacang tanah yang digoreng dengan menggunakan pasir agar lebih wangi dan gurih serta tidak banyak berlemak. Kacang yang sudah digoreng tadi dihaluskan bersama bawang putih, bawang merah, kemiri, cabe, dan kencur. Lalu dicampur dengan santan dan direbus sambil diaduk merata selama 2 jam.

Kemudian, daging ayamnya dibumbui dahulu dengan bumbu halus yang terdiri atas tumbar, gula merah, jintan, irisan daun jeruk, kunyit, dan garam sebelum ditusuk dan dibakar. Untuk bagian jeroan, brutu,  dan kulitnya dimasak dengan bumbu ayam. Selanjutnya daging ayam tersebut ditusuk dengan sebilah lidi dan dibakar dengan menggunakan arang batok kurang lebih 5-8 menit.

Bumbu kuah opornya terbuat dari bawang putin, bawang merah, ketumbar, kunyit, dan kemiri yang dihaluskan dan ditumis hingga berbau harum. Kemudian dicampur dengan kaldu ayam dan santan serta dimasak sampai mendidih.

Untuk kandungan gizinya, untuk sate ayam dimana 1 tusuk ayamnya sendiri mengandung 34 kalori, 2,22 gram lemak, 0,73 gram karbohidrat, dan 2.93 gram protein. Selain itu kacang tanah kaya akan lemak dan mengandung protein lebih tinggi daripada daging, serta terdapat vitamin A, B kompleks, vitamin E dan K, lesitin, kolin, zat besi, fosfor, dan kalsium.

SOTO KLETHUK
Soto Klethuk berasal dari kata Soto dan Gethuk. Gethuk adalah singkong yang diiris kotak-kotak kecil dan digoreng garing serta ditaburkan ke atas soto agar rasanya “klethuk-klethuk” bila disantap.
Untuk membuat SOTO KLETHUK dibutuhkan:

Bahan:
2 potong dada ayam kampung yang direbus kemudian disuwir-suwir
3 butir telur rebus
150 gram singkong yang dipotong dadu lalu digoreng
taoge pendek secukupnya
Soto Klethuk Blora
50 gram soon yang direndam sebentar
3 batang seledri yang diiiris kecil-kecil
1000 cc air
½ sdt pala bubuk
½ sdt kaldu ayam bubuk
½ sdt garam
½ sdt lada
1 sdt  penyedap rasa (opsional)
minyak goreng
Bumbu halus:
3 siung bawang putih
10 butir bawang merah
5 cm kunir

Cara membuat:
Rebus ayam hingga empuk kemudian disuwir-suwir dan sisihkan
Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus hingga harum kemudian tuanglah ke dalam rebusan ayam dan tambahkan garam, lada, pala, kaldu, serta penyedap rasa.
Sajikan dalam mangkuk, ayam suwir, taoge, telur rebus, soon singkong goreng. Tuangkan kuah diatasnya dan ditaburi singkong goreng, seledri, serta bawang goreng.
Kandungan gizi di dalam soto ayam yaitu 164 kalori, 6,48 gram lemak, dan 24,82 gram protein. Singkong sendiri mengandung karbohidrat sebagai sumber energi.

Jika Anda mampir ke Blora dan ingin menikmati soto yang lezat datanglah ke Soto Klethuk Mbah Gowa yang terletak di Rumah Makan Gajah Jl. Pemuda No.1 Blora dekat Alun-alun. Hanya dengan Rp. 7.000,-/ porsi Anda dapat menikmati soto maknyus ini. Warung yang berdiri sejak tahun 1940 ini kini dikelola oleh cucu Mbah Gowa yang bernama Solikhin. Atas usahanya dalam mempertahankan aroma dan cita rasa soto kakeknya maka ia berhasil menjadi juara I Lomba Kuliner dalam rangka HUT Blora ke-258. Warung soto ini buka tiap hari pukul 07.00-14.00 WIB.

LONTONG TAHU
Rahasia kelezatan kuliner yang satu ini yaitu pada citarasa kecapnya. Bahan yang dibutuhkan antara lain kacang tanah, bawang putih, tahu, taoge, cabe merah , kencur, kol, garam, daun selederi, jeruk nipis, dan kecap manis.

Cara membuat:
Haluskan cabe merah, bawang putih, kencur dan garam dicampur dengan kacang.
Cairkan kecap manis dengan air hangat lalu diberi tetesan jeruk nipis dan campur jadi satu dengan bumbu tadi.
Sajikan dalam piring, irisan lontong, potongan tahu, irisan kol mentah, taoge, kacang tanah goreng, disiram dengan sambal kacang.
Taburi dengan bawang goreng dan irisan daun seledri.
Paling enak disantap dengan beralaskan pincuk daun jati dan kerupuk ikan atau tempe sebagai pelengkapnya.
Untuk kandungan gizinya, tahu goreng terdiri atas 100 gram kalori, 20,18 gram lemak, 10,49 gram karbohidrat, dan 17,19 gram protein. Sedangkan lontong terbuat dari beras yang dibungkus dalam daun pisang dan direbus berkali-kali. Lontong mengandung karbohidrat sebagai sumber energi.

Sebagai referensi lontong tahu yang lezat di kota ini adalah Warung Lontong Tahu Pak Dasrip yang berlokasi di Jl. RA. Kartini No.55 Kunden, Blora yang buka mulai pukul 17.00-22.00 WIB. Pak Dasrip memasok harga Rp. 6.000,-/ porsinya. Warung yang berdiri sejak tahun 1984 ini menghantarkan Pak Dasrip menjadi juara I Lomba kuliner dalam rangka HUT BLORA yang ke-258.

Inilah ketiga makanan khas dari kampung halamanku di Blora, jika Anda berkunjung ke Blora jangan lupa mampir makan ya. Dijamin pasti ketagihan. ^^







Peran Meditasi Dalam Cinta dan Kebahagiaan

Moocen Susan | Senin, Mei 06, 2013 | Be the first to comment!
Semua orang pasti ingin dicintai dan merasakan kebahagiaan. Seseorang akan merasa bahagia apabila dirinya dicintai apalagi dicintai oleh orang yang mereka cintai juga. Namun, apalah artinya hidup ini jika tanpa adanya cinta dan kebahagiaan. Sangat disayangkan apabila semakin banyak orang yang kesulitan merasakan hadirnya cinta dan kebahagiaan dalam hidup mereka akibat dari tuntutan hidup yang tinggi, kesibukan yang seolah tanpa jeda, jalanan macet, keluarga, dan lingkungan yang tidak mendukung. Semua hal itu membuat pikiran dan hati menjadi pengap dan pepat bagaikan rumah tanpa jendela.

Adjie Silarus, Meditator tehnik meditasi Sejenak Hening berkata, "Kita sebenarnya bisa menghapus beban tersebut dengan cara mengakui dan menerima bahwa hati dan pikiran kita memang sedang dalam keadaan kalut."

Menurut Adjie, menerima diri apa adanya merupakan jendela pertama untuk membantu mengalirkan kelegaan pada diri sendiri. Sebab, jika seseorang mengingkari kenyataan tersebut dan berusaha menekannya dalam-dalam maka yang terjadi justru stres, ketidakbahagiaan, atau rasa sakit yang muncul.

"Stres, merasa kehilangan cinta, dan tidak mampu merasakan kebahagiaan, sebenarnya adalah sinyal dari tubuh untuk memberitahu kita bahwa ada hal yang perlu kita bersihkan. Bisa dari pikiran maupun hati. Karena itu dengarkanlah sinyal tersebut dengan menyisihkan waktu sejenak untuk memberi kesempatan pada diri sendiri guna menerima segala kabar yang disampaikan oleh tubuh kita," ujarnya.

Kunci untuk kembali mendapatkan cinta dan kebahagiaan adalah menerima setiap hal, baik ataupun buruk karena pada saat itulah pikiran dan hati Anda akan tergerak untuk mencari jalan keluar. Ibarat sebuah bendungan yang tersumbat, ketika penghambatnya disingkirkan maka air akan mengalir kembali dengan lancar. 

Adjie Silarus mengajarkan tehnik meditasi yaitu cara untuk membantu kita menyadari dan menerima diri sendiri apa adanya dengan menyisihkan waktu barang satu menit untuk mengatur posisi duduk Anda, menegakkan posisi punggung, dan mengatur pernapasan, serta melepaskan keinginan untuk melawan dan membiarkan tubuh serta pikiran Anda rileks sejenak. 

Tim peneliti dari Massachusets General Hospital meminta 16 partisipan untuk melakukan meditasi selama delapan minggu dan kemudian merekam aktivitas otak mereka dan terbukti secara ilmiah bahwa tehnik meditasi dapat membantu meningkatkan aktivitas otak yang mengarah pada munculnya perasaan sayang dan kesadaran diri, serta mengurangi laju aktivitas bagian otak yang berhubungan dengan munculnya rasa stres.

Adjie menambahkan bahwa meditasi ini sudah digunakan orang sejak lama untuk membantu menyeimbangkan diri. Namun kemudian banyak yang salah mengira bahwa ini hanya khusus untuk agama tertentu karena sebenarnya meditasi bisa dipelajari dan dilakukan oleh siapapun.

Manajemen Adjie Silarus, 268ED6C1

Mengapa Indonesia Harus Peduli Media Digital?

Moocen Susan | Sabtu, Mei 04, 2013 | Be the first to comment!

Indonesia adalah negara yang menempati peringkat ke-4 di dunia dengan prosentase pengguna facebook aktif mencapai hampir 20 persen dari total populasi . Hal ini diamati oleh sebuah situs yang mengkhususkan diri untuk soal statistik media sosial yaitu SocialBakers. Sedangkan Forbes (The World’s Most Active Twitter City? You Won’t Guess It, 30/12/2012) menobatkan Jakarta dan Bandung sebagai kota dengan pengguna Twitter terbesar nomor satu dan enam di dunia.

Hal ini terjadi berkat kemudahan akses internet dan teknologi digital lainnya, serta karakter masyarakat Indonesia yang cenderung sosial dan komunal. Namun sangat disayangkan dengan angka pengguna yang sebesar itu media digital belum banyak dimanfaatkan untuk keperluan diluar ajang sosialisasi.

CEO Bridges and Balloons Digital Agency, Razi Thalib mengatakan bahwa, “Salah satu penyebab utama masyarakat belum melek digital karena cara berpikir mereka yang lebih sering untuk sekedar menggunakan, meniru, atau mengikuti tren, tanpa mengeksplorasi penggunaan media digital lebih jauh. Sayang sekali jika kita hanya berhenti sekedar sebagai konsumen tanpa memanfaatkan akses dan kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi digital untuk berkarya. Padahal potensi yang dimiliki negara ini sangat besar.”

Menurut salah satu klien Personal Branding Awards dari Indscript Creative ini, media digital seharusnya sudah difungsikan lebih jauh, misalnya untuk menyebarkan konten yang menjalin loyalitas, menghemat waktu, dan memberikan solusi untuk kepentingan sehari-hari.

Sedangkan bagi para pelaku bisnis saat ini kebanyakan hanya berhenti pada target sekedar untuk meraup jumlah pengunjung sebanyak mungkin dan jarang ada pemikiran lebih jauh, misalnya menggunakan desain dan konsep interaksi untuk mengubah pengunjung menjadi pembeli setia.

Razi menguraikan, “Misalnya Anda punya produk cokelat. Yang layak Anda lakukan selain menjualnya adalah mengedukasi konsumen tentang produk itu. Bagaimana mengenali cokelat berkualitas tinggi, dari penampilan, aroma, dan rasanya. Lalu informasikan tentang konsep Fair-Trade, dimana para petani bisa menjual hasil kebun cokelat mereka dengan harga yang layak dan tidak dipermainkan oleh pasar. Ciptakan sebuah kesadaran, bahwa ada sisi lain dari bisnis Anda yang menyentuh aspek kemanusiaan atau lingkungan. Juga gambarkan mengapa sangat penting bagi konsumen untuk mendukung perusahaan yang memiliki idealisme dan tidak semata-mata berbisnis.”

Menurut  Razi Thalib, kini sudah saatnya para pengguna media digital di Indonesia mengoptimalkan teknologi ini dalam berbagai aspek kehidupan. Tidak lagi sekadar sebagai pemakai namun juga menggunakannya sebagai media untuk mengedukasi masyarakat, merubah cara berpikir, memberikan solusi, serta mendorong mereka ke arah perubahan yang lebih baik. 

Hope for Give Away by Digital Mommie

Moocen Susan | Kamis, Mei 02, 2013 | 7 Comments so far

Kalau ditanya alasan pengen belajar ngeblog ngutip kata-katanya mbak Lala nih boleh ya, hehe… “membuang gaptek dan jadi jago di dunia digital.” Sebenarnya belajar banyak hal baru, membuatku tertarik, terutama waktu aku dengar tentang BLOG. Pengen ikutan lomba-lomba nulis diblog, tapi kendalanya gaptek akut nih, jadi pengen banget bisa ngeblog yang bener dan kalau bisa memenangkan lomba blog …hehe.

Usahaku macam-macam nih buat bisa ngeblog misalnya nekad coba-coba utak-utik sendiri, cari tahu di google, atau ngrusuhi teman-teman buat bantuin bikin blog. Kalau belum paham banget rasanya gemes sendiri dan pengen nanya mulu engga abis-abis. Hal ini mungkin sempat membuat teman-teman merasa jengkel. Maaf ya teman-teman….aku kan gaptek (ngaku) tapi maksa pengen bisa #ngarep.com. Blogku yang sekarang ini adalah hasil nekadku tapi belum sempurna nih.

Trus engga sengaja buka grup IIDN, wah seneng banget deh waktu baca postingan di IIDN tentang Give Away: Workshop Belajar Membuat Blog Gratis, disini 
banyak banget pilihannya ada 28 materi, tapi cuma boleh milih tiga aja ya?  Hiks…hikss….padahal semua materinya tentang apa juga belum paham banget…tapi kendalanya yaitu dana lagi menipis (jujur pengen gratisan)J

Bingung juga keinginan belajar ku masuk materi yang mana ya? Yang pasti pertama si bloging fundamental, karena perlu banget tahu dasar-dasarnya dulu untuk langkah selanjutnya dan istilah-istilah diblog seperti backlink… apa itu ya? Sama engga ya ama link? #Kepo nih hehe…. Kedua, itu lho mbak Lala, yang munculin tutorial/ gambar komputer diblog sama kasih tulisan dibawahnya karena suatu saat aku pengen juga nulis tutorial buat bantuin temen yang gaptek juga kayak aku.  Ketiga, pengen belajar Integrasi Media Social di header blog, dari kemaren kayaknya belum kelar juga karena ketrampilan CSS ku masi kurang L jadi kemaren cuma bisa munculin gambar iconnya aja tapi engga bisa ngelink…L kalau ditaruh diheader blog dengan icon unik memudahkan link ke facebook maupun twitter.
Oya, buat teman-teman yang mau ikutan belajar ngeblog komplit yang berbayar ama mbak Mira Julia bisa klik disini:
Harapanku saat ini semoga aku bisa dapat give awaynya mbak Lala dan menyempurnakan blogku serta dapat berbagi dengan teman-teman lain yang pengen belajar nge-blog suatu saat nanti ^^

DMbannerGiveaway

Make Over Your Self with Ermalen Dewita

Moocen Susan | Kamis, Mei 02, 2013 | Be the first to comment!

Apakah Anda pernah merasa minder karena tidak memiliki kelebihan apapun sehingga tidak cukup mampu bersaing dengan orang lain? Ini terjadi karena Anda menilai diri terlalu rendah. Apabila Anda tidak berusaha mengenali dan menerima diri apa adanya maka orang lainpun akan sulit menerima diri Anda.

Oleh karena itu, mulailah segera make over citra diri menjadi diri Anda yang sebenarnya dan mungkin Anda perlu mengikuti pelatihan yang diberikan oleh Ermalen Dewita, motivator pemberdayaan diri sekaligus klien dari Personal Branding Agency, Indscript Creative. Tujuan dari pelatihan ini yaitu untuk memandu seseorang menggali potensi dirinya menjadi diri yang sesungguhnya, sehingga dapat menjadi yang terbaik dalam setiap bidang kehidupannya. Dalam pelatihan Make Over Yourself with Ermalen Dewita ini, setiap peserta akan dipandu untuk menggali ketiga unsur yang tidak terpisahkan dalam dirinya, yang meliputi kekuatan (power) dari pikiran (mind), tubuh (body), dan jiwa (soul).

Dewi menguraikan ketiganya sebagai berikut:
  1. Pikiran (Mind), adalah lentera jiwa karena itu benahilah pikiran untuk menerangi jiwa Anda dan Anda dapat memulainya dengan mengarahkannya ke arah yang jelas. Dengan demikian, kita dapat membedakan mana pilihan yang sesuai atau tidak dengan kita, sehingga kita dapat menentukan langkah terbaik dalam menjalani kehidupan.
  2. Jiwa (Soul), adalah energi dalam diri. Bila diibaratkan kendaraan, jiwa adalah mesin dan tubuh adalah casing-nya. Seringkali keberadaan jiwa tidak disadari. Dengan menggali kekuatan jiwa atau soul  power, kita dapat mengakses kekuatan energi tersebut dan menggunakannya untuk mencapai tujuan yang kita inginkan.
  3. Tubuh (Body), ibarat istana bagi jiwa dan pikiran yang perlu dirawat dan dilatih agar dapat berfungsi selaras dalam diri kita.

Melalui pelatihan Make Over Yourself with Ermalen Dewita ini peserta diajak untuk :
·        Meningkatkan kesadaran diri sebagai ciptaan Tuhan
·        Mengenali potensi terbaik dari dalam diri
·        Menerima keadaan diri dengan segala kekurangan dan kelebihannya
·        Membuat goal setting sesuai passion
·        Meningkatkan power dari dalam diri
·        Memperkuat perasaan syukur, ikhlas, dan bahagia

Disamping itu Dewi juga memberikan  tehnik mengakses pikiran bawah sadar dan tehnik penyembuhan (healing)  sebagai media alternatif untuk mencari pemecahan masalah atau menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi

Dewi menambahkan,  “Make Over yakni sebuah perubahan yang menyeluruh terhadap diri dan pribadi karena dengan mengikuti pelatihan ini, Anda dapat belajar memahami diri sendiri dan menjadi pribadi yang lebih baik. Selain itu Anda akan menyadari bahwa sebenarnya Anda mampu melakukan banyak hal, yang sebelumnya tidak pernah Anda bayangkan sehingga motivasi dan kepercayaan diri Anda akan tumbuh dan menguat, seiring dengan pemahaman diri yang semakin baik.”

Bagi siapa saja yang menginginkan informasi lebih jauh tentang pelatihan Motivasi Diri atau melakukan perombakan positif terhadap diri melalui pelatihan Make Over Yourself with Ermalen Dewita dapat menghubungi :







Karakteristik Pelanggan Utama

Moocen Susan | Rabu, Mei 01, 2013 | Be the first to comment!
Kita sering mendengar ungkapan yang mengatakan bahwa “Pembeli adalah  Raja.” Oleh karena itu kita harus memperlakukan pembeli dengan ramah dan memberikan mereka pelayanan yang baik. Jangan sampai pembeli merasa kecewa sehingga tidak jadi membeli barang yang kita tawarkan. Akibatnya dagangan kita tidak laku dan tidak ada pembeli yang mau berkunjung lagi ke toko kita..

“Salah satu syarat suksesnya sebuah bisnis yaitu kita harus dapat memahami karakteristik pelanggan utama sebab tanpa itu kita tidak mungkin dapat menentukan strategi marketing dan memberikan layanan terbaik bagi mereka,” ujar Veronica Ratna Ningrum, Womanmarketer dan CEO dari PT. Masterindo Multiguna yang bergerak di bidang konsultan marketing dan juga telah sukses menangani berbagai program marketing bagi sejumlah lembaga perbankan, baik bank nasinal maupun bank asing.

Menurut salah satu klien cantik dari Personal Branding Agency, Indscript Creative ini, ada sejumlah karakteristik pelanggan utama yang perlu diketahui oleh setiap pelaku bisnis, yakni:
  1. Informasi dasar tentang pelanggan, yang meliputi: siapa mereka, kisaran usia, kisaran penghasilan, lokasi tempat tinggal, atau lokasi bisnisnya. Milikilah database pelanggan yang tersistem dengan rapi, yang berisi semua informasi dasar tersebut beserta alamat kontak mereka karena kontak mereka dibutuhkan untuk tetap dapat berinteraksi dengan baik dan memberikan informasi terkini tentang sesuatu yang baru dari perusahaan Anda.
  2. Bidang atau bisnis yang mereka jalankan. Hal ini termasuk siapa saja klien mereka dan bagaimana mereka menjalankan bisnis tersebut. Dengan demikian, Anda akan tahu layanan jasa atau produk seperti apa yang tepat bagi mereka.
  3. Hal-hal yang mereka sukai. Masing-masing pelanggan memiliki kesukaan atau hobi yang unik. Jika kita memahami apa yang mereka sukai, maka akan mudah bagi kita untuk merancang program reward atau program marketing lainnya guna membentuk loyalitas pelanggan.
  4. Masalah yang mereka hadapi. Setiap pebisnis tidak semata-mata menawarkan sebuah produk atau jasa kepada konsumen. Namun kita juga menawarkan solusi bagi masalah yang dihadapi pelanggan. Dengan memahami masalah mereka, maka kita dapat merancang program maupun produk yang lebih tepat.
Lulusan Universitas Kristen Indonesia (UKI) jurusan Manajemen yang meneruskan ilmu hingga ke Illinois-AS ini, senantiasa menekankan perlunya memperhatikan kebutuhan konsumen dan memberikan layanan terbaik. “Sebab sukses tidaknya sebuah bisnis, sangat tergantung dari cara kita menghadapi konsumen,” ujarnya