Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • ORDER DESIGN
  • ABOUT ME
  • JUAL KEFIR
JASA DESIGN BLOG KHUSUS BLOGSPOT & JUAL PRODUK KEFIR

Konsultasi Gizi ke Dokter Ahli Gizi

Agustinadian Susanti | Sabtu, Juli 15, 2017 |
Setelah menyerah dengan mual dan muntah yang mendera setiap kali makan, aku mulai mencari tahu tentang konsultan gizi yang bagus. Kali ini ga pake BPJS. Setelah janjian dengan dokternya akhirnya hari yang dinantikan tiba. 

Pagi hari sebelum berangkat ke rumah sakit aku sudah mau muntah tapi kutahan. Jarak rumah ke rumah sakit sekitar 30 menit naik motor. Rumah sakit itu kini sudah semakin bagus dan besar. Aku sempat kebingungan mencari ruang dokter. Untuk ke lantai 2 disediakan eskalator dan lift. Aku memilih naik lift.


Aku datang bersama adikku. Begitu sampai di tempat pendaftaran, aku mulai mengisi formulir dan membayar Rp.210.000,-. Dokter datang pk.11.00 WIB. Ada yang menarik selama menunggu, aku bertemu lagi dengan teman lamaku yang dulu merawatku saat aku kos sendirian. Sudah 9th lost contact, eh bisa ketemu lagi di rumah sakit.

Dokter pun datang dan aku mulai menjelaskan keadaanku. Tadinya aku bisa makan pisang, tapi entah kenapa sekarang aku kalau makan pisang itu rasanya pada nempel di kerongkongan, ga bisa turun meski aku banyak minum air. Dulu aku bisa makan tempe dan tahu tapi sejak aku mengonsumsi bubuk kedelai instan aku muntah jika makan tahu tempe.Dulu bisa makan soto kuah kaldu sekarang kena kaldu dikit aja mual banget. Sensi banget perutku.

Dokter menyarankan aku untuk mengonsumsi Nutren Optimum harganya 150rb-an di Sarika Semarang semacam susu gitu tapi gluten free dan kapsul namanya protexin 15 kapsul 72rb. Nutren diminum 3x 4 scoop / 150ml di sela sela waktu ngemil jam 10, jam 4 sore dan jam 9 malam. Protexin diminum 1x 1 hari pada pagi hari sebelum makan. Jadi total pengeluaran buat konsul dokter gizi plus obat buat 2 minggu Rp.432.000,- itu aja susu Nutrennya udah keburu abis duluan. Kalau konsumsi kefir 70rb per liter sekali minum 100 ml, jadi kalau 3x sehari habis dalam waktu 3hr + 1x paginya.

Pantanganku : Terigu dan olahannya (mie roti, kue, kerupuk, peyek, dll) kecuali gandum dan bihun tapi aku masih belum berani nyoba
Gula, madu, sirup, permen, coklat, ice cream juga ga boleh.

Yang dianjurkan makan:
  1.  Buah : apel, pir hijau, buah naga, pepaya, pisang     sunpride separo
  2. Sayur : wortel, kentang, jipang, lobak, jagung, terung, brocoli, daun bayam, tomat cherry (yang berani Cuma kentang, jagung ma wortel)
  3.  Lauk : telur, ikan, ayam, sapi (yang berani Cuma telur ma ayam cincang)
  4. Fermentasi : Kefir, kimchi, yoghurt, tempe (yang berani kuminum Cuma kefir)

Adapun jam makan yang dianjurin :
- Makan pagi jam 7 ngemil jam 10
- Makan siang jam 1 ngemil jam 4 sore
- Makan malam jam 7 ngemil jam 9
Tapi prakteknya ga bisa .. 2 jam sekali keroncongan 

Setelah aku minum obat dari dokter, ada rasa mual sih Cuma ga bisa muntah. Kalau dulu sensi sedikit langsung muntah berjam-jam. Sekarang lagi minum kefir lagi. Semoga aku bisa makan lagi dengan normal.

 

1 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Categories

Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...