Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • ORDER DESIGN
  • ABOUT ME
  • JUAL KEFIR
JASA DESIGN BLOG KHUSUS BLOGSPOT & JUAL PRODUK KEFIR

Curahan Hati si Sakit GERD

Agustinadian Susanti | Senin, Desember 26, 2016 | 7 Comments so far
Hanya melalui tulisan di blog ini aku ingin mencurahkan isi hatiku... uneg-unegku. Jangan tersinggung atau marah ketika kau membaca tulisanku ini. Jika kau marah itu berarti kau tidak dewasa tidak mau mengakui bahwa kamu punya andil juga dalam rasa sakit yang kualami namun kamu menyangkal mengelak dan bersikap seakan aku yang 100% bersalah. 


Aku sudah tidak tahan lagi. 

Ingin marah tapi tak berhak 

Ingin protes tapi tak kuasa 

Demikianlah jeritan hatiku 

Jeritan hati yang tersiksa secara batin 

Kelemahan tubuh membuatku tergantung pada orang lain 

Orang sehat pasti bisa mandiri. 

Orang sakit mana yang tidak butuh bantuan orang lain? Kalaupun ada pasti hanya sakit flu atau panu. 

Yang mana membuatku harus menerima saja setiap sikap cuek dan dinginnya Ini seperti karma buatku. Ini seperti orang yang punya masalah dengan suaminya dan ingin cerai. 

Andai saja ada seseorang yang mau hidup bersamaku dengan baik Tentu aku tak akan sesakit ini dan tidak ada lagi sakit hati 

Sekarang aku tahu hampir semua teman-temanku yang kena GERD pasti punya tekanan batin yang hebat dari orang-orang terdekatnya. Jika tidak demikian mustahil mereka bisa sakit sampai harus mengonsumsi obat penenang. 

Mohon sayangi dan kasihilah keluargamu yang sedang berjuang melawan GERD, psikosomatis, dan anxiety disorder..

Jangan bilang mereka lebay. Mereka benar-benar sakit. Mereka butuh dukungan kalian semua, Jangan ada lagi saling menyalahkan. Bilang sakit ini dibuat buat, Sadar woi sadar.. keluargamu itu harta terbesar dalam hidup. 

Kalau kamu sakit dan masuk rumah sakit yang ditanyakan pihak rumah sakit pasti dimana keluarganya, dimana suami/ istrinya. Tidak pernah ditanya dimana temannya? 

Keluarga orang terdekat yang seharusnya mengasihi. Bukan menghakimi. Aku yang sakit hanya selalu disalahkan, semua dibilang aku sakit karena pikiranku sendiri. Sadarkan kamu yang menyakitiku? Susah kumpul sama orang moody. Selalu jadi pelampiasan. 

Manusia memang lebih mudah mengingat kesalahan daripada kebaikan. Satu kali berbuat salah dendamnya bisa sampai ke liang kubur. Baru sehat sebentar sudah disakiti lagi 

Seandainya aku sehat, aku pasti bisa mandiri 

Agoraphobia, membuatku bergantung dan ditindas 

Aku jujur tak ingin mengalami ini

Aku selalu berusaha untuk normal kembali 

Tapi pencernaanku yang lemah membuatku tak bisa hidup tanpa bantuan orang lain 

Kondisiku sering tidak stabil, hari ini sehat bisa saja beberapa jam kemudian sakit dan bisa muntah atau masuk UGD lagi karena salah makan. 

Aku muak dengan semua makanan, parno dengan semua bahan makanan, Aku banyak pantangan makan. Bahkan aku cemas ketika hendak makan sesuatu yang baru atau ingin kucoba. 

Aku sendirian, benar benar sendirian Menghadapi semua ini kadang aku rindu orang tuaku. Yang mengasihiku dengan sempurna 

Hidup ini keras. Apakah ini cara Tuhan untuk membuatku bangkit ?

Aku tidak perlu banyak, aku hanya minta 1 teman hidup yang bisa mengasihi dan mencintaiku membantuku untuk cepat pulih dan menatap hari esok lebih baik. Namun kubelum mendapatinya. Aku tidak dendam, sungguh aku selalu membuka pintu maaf.

Aku memahami karena mereka ga ngalami jadi mereka ga bisa mengerti kondisiku. Itu wajar, manusiawi. Aku cuma berdoa semoga Tuhan melembutkan hatimu dan menyadarkanmu bahwa apa yang kamu lakukan itu justru menyakiti lebih dalam. Aku tidak ingin sakit lagi karena depresi. Aku ingin lepas tapi keadaan membuatku harus menghadapi menerima dan merendahkan hati. Sakit memang tapi mau bagaimana lagi aku tak punya pilihan. Aku sungguh tertindas. Tolong aku yang tertindas ini ya Tuhan.... dan ampunilah mereka yang tidak mengerti dengan apa yang mereka lakukan.
Read More

Kembali ke Rumah Sakit

Agustinadian Susanti | Kamis, Desember 15, 2016 | 16 Comments so far
Setelah 2 minggu merasakan nikmatnya pagi, aku kembali mendapat musibah. Havermut yang biasa tidak apa-apa ketika kumakan eh hari itu bikin aku eneg sampai mual dan muntahpun tak terhindarkan. Mungkin lambungku sudah super sensi hingga muntah. 

Minggu pagi ketika aku di kos sendirian, adikku pergi luar kota dan aku muntah sampai keluar bercak darah lagi dari jam 6 pagi. Karena sudah tidak kuat lagi aku mencoba menghubungi temanku yang kebetulan lagi mau aku titipin beli obat. Aku menyebutnya koko. 

Kokoku datang jam 10 pagi dan melihat langsung gimana polahku muntah ga selesai-selesai. Aku minta dia untuk bawa aku ke rumah sakit, tapi dia masih menunda-nunda. Aku sampai nangis mohon-mohon dia masih aja penuh pertimbangan. Selagi masih bisa diatasi jangan sampai mondok karena ga ada yang nungguin. 

Aku lemas sampai pingsan berkali-kali barulah koko mau mengantarku itu kira-kira jam 12.00 wib. Aku masuk-masukin barang-barang yang akan kubawa ke rumah sakit ke dalam tas besar. 

Ini bukan pertama kalinya aku harus ke UGD karena salah makan. Koko nganter aku naik brompitnya, aku bonceng koko sambil terus muntah pake kantung kresek. 

Sampai di rumah sakit terdekat aku langsung masuk UGD dan dibantu oleh perawat cowok untuk berbaring disitu. Aku langsung sodorin berkas-berkas BPJS ke koko supaya didaftarkan di loket pendaftaran pasien. 

Aku masih belum berhenti muntah. Dokter jaga yang memeriksaku langsung memberi perintah suruh opname. Koko masih menemaniku hingga aku dapat kamar. Aku langsung diinfus. 

Sungguh berbeda dengan kisahku ke UGD beberapa waktu lalu di rumah sakit yang sama. Dulu aku bpjs kelas 3 sekarang kelas 1. Tapi aku yakin bukan karena itu sih. Kebetulan aja ketemu dokter yang tanggap. 

Aku masuk kamar kelas 1 sungguh bersih dan nyaman. Aku sendirian lagi. Ada TV di kamarku tapi aku tidak terlalu terhibur. Aku terus muntah hingga pukul 6 sore. Belum ada sedikit makananpun yang bisa kutelan. Suster memberikanku suntikan ondansetron sampai 2 ampul kemudian disusul dengan suntikan omeprazol. 

Aku mulai lemas dan memaksakan diri untuk makan ketika makanan rumah sakit datang. Untunglah akhirnya aku bisa makan setelah muntah dari pagi. Sesudah aku makan, koko pamit pulang tapi sebelum itu dia membelikanku apel karena hanya apel yang bisa kubuat cemilan. Agak boros sich hiks. 

Karena bertepatan dengan hari libur hingga Senin jadi seharian aku tidak dikunjungi dokter spesialisku. Beliau masih belum praktek. Jadi hari Minggu itu aku hanya tidur dan makan serta mual sepanjang hari. Rasa darah masih kurasakan ketika aku sendawa. 

Dokterku datang keesokan harinya dan beliau memeriksaku.BAB-ku hitam dan aku diambil darah untuk cek lab. Hasilnya HB-ku cuma 7 dan harus transfusi darah. 

Seumur hidup baru kali ini aku transfusi darah. 2 kantong darah yang dimasukkan ke dalam tubuhku melalui selang infus, Namun sebelum ditransfusi darahku diambil lagi hingga 2x. Karena pakai BPJS aku hanya cukup bayar 40rb untuk bayar kurir ambil darah. 

Senin malam baru adikku pulang dan datang ke rumah sakit. Tapi karena aku kasihan padanya aku tidak mau ditemani. Biar saja dia pulang ke kos buat istirahat. Aku cuma minta dia belanja/ bawakan kebutuhanku saja. 

Selama 4 hari aku dirawat dan selalu sendiri. Kadang koko datang atau adiku datang. Karena tahu HB-ku kurang aku minta koko beliin ati ayam. Aku langsung gado 3 ati ayam. Enak juga hihi,, udah lama ga makan ati ayam. 

Di rumah sakit meski sudah dapat makanan tapi rasa lapar dan haus terus menghantui. Untung udah ga muntah tapi BAB-ku masih hitam dan sendawaku masih kayak ada sisa darah. 

Dokter ditelepon ketika tahu aku masih ada keluhan seperti itu. Dan hasilnya aku harus menjalani endoskopi ulang setelah tanggal, 26 Desember karena dokter cuti. Dan pemeriksaan endoskopi itu di rumah sakit yang berbeda dengan yang sekarang. Lebih jauh pula dari rumah 

Berikut ini hasil lab-ku :
1. Pemeriksaan Kimia Klinik
  • Glukosa sewaktu : 174 mg/dl ( 70-200)
  • Uric Acid : 4,2 mg/dl (2,4-5,7)
  • Ureum : 15 mg/dl (10-50)
  • Ser creatinin : 1,1 mg/dl (0,57-1,13)
  • Cholesterol : 170 mg/dl (<220)
  • Triglycerida : 89 mg/ dl ( <150)
  • SGOT : 14 U./L (0-31)
  • SGPT : 8 U./L (0-31)
 2. Pemeriksaan Urine
  • Warna : kuning jernih
  • PH : 6,5 (4,8-7,5)
  • B.J. : 1,015 (1,015-1,025)
  • Protein : negatif
  • Reduksi : negatif
  • Urobilin : negatif
  • Bilirubin : negatif
SEDIMEN
  • Leucocyt : Positif (0-1) / LPB --> (1-4)
  • Erythrocyt : Positif (0-1)/ LPB --> (0-1)
  • Epith Cell : Positif (1-2)/ LPK --> (1-15)
  • Cilinder : Negatif
  • Kristal : Negatif
  • Lain-lain : Negatif 

    Karena aku pakai BPJS semua biaya perawatanku selama 4 hari free. Aku cukup salut dengan pelayanan para perawat di rumah sakit itu. Mereka kalau giliran jaga pasti memperkenalkan diri dan menjelaskan pada pasien jika ada perlu apa-apa bisa tekan saklar yang disiapkan di samping tempat tidur. 

    Kamarku ber AC. Petugas kebersihan juga datang tiap hari untuk bersih-bersih. Setiap sore diberi air panas dan washlap untuk sibin. Yah itulah pengalamanku masuk RS lagi gara-gara ga kebeneran makan. Selalu gitu aih…sampe aku bingung harus ngemil apa sekarang. Yang aman aja yang kumakan tapi kok blenger juga. Ah ya sudahlah ya.
    Read More

    Detik-Detik Pemulihan Kesehatanku

    Agustinadian Susanti | Senin, Desember 05, 2016 | 8 Comments so far
         Di tengah keputusasaanku menghadapi penyakit asam lambung yang menyiksaku setahun terakhir ini, tak ada lagi yang bisa menolongku. Seakan duniaku berakhir. Aku tak tahu lagi harus berobat kemana, minum obat apa, hanya bisa menjalani hariku menerima dengan ikhlas kelemahan tubuhku. Dehidrasi karena muntah berjam-jam. 

       Pagi itu tenggorokanku terkena kuku jari saat aku mencolokkan 2 jariku ke dalam mulut agar bisa muntah dan harapannya bisa bernapas plong. Saat kulihat bercak darah segar keluar dari mulutku aku lemas dan menangis. Aku berdoa kepada Tuhan aku sudah tak sanggup lagi. Ini sudah terlalu dalam dan bahaya jika terus kulakukan setiap hari. 

       Aku memuji Tuhan sambil menangis, dan memberikan 2 pilihan kepadaNya. Jika Tuhan ingin nyawaku aku akan menyerahkannya. Aku siap pulang ke surga kapanpun Tuhan mau. Tetapi jika Tuhan masih sayang kepadaku, aku pasti diberi kesembuhan. Aku berserah penuh kepadaNya. 

          Perutku nyeri dan tenggorokanku iritasi. Aku mencoba rileks dan pelan-pelan aku menenangkan diriku. Aku minta tolong teman dekatku untuk mengantarku ke rumah sakit. Aku mau endoskopi ulang, aku ga mau tau aku harus segera endoskopi itu yang ada di pikiranku. Setelah temanku menyanggupi mengantarku malam sepulang kerja ia ke kontrakanku, kami sudah siapkan bekal makan karena pasti antri dokter sampai malam. Kemarin aja sampai jam 12 malam baru pulang. 

        Dengan kesakitan aku naik ke motornya dan aku sudah menyiapkan surat rujukan berserta berka lainnya serta fotokopi kartu bpjs. Biasanya aku menelepon dulu sebelum periksa, tapi mengingat waktu lalu meski sudah telepon tetap saja antrian dihitung saat pasien datang. Jadi kuputuskan tidak telepon dan langsung ke rumah sakit. 

        Sesampainya di sana, aku kecewa karena ternyata dokterku cuti 2 minggu karena keluar negeri. Aku tambah kesakitan. Lalu kami berunding, bagaimana kalau ke dokter umum saja yang penting dikasih obat untuk obati radang dan nyeriku. Tapi aku menolak. Aku bingung dan hanya terpikir cari shinse. Tapi nyari dimana, ini sudah malam. Temanku baru bisa nyari kalau hari Minggu, saat dia libur kerja, sedangkan itu masih hari Senin. 

        Lalu kami mengambil keputusan untuk pulang dan minum obat terakhir yang masih ada di rumah. Keesokan harinya, aku gelisah ingin cepat-cepat mencari shinse dan berobat. Aku browsing di google, aku baca semuanya. Tapi aku tidak menemukan apapun yang membuatku yakin tuk berobat. Aku terus berdoa. Sambil tiduran karena lemas muntah, aku nonton youtube festival kuasa Allah Ps. Philip Mantofa. Mujizat kesembuhan Tuhan kerjakan disana. Aku juga ingin disembuhkan Tuhan. 

       Keesokan harinya aku terdorong untuk menulis status di facebook cari shinse di semarang. Salah satu komentar dari mantan teman kantorku dulu memberikanku titik terang. Kalau ada teman gerejanya yang jadi shinse di Medan dan kini sedang ada di Semarang. Tanpa ragu aku coba menghubunginya. Aku hanya tergerak saja tanpa berharap lebih. Aku tanya lokasinya dimana, tapi dia ternyata sedang menginap di rumah temannya. Aku bilang aku mau kesana tapi besok nunggu ada yang antar aku. 

       Tapi dengan kemurahan Tuhan, Tuhan gerakkan dia yang datang ke kontrakanku malam itu juga. Aku kedandapan, hanya ada sedikit uang di dompetku. Aduh bagaimana ini. Sejam menunggu akhirnya dia datang. Penampilannya rock and roll banget, ga kayak shinse. Tapi don’t judge the book by its cover. Dia membawa berbagai perlengkapan untuk mengobatiku. 

       Oh sungguh kalau Tuhan punya mau Dia bisa gerakkan orang yang tidak kukenal sebelumnya untuk jadi alatNya mengobatiku. Aku merasa sangat diistimewakan. Biasanya aku harus antri berjam-jam di rumah sakit buat ketemu dokter spesialis hebat, tapi ini dia datang ke kontrakanku dengan sukacita pelayanan. 

       Dia mulai memeriksa nadiku. Dia tak banyak bicara, terus melakukan banyak tindakan. Tusuk jarum, bekam, pijat, kurang lebih 2 jam dia mengobatiku dengan serius. Keesokan harinya aku sembuhkah? Belum. Aku masih muntah.. dia menanyakan kondisiku tapi belum ada perubahan. Putus asa? Tidak. Dia bilang akan datang lagi untuk ngobati aku. What the **** ?! Uangku cukup ga ini aduh.. rasa was-was melanda tapi demi sembuh apapun kulakukan. 

        Aku minta obat minum dan dia membelikannya. Baik banget kan? Digerakkan Roh Kudus ya gitu. Cuma dia yang tahu namanya. Pake huruf cina entahlah. Terapi kedua dia benerin saraf-saraf perutku. Sakit banget abis diterapi. Tapi aku coba tahan. Dia menantangku kalau aku harus sembuh sebelum dia balik ke Medan. Dia juga memberikanku nasehat untuk selalu happy dan jangan sedih. Terapi ketiga paling menyiksaku. Aku belum pernah berobat sesakit ini. Detoksifikasi dengan cara ekstrim menurutku yang membuat kakiku kebakar dan tanganku kaku nyeri. Sekali lagi aku hanya pasrah dan menurut saja. 



        Keesokan paginya, aku yang biasa lihat jam 4 teng masuk kamar mandi untuk muntah, pagi itu sungguh beda. Aku bisa malas bangun tidur karena aku nyenyak sekali tidur hanya masih kurasakan kakiku yang sakit. Tapi dia bilang nanti sembuh sendiri. Untuk pertama kalinya dalam hidupku aku bisa buang gas tanpa muntah. Biasanya muntah berjam jam dulu baru buang gas kali ini tidak, Aku sungguh bersyukur kepada Tuhan. Tuhan masih sayang kepadaku. 

    senyum :)  bebas dari muntah pagi
        Pagi itu Tuhan memberitahuku bahwa aku sudah sembuh. Meski masih minum obat dan pemulihan tapi aku bersyukur tidak muntah lagi. Endoskopi sudah tidak terpikirkan lagi. Aku hanya harus jaga makan dan hati agar tidak mudah sedih.Thanks God.Kini aku bisa tersenyum bahagia bisa bebas dari muntah pagi...semoga tetap sehat meski masih minum obat hingga sekarang.

    Read More

    Jual Rumah Murah di Bekasi

    Agustinadian Susanti | Sabtu, November 26, 2016 | 6 Comments so far
    Rumah minimalis di Telaga Harapan dekat pintu tol Cibitung Bekasi


    SHM Type 36/75 sudah renovasi 
    Kamar tidur 2 
    Kamar mandi 1 

    Alamat : 
    Jl. Raya Telaga Harapan Perum Telaga Harapan Cibitung.
    Cikarang Barat Bekasi Jawa Barat 

    Hunian di lingkungan perumahan yang sudah ramai dengan fasilitas umum lengkap : 
    - dekat sekolah mulai dari dari TK sampai SMU / SMK 
    - puskesmas, klinik maupun rumah sakit besar 
    - dekat pintu tol cibitung 
    - dekat pusat perbelanjaan 
    - dekat pasar 
    - dekat kolam renang 
    - dekat pusat bisnis 
    - dekat kawasan MM2100 
    - dekat dengan lokasi pembangunan stasiun commuterline metland 

    Lokasi dengan nilai investasi yang up terus harga 350 juta nego

    Hubungi WA : 081915197153
    Read More

    Jual Rumah Cluster Ramadhan Village

    Agustinadian Susanti | Sabtu, November 26, 2016 | | | Be the first to comment!
    CLUSTER "RAMADHAN VILLAGE" 


    KAVLING KONSEP PERUMAHAN CLUSTER 
    DENGAN FULL FASILITAS :


    ▶MASJID dan RUMAH TAHFIDZ 
    ▶One gate system 
    ▶Security system (Pagar keliling dan pos security) 
    ▶Syariah system (Tanpa RIBA=Menenangkan hati) 
    ▶Easy system (Tanpa Bank, Tanpa Jaminan, Tanpa Denda , Tanpa Sita, Bisa langsung membangun) 
    ▶Legality Guaranted (Tanah aman bersertifikat) 

    ▶Strategic location :

    ✔Berada diantara 3 Kota project pengembangan kota MAMMINASATA 
    ✔Lokasi menggigit jalan umum 
    ✔+- 5 menit dari Antang Makassar 
    ✔+- 5 menit dari Pusat Kuliner BTP Tamalanrea 
    ✔+- 1 menit dari perbatasan Maros-Gowa) 
    ✔Dekat dari Pusat Perbelanjaan (Pasar sentral BTP, Daya Grand Square, MTos) 
     ✔Dekat dari Pusat Pelayanan Kesehatan (Puskesmas, RSUP Wahidin dan RS Unhas) 
     ✔Dekat dari Bugis Waterpark 
    ✔Dekat dari Pusat Pendidikan (STIBA, UPRI, POLTEK, UIM, STIMIK dan UNHAS) 
    ✔Dekat LPKKK 
    ✔Dekat Instansi Negara (Kantor Desa , Kantor Camat, Kantor POLSEK) 
    ✔Lokasi Pinggir Jalan Umum PERENCANAAN 40 Meter 

    ▶Jalan perumahan PAVING/COR/ASPAL 
    ▶Jaringan Listrik 
    ▶Bebas Banjir 
    ▶Setiap Kavling ditandai dengan PRASASTI 

    ☑Pokoknya SIAP BANGUN dan Perusahaan SIAP MEMBANGUNKAN 
    ☑HARGA CASH = HARGA KREDIT kredit hingga 3 tahun. 
    ☑Dapatkan harga PROMO hingga pengerjaan FASILITAS umum selesai. 


    Buruan sebelum harga naik dan kehabisan unit. 

     FREE: 
    ­čĺíSertifikat dan Pondasi Keliling (Pembelian cash) 
    ­čĺíPondasi Keliling (Angsuran 2 tahun) 
    ­čĺíDiskon 50% biaya legalitas (Angsuran 3 tahun) 
    ­čĺíKonsultasi Planning Pembangunan SEGERA CEK LOKASI DAN BOOKING FEE!!! 

    Marketing "Ramadhan Village" ... 
    ☎ TELP/WA 081915197153 

     Supporting System: Developer Property Syariah Indonesia (DPSI)
    Read More

    Bersyukur dan Mencukupkan Diri

    Agustinadian Susanti | Selasa, November 15, 2016 | 69 Comments so far
    lemas tak berdaya
    Penyakitku makin memburuk. Aku muntah asam lambung dari jam 4 pagi hingga jam 3 sore. Seakan tidak ada lagi solusi buatku. Aku terus berobat ke dokter spesialis pencernaan namun belum ada perubahan yang signifikan. Aku ke psikiater itu pun juga tidak menolongku. Aku hanya mengantuk minum obat penenang namun muntahku tidak terhindarkan. 

         Badanku lemas, tubuhku makin kurus. Penurunan berat badan yang drastis. Dalam 1 minggu turun 1 kg. muntahku sering disertai bercak darah karena aku sudah ekstrim muntah dengan mencolok pakai 2 jari. mirip bulimia ya, cuma bedanya kalau bulimia muntahin sesudah makan, kalau aku muntahnya sebelum makan. Sebegitu parahkah depresiku hingga aku kehilangan kenikmatan hidup?

         Namun aku tetap bersyukur, meski aku muntah selama hampir 11 jam tiap hari dan masa sehatku hanya 9 jam yaitu di petang - malam hari dtambah 4 jam untuk tidur, sungguh waktu yang sangat kurang untuk istirahat. Namun aku harus tetap produktif dalam 9 jam. Aku gunakan waktu 9 jam itu untuk memasak makananku sendiri, mencuci baju, bekerja di depan PC, dan aktivitas lainnya. Terima kasih Tuhan untuk 9 jam masa sehat yang masih bisa kunikmati. 

        Penyakitku memang aneh, ini bukan GERD lagi, tapi sudah depresi tingkat tinggi. Penyebabnya pengalaman traumatis yang sulit kuhilangkan yaitu kebiasaan muntah. Entah kenapa setiap aku terbangun di jam 4 aku sungguh kaget. Jika aku tidak bangun segera maka muntahku bisa sampai malam, oleh sebab itu aku mulai mencolokkan 2 jari ke dalam mulutku agar bisa muntah lagi dan lagi. 

       Hanya air dan sedikit asam lambung yang kumuntahin. Namun sulit sekali untuk memuntahkannya. Rasa tidak nyaman di tenggorokan membuatku sangat terobsesi untuk mencolokan jariku. Leherku serasa tercekik, asam lambung menyumbat kerongkonganku rasanya. Bahkan untuk minum air pun tidak bisa turun, selalu muntah lagi apalagi saat aku sendawa, airpun ikut tersembur keluar. Jika sedang tidak beruntung, ayam cincang yang kumakan tadi malam besoknya ikut keluar lagi masih dalam bentuk makanan yang tidak tercerna, itu sakit banget. 

        Sempat muncul keputusasaan, kenapa rutinitas muntah ini selalu kulakukan. Aku sulit melupakan untuk tidak membiasakan muntah. Dokter bilang jangan dimuntahin, tapi aku tidak bisa bernapas. Jika sudah muntah terasa lega meski harus berjam-jam bolak balik kamar mandi. Aku lelah, lelah dengan sakit aneh ini.

        Aku ingin endoskopi ulang tapi karena dokter berkata kalau tidak ada symptom baru berupa BAB menghitam tidak diendoskopi lagi. Dipandang masih sama diagnosanya dengan endoskopi yang pertama. Gastritis erosive. Ya elah dok, aku sudah turun BB drastic, muntah disertai bercak darah tiap hari, suara serak dan kadang susah menelan makan, masih harus nunggu BAB hitam baru endos ulang???? 

       Aku berserah kepada Tuhan. Jika Tuhan masih memberikan napas kehidupan buatku IA pasti akan menyembuhkan aku, namun jika tidak aku tetap percaya jalan Tuhan adalah jalan terbaik bagiku. Nafsu makanku berkurang, setiap hari aku hanya makan 1 ons ayam cincang, bubur nasi dan putih telur. Buah dan sayur tidak bisa lagi diterima pencernaanku. Sedih ya sedih, waktuku hanya di kamar sepanjang hari karena lemas. 

       Aku belajar mencukupkan diri dengan apa yang ada padaku. Setidaknya aku masih bisa makan, dan masih punya 9 jam yang sangat berharga. Setidaknya muntahanku hanya berupa cairan dan bukan makanan yang kumakan itu tidak terlalu sakit. Oleh sebab itu aku jarang update blog, hanya kalau ada lomba saja aku kuat-kuatin buat nulis karena aku harus berusaha. Malam ini kebetulan aku sedang fit dan habis makan sambil menunggu mencuci piring yang masih kurendam air jadi bisa ngeblog lagi. 

        Aku tidak tahu bagaimana hari esok, aku tidak mau kuatir dan memikirkannya. Aku hanya tahu malam ini Tuhan masih memberiku kehidupan dan kekuatan.
    Read More

    Sensasi Pijat Nyaman dan Sehat Ala Jepang Di Nakamura

    Agustinadian Susanti | Senin, Oktober 17, 2016 | | 22 Comments so far
    Hai guys, 

        Akhir-akhir ini aku sering banget begadang, bekerja terlalu lama di depan komputer. Aku baru bisa tidur sekitar jam 2 pagi. Wuih capek pisan! Udah gitu karena menghindari refluks asam lambung kan biasanya bantal aku tumpuk tuh jadi tidurnya ampir setengah duduk. Tapi kalau pagi tau tau udah melorot aja tuh kepalaku. Udah gitu leher ama pundak kaku semua, kepala pusing karena kurang tidur dan salah posisi tidur. Yang terpikir pertama adalah kompres pake es batu dan pengen banget dipijat. 

       Nah, masalahnya mau pijat dimana ya? Kalau di Blora dulu sih biasanya aku punya tukang pijat langganan, tapi sekarang begitu udah pindah ke Semarang lagi, jadi bingung. Aku banyak tanya ke temen-temenku “Eh kamu pijat dimana, sih ?” 

        Ada temanku yang cocok pijat di si A, si B, si C, dst. Yah emang sih pijat tuh biasanya cocok-cocokan. Menurut temanku kalau pijat ga ditempat langganannya dia kurang mantep gitu. 

        Tiba-tiba aku teringat dulu pas awal-awal merantau di Semarang kira-kira 9 tahun lalu (lama banget yak), kayaknya temenku pernah ajak aku ke Nakamura deh. Tapi aku lupa tempatnya, soalnya dulu aku kosnya kan di Semarang bawah. Sekarang aku di Semarang atas. Pikirku jauh juga kalau musti ke bawah. 

       Mulai deh aku browsing di internet siapa tahu ada yang deket tempat tinggalku. Yeay, akhirnya aku nemu juga Nakamura di Banyumanik. Wah boleh juga nih dicoba. 

       Nakamura di Banyumanik beralamat di Ruko Setiabudi 152 Kav.7, Sumurboto , Banyumanik Semarang. Aku lihat jam bukanya mulai jam 10.00 – 22.00 WIB. pin BB : 572571B5 atau WA : 081215656700.

       Wah bisa nih, aku soalnya bisanya keluar kalau malam. Setelah janjian ama temen minta tolong anter aku nyoba kesana. 

       Waktu itu jam menunjukkan pukul 20.30 malem. Kupikir masih ada waktu eh, ternyata udah close reservation (tutup pendaftaran) . Aku baru tahu kalau mau pijat harus reservasi minimal 1 hari sebelum hari H. Petugas resepsionis Nakamura memberikanku kartu nama dan aku pulang ke rumah. Hiks batal pijat. 

       Sempet kepending beberapa hari karena aku musti nyari waktu luang lagi dan waktu luangnya temenku hihi.. aku lihat di kartu nama Nakamura ada pin BB dan WA. Akhirnya aku WA deh dan reservasi via chat WA. Saking semangatnya aku reservasinya hari Kamis, 2 hari sebelumnya. Eh ternyata baru bisa daftar besoknya untuk daftar hari Sabtu. Ya udah deh gapapa, yang penting bisa pijat di Nakamura. 

       Hari yang ditunggu tunggu tiba juga. Aku masuk ke ruang resepsionis dan 2 petugas berpakaian kimono menyambutku dengan ramah. 


    “Selamat malam mbak? Mau pijat? Sudah daftar?”

     “Sudah mbak, via WA kemarin” 

    “Atas nama siapa ya?” 

    “Susan” 

     “Nama lengkap ?” 

     “Agustina Dian Susanti” 

    “Mau pijat apa mbak?”
    “Mm…. leher dan pundak mbak” 

    “Seitai leher dan pundak ya? Durasinya 30 menit. Apa ga sekalian ambil yang 1 jam?” 

    Aku merogoh kocek, “Yah gimana nih aku cuma bawa uang 50 ribu. Ya udah deh mbak 30 menit - leher dan pundak aja” 

    “Ok. Mau ruang apa? Ada kelas VIP, exclusive atau reguler?”

     “Yang reguler mbak” 

    “Ok silakan masuk ya, ditunggu.” 

    *** 

       Oya, mungkin kalian bertanya-tanya, Seitai itu apa sih? Seitai itu adalah penyelarasan (=tai) tubuh (=sei) atau dalam bahasa inggris The Body Adjustment Therapy. 

       Atau bisa juga diartikan sebagai terapi tradisional Jepang untuk menyelaraskan tubuh secara alami sehingga tercapai kesehatan tubuh dan jiwa secara alami. 

        Terapi seitai menggunakan jari, tangan dan bagian tubuh lain untuk menstimulasi titik-titik akupuntur (tsubo) atau bagian tubuh lain sehingga aliran Qi dan darah kita yang terblokir karena problema psikologis (stress, takut, tegang, lelah mental, dll.) atau fisiologis (penyakit kronis atau akut, kelelahan fisik, pegal, dll.) menjadi lancar. 

        Aliran darah yang lancar ini membuat otot disekitarnya serta otot-otot yang berhubungan menjadi relaks. Selain itu stimulasi dapat dilakukan dengan olah gerak atau posisi badan tertentu yang bertujuan mengembalikan tubuh ke posisi normal secara alami. 


        Seitai terapi dapat pula meningkatkan daya tahan tubuh secara alami yang sangat berguna untuk melawan berbagai penyakit fisik ataupun mental yang dialami manusia. 

       Nah, aku pilih Seitai leher dan pundak yaitu terapi untuk menghilangkan ketegangan otot leher dan pundak yang banyak diakibatkan oleh kebiasaan duduk, membaca, salah tidur (tengeng) dan bekerja terlalu lama dengan komputer. 

       Tujuan dari pijat Seitai leher dan pundak ini yaitu agar bagian atas tubuhterasa lebih ringan dan asupan oksigen ke otak menjadi lebih baik sehingga konsentrasi, daya ingat akan meningkat serta kesigapan bekerja akan meningkat. Cucok kan? 

       Kemudian, aku masuk ke ruangan reguler di lantai 1 Nakamura. Ruangannya ber AC, lampunya remang-remang, design interiornya ala Jepang, dan ada beberapa orang yang sedang terapi pijat juga disitu. Ada 6 bed dan aku memilih yang dekat pintu. Sayup-sayup terdengar suara gemericik air diiringi alunan musik yang lembut dan menenangkan. Semua terapis mengenakan kimono warna hijau dan memakai masker. 


       Setelah menunggu kira-kira 5 menit, ada seorang terapis wanita yang turun dari lantai atas dan memakai stetoskop menghampiriku dan menanyaiku tentang keluhanku serta ingin pijat apa. 

       Dia mulai meminta ijin untuk mengukur tekanan darahku dulu sebelum dipijat. Tensiku 90/60 hm, pantesan agak pusing tadi. Kemudian, terapisnya mengatur posisi bed yang tadinya setengah tegak menjadi lurus. Dan aku dipersilakan tiduran. Dia duduk di belakang bedku untuk memijat pundakku terlebih dahulu dengan menggunakan minyak zaitun. 

       Bantalku dialasi kain untuk menutup rambutku agar tidak terkena minyak. Aroma minyak zaitun wangi juga. Pijatannya mantap. Dia menekan pundakku, dan menanyaiku apakah tekanan pijatannya cukup atau kurang keras atau terlalu keras. Aku jawab "Udah cukup segitu mbak." Kemudian dia memiringkan kepalaku ke kanan lalu kekiri dan mengurut leher kanan dan kiri ku. 


       Berulang kali terapis itu mengingatkanku agar jangan tegang, hehe.. aku emang kurang rileks sih. Aku dalam posisi duduk dan tanganku ditarik ke belakang, punggungku ditepuk tepuk. 

       Saking enaknya pijatannya aku sampai mengantuk karena rilek. Tak terasa sudah 30 menit, terciumlah aroma wangi teh yang khas mulai menyerebak ke seisi ruangan. 

        Setelah selesai melakukan pijat, terapis itu menawariku mau minum teh atau jahe. Aku pilih teh aja. Dan kemudian aku membayar di kasir. 

       Pijat di Nakamura memang memberikan suasana berbeda dari pijat biasanya. Abis dipijat leher dan pundakku lebih enakan, dan rasanya keteganganku hilang. Fresh banget rasanya. Pijatannya bikin nagih. 

        Pokoknya pijat di Nakamura recomended banget deh buat kalian semua. Kenapa?  
    • Terapisnya Profesional 
    • Ga perlu buka baju kalau pijat 
    • Diiringi music terapi yang dapat mengeluarkan gelombang beta yang bikin kita rileks 
    • Nyaman pijat di ruang ber AC dan rileks 
    • Ga cuma refleksi kaki aja tetapi meliputi akupresur di seluruh tubuh (tangan, leher, pundak, punggung, kepala). 
    • Ada akupresure (pendekatan oriental jepang berdasarkan titik-titik akupuntur dan meredian yg tersebar diseluruh tubuh baik untuk pencegahan, perawatan dan penyembuhan dari berbagai macam penyakit).
    • Kiropraksi ( terapi yang memfokuskan pada stimulasi di daerah sekitar tulang belakang mulai dari leher, punggung dan pinggang untuk menghilangkan rasa pegal, linu dan membantu pencegahan berbagai penyakit 
        Di Nakamura cabang Banyumanik Semarang ada sekitar 18 pilihan terapi. Seperti tertera dibawah ini beserta harga dan lama terapinya (durasi) :

        Ayo tunggu apa lagi, jangan lupa reservasi ya. Oya berdasarkan pengalamanku, pendaftaran pasien ditutup jam 8 malam lho. Kebetulan lagi ada promo terbaru lho. Dapatkan Voucher Seitai Leher dan Pundak GRATIS hanya dengan datang dan Terapi Seluruh Tubuh berdua. Asyik kan ? 
    http://goo.gl/3GwkWA
    Read More

    Wanita Peduli Kanker Payudara

    Agustinadian Susanti | Rabu, Oktober 12, 2016 | | 27 Comments so far
    Hi girls, 
        Membaca atau mendengar tentang kanker payudara mengingatkanku pada kisah perjuangan hidup seorang sanak familiku, beberapa teman gerejaku, dan rekan kerjaku. Ada yang bisa survive hingga kini, namun ada pula yang akhirnya tutup usia. 

          Hal ini membuat rasa sangat ingin tahuku tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan kanker payudara meningkat tentang bagaimanakah gejala, pencegahan, pengobatannya, dll. 

        Sebagai wanita tentu kita semua harus waspada terhadap kanker payudara. Berdasarkan Data WHO th 2005 kanker merupakan penyebab kematian no.1 di dunia setelah penyakit kardiovaskular. 

        Kanker payudara masih jadi kanker terbanyak di seluruh dunia. Ini menjadi tugas bersama untuk mengurangi terjadinya kanker dengan deteksi sedini mungkin (SADARI).

         Sangat disayangkan sampai saat ini di indonesia sebagian besar pasien kanker payudara datang ke dokter dalam keadan sudah lanjut. Padahal jika terdeteksi secara dini kemungkinan sembuhnya lebih besar lho. 

        Berikut obrolan ringan seputar kanker payudara dengan salah seorang dokter dan artikel yang kurangkum dari berbagai sumber. Simak ya.. 

    Aku : Halo, dok. Dok, aku ingin tahu kanker payudara itu sebenarnya apa sih dok? 

    Dokter : Halo Susan, kanker payudara itu keganasan pada sel-sel yang terdapat pada jaringan payudara, bisa berasal dari komponen kelenjarnya (epitel saluran maupun lobulusnya) maupun komponen selain kelenjar seperti jaringan lemak, pembuluh darah dan persarafan jaringan payudara. Simplenya kanker yang menyerang payudara. 

    Aku : Oya ya dok. kalau kanker otak menyerang otak, kanker mata kanker yang menyerang mata, kanker hati kanker yang menyerang hati, kalau kanker yang menyerang khusus di tanggal tua itu kantong kering ya dok, hehe.. (ngaco) 

    Dokter : (senyum-senyum) Iya tuh kamu tahu sendiri.. 

    Aku : Hehe.. mamah tahu sendiri…. (niru logatnya mamah dedeh) kembali ke laptop ea ea ea… (logat tukul)… dok, kok kanker macem-macem sih dok, semua organ tubuh bisa kena kanker dok? 

    Dokter : Jadi gini, kanker sendiri itu ada 2 macam. Ada kanker padat dan ada yang tidak padat. Kanker tidak padat misalnya kanker darah, kalau kanker padat itu misalnya kanker usus, kanker otot, kanker ginjal. Nah, kalau kanker payudara itu termasuk kanker padat. Tergantung dimana kanker menyerang di organ mana, nah itu nama kankernya. 

    Aku : Oo… (manggut-manggut). Terus dok, siapa saja yang beresiko terkena kanker payudara? Laki-laki bisa kena ga dok? 

    Dokter : Laki-laki juga bisa kena kanker payudara, tapi persentasenya lebih banyak wanita. Kalau laki-laki yang beresiko terkena biasanya perokok dan sering mengonsumsi minol (minuman beralkohol). 

    Sedangkan wanita yang beresiko terkena kanker payudara yaitu yang : 
    • Usianya diatas 40th, yang tidak menikah dan tidak punya anak setelah usia 30th, 
    • Mempunyai riwayat menggunakan KB /terapi hormonal dalam jangka panjang. 
    • Kurang olahraga, dan banyak makan makanan berlemak tinggi. 
    • Wanita yang mempunyai kerabat dekat dengan kanker payudara. (Walaupun ada tapi tidak sampai 3% kanker diturunkan. 90% kanker itu terjadi karena didapat ). 

    Aku : Waduh, dok, aku belum nikah dan belum punya anak hiks.. (curcol takut). Terus, gimana kita bisa tahu kena kanker atau tidak. Apa tanda-tandanya? 

    Dokter : Kanker payudara terbagi atas stadium 0 – 4 . stadium 0 itu stadium awal jadi biasanya tidak ada gejala, tidak bisa diraba karena ukurannya masih kecil . Nah, kalau ingin tahu maka untuk mendeteksi bisa dengan SADARI atau bisa dengan pemeriksaan mamografi. 

    Pada fase pertama biasanya mulai muncul benjolan. Adapun tanda-tanda fase selanjutnya,ada rasa nyeri, kulit luka, keluar cairan di puting susu. Kalau sudah menyebar ke ketiak, maka di ketiaknya timbul benjolan juga, kalau sudah menyebar ke paru-paru biasanya pasien bisa batuk-batuk hingga sesak nafas, kalau nyebar ke tulang bisa sakit tulang, yang lebih parahnya lagi kalau sudah menyerang otak maka pasien bisa kejang-kejang. 

    Aku : Oh, gitu, terus kalau ada benjolan di payudara itu apa dipastikan itu semua pertanda kanker? 

    Dokter : Jangan takut dulu, umumnya 80% benjolan bukan kanker. Benjolan di payudara bisa dipengaruhi faktor lain, misal faktor hormonal, trauma benturan, dan infeksi yang terjadi pada ibu menyusui. Yang penting jangan takut berobat dan memeriksakan diri sejak dini. Karena jika diperiksa lebih dini kemungkinan sembuhnya bisa 100% 

    Aku : Dok, kalau ibu yang sudah terkena kanker payudara itu boleh menyusui anaknya ga dok? 

    Dokter : Bukan tidak boleh ya, tapi sebaiknya dihentikan saja, karena unsur pengobatan kanker dikhawatirkan bisa masuk ke ASI jadi takutnya terjadi reaksi aja. Biasanya pengobatan kanker payudara pada pasien yang sedang hamil pertumbuhan sel kankernya lebih cepat dibanding pada ibu yang tidak menyusui, sehingga sementara harus dhentikan agar pengobatan lebih sempurna 


    Aku : Oya dok, gimana cara mendeteksi kanker payudara secara dini ? Kapan dilakukan? 

    Dokter : Pemeriksaan SADARI sebaiknya dilakukan wanita diatas 20 th setiap bulan. Dimana waktu terbaik dilakukan pemeriksaan adalah hari ke 3 hingga 7 setelah menstruasi selesai agar payudara tidak bengkak akibat hormon. 

    Caranya : 
    1. Lihat payudara di cermin dengan bahu lurus dan lengan di pinggul apa ada tanda cekungan, kerutan, atau kulit yang menonjol, puting terbalik terdorong ke dalam, apakah berwarna merah dan terasa nyeri?  
    2. Angkat lengan ke atas kepala dan cari perubahan yang sama . apakah ada cairan keluar dari salah satu atau kedua puting (berair, susu, cairan kuning/ darah) 
    3. Sambil berbaring gunakan tangan kanan untuk merasakan payudara kiri, lalu tangan kiri merasakan payudara kanan melingkar hingga ke daerah puting. Gerakan meliputi seluruh payudara dari atas ke bawahm sisi ke sisi & dari ketiak ke belahan dada 
    4. Rasakan semua jaringan payudara dari depan ke belakang : untuk kulit gunakan tekanan ringan, tekanan sedang untuk jaringan tengah payudara dan gunakan tekanan kuat untuk jaringan dalam payudara. apa ada benjolan/ daerah menebal di payudara. tekan puting dengan lembut untuk melihat apa ada cairan/ darah yang kluar 
    5. Ulangi pemeriksaan payudara saat berdiri/ duduk dengan gerakan tangan yang sama 

    Aku : Dok, pemeriksaan apa tadi yang buat mendeteksi kanker payudara…? Mamo... mamo… 

    Dokter : Mamografi. Ya, jadi mamografi itu adalah proses pemeriksaan payudara manusia menggunakan sinar-X dosis rendah (umumnya berkisar 0,7 mSv). Mammografi digunakan untuk melihat beberapa tipe tumor dan kista, dan telah terbukti dapat mengurangi mortalitas akibat kanker payudara. Pemeriksaan mamografi ini dilakukan kepada pasien yang beresiko yang usianya diatas 35 th. 

    Aku : Kenapa gitu dok, terus yang usianya dibawah 35 tahun gimana dok? 

    Dokter : Biasanya yang dibawah 35 tahun hanya dilakukan USG saja, karena wanita yang usianya dibawah itu biasanya payudaranya masih padat. 

    Aku : Terus dok, apa kalo kena kanker payudara itu harus dioperasi dok? 

    Dokter : Memang pengobatan utama kanker padat biasanya dilakukan pengangkatan/ operasi. Pengkatan kanker payudara dilakukan tergantung ukuran kanker, makin kecil ukuran kankernya maka makin kecil pula kemungkinan dilakukan pengangkatan. Kalau ukuran kankernya masih besar biasanya dikemoterapi dulu setelah mengecil baru diangkat. Jadi saran saya, sebaiknya lakukan pemeriksaan sedini mungkin agar kita masih bisa mempertahankan bentuk payudara. 

    Aku : Oh, jadi kita musti bener-bener aware ya dok. harus mendeteksi sedini mungkin, hm ic ic..tapi bisa sembuh kan dok? 

    Dokter : Ya, tergantung, oleh sebab itu harus dideteksi sedini mungkin agar bisa disembuhkan. kanker stadium 0 masih sangat dini (dideteksi dengan mampografi). Kalau udah stadium 1 presentasi kesembuhan bisa mencapai 80-90%, stadium 2 sekitar 75%, dst hingga stadium 4 untuk pasien bisa bertahan hidup diatas 5th tinggal 20% 


    Aku : Dok, bagaimana hidup orang yang pernah menderita kanker payudara? 

    Dokter : Tidak ada batasan apapun dalam beraktivitas maupun berinteraksi kok. Karena sekali lagi kanker payudara itu tidak menular. 

    Aku : Makanan yang bisa menimbulkan kanker itu makanan apa aja dok? 

    Dokter : Diet tinggi lemak, tinggi karbo, makanan yang mengandung pewarna dan pengawet, kurang serat. 

    Aku: Kanker payudara bisa dicegah kan dok? Gimana caranya dok? 

    Dokter : Jadi pencegahan kanker payudara itu ada 3 macam :
    1. Primer : yaitu mencegah dari sebelum terjadinya kanker hingga terjadinya 
    2. Sekunder yaitu deteksi dini misal dengan SADARI dan mamografi
    3. Tersier : dengan pengobatan 
    Sekitar 30% kanker bisa dicegah dengan gaya hidup sehat (olahraga dan makan makanan sehat) 

    Aku : Aku dari dulu penasaran, kanker itu sendiri apa sih penyebabnya? 

    Dokter : Hingga saat ini penyebabnya belum diketahui. Kanker payudara itu biasanya dipengaruhi faktor lingkungan misalnya terpapar radiasi dan makanan yang tidak sehat. Dan ada pula karena faktor hormonal : wanita haid di usia muda 9th, wanita yang menopouse –nya terlambat yaitu di usia 55th. dengan demikian paparan terhadap hormonnya jauh lebih panjang dibanding dengan usia2 yang rentan thd paparan hormonya lebih pendek 

    Aku : Oh, aku pernah denger nih dok, ada pasien kanker payudara udah dioperasi kok bisa kambuh lagi ? 

    Dokter : Salah satu sifat yang sulit dikontrol adalah kekambuhan yang bisa terjadi di tempat awal atau sudah bermetastasis ke tempat lain. karena sifat kanker itu sangat beragam sehingga banyak variasi kemungkinan kambuh lebih banyak maka pengobatan kanker tidak cukup 1 modalitas harus ada kombinasi pengobatan. operasi, sinar, kemoterapi tidak menjamin 100% . kalau pemeriksaan lebih dini kanker bisa sembuh, tapi kalau sudah bermetastasis lebih rumit dan lebih besar biayanya.

    Aku : Kanker lainnya yang biasa dialami penderita kanker payudara itu kanker apa lagi ya dok? 

    Dokter : Karena kanker payudara seringnya berkaitan dengan organ reproduksi jadi bisa terkena kanker ovarium, karena kanker faktor genetiknya berhubungan dengan kanker payudara. 

    Aku : Ok, dok, makasih ya atas semua infonya. 

    Dokter : Ok, tetap jaga kesehatan. Jangan lupa periksa sejak dini.

    DID YOU KNOWS, girls? 


    Sekarang minimal kita udah tahu garis besarnya tentang kanker payudara kan? Jangan lupa lakukan pemeriksaan dini kanker payudara ya girls. Makan yang sehat dan olahraga. 

    Doa saya semoga para survivor kanker payudara di seluruh dunia khususnya Indonesia tetap semangat menjalani pengobatan, dan percaya bahwa kesembuhan pasti akan kita dapatkan asal kita mau percaya, berusaha dan tetap berdoa. 

    Sumber referensi : udoctor.co.id, wikipedia 
    Narasumber : dr. Sonar Soni Panirogo, Sp.B(K) B.Onk 

    Postingan ini diikutsertakan dalam giveaway
     #finishthefight #gopink #breastcancerawareness 


    Read More

    Kreatif dan Produktif dari Rumah Berkat IndiHome

    Agustinadian Susanti | Rabu, Oktober 05, 2016 | | 19 Comments so far
          Sejak resign dari kantor untuk kesekian kalinya karena sering jatuh sakit, maka mau tak mau saya harus bedrest dan fokus untuk memulihkan kesehatan. Menyadari kelemahan fisik yang kualami ini, daripada berulangkali resign lagi maka saya mulai memikirkan cara untuk tetap bisa mendapat penghasilan meski hanya di rumah. 

         Ketika kesehatan saya mulai pulih, perlahan-lahan saya mulai belajar keluar rumah dan mengisi waktu luang pergi ke warnet di seberang jalan depan rumah saya. Sejak SMP ketertarikan saya akan komputer memang cukup besar, apalagi kini sudah banyak akses internetnya. 

         Saya suka main facebook di warnet yang menggunakan speedy telkom untuk mengakses internet. Awalnya sih cuma iseng cari kenalan lalu saya tergerak untuk bikin design brosur promosi bimbingan belajar sebagai usaha pertama saya dirumah. Tiba-tiba perhatian saya tertuju pada penjaga warnet yang sedang asik menulis di komputer. Ternyata dia sedang nge-blog. 

        Rasa ingin tahu saya tentang blog juga besar, jadi saya banyak bertanya kepadanya. Namun waktu itu masih belum “ngeh” tentang Blog meski sudah dijelaskan. Saya lupakan sejenak tentang blog dan  kembali ke tempat saya nge-net.

        Melalui facebook, saya berkenalan dengan seorang teman yang membawa saya gabung di grup orang-orang yang sakit seperti saya. Setiap hari berkutat di grup itu-itu saja. Membaca keluhan teman-teman yang sakit, berkomentar sana-sini untuk sharing solusi penyakit, hingga saya mengenal teman lain yang membawa saya ke grup kepenulisan khusus untuk perempuan yang rata-rata sudah IRT. 

       Tak hanya itu saja saya mulai gabung ke grup lainnya seperti grup kumpulan emak blogger dan blogger perempuan yang juga beranggotakan pada ibu rumah tangga multitasking yang hebat dan membuat saya terinspirasi untuk jadi lebih produktif meski hanya di rumah. 

        Suatu ketika ada info tentang kursus online menulis artikel. Saya tertarik namun untuk mendaftar masih agak ragu karena harus nongkrongin di warnet. 

       “Ah seandainya saya punya komputer sendiri dengan akses internet di rumah lebih nyaman”, pikir saya. 

        Sedang galau-galaunya mau daftar atau enggak, eh tiba-tiba adikku memberikan komputernya pada saya. Senang? Pastinya karena aku tanpa ragu bisa ikut kursus online. 

        Waktu itu untuk akses internet masih menggunakan modem dan kuota internet. Saya sering gonta-ganti provider untuk beli kuota internet, pilih yang terjangkau kocek jadi terbatas untuk facebook-an dan nge-blog aja. Nonton youtube? Boro-boro deh.. takut banget kalau nguras kuota. 


       Setelah memiliki komputer sendiri di rumah, saya mulai tertarik dengan blog dan design. Saya sering cari tutorial sendiri di google. Dan mulai mengasah ketrampilan design saya dengan menawarkan jasa design melalui semua sosial media. Terkadang saya ikut kuis-kuis dan lomba blog dan berhasil memenangkan dari hadiah pulsa, buku hingga uang tunai. Dari uang yang saya hasilkan akhirnya saya bisa membeli smartphone sendiri. 

       Berhubung setiap hari kesibukan saya selalu berkutat dengan internet, oleh sebab itu saya butuh akses internet yang unlimited, lancar/ kecepatan tinggi, dan dengan harga terjangkau. Saya pun bertanya kepada teman-teman saya tentang internet yang mereka gunakan. Banyak dari mereka yang menggunakan speedy dari Telkom. 

       Mendengar testimoni mereka, saya mulai tertarik untuk ikut berlangganan speedy. Saya segera menghubungi 147 untuk mencari informasi. Waktu itu CS Telkom menanyakan apakah di rumah saya sudah ada telepon rumahnya. Tapi karena saya tidak punya telepon rumah maka harus pasang telepon dulu. 

        Ketika saya diskusikan hal ini dengan adik saya, dia menyuruh saya pindah ke kontrakannya di luar kota, karena disana sudah tersedia wifi untuk mengakses internet. IndiHome adalah pilihan yang cerdas. Kini cari tutorial jadi lebih mudah karena bisa menemukan banyak tutorial dengan nonton youtube tanpa buffering. 


       Dengan IndiHome, juga dapat berlangganan wifi.id seamless untuk smartphone. Cukup dengan membayar Rp.10.000,- per device untuk sebulan yang pembayarannya akan ditambahkan ke tagihan IndiHome. 


        Untuk berlangganan IndiHome telepon saja ke call centernya di nomor 147, biasanya memerlukan waktu 3-7 hari untuk pemasangan atau bisa juga janjian kapan akan dipasang, setelah itu teknisi akan datang ke rumah kita. Atau bisa juga melalui aplikasi My IndiHome, datang ke Plaza Telkom atau melalui akun facebook dan twitter @telkomindonesia. 

        Oya, berikut ini adalah daftar harga paket IndiHome Fiber per Oktober 2016 

    Harga Paket Indihome Non Fiber / Tembaga / Speedy (blm termasuk PPN) :

    Harga Paket Indihome Fiber Optic / Serta Optik (blm termasuk PPN)


    • Tarif pemasangan Indihome dikenakan Rp 75.000 pada tagihan bulan pertama
    • Sewa STB dan OTB mulai dari Rp 70.000 hingga Rp 100.000
    • Tarif harga paket Indihome di atas adalah harga reguler bukan harga promo. Namun, bisa saja harga tarif lebih mahal atau murah walaupun tidak berbeda jauh wilayahnya. 
    • Indihome Fiber konten basic terdiri dari 87 Channels UseeTv

        Bank dunia meneliti bahwa 10% peningkatan penetrasi internet dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi 1,38%. Untuk itu Telkom sebagai BUMN untuk negeri mempermudah akses internet sehingga penetrasi yang diteliti bank dunia akan diwujudkan. 

       Saya bersyukur karena #IndonesiaMakinDigital dengan IndiHome mempermudah saya dalam berkreasi dan menyalurkan kreatifitas saya untuk lebih produktif dan berbagi dengan sesama penderita GERD yang saya temui melalui komunitas di dunia maya (internet). 

       Saya sangat senang bisa bergabung di banyak komunitas ibu-ibu rumah tangga di grup kepenulisan maupun blogger berkat IndiHome. Saya terinspirasi dengan para ibu-ibu yang meski hanya di rumah namun mereka pun sangat produktif berkat adanya akses Internet seperti IndiHome. 

       Harapan saya, semoga dengan #IndonesiaMakinDigital dapat membuka kesempatan bagi orang-orang yang kehilangan pekerjaan karena sakit seperti saya dapat kreatif dan tetap produktif meski hanya bisa tinggal di rumah. Kini keterbatasan fisik bukan halangan lagi untuk bisa berkarya dan berinovasi demi kemajuan negeri. 

       Terima kasih kepada PT.Telkom, semoga makin sukses dan terus berinovasi memberikan solusi internet bagi masyarakat luas khususnya Indonesia agar #IndonesiaMakinDigital lagi.
    Read More

    Perjuangan Hidupku Melawan Sakit Asam Lambung

    Agustinadian Susanti | Senin, Agustus 29, 2016 | 22 Comments so far
        Sudah lama aku nggak aktif lagi nulis di blog. Jika aku hari ini masih punya kesempatan untuk menulis di blog itu semata-mata karena anugrah Tuhan yang beri kekuatan kepadaku. Waktuku habis untuk berjuang memuntahkan asam lambung berlebih dalam perutku. 

       Kalau dihitung sudah 1th lebih aku muntah lagi sejak meninggalnya bapakku dan proses adaptasi di kota yang membuatku stress. Obat dokter sudah tidak mempan lagi rasanya padahal dokter spesialis pencernaan yang kudatangi tergolong bagus. Dokter Cuma bilang jangan stress. Dan obat yang diberikan selama 8 bulan sama mulu. Domperidone 10mg dan lanzoprazole 30mg. serasa ga ada solusi lagi buat sakit kambuhanku. 

       Sampai dibawa ke tukang pijat saraf bilangnya katup lambungku terbuka sehingga asam lambung mudah naik, selain ada bakteri dalam perutku. Pertama tukang pijatnya mijat 1 jam kali kedua aku datang sudah mulai berkurang waktunya cuma setengah jam. Dan ga mau dibayar pula karena kayak udah nyerah. 

       Aku muntah dari jam 4 pagi hingga jam 1 siang non stop. Bisa dibayangin betapa lemasnya aku. Sesekali keluar bercak darah karena terlalu keras muntahnya. Belum lagi aku harus ngurus diriku sendiri. kalau sudah muntah baru lega bisa napas plong, bisa minum dan makan. Untungnya meski muntah begitu lama, sampai kayak orang kena bulimia (memasukkan jari ke dalam mulut) aku masih kuat memasak dan ngerjain orderan design, mencuci bajuku sendiri dan beraktivitas normal setelah aku agak enakan. Hanya saja waktunya makin hari makin singkat. 

       Aku baru bisa makan nasi pada jam 2.30 WIB. Akhir-akhir ini memang aku hampir tak kuat bekerja. Baru buka komputer sudah lemes, akhirnya cm main HP. Sambil mengoles-oles perutku dengan minyak kayu putih. Makanya aku jarang ngeblog. Dan hari ini sambil nunggu nasi matang aku mencoba menulis lagi. 
       
       Waktuku 90% hanya di kamar. Kalau abis makan malam ada teman kenalanku main ke kos baru aku terhibur. Mungkin susah cari kenalan di luar kota begini, karena tiap main dan tau keadaanku sakit mereka pada kabur ya cuma sekali aja main. Dan aku kesepian lagi. Kadang aku ingin tidur tapi 2 jam sekali selalu terbangun entah harus masak dulu atau makan lagi. Kadang aku lelah dengan keadaanku. Namun, Aku harus kuat, aku harus bekerja meski badanku lemah, kalau tidak bagaimana aku bisa bertahan hidup di kota, semua kebutuhanku kutanggung sendiri bersama penyakitku yang belum sembuh. 

       Lelah seperti apapun jika kita sehat pasti bisa kuat menghadapinya, tapi jika sakit dan harus bekerja itu benar-benar kekuatan dari Tuhan. Untung kerjaanku online jadi meski sambil tiduran masih bisa dikerjakan. Aku berserah pada Tuhan dan tetap bersyukur meski aku lemah tubuh aku masih diberi kehidupan. Tetap jaga kesehatan ya teman-teman. Sakit itu bener-bener tersiksa rasanya.
    Read More

    Giveway 66 Dangdut Cerdas On The Blog : Pacar Lima Langkah

    Agustinadian Susanti | Sabtu, Agustus 06, 2016 | 11 Comments so far
       Haloo…akhirnya aku berhasil upload video karaoke juga… Untuk memeriahkan acara Giveaway 66 : Dangdut Cerdas On The Blog-nya pakde Cholik empunya blog NeoBlogCamp, kali ini aku mau menyanyikan lagu Pacar Lima Langkah 

    Ciptaan Leni Nurhayani 

    Yang dipopulerkan oleh almh. Iceu Wong 

        Kenapa aku pilih lagu ini? Ya karena lagu ini mewakili perasaan dan keinginan aku banget buat punya pacar yang deket aja. Males juga kalau LDR-an soalnya aku ga tahan ditinggal tinggal mulu sama orang yang kucintai..hihi… 

         Selain itu lagu ini ceria banget musiknya jadi nambah semangat buat nyanyi dan ngedengerinnya. Sory ya kalau ga focus, hihi soalnya colong-colongan waktu, malu kalau temen-temen kontrakan pada datang. Musiknya dari laptop pinjeman juga. Perjuangan banget buat rekam video ini. Semoga terhibur ya.. akhir kata tak lupa kuucapkan selamat ulangtahun pakde Cholik ke 66. 




    Read More

    VLOG Ikhlas

    Agustinadian Susanti | Senin, Juni 27, 2016 | 2 Comments so far
          VLog keduaku, kali ini tentang kisah ikhlas ketika papaku meninggal dunia... 

    Read More

    Video Sharing GERD

    Agustinadian Susanti | Sabtu, Juni 25, 2016 | Be the first to comment!
          Hai jumpa lagi ma aku, kali ini aku bikin video sharing & motivasi buat temen-temen yang kena GERD. Disini aku akan bahas sekilas soal gerd dan korelasi ama sakit yang kualami. semoga bermanfaat ya guys...

    Read More

    Memasak jadi Lebih Mudah dan Menyenangkan dengan Aplikasi ResepKoki

    Agustinadian Susanti | Sabtu, Juni 18, 2016 | 17 Comments so far
       Hai, teman-teman, bisa memasak makanan kita sendiri adalah hal yang sangat menyenangkan dan tentunya juga lebih higienis serta hemat daripada harus beli diluar. 

       Biasanya untuk mencoba memasak menu baru, aku bertanya ke teman-temanku yang lain, googling resep dari internet atau nonton youtube buat nyontek resep masakannya. Tapi kini, aku punya kabar gembira nih buat kalian yang hobi memasak ataupun yang ingin belajar memasak terutama buat user android dan apple, yaitu dengan menginstal  aplikasi ResepKoki.


      ResepKoki adalah aplikasi gratis yang berisi kumpulan resep hidangan makanan Indonesia, yang dapat didownload melalui google play store, dengan persyaratan sistem minimal Android 4.0.3 Ice Cream Sandwich dan iOS 8.0 untuk pengguna Apple

    Dan inilah tampilan aplikasi mobile ResepKoki : 


       Adapun cara menggunakan aplikasi ResepKoki sangat mudah. User tidak perlu repot mendaftar atau membuat akun terlebih dulu. Saat pertama kali membuka aplikasi, akan muncul menu resep berdasarkan kategori jenis makanan: Padang, Betawi, Ayam, Bebek, Nasi Tumpeng, Aneka Soto Nusantara, Otak-otak, Pempek, Siomay, Batagor, Bakso & Mie, hingga aneka kue yang menggugah selera. 

       Aku pribadi suka dengan desain aplikasi mobile ResepKoki yang simple namun elegan. Keunggulan aplikasi ResepKoki dibandingkan dengan aplikasi sejenisnya ada pada pemilihan warna, fitur favorit dan fitur daftar belanja. Fitur favorit ini memungkinkan pengguna menandai resep untuk bisa dibuka secara cepat di daftar favorit. 

       Team ResepKoki akan selalu terus menambah jumlah resep makanan untuk berbagi informasi yang lengkap kepada user. Melalui website ResepKoki, kita bisa menggunakan fitur forum untuk berdiskusi dengan teman-teman lain mengenai hal-hal yang berhubungan tentang makanan. Hal ini ditujukan untuk membangun sebuah komunitas antara user dan ResepKoki dimana user bisa mendapat ilmu dan berbagi tips masak dengan teman-teman sesama user lainnya. 

        Selain itu, ResepKoki juga memiliki toko online yang menjual peralatan dapur dan bahan-bahan kue lho, dimana user dapat melakukan pembelian di situs https://resepkoki-store.com/ dan dikirim kerumah dengan mudah. 

        Dengan diluncurkannya aplikasi mobile gratis ini, ResepKoki mencoba untuk menyebarkan masakan Indonesia yang sangat luas sehingga user dapat berbagi resep dan menikmati dengan orang-orang terkasih kita. Semua resep dari ResepKoki telah teruji dengan baik karena team ResepKoki telah bekerjasama dengan para koki yang sudah berpengalaman dibidangnya. 

    Untuk mengirim feedback dan ulasan hubungi : support@resepkokiapp.com 
    atau untuk keperluan bisnis silakan hubungi : business@resepkokiapp.com 

        Ayo tunggu apalagi, segera download aplikasi ResepKoki di smartphonemu and let’s cook now…tak sabar rasanya mencoba segera memasak karena hidangan menu di ResepKoki is so yummy….
    Read More

    Categories

    Komentar