Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • ORDER DESIGN
  • ABOUT ME
  • JUAL KEFIR
JASA DESIGN BLOG KHUSUS BLOGSPOT & JUAL PRODUK KEFIR

Wanita Peduli Kanker Payudara

Moocen Susan | Rabu, Oktober 12, 2016 | |
Hi girls, 
    Membaca atau mendengar tentang kanker payudara mengingatkanku pada kisah perjuangan hidup seorang sanak familiku, beberapa teman gerejaku, dan rekan kerjaku. Ada yang bisa survive hingga kini, namun ada pula yang akhirnya tutup usia. 

      Hal ini membuat rasa sangat ingin tahuku tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan kanker payudara meningkat tentang bagaimanakah gejala, pencegahan, pengobatannya, dll. 

    Sebagai wanita tentu kita semua harus waspada terhadap kanker payudara. Berdasarkan Data WHO th 2005 kanker merupakan penyebab kematian no.1 di dunia setelah penyakit kardiovaskular. 

    Kanker payudara masih jadi kanker terbanyak di seluruh dunia. Ini menjadi tugas bersama untuk mengurangi terjadinya kanker dengan deteksi sedini mungkin (SADARI).

     Sangat disayangkan sampai saat ini di indonesia sebagian besar pasien kanker payudara datang ke dokter dalam keadan sudah lanjut. Padahal jika terdeteksi secara dini kemungkinan sembuhnya lebih besar lho. 

    Berikut obrolan ringan seputar kanker payudara dengan salah seorang dokter dan artikel yang kurangkum dari berbagai sumber. Simak ya.. 

Aku : Halo, dok. Dok, aku ingin tahu kanker payudara itu sebenarnya apa sih dok? 

Dokter : Halo Susan, kanker payudara itu keganasan pada sel-sel yang terdapat pada jaringan payudara, bisa berasal dari komponen kelenjarnya (epitel saluran maupun lobulusnya) maupun komponen selain kelenjar seperti jaringan lemak, pembuluh darah dan persarafan jaringan payudara. Simplenya kanker yang menyerang payudara. 

Aku : Oya ya dok. kalau kanker otak menyerang otak, kanker mata kanker yang menyerang mata, kanker hati kanker yang menyerang hati, kalau kanker yang menyerang khusus di tanggal tua itu kantong kering ya dok, hehe.. (ngaco) 

Dokter : (senyum-senyum) Iya tuh kamu tahu sendiri.. 

Aku : Hehe.. mamah tahu sendiri…. (niru logatnya mamah dedeh) kembali ke laptop ea ea ea… (logat tukul)… dok, kok kanker macem-macem sih dok, semua organ tubuh bisa kena kanker dok? 

Dokter : Jadi gini, kanker sendiri itu ada 2 macam. Ada kanker padat dan ada yang tidak padat. Kanker tidak padat misalnya kanker darah, kalau kanker padat itu misalnya kanker usus, kanker otot, kanker ginjal. Nah, kalau kanker payudara itu termasuk kanker padat. Tergantung dimana kanker menyerang di organ mana, nah itu nama kankernya. 

Aku : Oo… (manggut-manggut). Terus dok, siapa saja yang beresiko terkena kanker payudara? Laki-laki bisa kena ga dok? 

Dokter : Laki-laki juga bisa kena kanker payudara, tapi persentasenya lebih banyak wanita. Kalau laki-laki yang beresiko terkena biasanya perokok dan sering mengonsumsi minol (minuman beralkohol). 

Sedangkan wanita yang beresiko terkena kanker payudara yaitu yang : 
  • Usianya diatas 40th, yang tidak menikah dan tidak punya anak setelah usia 30th, 
  • Mempunyai riwayat menggunakan KB /terapi hormonal dalam jangka panjang. 
  • Kurang olahraga, dan banyak makan makanan berlemak tinggi. 
  • Wanita yang mempunyai kerabat dekat dengan kanker payudara. (Walaupun ada tapi tidak sampai 3% kanker diturunkan. 90% kanker itu terjadi karena didapat ). 

Aku : Waduh, dok, aku belum nikah dan belum punya anak hiks.. (curcol takut). Terus, gimana kita bisa tahu kena kanker atau tidak. Apa tanda-tandanya? 

Dokter : Kanker payudara terbagi atas stadium 0 – 4 . stadium 0 itu stadium awal jadi biasanya tidak ada gejala, tidak bisa diraba karena ukurannya masih kecil . Nah, kalau ingin tahu maka untuk mendeteksi bisa dengan SADARI atau bisa dengan pemeriksaan mamografi. 

Pada fase pertama biasanya mulai muncul benjolan. Adapun tanda-tanda fase selanjutnya,ada rasa nyeri, kulit luka, keluar cairan di puting susu. Kalau sudah menyebar ke ketiak, maka di ketiaknya timbul benjolan juga, kalau sudah menyebar ke paru-paru biasanya pasien bisa batuk-batuk hingga sesak nafas, kalau nyebar ke tulang bisa sakit tulang, yang lebih parahnya lagi kalau sudah menyerang otak maka pasien bisa kejang-kejang. 

Aku : Oh, gitu, terus kalau ada benjolan di payudara itu apa dipastikan itu semua pertanda kanker? 

Dokter : Jangan takut dulu, umumnya 80% benjolan bukan kanker. Benjolan di payudara bisa dipengaruhi faktor lain, misal faktor hormonal, trauma benturan, dan infeksi yang terjadi pada ibu menyusui. Yang penting jangan takut berobat dan memeriksakan diri sejak dini. Karena jika diperiksa lebih dini kemungkinan sembuhnya bisa 100% 

Aku : Dok, kalau ibu yang sudah terkena kanker payudara itu boleh menyusui anaknya ga dok? 

Dokter : Bukan tidak boleh ya, tapi sebaiknya dihentikan saja, karena unsur pengobatan kanker dikhawatirkan bisa masuk ke ASI jadi takutnya terjadi reaksi aja. Biasanya pengobatan kanker payudara pada pasien yang sedang hamil pertumbuhan sel kankernya lebih cepat dibanding pada ibu yang tidak menyusui, sehingga sementara harus dhentikan agar pengobatan lebih sempurna 


Aku : Oya dok, gimana cara mendeteksi kanker payudara secara dini ? Kapan dilakukan? 

Dokter : Pemeriksaan SADARI sebaiknya dilakukan wanita diatas 20 th setiap bulan. Dimana waktu terbaik dilakukan pemeriksaan adalah hari ke 3 hingga 7 setelah menstruasi selesai agar payudara tidak bengkak akibat hormon. 

Caranya : 
  1. Lihat payudara di cermin dengan bahu lurus dan lengan di pinggul apa ada tanda cekungan, kerutan, atau kulit yang menonjol, puting terbalik terdorong ke dalam, apakah berwarna merah dan terasa nyeri?  
  2. Angkat lengan ke atas kepala dan cari perubahan yang sama . apakah ada cairan keluar dari salah satu atau kedua puting (berair, susu, cairan kuning/ darah) 
  3. Sambil berbaring gunakan tangan kanan untuk merasakan payudara kiri, lalu tangan kiri merasakan payudara kanan melingkar hingga ke daerah puting. Gerakan meliputi seluruh payudara dari atas ke bawahm sisi ke sisi & dari ketiak ke belahan dada 
  4. Rasakan semua jaringan payudara dari depan ke belakang : untuk kulit gunakan tekanan ringan, tekanan sedang untuk jaringan tengah payudara dan gunakan tekanan kuat untuk jaringan dalam payudara. apa ada benjolan/ daerah menebal di payudara. tekan puting dengan lembut untuk melihat apa ada cairan/ darah yang kluar 
  5. Ulangi pemeriksaan payudara saat berdiri/ duduk dengan gerakan tangan yang sama 

Aku : Dok, pemeriksaan apa tadi yang buat mendeteksi kanker payudara…? Mamo... mamo… 

Dokter : Mamografi. Ya, jadi mamografi itu adalah proses pemeriksaan payudara manusia menggunakan sinar-X dosis rendah (umumnya berkisar 0,7 mSv). Mammografi digunakan untuk melihat beberapa tipe tumor dan kista, dan telah terbukti dapat mengurangi mortalitas akibat kanker payudara. Pemeriksaan mamografi ini dilakukan kepada pasien yang beresiko yang usianya diatas 35 th. 

Aku : Kenapa gitu dok, terus yang usianya dibawah 35 tahun gimana dok? 

Dokter : Biasanya yang dibawah 35 tahun hanya dilakukan USG saja, karena wanita yang usianya dibawah itu biasanya payudaranya masih padat. 

Aku : Terus dok, apa kalo kena kanker payudara itu harus dioperasi dok? 

Dokter : Memang pengobatan utama kanker padat biasanya dilakukan pengangkatan/ operasi. Pengkatan kanker payudara dilakukan tergantung ukuran kanker, makin kecil ukuran kankernya maka makin kecil pula kemungkinan dilakukan pengangkatan. Kalau ukuran kankernya masih besar biasanya dikemoterapi dulu setelah mengecil baru diangkat. Jadi saran saya, sebaiknya lakukan pemeriksaan sedini mungkin agar kita masih bisa mempertahankan bentuk payudara. 

Aku : Oh, jadi kita musti bener-bener aware ya dok. harus mendeteksi sedini mungkin, hm ic ic..tapi bisa sembuh kan dok? 

Dokter : Ya, tergantung, oleh sebab itu harus dideteksi sedini mungkin agar bisa disembuhkan. kanker stadium 0 masih sangat dini (dideteksi dengan mampografi). Kalau udah stadium 1 presentasi kesembuhan bisa mencapai 80-90%, stadium 2 sekitar 75%, dst hingga stadium 4 untuk pasien bisa bertahan hidup diatas 5th tinggal 20% 


Aku : Dok, bagaimana hidup orang yang pernah menderita kanker payudara? 

Dokter : Tidak ada batasan apapun dalam beraktivitas maupun berinteraksi kok. Karena sekali lagi kanker payudara itu tidak menular. 

Aku : Makanan yang bisa menimbulkan kanker itu makanan apa aja dok? 

Dokter : Diet tinggi lemak, tinggi karbo, makanan yang mengandung pewarna dan pengawet, kurang serat. 

Aku: Kanker payudara bisa dicegah kan dok? Gimana caranya dok? 

Dokter : Jadi pencegahan kanker payudara itu ada 3 macam :
  1. Primer : yaitu mencegah dari sebelum terjadinya kanker hingga terjadinya 
  2. Sekunder yaitu deteksi dini misal dengan SADARI dan mamografi
  3. Tersier : dengan pengobatan 
Sekitar 30% kanker bisa dicegah dengan gaya hidup sehat (olahraga dan makan makanan sehat) 

Aku : Aku dari dulu penasaran, kanker itu sendiri apa sih penyebabnya? 

Dokter : Hingga saat ini penyebabnya belum diketahui. Kanker payudara itu biasanya dipengaruhi faktor lingkungan misalnya terpapar radiasi dan makanan yang tidak sehat. Dan ada pula karena faktor hormonal : wanita haid di usia muda 9th, wanita yang menopouse –nya terlambat yaitu di usia 55th. dengan demikian paparan terhadap hormonnya jauh lebih panjang dibanding dengan usia2 yang rentan thd paparan hormonya lebih pendek 

Aku : Oh, aku pernah denger nih dok, ada pasien kanker payudara udah dioperasi kok bisa kambuh lagi ? 

Dokter : Salah satu sifat yang sulit dikontrol adalah kekambuhan yang bisa terjadi di tempat awal atau sudah bermetastasis ke tempat lain. karena sifat kanker itu sangat beragam sehingga banyak variasi kemungkinan kambuh lebih banyak maka pengobatan kanker tidak cukup 1 modalitas harus ada kombinasi pengobatan. operasi, sinar, kemoterapi tidak menjamin 100% . kalau pemeriksaan lebih dini kanker bisa sembuh, tapi kalau sudah bermetastasis lebih rumit dan lebih besar biayanya.

Aku : Kanker lainnya yang biasa dialami penderita kanker payudara itu kanker apa lagi ya dok? 

Dokter : Karena kanker payudara seringnya berkaitan dengan organ reproduksi jadi bisa terkena kanker ovarium, karena kanker faktor genetiknya berhubungan dengan kanker payudara. 

Aku : Ok, dok, makasih ya atas semua infonya. 

Dokter : Ok, tetap jaga kesehatan. Jangan lupa periksa sejak dini.

DID YOU KNOWS, girls? 


Sekarang minimal kita udah tahu garis besarnya tentang kanker payudara kan? Jangan lupa lakukan pemeriksaan dini kanker payudara ya girls. Makan yang sehat dan olahraga. 

Doa saya semoga para survivor kanker payudara di seluruh dunia khususnya Indonesia tetap semangat menjalani pengobatan, dan percaya bahwa kesembuhan pasti akan kita dapatkan asal kita mau percaya, berusaha dan tetap berdoa. 

Sumber referensi : udoctor.co.id, wikipedia 
Narasumber : dr. Sonar Soni Panirogo, Sp.B(K) B.Onk 

Postingan ini diikutsertakan dalam giveaway
 #finishthefight #gopink #breastcancerawareness 


28 komentar:

  1. itulah Mba makanya aku nggak KB sekarang, karena bisa jadi faktor pemicu kanker.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya ya mbak,,, aku kelak juga nggak mau KB hihi

      Hapus
  2. terima kasih banyak yaa Susaaan :). Semakin banyak informasi yang kita sebarkan, semoga semakin bermanfaat untuk semua yang membaca. Stay healthy ya Susan. Super thanks fro joining my #GA #finishthefight #gopink #breastcancerawareness

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mba. Semoga mb indah sehat kembali

      Hapus
  3. Mbaak jadi takutt hihihi .. hmm saya ada benjolan juga nih mbak di payudara kiri, belum periksa lab, cuma sudah pernah di USG katanya sih semacam tumor .. huhu sampai saya juga mau ikutan giveaway ini biar berani menghadapi kenyataan xixixi .. terima kasih ya mbak tulisannya menginspirasi dan enak dibaca

    BalasHapus
  4. waah... jadi semakin tahu. Makasih ya Susan. Semoga kita selalu sehat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah
      BUKA PESUGIHAN PUTIH TAMPA TUMBAL

      Hapus
  5. Nice info, Sangat bermanfaat. Bagi anda yang memiliki masalah penyakit kelamin, anda bisa mengunjungi klinik Apollo untuk melakukan pemeriksaan. Klinik Apollo merupakan penyedia layanan kesehatan berbasis klinik yang menangani masalah penyakit kulit dan kelamin yang terletak di daerah Jakarta pusat. bekerja sama dengan berbagai rumah sakit serta klinik Internasional, juga ditunjang peralatan medis canggih serta dokter ahli spesialis yang sudah berpengalaman dibidangnya, anda bisa mengunjungi klinik apollo untuk melakukan pemeriksaan dan mendapatkan penanganan segera.

    Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit kelamin yang anda rasakan, jangan ragu untuk bertanya pada kami karena isi konsultasi aman terjaga, privasi pasien terlindugi, dan anda bisa tenang berkonsultasi langsung dengan kami. Anda dapat menghubungi hotline di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli Klinik Apollo, atau klik website bawah ini untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis klinik Apollo.

    Wartadokter
    klinikkesehatan
    kesehatankelamin

    BalasHapus
  6. Kalau kata dokter boyke, Penyebab payudara kendur adalah akibat menyusutnya kelenjar susu, juga akibat melemahnya jaringan ikat penyangga payudara dan elastisitas kulit payudara yang berkurang, bener kan? ini dia jelasinnya disini -> http://tokobaju.asia/oris-breast-cream-pengencang-payudara/

    BalasHapus
  7. baca yang stadium itu...ngeri...langsung scroll ke bawah.

    saya pas gadis dulu pernah punya benjolan FAM mbak. pas mau KB dilarang pakai yang hormonal. takutnya memicu FAMnya lagi.

    BalasHapus
  8. baca yang stadium itu...ngeri...langsung scroll ke bawah.

    saya pas gadis dulu pernah punya benjolan FAM mbak. pas mau KB dilarang pakai yang hormonal. takutnya memicu FAMnya lagi.

    BalasHapus
  9. baca yang stadium itu...ngeri...langsung scroll ke bawah.

    saya pas gadis dulu pernah punya benjolan FAM mbak. pas mau KB dilarang pakai yang hormonal. takutnya memicu FAMnya lagi.

    BalasHapus
  10. Lengkap sekali Mbak, aku jadi paham bagaimana kanker payudara dan bagaimana cara pemeriksaannya.

    Kol aku gak pernah makan, belum doyan ;)

    BalasHapus
  11. SADARI yuuukk.. iya nih, kita kudu aware dan menjaga pola hidup sehat ya Susan. Semoga para survivor diberi kekuatan utk terus berjuang melawan kanker payudar dan kanker2 lainnya.

    BalasHapus
  12. Ilmu Nur Muhammad saya buat untuk menghadapi Fenomena Gaib akhir zaman karena banyak saudara kita yang menjadi korban atas keganasan fenomena gaib ini :

    * Sering sakit kembung seperti masuk angin

    * Sakit lambung disertai sendawa terus menerus

    * Sesak nafas seperti orang terkena asma

    * Kepala sakit dan tulang nyeri

    * Ada benjolan kecil berupa daging tumbuh dalam tubuh

    * Penyumbatan pembuluh darah

    * Mirip dengan kanker payudara dan hati

    * Badan lesu, lemah seperti terkena thypes

    * Timbul rasa was was, cemas, gelisah dengan tiba – tiba

    * Lumpuh mirip stroke

    * Ambien tak kunjung sembuh

    * Pilek menahun

    * Paranoid

    * Rasa ingin bunuh diri dan Gila tanpa sebab

    * Sakit dikemaluan dan ada benjolan ditestis

    * Dada nyeri sebelah kiri dan kanan seperti terkena serangan jantung

    * Ulu hati terasa sakit

    * Emosi tak terkendali

    Inilah beberapa fenomena gaib yang menyerang umat manusia saat ini, bila di cek secara fisik / medis terlihat, jika diminumkan obat tidak ada reaksi dari obat tersebut, apabila dibawa ke seorang praktisi / paranormal seperti santet tapi bukan santet, sihir, teluh atau guna – guna ( INGAT !!!, ini bukan terkena ilmu hitam ) , memang konsepnya seperti ilmu hitam, jika anda berfikir ini santet dll anda sudah masuk dalam jebakan demit, memang ini tujuannya agar umat manusia saling menuduh satu dengan yang lainnya.

    dibawa keahli ruqiah seperti terkena ain / ghalian, hilang saat itu juga 2 atau 3 hari datang lagi, posisi sakit bisa ditempat yang sama / pindah ditempat lain

    Tidak hanya fisik saja bahkan ada yang diuji secara ekonomi sulitnya mendapat uang hingga timbul rasa ingin melakukan tindakan kejahatan dan rumah tangga dibuat berantakan suami ribut dengan istri, anak sulit diatur dll

    ” Untuk anda yang belum terinfeksi diharapkan banyak amalkan surat Al – Kahfi ayat 1 s/d 10 dan ayat 101 / 110 ”



    Manfaat Nur Muhammad :

    – Mampu menghancurkan Khodam dan Sihir Jarak Jauh

    – Mampu membakar khodam musuh dan meyerang dari jarak jauh bahkan mampu membakar raja jin

    – Terhindar dari fitnah dajjal
    – Menjadi manusia insan sejati yang mencapai tingkatan luhur di sisi Allah SWT

    – Insya Allah terbebas dari perhitungan hisab alam kubur, dan mencapai sirathal mustaqim

    – Memiliki tingkatan kecerdasan pencerahan spiritual yang tinggi sehingga dapat membimbing seluruh umat manusia dari berbagai golongan agama, untuk menuju ke alam pencerahan sejati ( Nur Muhammad )

    – Mampu menundukan mahluk gaib dari bangsa jin, siluman, iblis

    – Mampu mengobati penyakit medis dan non medis

    – Mendeteksi penyakit medis dan non medis

    – Mengikis hawa nafsu hingga tingkat terdalam



    Syarat & Ketentuan :

    – Bisa datang langsung / Jarak Jauh

    – ADA PANTANGAN

    – KHUSUS MUSLIM

    – Kirimkan nama lengkap dan nama ibu kandung

    Note : Semua keilmuan Kanjeng Yunita diadakan pembuktian / dipraktekkan langsung semua keilmuan bisa ditajrib ( dibuktikan )

    0813 1482 1884

    http://kanjengyunita.com/2016/11/07/ilmu-nur-muhammad/

    BalasHapus
  13. Wah, lengkap banget. Narasumbernya dokter pula. :))
    Stay healthy ya mbak :)

    BalasHapus
  14. Saya punya pengalaman mengenai penyakit ini...dahulu kakak saya mengalami nya, sudah 4 tahun penyakit ini di derita nya , sudah bolak balik ke rumah sakit tapi belum ada hasil nya, bahkan kondisinya semakin tidak baik, akhir nya dokter memutuskan untuk melakukan tindak kan oprasi, tapi setelah oprasi penyakit nya kambuh lagi dan semakin parah sakit nya...di kala itu kami sudah pasrah dan gak tau harus br buat apa lagi...di suatu waktu ada kunjungan dari teman kakak saya yang menjenguk nya, mereka ada 6 orang..dan salah satu teman kakak saya menyarankan untuk kosumsi munchord dll...yang kata nya bisa menyembuhkan penyakit kakak saya, kak halima nama nya yang menyarankan untuk kosumsi prouduk itu selama 3 bulan rutin insyah allah ada kemajuan. Akhir nya kami pun mencoba nya..di bulan prtama kondisi nya sudah mulai enakan kata kakak saya, di bulan ke 2 sudah nampak hasil nya dan sampai bulan ke dua kami cek lagi ke dokter, dan hasil nya kata dokter kakak saya di nyatakan sudah sembuh dari penyakit yg diderita nya...fuji tuhan kakak dan kel pun sangat senang. Dan dari mulai itu saya dan kel serius menjalan lan pola hidup sehat dan kami menjadi agen resmi dari obat itu. Dan jika anda MINAT SEHAT & SEMBUH SEPERTI KAKAK SAYA SECARA NYATA DAN MENJADI TESTIMONI SELANJUT NYA  SEPERTI KAMI SILAHKAN HUB SAYA IYUS TIEN BBM D349C031 ATAU EMAIL TIENIYUS@GMAIL.COM
    TINGKAT KESEMBUHAN INSYAH ALLAH 90% .
    JIKA ALLAH MENGIJINKAN 100% PASTI SEMBUH.
    YANG PENTING MAU MENCOBA NYA SPRTI KAMI

    BalasHapus
  15. Saya ingin sharing mengenai masalah penyakit ini yg di derita adik ipar saya, saya putra seorang TKI , asal kota medan, bgini crita nya, jadi dulu sebelum saya brangkat kerja ke TKI adik ipar saya badan nya sering sakit, setelah saya 1 tahun kerja menjadi TKI saya mendapat kabar dari istri saya kalau adik nya di diagnosa kanker stadium 3 dan sekarang kondisi nya drob, istri bingung dan sedih saya karna kondisi adik nya sekarang ni...dan pada suatu waktu saya cerita dng teman saya tentang kondisi adik ipar saya...dan teman saya tu juga punya pengalaman pribadi tentang penyakit kanker yg di derita istri nya sendiri, dan sekarang sudah sembuh. Saya tanya sembuh nya brobat ke mana dan minum obat apa... teman saya bilang brobat ke rumah sakit dan juga brobat ke pak yusuf orang aceh katanya selama beberapa bulan...dan teman saya bilang coba adik kamu brobat sprti istri saya dulu...dan saya pun membicara kan rekomendasi dari teman saya tu, dan istri saya setuju...akhir nya kami coba konsultasi dng pak yusuf, dan beliau menyarankan untuk brobat rutin dng beliau selama beberapa bulan dan ke medis juga rutin jaga makam minum istirahat cukup dan lain ny. Setelah brobat ke pak yusuf br angsur angsur mendingan dan akhir ny adik saya di nyatakan sembuh dari kanker nya...biaya nya kalau saya bilang murah bila di banding nyawa adik saya, karna ostri saya cuman 2 br saudara dan orang tua istri saya sudah tiada...maka dari tu kami benar benar konsisten dan ikhtiar dan br doa. Brapa pun harga nya pengobatan adik istri saya tanggung yg penting br usaha dan allah yg menyembuhkan...buat bpk atau ibu yg lagi br masalah dng penyakit kanker coba deh brobat ke pak yusuf insyah allah bisa sembuh sprti istri teman saya dan adik istri saya...jng pikir biaya yg penting usaha dan sembuh. Insyah allah bisa sembuh amin....saya hanya shreing dari pengalaman saya. Bila bpk / ibu mau bisa hub beliau langsung... ini no Hp pak yusuf 0853-6167-5232 trimakasih semoga br manfaat

    BalasHapus
  16. Saya saran kan coba brobat rutin dengan dokter yusuf...insyah allah tr bantu ke sembuhan nya, beliau memiliki obat yg dapat merubah sel yg asam menjadi basah dan mengatur ke simbangan sel dan anti oksidan tr baik...kebetulan ke luarga saya ada yg kena kanker, tapi setelah rutin brobat dengan beliau alhamdulillah sudah 10 tahun sehat wal afiat, mungin allah mengijin kan sembuh , tapi itu semua dari doa , usaha ,ikhtiar si penderita...tapi coba teman teman brobat lah dengan beliau insyah allah saya yakin bisa sembuh bila allah mengijin kan. No HP beliau 0853-6167-5232 semoga saran saya br manfaat bagi teman teman saya fitri di tengerang

    BalasHapus
  17. Bagaimana mengobati kencing nanah tanpa obat?

    Mengobati kencing nanah tanpa obat mungkin sangat kecil kemungkinan yang bisa dilakukan dengan cara ini. Karena jika anda menderita penyakit maka anda harus melakukan pemeriksaan dan pengobatan dengan dokter yang tentunya akan diberikan obat yang sesuai dengan penyebabnya.
    Apa yang anda rasakan jika anda terkena atau terinfeksi penyakit menular seksual ini?

    1. Stress, Malu, Takut di Kucilkan
    2. Putus asa
    3. Malu untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter

    "Jika anda merasakan gejala atau tanda2 kencing nanah, jangan merasa malu untuk melakukan pemeriksaan. segera lakukan pengobatan secepat mungkin untuk membantu anda agar terhindar dari infeksi penyakit lain yang dapat di timbulkan dari penyakit kencing nanah."
    Silahkan konsultasikan keluhan yang anda rasakan pada kami. Klinik apollo merupakan salah satu klinik sepesialis kulit dan klamin terbaik di jakata. Ditunjang tekhnologi modern serta dokter yang sudah berpengalaman dibidangnya, kami dapat membantu memberikan solusi untuk keluhan penyakit kelamin yang anda rasakan.

    Kunjungi halaman facebook kami di : Klinik Spesialis Kelamin Apollo

    Kulup panjang | Kulup bermasalah tidak usah mau sunat

    Ejakulasi dini bisa sembuh | Sunat dewasa di klinik apollo

    Chat | Klini chat

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...