Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • JUAL SUPERGREENFOOD

CEMAS DAN STRESS

Moocen Susan | Kamis, September 03, 2020 |

Hari ini aku mau ngobrolin tentang CEMAS DAN STRES. 


Dulu pernah ada kenalanku yang sakit GERD dan sering kena panick attack terutama saat berkendara di jalan raya naik motor.

Ketika itu terjadi dia langsung menepi dan mengeluarkan senjatanya, ada minyak angin, air minum, cemilan andalan, kresek buat muntah. 

Kalau udah ga kuat dia selalu pergi ke IGD untuk diinfus.

Kalau sudah diinfus, merasa enakan, dia pulang ke rumah, dan itu terjadi berulang di waktu yang lain. 

Setiap kena panick attack berakhir di IGD. IGD adalah zona nyaman baginya. Sedangkan jalan raya adalah medan perangnya. 

Hidup dengan gangguan kecemasan memang sangat membuat penderitanya tidak bebas karena dihantui rasa cemas yang berlebihan.

Ada juga orang yang merasa zona nyamannya di rumah, ketika kumpul dengan anggota keluarganya yang lain. 

 

Bahkan ada yang baru ditinggal kerja atau ke pasar aja takutnya bukan main. 

 

Ada yang karena pindah tugas ke luar kota/ luar pulau dan jauh dari keluarga eh GERD dan anxietynya kumat. 

 

Berobat kemana mana ga sembuh marine balik kampung ngumpul anak bojo. 

 

Ada juga yang takut mandi. Nek mandi minta dijaga di depan pintu sama istrinya. Buk tulung yo aku tak adus sik la koe enteni aku ning ngarep lawang ngko nek aku semaput gotong yo. Opo undangno tonggo- ape adus pamitan sik. Kuatir berlebihan. 

 

Ada juga yang sambil mandi nonton video ku yang motivasi gerd itu biar ga takut lagi katanya. 

 

Ada juga yang takut keramaian takut masuk mall. Kalau pas jalan-jalan yang masuk mall cuma suami dan anak, sedangkan dia nungguin di dalam mobil. 

 

Ada yang keliyengan sampai buat jalan dari tempat tidur ke kamar mandi aja mau pingsan. Lha gimana gak pingsan makan cuma 3 sendok.


Kalau aku sendiri, paniknya datang ketika lapar atau salah makan/ kecentok makan yang ga fresh menurutku jadi mual dan kalau sudah mual enggan keluar rumah sering batal bepergian meski hanya belanja ke pasar. 

 

Kadang nekat berangkat di tenggah jalan cemas langsung puter balik eh pas puter balik, cemasnya ilang. 

 

Jadi kalau mau keluar rumah aku harus pastikan sudah makan, memastikan abis makan tidak mual dan bawa cemilan serta HP kalau kalau terjadi sesuatu tinggal panggil gojek buat bawa motorku hehe. 

 

Aku juga pernah pusing ketika masuk ke mall yang gede, liat cahaya terang banget dan banyak barang jadi pusing pernah tuh baru sampe parkiran motor ngajak pulang karena tiba tiba lemes, kaki gemeteran. 

 

Akhirnya temenku itu males ngajak jalan-jalan karena aku merepotkan kayak anak kecil dalam badan orang dewasa. 

 

Bahkan pernah aku mencoba menjalin hubungan dengan seorang cowok sedangkan waktu itu aku masih sakit, aku ga bisa makan jajan sembarangan gt dia males ngajak kencan dan makan diluar. 

Katanya dia ga mau makan sendiri. Akhirnya ya kencannya dirumah terus, padahal sebenere kan ngirit ya kalau dianya makan akunya nggak. 

 

Kalo kalian kayak gimana pengalamannya? Komen di bawah ya. 

 

Yang kupaparkan diatas adalah contoh dari gangguan kecemasan berlebihan / anxiety disorder 

 

Apa sih penyebab seseorang bisa mengalami anxiety disorder : 

 

Trauma, gangguan kepribadian, efek samping obat/zat tertentu misalnya kafein dan narkoba, penyakit tiroid dan gangguan irama jantung.

 

Gangguan kecemasan itu ada 3: 

1. Panik attack,

2. Gangguan kecemasan umum / GAD

3. Fobia Sosial

 

Ciri-ciri panik attack dengan GAD hampir sama. Yaitu keringat dingin, gemeteran, nyeri dada, jantung berdebar-debar, rasanya lemes merasa tidak berdaya. 

 

Tapi kalau panik attack biasanya disertai sesak di dada, ketakutan kalau kena serangan jantung dan terjadi kurang dari 10 menit atau bisa juga lebih itungan jam. 

 

Cara yang sederhana untuk mengatasi serangan panik yang tiba-tiba datang ini :

 

Coba rileks , pejamkan mata,  tarik napas dalam-dalam melalui hidung, dan hembuskan melalui mulut. Ulangi beberapa kali hingga merasa lebih tenang. 

 

Kalo berobat ke dokter untuk menangani gangguan panik ini  biasane dokter akan memberikan obat-obatan pereda cemas dan psikoterapi, seperti terapi perilaku kognitif. 

 

Kalau GAD biasanya terjadi lebih lama bisa berbulan bulan sensasi cemasnya dan disertai dengan :

  • Rasa pengen BAK terus  
  • Tidak nafsu makan 
  • Otot tegang 
  • Pusing dan sakit kepala 
  • Mudah marah 
  • Susah tidur 
  • Tidak bisa fokus pada suatu hal, 
  • Sulit berkonsentrasi, dan tidak bisa merasa santai ini sering aku jumpai saat aku melayani curhat privasi GERD. 

Jadi orang tsb tanya dan sudah dikasi solusi tapi beberapa menit kemudian dia menanyakan hal yang sama dan baru sadar ketika aku kasih screenshot chatnya. 

 

Aku bilang,  ini lho tado kamu sudah tanya dan sudah kujawab ya. Tanyanya itu bisa 2-3x dengan pertanyaan yang sama.

 

Pernah ada orang yang mengalami banyak sensasi tidak nyaman di berbagai bagian tubuhnya lalu periksa ke dokter dan dokter mengatakan dia kena asam lambung, dan sudah diberi obat. Tapi pasien ini merasa belum ada perubahan signifikan, lalu dia cari second opinion ke dokter lain, 

 

Dan dokter kedua juga memberikan diagnosis yang sama tapi orang ini makin penasaran dan rasanya kayak ada sesuatu yang lain yang perlu diperiksa lebih lanjut karena sensasinya nano nano, macam macam. 

 

Karena merasa putus asa belum sembuh juga, dia googling mencari tahu tentang gejala yang dialami, minum ramuan herbal karena takut ketergantungan obat kimia takut kena ginjal. 

 

Lalu masuk grup di grup penderita GERD anxiety eh malah parno karena isinya banyak keluhan keluhan dan saran yang bermacam-macam akhirnya bingung sendiri jadinya. Ini curhatan dari klienku yang sakit.

 

Sampai mikir jangan-jangan sakit ga sembuh karena diguna guna makhluk astral. Akhirnya ke dukun. Masih ga sembuh juga akhirnya bingung balik lagi ke dokter, minta check up smuanya karena masih merasa kurang yakin, lalu kepikiran operasi pengencangan otot LES. Pokoke dia selalu merasa bahwa dia kena sakit parah padahal penyakitnya asam lambung aja yang memang kadang bs muncul berbagai sensasi. 

 

Itulah yang namanya hipokondria. 

 

Banyak googling dan mencocokan gejala dengan artikel yang dibaca dan setelah tahu jadi ketakutan sendiri karena kurang pemahaman yang benar.

 

Gangguan kecemasan umum/GAD inilah yang sering aku jumpai pada orang-orang yang sakit GERD. 

 

Pengobatan untuk gangguan kecemasan umum bisa ditempuh dengan dua cara, bisa melalui psikoterapi dan pemberian obat-obatan psikotropika atau obat penenang. 

 

Tapi ingat kalau anda ke psikiater dan diberi obat jangan hentikan sendiri obatnya tanpa konsultasi. Yang nurunin dosis itu psikiater. Berobatnya harus sampai tuntas. 

 

Gangguan kecemasan yang ketiga adalah phobia social Fobia social 

• Males ketemu orang. 

• Minderan. 

• Kalau diajak ngomong orang lain ga berani menatap mata lawan bicaranya 

• Takut dikritik atau dihakimi orang lain. 

• Takut keramaian 

• Pengobatan gangguan kecemasan sosial bisa berupa konsumsi obat pereda cemas dan antidepresan, serta terapi perilaku kognitif sebagai bagian dari psikoterapi. 

 

Nah kalau kecemasan berlebihan ini tidak diatasi maka seseorang bisa makin stress 

 

Dampak stress itu bisa melemahkan imunitas/ daya tahan tubuh, meningkatkan gula darah jadi diabetes, tensi naik jadi hipertensi. Tulang keropos/ osteoporosis, memicu kegemukan dan kanker waduh mbak malah parno aku dikasih tahu. 

 

Ojo parno, makanya kadang ada dokter yang kalau pasiennya banyak nanya tentang sakitnya itu dokternya jawab kamu mau tau penyakitnya apa mau sembuh? Maksude ben ga kakean pikiran jadi parno itu. Saiki dikasih tau dadi parno lak repot eh yo.

 

Nah terus gimana biar ga stress? 

 

Beribadah dengan sungguh-sungguh sesuai agama dan kepercayaan Anda masing-masing, banyak mendekatkan diri kepada Tuhan berserah berdoa mengandalkan Tuhan bukan pake kekuatan sendiri untuk menghadapi masalah. 

Kekuatiran itu tidak akan menambahkan sehasta apapun pada jalan hidup kita. Semangat yang patah mengeringkan tulang.

 

Jangan telat makan.

 

Olahraga, karena olahraga bisa memastikan kalsium yang anda dapat dari makanan masuk ke tubuh agar tulang anda tidak keropos/osteoporosis 

 

Alihkan ke hobi anda apa yang anda suka lakukan yang positif tentunya itu bisa membantu meminimalisir stress misalnya Nonton film/ stand up comedy/ nyanyi karaokean online di HP/

 

Apa aja yang bikin kalian bisa melupakan masalah sejenak. Tapi yang positif jangan malah lari ke narkoba atau merokok tambahe kenceng, sampek entek pirang pirang plat rokoke dientekno kabeh, ojo yo boten pareng njih.??

 

Solusi selanjutnya curhat dengan orang yang anda percayai. Bisa ke psikolog atau ke psikiater untuk mendapat pengobatan yang lebih tepat.
 

Kalau di aku, aku cuma memberikan saran sederhana dan motivasi seputar GERD / beli suplemen saja dan kalau mau bisa chat WA admin 081915197153

 

Pokoke Kuncine kalau Anda ingin hidup lebih sehat dan bahagia JAGA POLA MAKAN, OLAHRAGA TERATUR, ISTIRAHAT YANG CUKUP dan JANGAN STRES 

Ok guys, be happy and healthy 

salam sehat luar biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...