Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • JUAL SUPERGREENFOOD

Berbagi Cerita Tentang FNH dari Teman Dumay

Moocen Susan | Senin, Maret 25, 2024 |

Aku membaca salah satu postingan di IG tentang Focal Nodular Hiperplasia / Hiperplasia Nodular Fokal yang dialami oleh seseorang dari Afrika Selatan bahwa dia mengetahui bahwa dirinya terkena FNH melalui pemeriksaan CT Scan. 

Menurut dokter yang memeriksanya penyakit ini tidak akan menjadi ganas, katanya bahwa penyakit ini disebabkan oleh pil kontrasepsi yang diminumnya untuk PCOS. Jadi dia harus menghentikan semua asupan hormon dan tidak boleh mengonsumsi apa pun yang mengandung hormon lagi. 

Apabila penderita tidak pernah minum pil kontrasepsi maka mungkin itu berasal dari hormon tambahan dalam tubuhnya, karena makanan yang kita makan saat ini dipenuhi dengan hormon tersebut sehingga makanan organik/bebas lebih baik bagi penderita FNH.

Setiap 6 bulan sekali dia harus USG, diselingi dengan CT scan. Selama ini dia sudah menjalani 16x USG, 3 CT scan, 1 MRI dan 18 cek darah. Tadinya FNHnya berukuran 9 cm kemudian mengecil jadi 6 cm dan kini jadi 3 cm.

FNH kadang tidak disertai keluhan, tapi  kadang penderita FNH ada yang mengalami  nyeri perut kanan atas terutama setelah makan, apalagi makanan yang dimakan adalah makanan berlemak tinggi, tepung dan gula.

Ketika aku coba tanya apa tipsnya agar FNHnya mengecil, dia mengatakan bahwa hanya dengan menjalani gaya hidup sehat dan pastikan untuk mengonsumsi sebagian besar makanan organik yang tidak mengandung hormon karena hormonlah yang membuat FNH membesar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...