Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • ORDER DESIGN
  • ABOUT ME
  • JUAL KEFIR
JASA DESIGN BLOG KHUSUS BLOGSPOT & JUAL PRODUK KEFIR

Masalah Listrik Jeglek di Rumahku

Agustinadian Susanti | Senin, Juli 13, 2015 |
     Di rumah aku pakai meteran pulsa prabayar. Jadi ceritanya, sekitar 2 hari yang lalu, pagi hari ketika aku lagi di toilet dan nyalakan sanyo tiba-tiba listrikku jeglek. Masih jam 5 pagi sudah mati lampu, kulihat lampu tetanggaku nyala, waduh cuma listrik di rumahku yang jeglek. Akhirnya aku keluar dari kamar mandi dan coba nyalakan mcbnya. Tapi selalu ke posisi off. Akhirnya aku coba cabut semua stop kontak dan matikan beberapa lampu dan bisa nyala lagi. Mungkin kelebihan daya tapi anehnya kok baru kali ini gitu lo biasanya gapapa. 

     Udah gitu selesai urusan toilet. Aku mulai masak nasi pakai magic com. Baru nyalain magic com eh 5 menit kemudian listriknya jeglek lagi. Aduh cobaan pagi hari, dasarnya aku ni kena anxiety disorder juga dan lagi menerapkan cara mengobati anxietynya erikwibowo wah sudah harus praktek untuk tetap tenang hadapi masalah. Pikirku wah ini mulai ga beres. 

   Aku mencoba hubungi PLN sekitar jam 6.30 WIB. Yang angkat operator. Aku sampaikan permasalahanku dan beberapa saat kemudian petugas PLN datang bawa mobil. Karena aku sudah agak kenal dengan petugas yang satu ini dia malah ngajak guyonan aja-Ga ngapa ngapain, yang temennya satunya nutul-nutul mcb aja. Lalu dia bilang tambah daya aja jadi 1300 listrikmu ga kuat. Kok aneh kemarin kemarin padahal gapapa loh. Aku tu udah nambah daya dulu dari 450 jadi 900 masa ini suruh nambah daya lagi? 

   Kemudian petugas yang kenal aku ini mulai kasih solusi cara dia. Atau gini aja tak gantikan mcbnya tapi bayar 300rb. Tapi ga usah lapor kantor kalau aku yang ganti. 

    Lah kenapa ga boleh lapor kantor? Aneh. 

   Terus dia bilang, ya terserah kamu mau lapor kantor nanti kantor pasti nyuruh kamu tambah daya, dan harganya jauh lebih mahal gitu katanya. Gimana mau ga? Kalau mau besok waktu aku piket aku kesini ganti mcbnya. 

   Aku sempat bingung, akhirnya aku nulis status di fb tanya ke temen-teman yang mungkin pernah alami hal serupa. Terima kasih buat teman-teman yang sudah kasih solusi ke aku kemarin ya. Dari saran teman-teman aku mulai browsing ke google tentang mcb ini. Perlu ga ganti mcb karena sering jeglek? Benarkah masalahnya di mcbku? Masalahnya setiap ada pemadaman listrik lalu nyala, pasti listrikku jeglek dulu baru nyala lagi. Spontan aku mikir oh mungkin juga mcbku lemah karena sering jeglek. Hm ok kayaknya aku yakin mau ganti mcb ni. 

   Tapi waktu browsing di google aku makin dibuat galau lagi. Karena disitu dikatakan kalau ganti mcb illegal pasti kena denda kalau ketauan. Aduh makin takut illegal? Kan yang masang petugas PLNnya sendiri? La kalau dia kemarin bilang jangan lapor kantor jangan jangan itu illegal? Aduh takut ah. 

   Dan dari saran teman ada juga yang ganti mcb tapi gratis ga bayar seperti kata petugas kemarin. Haduh kalau emang gratis kenapa harus bayar? Aku makin bingung, sampe sampe psikosomatisku kumat. Tapi aku harus tenang. Sendirian boo.. dapat masalah kayak gini akhirnya aku doa sama Tuhan mohon petunjuk. 

   Aku ga puas dengan petugas ini lalu aku coba telepon PLN lagi untuk kedua kalinya. Yang angkat bagian pelanggan. Aku mengemukakan masalahku lagi dan tanya kalau ganti mcb dari PLN itu gratis apa bayar si sebenernya? Petugasnya makin buat aku bingung. La tadi sama siapa mbak lapornya kalau mbak laporan ya ga bayar kalau mbak langsung lewat petugasnya ya bayar. 

   Hm, mmmbak tadi saya sudah lapor via telepon jam 6.30 terus petugas PLN datang. Bukan langsung ke petugasnya saya lapornya. Tapi dari kantor dulu. Mungkin karena yang jawab operator jadi beda orang dikira ga lapor? Aduh gimana sih apa yang namanya laporan itu musti datang dulu ke kantornya baru dikatakan laporan. 

   Aku tunggu petugasnya belum datang juga. Padahal itu hari Sabtu tak pikir cuma setengah hari jadi jam 12.30 aku coba datang. Anxietyku kambuh lagi sambil sempoyongan aku minta tolong tetanggaku buat nganter ke PLN. Sampai disana petugasnya tidur-tiduran, mungkin efek puasa. 

   Mbak saya tadi yang telepon. Saya mau buat laporan tertulis disini. 

  Oh, Ga usah mbak tadi kan sudah telepon. Yah gimana sih tadi katanya suruh datang buat laporan. Oh ya wes, Akhirnya si mbaknya nyatet di form pengaduan warna ijo kayak formalitas gitu. Udah ditunggu aja mbak pulang kerumah dulu nanti petugasnya datang. Tapi bukan petugas yang tadi kan mbak? Bukan, lain orang. Nanti gini daya listriknya mbak diukur dulu kalau memang kelebihan muatan harus tambah daya, tapi kalau mcbnya yang rusak kami akan ganti gratis. 

   Hm lega akhirnya aku pulang ke rumah. Beberapa jam kemudian, petugasnya datang, kali ini lain orang. Dia ngukur pake amperemeter waktu sanyoku nyala dan memang arusnya naik turun. Dia menyarankan yang sama. Tambah daya mbak, listrik mbak ga kuat ini. Tapi biasanya kuat kok mas. Heran aku. 

   Mulai deh petugas yang satunya kasih solusi serupa dengan petugas pertama, atau gini aja mbak, saya ganti mcbnya tapi bayar 350rb ke saya tapi jangan lapor kantor karena nanti saya yang kena masalah. Waduh petugasnya kok sama aja malah lebih parah selisih 50rb. Aku makin ga yakin lah katanya mcbnya gratis kok ini suruh bayar? Ya gratis kalau mcb mbak rusak. Kita ganti gratis la mcb mbak ini ga rusak. Lah kok mcbnya mau diganti kalau ga rusak. Kan mbak pengennya bisa ga jeglek lagi. Saya punya mcb untuk daya 1300 meski daya mbak 900 lebih irit gitu mbak daripada mbak nambah daya nanti lebih mahal. 

   Irit si irit tapi kalau illegal saya yang kena denda. Pusing aku harus gimana. Aku browsing lagi cari tahu mcb yang lemah dan mcb yang masih bagus. Dan ternyata memang mcbku masih bagus. Saran teman membuatku nekat batalin janji bayar 300rb sama oknum sebelumnya. Konsekuensi dari pembatalan itu pasti si oknum marah donk ke saya. Tapi cuek aja marahnya lewat telepon. Ok, apa yang kulakukan lagi? 

   Akhirnya aku minta tolong kenalanku yang di BTL (biro teknik listrik) dan benar keesokan harinya petugas BTL datang. Hm, beda banget pelayanannya sama yang sebelumnya. Ini lebih teliti meriksanya. Semua diperiksa dari sanyo ada konslet ga, terus jalur listriknya diperiksa satu-satu dan nemu sekringku kendor lalu dikencengin. Udah gitu aja. Sekring kendor dikencengin beres. Bukan masalah mcb, ga harus ganti mcb sampe merogoh kocek 300rb/ 350rb untuk oknum itu. lalu petugas BTLnya bilang kalau besok masih jeglek, sms saya aja saya akan kesini lagi. Dan puji Tuhan hari ini ga jeglek seperti kemarin. Jadi masalahnya sepele Cuma di sekering yang kendor. 

    Jadi ini pengalaman banget buat temen-temen yang mungkin alami hal serupa. Cek dan ricek dulu segala sesuatunya biar kita ga rugi. MCB masih bagus kok ngapain juga diganti? Kan mcb nya standar dari PLN. Hm akhirnya berhasil melalui anxiety lewat masalah listrik yang sempet bikin puyeng.

28 komentar:

  1. saya juga minggu ini 2 kali mati lampu nih mba, tapi ga lapor sih soalnya ga lama cuman ga biasanya gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh mungkin dari pusat padamnya ya mak

      Hapus
  2. Kalau untuk rumah tangga dgn pemakaian ga terlalu banyak seperti rumahku, daya 900 udah sangat mencukupi, tv, kulkas, magic com, mesin cuci, setrika, kipas angin, lampu, ga pernah jegleg, eh pernah ding kalau pas ada yang konslet. Untung mbak susan waspada ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya? 900 bisa buat mesin cuci , kulkas juga? wah ga gantian tu mak?

      Hapus
  3. waah kita sebagai konsumen listrik harus jeli dan teliti ya, jgn langsung percaya gitu aja walaupun sama petugas

    BalasHapus
  4. klo masalah listrik di rumah kontrakanku sebelumya juga gt sering jeglek dan bayar listriknya tetep muahal abis... padahal daya udh 1300 tp gpp sekarang udah pindah jd ga mikirin lagi :) ternyata harus di telitiin dl ya... makasih udh share pengalamannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang berapa dayanya di rumah baru?

      Hapus
  5. kalo masalah ginian saya serahin sama mamah, hehe

    BalasHapus
  6. pada akhirnya, memang hanya teman/kenalan yg bisa dipercaya yah...

    BalasHapus
  7. Mbak says boleh mints nomer temen MBA yg visa teknik listrik itu gak. Punya says ada masalh g kunjung kelar ni. Jeplak terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saya udah diluar kota mas. coba cari BTL di kota mas saja

      Hapus
  8. Mbak says boleh mints nomer temen MBA yg visa teknik listrik itu gak. Punya says ada masalh g kunjung kelar ni. Jeplak terus

    BalasHapus
  9. Mbak boleh minta nmr telp temennya? Listrik saya juga jeglek terus..makasih ya

    BalasHapus
  10. meteran sya 450.setelah mnghidupkan sanyo yg 200 san,,, mcbnya lngsung jeglek.padahl sanyo saya cm 175 wwatt.. mohn bntuannya gann trims seblumnya

    BalasHapus
  11. meteran sya 450.setelah mnghidupkan sanyo yg 200 san,,, mcbnya lngsung jeglek.padahl sanyo saya cm 175 wwatt.. mohn bntuannya gann trims seblumnya

    BalasHapus
  12. ni no hpq.. 081953311155 xl, 082336011154 as.mohn bntuannya.nanti saya gnti plsanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf silakan hubungi PLN dan minta naikkan daya listrk anda mungkin saat itu ada elektronik lain yang ikt menyala sehingga jegllek

      Hapus
  13. RAHMAD
    Artikelnya sangat membantu, dan tampilan Blog juga fresh.
    Semoga tetap share ilmunya, ya

    Salam

    BalasHapus
  14. Ngitungnya gimana sih? Masih belum paham aku, kalo saya punya listrik 900 watt, jadi nanti total semua barang yang nyala gak boleh lebih dari 900 watt gitu ya? Atau 900 watt itu batasan daya pln satu elektronik ? Soalnya gak tau sama sekali tentang kelistrikan
    Minta Tolong kasih tahu via email yang tau, soalnya saya butuh banget mau pasang komputer buat kerja tapi takut jeglek, soalnya listrik dirumah juga sering jeglek, pengen tahu penyebabnya email: galuhandriyanto@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di tiap elektronik ada tulisan brp watt/volt ya.tp drpd sulit hitung mending pk yg daya 1300 aja. Udah pasti ga jeglek

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Categories

Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...