Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • JUAL SUPERGREENFOOD

Salah Diagnosa, Kaki Kanan Sering Panas dan Pegal

Moocen Susan | Kamis, Agustus 11, 2022 |

Masih seputar perkakian, Setelah aku cek lab yang meliputi HbA1C, asam urat, kolesterol, trigliserid, HDL, LDL. ECG nampak bahwa semua normal kecuali kolesterolku yang tinggi.

Dan karena ada keluhan rasa tidak nyaman (panas, pegal, kadang nyeri ) di area paha, betis, kaki kanan kadang punggung kanan belakang bawah diatas pinggang, akhirnya aku periksa ke faskes 1 dan dokter mendiagnosa Fibromyalgia. 

 

Lalu aku dirujuk ke Spesialis Penyakit Dalam di RS. Sampai di sana, dokter mendiagnosa aku kena neuropati dan aku disarankan untuk rontgen lumbosacral (salah satu pemeriksaan rontgen pada tulang belakang tepatnya pada bagian lumbalis dan sakrum) karena dikiranya ada saraf kejepit. Tapi ternyata hasil rontgenku normal.


 

tapi karena keluhan masih ada, lalu dokter merujuk ke poli saraf. Sampai di poli saraf aku merasa konsultasinya kurang maksimal, karena dokternya mengantuk. Jadi dokter koasnya yang memeriksaku, setelah kutanya aku kenapa? Dokter bilang belum pasti kenapanya. diagnosa sementara adalah Low Back Pain (LBP). Karena aku juga coba cari-cari artikel dan mendengarkan penjelasan dokter lain di Youtube, tentang gejala yang kualami ini kok mengarahnya ke DVT (deep vein thrombosis) lalu aku coba bertanya, apa mungkin aku kena DVT? Tapi dokter bilang bukan. Lalu apa karena kolesterol? Dokter bilang ah kolesterolnya ga tinggi-tinggi amat kok. Dan saran dokter aku dirujuk lagi untuk Fisioterapi minggu depan.

Jujur aku ga puas dengan hasil diagnosa dokter spesialis tsb. Sempat pengen cari second opinion, seharusnya kalau kena DVT kan dirujuknya ke spesialis bedah bukan ke saraf.

Yang aku ingat aku dulu sering banget jongkok kelamaan, jadi sambil BAB nyuci baju. karena dulu waktu masih di kontrakan, toiletku itu toilet jongkok. Aku juga jarang olga. Makan sering yang goreng-goreng, aku udah lama stop makan telur, tapi begitu makan telur wew nyeri pegel di area kaki kanan berasa banget. udah ga cuma malam tapi setiap habis makan rasanya kaki itu panas. Tapi cuma kaki kanan aja. 

Abis rontgen kemarin, disuruh menghadap ke kiri padahal yang sakit kaki kanan, walau dokter bilang sama aja, aku masih kepengen rontgen ulang hadap kanan. nah pas hadap kiri sambil tangan diangkat ke atas dan kedua kaki nekuk ke belakang, pegel yang di kaki kanan itu pindah ke punggung, rasane pengen dipijet dengan keras.


Lalu, kalau aku tidur terlentang tanpa bantal, beberapa menit kemudian sesak napas. Kalau udah gitu aku langsung bangun dan tarik napas.

Pokoke nek tak inget-inget, setiap aku makan telur, krupuk, atau makanan yang berlemak, terlalu manis/asin ya kumat lagi. Tapi begitu aku makan yang kecut-kecut atau pedas, pegelnya hilang. 

Sementara ini yang bisa kulakukan adalah jaga makan, kurangi atau hindari gorengan dan perbanyak minum air putih serta olahraga jalan kaki. 


Apa ada diantara kalian yang pernah sakit DVT?

komen di bawah ya....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...