Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • ORDER DESIGN
  • ABOUT ME
  • JUAL KEFIR
JASA DESIGN BLOG KHUSUS BLOGSPOT & JUAL PRODUK KEFIR

Stripes For Love dari RMHC Peduli Kesehatan Anak-anak

Moocen Susan | Sabtu, Oktober 11, 2014 |
   Alangkah senangnya jika melihat anak-anak kita bisa tumbuh dengan sehat, aktif, dan kreatif, ya? Dunia anak-anak memang sangat menyenangkan apabila mereka dalam keadaan sehat dan hidupnya penuh keceriaan karena bisa bermain dengan teman-temannya. Namun, bagaimana jika tiba-tiba anak yang tadinya aktif menjadi pendiam dan lesu karena sakit? 

    Saya pernah bertanya pada murid-murid les saya, “Apa yang kalian rasakan/ lakukan jika sedang sakit?” 

    Diantara mereka ada yang menjawab, “Nggak bisa bermain kak, jenuh, nggak bisa sekolah, nggak bisa bobo nyenyak, nangis terus, kurang nafsu makan, takut disuntik dan malas minum obat.” 

    Oh, kasihan sekali. Kita sebagai orangtua tentu ikut bingung menghadapi hal ini, bahkan kadangkala karena nggak tega melihat anak-anak sakit, sempat terbesit dalam pikiran kita, lebih baik kita yang sakit daripada anak-anak kita, bukan? 

    Ketika sakit, segala aktivitas akan terhambat. Apalagi jika harus dirawat di rumah sakit dalam kurun waktu yang lama karena penyakit kritis, tentu akan membuat anak-anak terisolasi dan menjadi jenuh. 

edit foto oleh penulis

    Tetapi coba lihatlah sepintas foto anak-anak diatas, mereka seakan tampak ceria, namun siapa sangka jika ternyata mereka sedang menjalani pengobatan karena sakit. Apa yang membuat mereka tampak ceria meski sedang sakit? 

   Ya, ini semua berkat kehadiran Ronald Mc Donald House Charities (RMHC) yang memberikan Love (cinta), Joy (kebahagiaan), Hope (harapan) dan Smile (senyuman) kepada para pasien anak. 

Apakah RMHC itu? 
    RMHC merupakan sebuah organisasi non-profit yang mempunyai misi untuk menciptakan, menemukan dan mendukung program-program yang secara langsung meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan anak di seluruh dunia termasuk Indonesia tentunya. Untuk melihat berita dan kegiatan RMHC Anda bisa mengunjungi web RMHC :


   Di Indonesia sendiri, organisasi nirlaba ini didirikan pada 14 Februari 2011 yang mana bertepatan dengan perayaan 20 tahun McDonald's Indonesia dan merupakan bagian dari inisiatif global Ronald McDonald House Charities. 


   RMHC percaya bahwa dengan senyum dan keceriaan bisa mengurangi ketegangan dan menambah semangat untuk pasien anak-anak dan orang tuanya menghadapi pengobatan. 

RMHC mempunyai 3 program inti, yaitu: 

♥ Ronald Mc Donald Care Mobile 
    Merupakan sebuah klinik berjalan yang rutin melakukan pemberian imunisasi wajib serta pelayanan konsultasi dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi anak-anak yang membutuhkan, penyuluhan kesehatan dasar melalui cerita anak serta pemantauan dan konsultasi gizi. 
editing oleh penulis

   Dengan pemberian imunisasi sejak dini maka diperkirakan 2-3 juta jiwa kematian bayi akibat penyakit difteri, campak, pertusis, pneumonia, polio, rotavirus diare, rubella dan tetanus, dapat dicegah lho! 

    Sayangnya, masih banyak orang tua yang kerap mengabaikan arti penting imunisasi pada anak-anaknya. Yang menjadi kendalanya yaitu terbatasnya akses fasilitas kesehatan dan rendahnya tingkat pendidikan masyarakat. 

   Padahal masih ada 22 juta bayi di seluruh dunia yang belum mendapatkan kesempatan untuk diimunisasi dimana 9,5 juta diantaranya terdapat di region Asia Tenggara termasuk di Indonesia 

   Sehubungan dengan hal itu, Yayasan RMHC Indonesia bekerjasama dengan Kemenkes Indonesia meluncurkan program Ronald McDonald Care Mobile untuk menjangkau keluarga-keluarga yang berada di lokasi-lokasi yang sulit dijangkau oleh tenaga kesehatan. 

   Tim RMHC Indonesia bersama Dinas Kesehatan di wilayah setempat memberikan pelayanan imunisasi dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi anak-anak dan balita. 

    Berdasarkan Program Pengembangan Imunisasi (PPI) anak-anak wajib mendapatkan 5 jenis imunisasi untuk menjaga kesehatannya, yaitu: 

1) BCG 
    Vaksin ini diberikan pada bayi sejak lahir, untuk mencegah penyakit TBC. Jika bayi sudah berumur lebih dari 3 bulan, harus dilakukan uji tuberkulin terlebih dulu. 

2) Hepatitis B 
     Diberikan tiga kali, yaitu dalam waktu 12 jam setelah lahir, saat bayi berumur 1 bulan, dan 3-6 bulan. 

3) Polio 
     Meskipun Indonesia sudah mendapatkan penghargaan dari WHO untuk eradikasi bebas polio pemberian vaksin polio tetap dilakukan untuk mencegah agar penyakit polio tidak terjadi lagi di Indonesia. 

   Polio-0 diberikan saat kunjungan pertama setelah lahir. Selanjutnya vaksin ini diberikan 3 kali, saat bayi berumur 2, 4, dan 6 bulan. Pemberian vaksin ini diulang kembali pada usia 18 bulan dan 5 tahun. 

4) DTP 
     Diberikan untuk mencegah 3 macam penyakit sekaligus, yaitu Difteri, Tetanus, dan Pertusis. Vaksin ini diberikan pertama kali saat bayi berumur lebih dari 6 minggu, 4 bulan dan 6 bulan. Ulangan DTP diberikan umur 18 bulan dan 5 tahun. Pada anak umur 12 tahun, imunisasi ini diberikan lagi dalam program BIAS SD kelas VI. 

5) Campak 
    Pertama kali diberikan saat anak umur 9 bulan. Selanjutnya diberikan pada program BIAS SD kelas 1, umur 6 tahun. 

   “Puskesmas Kelurahan Kalibaru sangat terbantu dengan mobil klinik RMHC. Masyarakat terpacu membawa bayi/balita mereka untuk berpartisipasi. Terlihat dari meningkatnya jumlah bayi/balita yang diimunisasi. Ini akan terus berlanjut karena masyarakat sudah paham pentingnya imunisasi. Saya berharap RMHC tetap memberi dukungan kesehatan khususnya di wilayah Kelurahan Kalibaru. Saya senang menjadi bagian dalam kegiatan pelayanan imunisasi & pemeriksaan kehamilan." Ujar salah seorang Bidan Puskesmas Kalibaru , Jakarta Utara 

    Hingga kini RMHC sudah memiliki 2 unit Ronald McDonald Care Mobile. Unit pertama bersama tim kesehatan RMHC telah memberikan imunisasi kepada 35.000 bayi dan anak serta memeriksa kesehatan dan mengobati 7.000 anak. 

    Sedangkan unit kedua Ronald McDonald Care Mobile, Tim RMHC melaksanakan program "RMHC Peduli Jawa" dengan mengimunisasi dan memeriksa kesehatan kepada 4329 anak Indonesia di 8 kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur meliputi : Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Gresik, Sidoarjo, dan Bali. Kegiatan ini diselenggarakan dari tanggal 13 Agustus hingga 2 September 2014. 

♥ Ronald Mc Donald Family Room  
   Merupakan ruang khusus bagi keluarga dari pasien anak rawat inap yang menjadi bagian dari sebuah Rumah Sakit. Di salah satu pojok ruangannya tersedia tempat bermain anak dilengkapi dengan buku-buku, alat permainan dan personal computer. 
editing oleh penulis

    Ruangan ini dapat berfungsi sebagai ruang tunggu sementara untuk sedikit menghilangkan kejenuhan bagi para orangtua pasien anak. 

   Sebagai persembahan bagi keluarga Indonesia kehadiran Ronald McDonald's Family Room yang diresmikan pada bulan Oktober di Departemen Radioterapi RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat ini diharapkan dapat membantu proses penyembuhan pasien anak yang menjalani proses perawatan di rumah sakit. 

   Karena kedekatan fisik dan emosional anak dan orang tua memiliki peran penting dalam proses kesembuhan paska terapi selain proses tumbuh kembang anak di masa kini dan nanti pada umumnya. 

   Sejalan dengan visi Ronald McDonald House Charities yang berfokus pada peningkatan kualitas hidup anak Indonesia melalui layanan Family Room, keluarga pasien dapat mendampingi sekaligus berinteraksi antar anggota keluarga dengan menggunakan fasilitas yang disediakan didalamnya.

   Yayasan RMHC percaya bahwa kebersamaan dan kehangatan keluarga dapat membantu meringankan beban psikologis para orang tua serta bagian dari proses penyembuhan bagi sang pasien anak-anak. 

   Dengan adanya Family Room pasien anak dan orangtua merasa betah dan senang karena jadi tidak jenuh dan bisa belajar dan bermain walaupun sedang berobat. Mereka merasa nyaman dan tenang seperti layaknya dirumah sendiri. 

    Fasilitas yang disediakan sangat lengkap, ada makanan dan minumannya juga. Di tempat ini para orangtua saling bertanya dan berbagi tentang keluhan penyakit anaknya. Disamping itu anak-anak juga senang bisa bermain di ruangan ini, terutama bermain komputer yang sudah disediakan. 

   Selama beroperasional 1 tahun Ronald McDonald family Room kini sudah dikunjungi 530 keluarga, dengan rata-rata perbulan 48 keluarga pasien yang mayoritas adalah keluarga pasien anak-anak radioterapi dan keluarga pasien anak rawat inap di bangsal A dan B, C, H di RS Cipto Mangunkusumo.
 
♥ Ronald Mc Donald House 
       Di tahun 2013, RMHC mendapatkan donasi sebuah rumah yang di realisasikan menjadi Ronald McDonald House pertama di Indonesia. Lokasinya di Jl. Kana Lestari Blok J No. 24, Lebak Bulus, Jakarta Selatan dekat dengan RSUP Fatmawati. 
editing oleh penulis

   Rumah singgah ini ini digunakan untuk menginap bagi pasien anak dengan penyakit kritis yang sedang menjalani pengobatan di RSUP Fatmawati serta keluarganya. 

   Dengan adanya rumah singgah ini pasien anak dan keluarga bisa tetap bersama dan merasa nyaman seperti di rumah sendiri. Bangunan berlantai 2 dengan 8 kamar ini lantai pertamanya diperuntukkan bagi pasien anak yang tidak memungkinkan untuk naik ke lantai dua. 

   Ada dapur (basah dan kering) untuk para ortu untuk memasak sendiri makanan favorit mereka, perpustakaan dan ruang merchandise untuk memamerkan hasil kreasi para pasien anak di Ronald McDonald House. 

Apa saja Kegiatan RMHC? 
    RMHC mulai beraktivitas mulai tahun 2011, dimana kegiatannya antara lain memberikan imunisasi, pemantauan gizi dan penambahan nutrisi pada bayi, balita dan anak-anak, serta pemeriksaan mata gratis untuk anak yatim piatu. 
editing foto oleh penulis

   Selama bulan Ramadhan, Ronald McDonald Care Mobile bekerja sama restoran-restoran McDonalds di wilayah Jabodetabek mengadakan pemeriksaan kesehatan bagi anak-anak yang membutuhkan di area sekitar restoran. 

   Para warga dan anak-anak yang diperiksa di 8 restoran sangat antusias terbukti dengan sekitar 2100 anak berhasil diperiksa dan mereka adalah anak-anak dari warga sekitar restoran-restoran : McDonald's Hayam Wuruk, McDonald's Cibinong, McDonald's Pondok Gede, McDonald's Cilegon, McDonald's St Mark Karawaci, McDonald's Daan Mogot, McDonald's Taman Alfa dan McDonald's Cikarang.

   Pada Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang jatuh pada bulan Oktober-November RMHC memberikan pelayanan imunisasi untuk Anak SD kelas 1-3 sebagai antisipasi apabila masih ada anak-anak Indonesia yang terlewat program imunisasi dasarnya ketika mereka masih dibawah usia 9 bulan. 

   RMHC juga ikut andil dengan mengadakan kegiatan RMHC Peduli Banjir yaitu memberikan pemeriksaan kesehatan serta pengobatan cuma-cuma bagi korban banjir di 10 lokasi. Sekitar 4292 balita dan khusus kali ini di tambah dengan 829 pasien dewasa pada bulan Januari 2013.

    Sedangkan di tahun 2014, RMHC melaksanakan program “RMHC Peduli Jawa" Dengan memberikan imunisasi kepada 2.771 bayi dan anak di 8 kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur dan mengadakan kampanye Stripes For Love. 

Kampanye Stripes For Love 
    Sejak tanggal 12 September 2014, McDonald's Indonesia bersama Yayasan Ronald McDonald House Charities (YRMHC) secara resmi telah meluncurkan kampanye "Stripes For Love".  


          
   Kampanye yang juga untuk memperingati 40 tahun berdirinya RMHC yang jatuh pada tanggal 15 Oktober 2014 mendatang ini merupakan sebuah kampanye sosial global yang diadakan oleh RMHC dan didukung oleh McDonald's di seluruh dunia yang bertujuan untuk membantu meringankan beban anak-anak yang tengah menderita sakit yang selama ini menjadi perhatian YRMHC.

   Di Indonesia, kampanye "Stripes for Love" didasari oleh filosofi bahwa anak-anak yang sedang sakit sering kali kehilangan masa kecilnya karena berada di rumah sakit cukup lama. Meskipun garis kehidupan mereka berlanjut dengan pengobatan, namun ada bagian dari hidup mereka yang perlu dilengkapi. 

   “Karena itu, YRMHC berupaya untuk melengkapi bagian itu dengan cinta. Karena pada saat kita memberi Cinta (Love), Kebahagiaan (Joy) akan hadir dalam hidup mereka. Harapan (Hope) akan tumbuh dan Senyum (Smile) akan kembali menghiasi wajah mereka,” ujar Caroline Djajadiningrat, Ketua YRMHC. 

   Keempat kata ini (Love, Joy, Hope dan Smile) kemudian melengkapi garis merah yang mendasari keseluruhan kampanye “Stripes of Love”.  Sedangkan pola garis merahnya digambar langsung oleh para pasien anak di Family Room YRMHC sebagai simbol garis kehidupan mereka. 

   “Anak-anak telah lama menjadi fokus perhatian McDonald’s. Berbagai kegiatan yang melibatkan dan ditujukan bagi anak-anak telah banyak kami lakukan demi mewujudkan komitmen McDonald’s bagi kesejahteraan, kebahagiaan dan kesehatan anak-anak. Salah satunya adalah dengan mendukung sepenuhnya YRMHC yang fokusnya adalah kesehatan anak-anak. Kampanye ini adalah satu perwujudan dukungan McDonald’s terhadap YRMHC tersebut,” Caroline Kurniadjaja, Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia menjelaskan. 

Ayo, Tunjukkan dukungan kita!
   Dengan membeli T-Shirt “Stripes for Love” atau "Stripes for Love Bear"

     T-Shirt ini didisain menggunakan pola garis merah “Stripes for Love” dengan 4 alternatif tulisan: Love, Joy, Hope dan Smile, masing-masing dalam 2 warna: merah dan putih. 

     T-Shirt seharga Rp 50.000,- (belum termasuk pajak) ini sudah mulai tersedia pada 12 September 2014 di seluruh restoran McDonald’s. 

   Konsumen yang datang ke restoran McDonald’s mana pun dengan menggunakan T-Shirt ini pada tanggal 15 Oktober 2014 akan mendapatkan Strawberry Sundae gratis dengan pembelian Paket Hemat yang mana saja. 

    Atau kita dapat juga membeli Stripes for Love Bear - sebuah boneka beruang putih yang memakai syal dengan pola garis merah karya para pasien anak di RMHC. 

   Ajak si kecil untuk turut memberikan cinta(love), kebahagiaan (joy), harapan (hope), dan senyum (smile) dengan menghias serta memberikan pesan/kata-kata menghibur pada Love Bear untuk teman-teman yang sedang sakit. 
   Seluruh boneka yang telah dihias akan diberikan kepada anak-anak di Ronald McDonald Family Room dan Ronald McDonald House. 

    Love Bear ini dijual dengan harga Rp. 68.182,- (belum termasuk PPN) dan sudah tersedia di McDonald's Artha Gading, Sarinah dan Kemang – Jakarta untuk periode: 22 September - 10 Oktober 2014.
    Masih banyak lagi bayi dan anak-anak yang bisa dibantu oleh RMHC. Kita dapat ikut peduli dan membantu mereka juga dengan menjadi relawan di RMHC Relawan perorangan dan perusahaan di: 

- Program Ronald McDonald Care Mobile di 6 lokasi di wilayah Jakarta dan 2 lokasi di Jawa Barat ( Sukabumi dan Soreang , Bandung ) Kegiatan ini berlangsung di hari kerja , pk.08.30 - pk.12.00 

atau 

- Program Ronald McDonald Family Room di Departemen Radioterapi , Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo - Jakarta Senin - Jumat , pk 09.30 - pk.16.30 WIB 

Untuk keterangan lebih lanjut, kita bisa mengirimkan email ke : bunga.Sari@id.mcd.com 

   Selain itu, kita juga dapat menjadi donatur dengan cara memberikan donasi tunai ke rekening : 

Yayasan Ronald McDonald House Charities 
Bank BCA No Rek : 03.53163.300 
Bank OCBC No.Rek : 5458.0000.9445 

Atau melalui : 

Box Donasi RMHC di setiap restoran McDonald's Indonesia.

   RMHC juga menerima sumbangan dalam bentuk barang seperti : Buku- buku , perlengkapan kebersihan pribadi , yang nantinya akan disalurkan bagi ibu-ibu dan anak-anak di program Ronald McDonald Care Mobile atau buku - buku bacaan anak-anak , alat permainan, DVD dengan materi edukasi bagi anak dan orang tua yang akan melengkapi Ronald McDonald Family Room . 

   Lebih dari pengobatan untuk sembuh, dan RMHC mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam Stripes for Love ini dengan beberapa cara, seperti memberikan kata-kata motivasi di microsite http://www.stripesforlove.com/ 

    Jangan lupa berikan juga pesan semangat kita buat adik-adik di YRMHC. Caranya gampang banget: 
  • Klik gambar dibawah ini
  • Tulis email, nama, dan pesan Anda → Ketik kode captcha yang sesuai dan klik kirim pesan 
Saya juga sudah memberikan kata-kata motivasi untuk adik-adik yang sedang sakit disini lho :
   
    Apabila kita tertarik menjadi relawan atau memiliki pertanyaan mengenai Ronald McDonalds House Charities, silahkan menghubungi pengurus yayasan RMHC : 
*  Rini Wardani : rini.wardhani@id.mcd.com 
*  Okta Melinda : okta.melinda@id.mcd.com 
*  Bunga Yulita Sari : bunga.sari@id.mcd.com 
Telp : 021 - 458 56199
Fax : 021 - 458 56309 
   Yuk, mari kita bantu dan dukung RMHC demi para pasien anak yang sedang berjuang dengan penyakitnya dengan Love, Joy, Hope dan Smile agar mereka tetap tabah menjalani pengobatan dan cepat sembuh. Karena hati yang gembira adalah obat yang manjur. 
Sumber referensi: 
http://rmhc.or.id 
http://www.stripesforlove.com/ 

24 komentar:

  1. waw! baru tahu tentang program ini, bagus bangetttt!

    good luck yaaa buat ngotesnyaaa :)

    BalasHapus
  2. 5 jenis imunisasi aku baru tau,,,harus menghafal ini,,,

    BalasHapus
  3. salam hangat dari kami ijin menyimak sahabat

    BalasHapus
  4. Wah... ngontes lagi mbak... cemungud kk!

    BalasHapus
  5. keren mba reviewnya, kompliiiitt... good luck yaaa

    BalasHapus
  6. Sangaaat lengkap mak... Wow... Memang kudu ada perusahaan yang care ke adik2 kanker yaa...
    bundasidqi.blogdetik.com

    BalasHapus
  7. lengkap banget mbak...sukses ya, smg menang :)

    BalasHapus
  8. Wah.. memng pantas menang mba. Lengkap dan informatif banget :)
    Selamat yaaa

    BalasHapus
  9. Kereen Mb artikelnya.. detail bangeeet.. layak jadi pemenang.. selamat yaa..

    BalasHapus
  10. Selamat ya mbak, artikelnya kumpilt dan.. menang juara 1 awsome ,, ^_^

    BalasHapus
  11. Memang layak jadi pemenang selamat ya.........

    BalasHapus
  12. Horeee miss Susan menang euy, maaf baru bisa komen disini ya. Ulasan artikelnya emang detaail bingits (y)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...