Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • ORDER DESIGN
  • ABOUT ME
  • JUAL KEFIR
JASA DESIGN BLOG KHUSUS BLOGSPOT & JUAL PRODUK KEFIR

Kesaksian Kamar Untuk Bapakku

Moocen Susan | Kamis, Desember 10, 2015 | |
   Membahagiakan orangtua satu-satunya dimasa tua adalah salah satu keinginanku. Pasalnya aku selalu merasa gagal untuk mewujudkan hal itu dikarenakan kondisi kesehatanku yang lemah. Aku tidak kuliah dan sering dipecat dari pekerjaanku karena sakitku sering kambuh dan sering opname di Rumah Sakit. 

   Aku pernah dipecat dihari pertama aku bekerja. Karena waktu itu harusnya masuk pagi dan sore, siang harinya aku muntah-muntah. Aku terkena GERD (gastroesophageal reflux disease) gangguan pencernaan yang ditandai dengan berbaliknya asam lambung dari perut ke kerongkongan yang mengakibatkan sensasi rasa terbakar di dada, rasa mengganjal di tenggorokan. Tak hanya itu saja aku juga kena psikosomatis dan anxiety disorder semenjak kena sakit ini. Keluar rumah sendiri takut-takut pingsan, tubuh sempoyongan, kepala kliyengan, dll. Jadi zona nyamanku adalah di rumah. 

   Aku harus makan tiap 2 jam sekali, jika tidak maka asam lambungku akan naik. Setiap hari muntah asam lambung dan itu sangat menyiksaku. Aku putus asa karena tak ada lagi perusahaan yang mau memperkerjakanku. Kebetulan aku suka online, hanya itu yang kukerjakan setiap hari. Bikin status ga jelas, cari kenalan cowok biar punya pacar, hingga aku gabung di grup orang-orang yang kena GERD sama sepertiku. 

   Tiap hari buka fb melulu. Dari salah seorang temanku yang sakit, aku mulai kenal seseorang yang membawaku belajar menulis online. Aku gabung di grup kepenulisan dan dari Disitu aku kenal dunia blog. Aku mulai menemukan passionku. Kebetulan aku suka desain hingga akhirnya belajar coding untuk membuat desain template blog, belajar otodidak di google hingga kursus di banyak guru. Dari situlah aku kemudian bisa survive dan bekerja dirumah. 

    Suatu ketika di usianya yang sudah lanjut 79 ayahku sakit paru-paru. Selain sering kena asap rokok dari teman-teman pergaulannya, penyebabnya lainnya ayahku sering kena angin malam ditambah lagi kondisi lingkungan rumahku pengap. Rumahku di Blora sering bocor dan kecil tapi banyak barang yang tidak terpakai yang masih disimpan ayahku sehingga sangat lembab dan pengap.mungkin di sepanjang jalan itu rumahkulah yang paling jelek. 

   Aku punya kerinduan untuk renovasi rumah, terutama kamar untuk ayahku. Tapi melihat kondisi keuanganku yang pas-pasan hal itu jelas tidak mungkin, atau apabila mungkin butuh sekali waktu bertahun-tahun untuk mewujudkannya. Tapi bagaimana cara dapat uang sedangkan penghasilanku hanya cukup untuk makan aku sendiri, sedang bapakku disokong adiku. 

   Aku memang suka ikut kuis-kuis difb ataupun lomba menulis di blog. Menang? Kadang, tapi hadiahnya ga seberapa. Seringnya dapat buku dan pulsa. Dan biasanya kalau ada kuis, temanku sering share di timeline. Aku iseng ikutan aja. Jadi kadang suka jadi kuiz hunter. 

   Kondisi kesehatan ayahku memburuk, rumah sakit di blora sudah tidak mampu menangani lagi. Akhirnya harus dirujuk ke semarang. Tapi puji Tuhan, saat sebelum aku mengantar ayahku berobat, aku ikut lomba blog dan sodara tahu? belum pernah aku menang hadiah uang. Tuhan tahu saya butuh ongkos transport ke Semarang. Dia beriku sangu lewat menang lomba blog. Juara 1 pula. Syukur kepada Allah. Aku merasakan bahwa itu anugrah Tuhan bukan kekuatanku sendiri. Setiap 6 bulan aku harus mengantar ayahku berobat ke Semarang, memeriksa jadwal check upnya jangan sampai obatnya putus dan mengatur permintaan surat rujukan. 

   Untuk perpanjangan obat bisa di Blora. Waktu itu aku hendak mengantar ayahku check up ke Semarang lagi aku sudah prediksikan akan berangkat tanggal tersebut karena pemikiranku dokter pasti kasih obat buat sebulan. Tapi ternyata dokter yang biasa sedang cuti dan diganti dokter praktek. Dia kasih Obatnya Cuma cukup buat 2 minggu. Akhirnya aku harus majuin jadwal check up dengan dokter di Semarang supaya ayahku bisa control dan ga putus obat. 

   Ini bukan kebetulan, tapi ada maksud dan rencana Tuhan kenapa harus dimajuin jadwal check upnya.. karena pada tanggal yang telah kurencanakan Tuhan ingin aku tetap ada di rumah (Blora) karena ada tamu yang akan datang ke rumahku. Tamu ini adalah kru dari sebuah perusahaan dimana aku memenangkan sebuah lomba menulis dan mereka akan melakukan shooting berkaitan dengan apa yang sudah kutulis di lomba tersebut. Jadi waktu itu aku seperti biasa iseng ikutan lomba nulis kali ini di fb. tak banyak yang kutulis hanya 300 kata. Disitu kita disuruh nulis tentang persembahan terindah untuk orang yang terkasih. 

   Aku menulis impianku untuk renovasi kamar agar ayahku yang sedang sakit paru-paru bisa tidur dan istirahat dengan lebih baik biar lekas sembuh. Ya impianku yang sederhana, demi membahagiakan ayahku yang sudah lanjut dengan segala keterbatasanku. Hanya itu yang bisa kulakukan. Barangsiapa yang dapat menyentuh hati panitia dengan tulisannya akan memenangkan hadiahnya. Hadiah utamanya uang sejuta dan mendapat kesempatan ketemu Choky Sitohang di Jakarta. Sedangkan hadiah lainnya uang 500rb. 

   Ya namanya juga iseng, aku ga berharap ke Jakarta karena kondisiku yang lemah ga kuat keluar kota, maksimal semarang. Jadi kupikir andai aku menang paling cuma dapat 500rb. Tapi amazing banget kalau Tuhan rencana Tuhan tu ya melebihi rencana kita manusia. Aku dihubungi via telepon kalau ternyata tulisanku itu berhasil memenangkan hadiah utama tanpa harus ke Jakarta karena panitia mengadakan penambahan jumlah pemenang utama dari 5 orang jadi 8 orang dan aku salah satunya. 
  
    Dan mereka akan datang kerumah untuk shooting. Aku senang sekali dan saat aku membaca ulang ketentuan disana, aku sangat kaget, tak hanya uang yang kudapat, tapi juga bingkisan parcel dan yang bikin aku tambah amazing lagi, ada kalimat : “impiannya akan diwujudkan. WOW!!! Jadi impianku renovasi kamar ayahku akan diwujudkan??? Luar biasa banget itu kan butuh dana jutaan rupiah. Tapi didalam Tuhan semuanya mungkin. Mereka benar-benar mewujukan hal itu. kini kamar ayahku sudah ditembok, dikeramik, dan tidak bocor lagi. 
 
kru sedang memberikan parcel di kamar lama bapakku
   
kamar baru bapakku (1)

kamar baru bapakku (2)


      Aku sangat senang, impian yang kupikir akan butuh bertahun tahun menabung, hanya dalam waktu 5 bulan sejak aku berdoa, Tuhan memberikannya. Aku sangat bersyukur karena Tuhan kasih kesempatan aku untuk membahagiakan ayahku meski hanya dengan sebuah kamar yang bagus. Kini beliau sudah pulang ke rumah Bapa di Surga. Kamar itu kini hanya kutempati sendiri dan aku sering mengenang ayahku dengan melihat video yang sengaja kubuat sebelum ayahku meninggal. Terima kasih Tuhan Yesus.

18 komentar:

  1. Mba...Tuhan Maha Tahu kebutuhan hamba-Nya. Selamat yaa..ikut berbahagia.. Meskipun bapak sudah tiada, tapi saya yakin beliau bangga padamu mba.. Mba Susan anak yang berbakti.. Semoga selalu diberi keluasan rezeki, aamiin.. Sehat terus ya mba.. :)

    BalasHapus
  2. Terharu baca perjuangan mba susan tiada yg tdak mungkkn slama tuhan menghendaki .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe...makasih mba meutia...betul itu

      Hapus
    2. Hehe...makasih mba meutia...betul itu

      Hapus
  3. Hello Mbak Susan,

    Puji Tuhan cita-cita bisa terwujud ya, pasti Bapak sangat senang waktu itu :)
    Tetap semangat berkarya ya Mbak, selalu ada jalan buat yang selalu mau bergerak dan berusaha :)

    BalasHapus
  4. Terharu, kisah ini jadi inspirasi buat saya. Selamat malam Susan akhirnya cita-cita mulianya terwujud. Terus menulis ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi mak Ety... syukurlah bisa jadi inspirasi

      Hapus
  5. mbk susaaann, terharuuuu daku

    BalasHapus
  6. Mba, upayanya untuk membahagiakan orangtua heubat bgt salut

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya mbak Fitri.. apa yang saya lakukan belum seberapa dibanding apa yang sudah dilakukan bapak padaku.

      Hapus
  7. tuhan akan memberikan kemudahan, bagi mereka yang berusaha untuk mewujudkan cita-cita yang mulia. selamat berkarya, mb susanti

    BalasHapus
  8. ikut terharu membaca ini mba... pelukkk

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...