Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • ORDER DESIGN
  • ABOUT ME
  • JUAL KEFIR
JASA DESIGN BLOG KHUSUS BLOGSPOT & JUAL PRODUK KEFIR

Membiasakan Bapak Minum Air Putih

Agustinadian Susanti | Rabu, Desember 17, 2014 |
   Tadinya bapakku itu penggemar berat kopi. Katanya kalau ga minum kopi itu kepalanya pusing. Setelah dilarang dokter minum kopi eh malah ganti teh.  

   Hari ini aku mencoba melatih bapakku minum air putih dan meninggalkan kebiasaannya minum teh setiap pagi. Menasehati bapak tentang pentingnya minum air putih itu sungguh butuh waktu berhari-hari dan berdebat cukup panjang. Tahu sendiri kan kalau orangtua itu susah dinasehati dan maunya bener sendiri? 

    Masalahnya bapakku itu kalau pas nafsu makannya hilang sukanya minum jamu, sedangkan konsumsi air putihnya itu sangat jarang. Bahaya banget kan buat ginjal? 

     Kalau dulu waktu kami belum punya dispenser dan belum ada air isi ulang seperti sekarang biasanya kalau untuk minum kami rebus air sumur. Padahal kalau di Blora yang tanahnya berkapur itu kalau pas ngrebus air jadi keruh ada putih-putihnya (zat kapur) itu juga bahaya banget buat ginjal jadi musti disaring. 

     Untungnya itu tidak berlangsung lama, suatu ketika sumur kami kering. Tapi disaat yang sama mulai ada kios yang jual air isi ulang. Jadinya kami beli air minum isi ulang itu. 

    Karena air di tempatku kotor, jadi kalau mau masak, cuci beras (mususi) pake air gallon. Alhasil air gallon jadi cepet habis. 3 hari sekali beli. Gapapa ya demi kesehatan xixix 

     Kembali pada masalah minum. Bapakku itu suka irit dalam segala hal termasuk minum air putih. Nah ini irit tapi bawa penyakit. Untuk menyiasatinya aku selalu memantau dan mengingatkan bapak kalau harus minum banyak air putih. Sehari kita butuh 8 gelas, jadi itu yang kutakar dan kumasukkan dalam teko tersendiri. Jadi kalau bapak dalam sehari tekonya masih ada airnya berarti hari itu bapak ga menghabiskan 8 gelas jatahnya. Kadang suka kupaksa minum..hihi sadis.. 

    Bagaimana aku tak cemas karena dulu bapak pernah mengeluh susah buang air kecil hingga kena pembengkakan prostat, dan saat di rumah sakit sebelum di USG bapak harus menghabiskan 1 liter air. Wew… cukup blendangen. 

    Syukurlah kini keadaannya sudah mendingan, jadi harus dibiasakan minum banyak air putih. Dan menurut dokter kalau sakit seperti ini tidak boleh minum air putih diatas jam 21.00 WIB. Bolehnya setelah bangun pagi. Alasannya supaya prostatnya tidak makin bengkak.

18 komentar:

  1. Memang ya mba kalo mengajak ortu ke hidup lbh sehat kudu sabar dan pelan2. Semoga bapak selalu sehat ya.

    BalasHapus
  2. Samaa..air di rumahku juga kotor jadi nya boros air galon hiks..

    BalasHapus
  3. minum air yang banyak untuk melancarkan peredaran darah dan membuang kotoran-kotoran yang ada di dalam tubuh. Penikmat kopi harusnya diimbangi dengan minum air putih yang banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good... apakah Anda juga penikmat Kopi??

      Hapus
  4. Karena dengan minumair putih setiap hari dapat membuat tubuh kita tidak kekurangan cairan dan tubuh akan semakin sehat iya mbak :)

    BalasHapus
  5. Minum air putih sangat sehat.. Dulu saya jarang banget minum air putih, teh sama kopi terus2an kadang sama soda.. Sekarang saya rubah total, sehari minimal 2 liter saya minum air putih.. Bangung tidur 2 gelas air putih saya habisin.. Alhamdulillah terasa banget bedanya.. Badan jadi lebih enteng, jarang pusing.. Oh ya, rokok pun sudah bisa saya hindari.. Hidup sehat ternyata lebih enak, jadi lebih mudah bersyukur atas karunia dari Tuhan ini.. (*_*)

    BalasHapus
  6. Huhuhuhu, sama dong kayak bapaknya mbak Susan. Saya susah banget minum air putih. Kecuali kalo airnya dingin. Masalahnya, aku gak punya kulkas maupun dispenser. T.T
    Dan minum air dingin itu bikin perut buncit loh :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah berarti minum air es terus ya mbak? kurang baik lho kalau dingin2 gt hehe.. ayo mbak sayangi ginjalmu minum air yang banyak

      Hapus
  7. aku juga sama, suka males minum air putih, lebih cenderung suka yang ada rasanya.. padahal ngerti pentingnya minum air putih hihi *bandeel

    Gimana yah caranya biar minum air putih jadi enak hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus mulai ditekadi untuk sehat. sayangi ginjalmu mak Ranii. memang sih kalau minum air dingin lebih terasa sensasinya, tp jangan dibiasakan minum air dingin..tar beku lo haha

      Hapus
  8. saya barusan nggandeng Bapak masuk kamar. nuntun ke tempat tidur. mbak, saya lgsung ingat tulisan2 njenengan ttg bapak. jd ingin nulis ttg bapak juga.

    BalasHapus
  9. semoga bapak sehat selalu yaa say

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Categories

Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...