Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • JUAL SUPERGREENFOOD

ALUR MUTASI KENDARAAN (MOTOR) KELUAR KOTA DALAM SATU PROPINSI

Moocen Susan | Kamis, Mei 25, 2023 |

Jadi ceritanya kemarin hari Selasa, 23 Mei 2023, aku diantar suamiku untuk mengurus mutasi motorku dari Blora ke Semarang. FYI, motorku beli di dealer dan atas namaku sendiri. Adapun untuk dokumen yang harus disiapkan untuk cabut berkas mutasi keluar yaitu :

- SIM asli dan fotokopi 1 lembar

- STNK asli dan fotokopi 1 lembar

- BPKB asli dan fotokopi 1 lembar 

- Faktur asli pembelian motor dari dealer


Kami berangkat pagi dari Semarang sekitar jam 05.30 WIB dan sampai di Blora jam 09.00 WIB. Begitu sampai langsung sarapan pagi dan capcus ke Samsat Blora yang ada di Jl. Jendral Sudirman 108 Bangkle Blora. 

Sampai di Samsat, kami menuju ke loket pendaftaran bagian cek fisik dan menyerahkan dokumen-dokumen tadi dan bilang ke petugasnya mau mutasi keluar kota.




 

Lalu petugasnya memeriksa kelengkapan dokumen dan mulai melakukan cek fisik kendaraanku.



kemudian dia memberiku map berisi dokumenku tadi dan memintaku ke ruang BERKAS untuk mengambil salinan berkasku.

Aku bagi tugas sama suamiku. Aku masuk ke ruang berkas sedangkan suamiku menunggui motorku dicek fisik.

Di ruang berkas aku menyerahkan dokumen tadi dan bilang lagi ke petugasnya mau mutasi ke Semarang dan aku diminta menunggu salinan berkas diambil. Sudah 5 tahun salinan berkas ada di sana tapi masih rapi saja kertasnya... hehe..


 

Setelah aku dapat map berisi salinan berkas dan dokumen asli (jadi ada 2 map dijadikan 1) aku kembali lagi ke bagian cek fisik. Setelah diperiksa, aku diminta menuju ke Satlantas yang ada di Jl. Pemuda 22 Mlangsen, Blora membawa map berisi dokumen2 tadi untuk input data.

Sampai di Satlantas, aku menuju ke ruang pelayanan BPKB loket pendaftaran mutasi keluar. Untung hari itu sepi jadi bisa cepat.


 

 

setelah diinput aku disuruh kembali lagi ke Samsat untuk minta PKB dan surat keterangan fiskal antar daerah.

Akhirnya balik lagi ke Samsat dan menuju ke loket 1 (pendaftaran dan penetapan) udah tu nunggu agak lama disitu, ternyata disitu hanya untuk penyerahan aja. Aku dipanggilnya di loket sebelahnya lagi.

Kemudian aku diminta fotokopi sekali lagi yaitu KTP, STNK, 2 SKKP PKB itu difotokopi dalam 1 lembar bayar 500 perak. 


 

Ruang fotokopinya ada di samping loket. Setelah itu balik lagi ke loket tadi dan menunggu lagi untuk dibuatkan surat fiskal. Lalu setelah surat jadi, aku diminta kembali lagi ke Satlantas untuk pembayaran fiskalnya.

Sampai di Satlantas, ke ruang pelayanan BPKB lagi yang ada di lorong kecil sebelah kanan di bagian loket pendaftaran/pengambilan mutasi keluar dan bayar fiskal sebesar 150.000.


2 minggu lagi baru disuruh balik lagi untuk ambil BPKBku. Tapi kalau misalnya tidak bisa ambil, bisa dikirimkan ke Semarang juga, nanti ongkirnya dibayar ke kurir begitu sampai. Ini memudahkan sih, biar ga bolak balik luar kota. Oya petugasnya juga minta nomor WA ku dan aku juga minta nomor WAnya untuk memastikan kapan BPKBku jadi/ dikirim.

Ok, itu tadi cerita pengalamanku mengurus mutasi keluar motorku.  Total biaya cabut berkas mutasi keluar karena motor milik sendiri jadi cuma bayar fiskal dan fotokopi aja  = 150.500 

Semoga bermanfaat, ditunggu video selanjutnya proses mutasi masuk ya... See yaa..


2 komentar:

  1. Agak panjang, ya urusannya kalau berurusan motor memang agak ribet. Tapi, bagaimanapun tetap harus mengurusnya nantinya. Pas banget ini buat yang ke luar kota. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak belum pernah ngurus motor ya?

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...