Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • JUAL SUPERGREENFOOD

Pengalamanku Ribetnya Berhenti Berlangganan Indihome

Moocen Susan | Sabtu, Februari 26, 2022 | 2 Comments so far
tempat balikin perangkat

Sudah setahun aku berlangganan Indihome dan selama aku pakai Indihome memang ada beberapa trouble kecil, misalnya seperti los merah, namun sangat cepat ditangani oleh pihak Indihome. Fine, thank you!

Masalah muncul ketika hendak berhenti berlangganan. Mengingat aku pernah baca beberapa postingan teman di facebook yang ingin berhenti berlangganan Indihome. Namun caranya salah, yaitu hanya dengan mematikan perangkat tanpa lapor, membuatku belajar dari kesalahan tersebut.

Aku pastikan berhenti setelah setahun menggunakan layanan agar tidak kena denda sejeti.

Jadi aku memutuskan untuk pergi ke Plasa Telkom sambil membawa perangkat yaitu remote, STP dan ONT ke sana.

Udah donk, sampai di CS aku mengajukan permohonan untuk berhenti berlangganan dan mengutarakan alasanku berhenti. 

CS membacakan laporanku, aku berikan e-KTP, email, nomor internet, bahkan aku sudah difoto sambil pegang e-KTP-ku dan tanda tangan di tablet CS Plasa Telkom. Aku pikir ya sudah beres. 

Disuruh nunggu 1x24 jam katanya akan dapat email pemberhentian layanan. Dan apabila muncul tagihan di bulan berikutnya, kata CS disuruh mengabaikan saja. 

Ketika aku nanyain tentang refund dana jaminan, CSnya kayak kaget gitu, terus tanya siapa yang memberitahu anda akan ada refund? 

Terus aku jawab, oh marketingnya? Lalu dia ke kasir gitu seperti diskusi. Lalu beberapa saat kemudian dia bilang, sebenarnya refundnya untuk membayar tagihan bulan Februari karena aku sudah berhenti berlangganan. 

Jadi tidak bisa dikembalikan. Atau aku bayar tagihan Februari baru refund dibalikin sebulan kemudian. Begitu kata CS Plasa Telkom. Padahal kata CS di email bilang proses refund 14 hari kerja aja. Setelah aku pikir, ya wes refundnya ga usah dibalikin, buat bayar tagihan. 

Ya wes to, kata CS Plasa Telkom juga bisa kayak gitu dia malah bilang, iya gitu aja biar mbak ga balik-balik sini.

 

Aku tegaskan lagi, apa aku perlu telp 147 buat konfirmasi? Oh ga usah katanya. Cukup ke plasa aja. Ya udah to aku manut. 

Aku kembalikan perangkat ke kasir Indihome dan aku dapat surat. Tapi anehnya disitu tertulis laporan keluhan pelanggan, bukan form berita acara pengembalian perangkat? 

Tapi karena waktu itu kondisi badanku lagi ga fit, jadinya ya aku percaya aja. 

2 hari aku tunggu-tunggu, kok emailnya belum kuterima ya? Panik donk, aku DM IG @IndiHomeCare. 

 

Kagetnya lagi pas admin di IG bilang kalau laporanku 2 hari lalu itu tercatatnya bukan untuk berhenti layanan tapi kalimat admin kayak gini : 

 

Kak Susan, mohon infokan nomor HP alternatif selain nomor 081xxxx. Kento cek di sistem, pada tanggal 23 Februari 2022, Kakak tidak jadi lakukan permintaan cabut layanan. Namun berkenan dibantu proses untuk berlangganan atau migrasi ke IndiHome High Speed Internet (HSI) Home Prepaid. 

 

Berkenan infokan juga data Nomor rekening, Nama Bank, dan Nama pemilik rekening untuk proses refund uang jaminan. Terima kasih. -Kento 

 

Ini kan sangat amat membagongkan sekali???  Kok laporannya bisa beda gitu? Jelas-jelas aku minta cabut/ berhenti langganan kok ini bilang berkenan migrasi?


Antara CS Plasa Telkom dan admin sungguh tidak sinkron/ ga ada koordinasi. Kecewa banget. Aku ga menyerah, aku hubungi email customercare@telkom.co.id untuk konfirmasi lagi tentang pemberhentian langganan. 

 

Aku dimintai data lagi, seperti di DM IG. Ini dalam sekian detik admin yang balas beda-beda orang. Bahkan sampai di email pun sudah jelas aku minta berhenti layanan, kok masih ditawari promo lagi. Aduh cape deh!

Dan di email, admin tanya apa sudah terima surat dari plasa Telkom kalau sudah berhenti langganan? Lha kata CS plasa bilangnya kan aku akan dapat email resmi dari pusat kenapa malah ditanya buktinya? Ya aku kan nunggu email Anda, mbak/mas..

 

Akhirnya setelah berkali-kali mengirim email, barulah admin menjelaskan kalau aku harus membayar tagihan terakhir dan kena tagihan prorata di bulan berjalan. Sedangkan refund tidak bisa buat bayar tagihan terakhir. 

 

Hm, ini sudah ga konsisten antara CS plasa telkom ama admin email CS Indihome pusat ya. Kalau orang awam taunya kalau udah ke plasa udah beres, tapi sepertinya lebih baik kalau mau berhenti layanan langsung tanya via email customer service indihome pusat aja.

 

Sungguh .... Kalau aku manut aja sama CS plasa, yang katanya suruh abaikan saja,  mungkin akan muncul tagihan-tagihan dan denda di masa yang akan datang. 

 

Udah tuh, setelah aku email, dapat SMS berupa link paperless permohonan berhenti kayak gini kalimatnya : 

 

Pelanggan IndiHome, untuk proses permintaan cabut layanan IndiHome atas nama xxxxx dengan No. HP 081xxxx membutuhkan kelengkapan data KTP dan tanda tangan Anda. Klik link berikut untuk melengkapi ……. 

 

Dan 

 

Pelanggan IndiHome Yth,Terkait pengembalian perangkat kami ke Plasa telkom pada (Jumat, 25 Pebruari 2022) untuk nomor layanan IndiHome xxxxx atas nama xxxxx , berikut kami kirimkan link Berita Acara Pengembalian Perangkat yang dapat Bapak/Ibu tanda tangani: https://........... Demikian kami sampaikan. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih. 

 

Aku klik linknya, mau tanda tangan pake hpku agak grotal-gratul susah haruse pake tab kayak di plasa. Lebih gampang karena lebar spacenya. Sampai aku ulang berkali-kali karena mencang-mencong, upload KTP dan foto selfie pegang KTP Aku pikir, lha kemarin di plasa Telkom ngapain aku difoto? Tak pikir udah masuk ke pusat ternyata zonkk’ Aku masih harus menunggu prosesnya lagi. 

 

Kalau dari pihak Indihome bilangnya sudah sukses uploadnya dan diminta nunggu. Aku cek di aplikasi myIndiHome layananku sedang diisolir. Setelah nanti diterima baru muncul tagihan terakhir yang perlu dibayar. 

Jawaban Admin CS : Terima kasih sudah melakukan tahapan upload berkas terkait permintaannya. Saat ini permintaannya masih dalam proses, sehingga jaringan sudah terisolir. Kemudian, tagihan biaya penggunaan terakhirnya akan muncul diawal bulan depan. Untuk itu, agar permintaannya terealisasi maka berkenan menunggu sampai tagihannya muncul diawal bulan Maret untuk melakukan pelunasan biaya penggunaan terakhirnya. 

 

Aduh please deh, bener-bener, ini menyulitkan banget proses berhenti langganannya. Kenapa ga terpusat aja sistemnya. CS plasa maupun 147 itu fungsinya apa? Kalau ga sinkron sama pusat. 

 

Bahkan kemarin sampe habis pulsa aku telp 147 ga ada penyelesaian. Aku diminta menunggu dia cek data dulu abis itu pulsaku abis. Sungguh tidak menyelesaikan masalah. 

 

Jadi saran aku buat teman-teman yang mau berhenti berlangganan Indihome secara resmi, pastikan langsung hubungi email: customercare@telkom.co.id saja. 

Ke plasa Telkom kalau buat kembalikan perangkat saja. Kalau sabar nunggu ya biar diambil sama petugasnya di rumah. Tapi karena aku pikir biar cepet selesai ya aku yang bawa ke plasa. 

Setelah email tersebut, aku mencoba membayar tagihan tapi karena masih 27 Februari dan aku sudah membayar tagihan Januari di tanggal 10 februari, akhirnya aku belum bisa membayarnya. Harus menunggu tanggal 5 Maret baru keluar tagihan baru.

Karena bingung dengan kalimat di email yang mengatakan bahwa aku harus melunasi tagihan berjalan dalam 3x24 jam atau dibatalkan pengajuan pemberhentiannya, aku tanya lagi ke cs via email. Tiba-tiba admin cs lainnya mengatakan bahwa : berdasarkan permintaan cabut layanan melalui Plasa Telkom setelah dicek penggunaan terakhir saya dibayarkan dengan uang jaminan. Lha kan emang dari kemarin begitu tapi pihak cs email bilang ga bisa. sekarang bilang bisa. pusing gak tuh. So, akhirnya aku tidak jadi bayar tagihan lagi alias refund dana jaminan bisa dipakai untuk bayar tagihan terakhir. Perangkat juga sudah kukembalikan ke plasa. 

Dan tepat tanggal 1 Maret aku dapat email surat kontrak permintaan cabut layanan Indihome dari Telkom yang dilengkapi foto KTP, selfi dengan KTP dan tanda tanganku. Oya, cek juga di aplikasi myIndiHome, pastikan tagihannya sudah nol/ dibayar dan pemakaian 0 GB. Lega rasanya setelah semuanya beres. 

 

Kesimpulan : miskom dan kurang croscek data. kalau dari awal pas di plasa aku bisa langsung dapat surat final kontrak dan tanda terima perangkat bukan surat keluhan pelanggan sebagai bukti tanda terimanya mungkin ga seblibet ini alurnya. Ini semua karena email yang ditunggu tidak kunjung datang sesuai yang dijanjikan 1x24 jam. Ya jadi pelajaran saja. Semoga pengalamanku ini bermanfaat buat kalian yang mau berhenti langganan Indihm.



Rangkuman Alur Pendaftaran - Berhenti langganan Indihome:

- 9 Februari 2021 Pasang Wifi

- 9 Februari 2022 = genap 1 tahun 

- 23 Februari 2022 = pengajuan pemberhentian layanan ke plasa telkom dan pengembalian perangkat

- 25 Februari 2022 = lapor ke email customercare telkom karena sudah 2x24 jam belum dapat email pemberhentian langganan. Akhirnya diproses dan disuruh upload berkas pada link upload yang dikirim ke SMS/email dan link berita acara pengembalian perangkat yang harus ditanda tangani secara digital.

Yang diupload : tanda tangan digital, Foto E-KTP dan selfi dengan memegang KTP

- 26 Februari 2022 = permintaan dalam proses dan di aplikasi myIndiHome terisolir.

Admin cs email mengatakan bahwa tagihan penggunaan terakhir akan muncul dan agar permintaan terealisasi diminta menunggu sampai tagihan muncul di awal bulan untuk melakukan pelunasan biaya penggunaan terakhir (pada kenyataannya uang jaminan bisa dipakai untuk bayar tagihan bulan terakhir karena pihak admin email sudah croscek data dengan yang di plasa telkom)


- 1 Maret 2022 baru dapat email Final Kontrak dari Telkom dan aplikasi myIndihome sudah 0GB dan tidak ada lagi tagihan. 

Jadi pastikan kalian sudah dapat email/ surat Final Kontrak secara resmi ketika berhenti berlangganan agar Anda tidak kaget kalau masih ada tagihan/denda di masa yang akan datang.



Read More

Cara Memindahkan File Video dari Camera Canon G7X Mark II ke Laptop Tanpa Wifi

Moocen Susan | Sabtu, Februari 26, 2022 | Be the first to comment!

Setelah aku berhenti berlangganan Wifi dan beralih ke kuota, aku baru tahu kalo ternyata kameraku Canon G7X mark II tidak bisa buat transfer file video untuk kebutuhan kontenku di youtube. 

Bahkan pake bluetoothpun kata yang bikin tutorial di Youtube ga bisa. Dia jawab kayak gini: The PowerShot G7 X Mark II is designed to communicate wirelessly via Wi-Fi and NFC. This model does not offer Bluetooth connectivity. Hope this helps! 

 

Kemudian aku coba cari tutorial di internet, ternyata ada solusi yaitu dengan menghubungkan kabel data USB ke kamera dan laptop. Aku cari-cari kabelnya ternyata ga ada di rumahku. Beli dulu kali ya... 

 

Waduh pusing, aku coba cari lagi alternatif lainnya, ada lagi yaitu pake card reader. Aku udah mau order card reader yang seperti di youtube tapi ternyata produknya habis. 

 

Terus aku ingat-ingat lagi, kayaknya dulu aku juga pernah punya card reader tapi apa bisa dipake karena yang kutahu slot cardnya buat  memori card HP - kecil ukurannya. Aku bongkar laciku dan nemu. Trus tak liatin kanan kirinya eh ternyata ada slot gede juga. 

Kucoba ambil kartu memori yang ada di kameraku dan kumasukkan ke card reader lalu colokin card reader ke laptop. Akhirnya proses transfer file video berhasil masuk ke laptop. 

Selamat mencoba ya.

Read More

Cara Daftar Rawat Jalan Pasien RS Bhayangkara Semarang

Moocen Susan | Kamis, Februari 24, 2022 | Be the first to comment!

Masing-masing Rumah Sakit mempunyai cara sendiri untuk prosedur daftar rawat jalan pasiennya.

Tapi rata-rata sekarang harus daftar online dulu. Jika kalian mau kontrol habis opname di RS Bhayangkara Semarang,  3 hari sebelum jadwal kontrol daftar rawat jalan lewat aplikasi RS Bhayangkara Semarang yang ada di playstore.

Setelah itu datang ke RS lalu menuju ke loket pendaftaran pasien BPJS, masukkan surat kontrol ke keranjang bertuliskan dokter pagi atau siang. 

Nanti setelah dipanggil petugas, langsung mengantri lagi ke loket perawat untuk diukur tekanan darah. Setelah itu menunggu di dekat ruang poli ybs. 

Pasien dipanggil 3 orang masuk ke ruang poli. Dan dokter mencatat di PC keluhan kita lalu memberikan surat untuk dibawa ke apotik. Sampai di apotik kita masukkan surat tadi ke dalam keranjang di atas meja lalu antri lagi. 

Setelah giliran dipanggil, kita akan mendapat nomor antrian untuk pengambilan obat. Kalau antrinya kelamaan, disitu ada jasa antar obat, tapi aku ga pakai. 

Setelah dapat nomor antrian, aku pulang sebentar karena ada urusan mendadak, setelah itu aku kembali lagi ke apotik sambil membawa nomor antrian lagi.

Untuk parkir kendaraan dihitung perjam.

Demikian alurnya terima kasih.

 

Read More

Cara Tuhan Pelihara Benar-benar Unik

Moocen Susan | Senin, Februari 21, 2022 | 2 Comments so far
Aku tidak menyangka semua ini akan terjadi, memang jika Tuhan sudah punya rencana benar-benar luar biasa pekerjaan Tuhan tidak dapat terselami akal pikiran manusia. Tapi ya kurasa ini unik dan layak dibagikan bagaimana pemeliharaanNya unik dan sempurna.
 

Suatu hari aku cek rekening tabunganku tinggal beberapa ratus ribu, padahal gajian masih setengah bulan lagi. Dan entah kenapa aku bisa-bisanya keracunan makanan sampai harus masuk IGD. Padahal selama ini aku sangat hati-hati dan pemilih kalau makan.
 
Suamiku mengantarku ke rumah sakit dekat kontrakan kami setelah aku nyeri perut, muntah, sampe keringat dingin. Sampai di IGD, dokter jaga menanyai kondisiku dan penyebabku muntah dan diare. Terakhir aku makan ayam penyet.
 
Penanganan para medis di rumah sakit itu sangat cepat tanggap. Aku langsung diinfus, dicek jantung, tensi, rontgen, suhu dan cek lab darah. Dan karena disarankan mondok/ opname di masa pandemi ini, aku dan suamiku diswap. Biaya swap untuk yang nungguin pasien yaitu 95rb.

Setelah kami berdua diswap dengan hasil negatif, aku diantar perawat masuk ke kamar kelas 1. Sungguh luar biasa, kamarnya bagus dan besar. kamar mandinya pun besar, pakai shower.

Aku sekamar dengan seorang ibu usia kira-kira 50 tahun dengan sakit komplikasi. Di kamar itu ada AC tapi aku tetap merasa kepanasan, karena ibu itu tidak tahan dingin. Ya maklumlah penderita asam lambung tinggi memang tidak tahan cuaca dingin, bisa mual.
 
Bahkan korden di kamar itu pun dibiarkan tertutup karena ibu itu juga tidak suka silau. Dalam hati aku agak kesal. Tapi ya sudah lah mengalah saja sama orang lebih tua. Selama 3 hari aku tidak BAB bukan karena tidak ingin BAB tapi karena ga bisa BAB, penyangga infus juga dipakai sama ibu itu. Jadi kalau mau BAB harus pinjam dulu. Sedangkan ibu itu sepertinya kurang nyaman kalau aku pinjam, karena aku bolak balik ke toilet.
 
Setelah mendengar cerita ibu itu yang berkali-kali pindah rumah sakit karena ga cocok dengan teman sekamarnya dan pelayanan rs yang dirasa kurang memuaskan baginya aku pun maklum kalau harus ngalah. Ibu itu pun meminta maaf padaku sampe berkali kali berharap maafnya diterima karena ketidaknyamananku.

Sepertinya ibu ini sangat perfeksionis dan agak kaku. Tapi kurasa banyak anggota keluarganya yang sayang padanya.

Dalam pembicaraan kami selama di RS. Sampailah pada pertanyaan apa pekerjaanku. Aku bilang jual suplemen kesehatan. Dia tanya sama yang nungguin dia, apa itu suplemen? Dan asistennya mengatakan kalau itu untuk menambah nafsu makan. Wah kebetulan dia juga susah makan. Ibu itu pun tertarik ingin membeli suplemenku.

Hari terakhir aku mau pulang karena kondisiku sudah membaik. Ibu ini pun memberikanku uang tunai untuk pembelian suplemen. 

Wah, aku sangat bersyukur, karena dapat uang tambahan buat makanku setelah keluar dari RS. Beberapa hari kemudian saat uangku ampir abis lagi, tiba-tiba ibu ini kembali repeat order dan memberikanku uang cash.

Aku melihat ini cara TUHAN mencukupi kebutuhan makanku sampai hari gajian tiba. Aku diijinkan mengalami sakit sampai opname di RS beberapa hari dan bertemu dengan ibu ini. 

Benar kata temanku, jual supergreenfood bisa dimanapun dan kapanpun juga. Meski sakit masih bisa jualan. Buat yang mau jadi reseller juga boleh hubungi aku di WA ya 081915197153.







 
 
 
Read More