Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • JUAL SUPERGREENFOOD

Pengalamanku Berhenti Berlangganan Indihome

Moocen Susan | Sabtu, Februari 26, 2022 |
tempat balikin perangkat

Sudah setahun aku berlangganan Indihome dan selama aku pakai Indihome sangat terbantu sekali, lancar internetan tapi kadang memang ada beberapa trouble kecil, misalnya seperti los merah, namun sangat cepat ditangani oleh pihak Indihome. Fine, thank you!

Masalah muncul ketika hendak berhenti berlangganan. Mengingat aku pernah baca beberapa postingan teman di facebook yang ingin berhenti berlangganan Indihome. Namun caranya salah, yaitu hanya dengan mematikan perangkat tanpa lapor, membuatku belajar dari kesalahan tersebut.

Aku pastikan berhenti setelah setahun menggunakan layanan agar tidak kena denda sejeti.

Jadi aku memutuskan untuk pergi ke Plasa Telkom sambil membawa perangkat yaitu remote, STP dan ONT ke sana.

Udah donk, sampai di CS aku mengajukan permohonan untuk berhenti berlangganan dan mengutarakan alasanku berhenti. Sebenarnya waktu itu CS menawariku mau pengajuan berhenti via online sendiri atau dibantu, karena aku sudah sampai di Plasa Telkom ya sudah minta bantuan sekalian sama CS nya buat pengajuan permohonan cabut layanan.

Setelah ku berikan e-KTP, email, nomor internet, bahkan aku sudah difoto sambil pegang e-KTP-ku dan tanda tangan di tablet CS Plasa Telkom. CS membacakan laporanku, Aku pikir ya sudah beres. 

Aku diminta menunggu 1x24 jam katanya akan dapat email pemberhentian layanan. Dan apabila muncul tagihan di bulan berikutnya, kata CS disuruh mengabaikan saja. 

Ketika aku nanyain tentang refund dana jaminan, CSnya kayak kaget gitu, terus tanya siapa yang memberitahu anda akan ada refund? 

Terus aku jawab, oh marketingnya? Lalu dia ke kasir gitu seperti diskusi. Lalu beberapa saat kemudian dia bilang, sebenarnya refundnya untuk membayar tagihan bulan Februari karena aku sudah berhenti berlangganan. 

Jadi tidak bisa dikembalikan. Atau aku bayar tagihan Februari baru refund dibalikin sebulan kemudian. Begitu kata CS Plasa Telkom. Padahal kata CS di email bilang proses refund 14 hari kerja aja. Setelah aku pikir, ya wes refundnya ga usah dibalikin, buat bayar tagihan. 

Ya wes to, kata CS Plasa Telkom juga bisa kayak gitu dia malah bilang, iya gitu aja biar mbak ga bolik-balik sini.

 

Aku tegaskan lagi, apa aku perlu telp 147 buat konfirmasi? Oh ga usah katanya. Cukup ke plasa aja. Ya udah to aku manut. 

Aku kembalikan perangkat ke kasir Indihome dan aku dapat surat. Tapi anehnya disitu tertulis laporan keluhan pelanggan, bukan form berita acara pengembalian perangkat? 

Tapi karena waktu itu kondisi badanku lagi ga fit, aku pengen cepet pulang ke rumah, jadinya ya aku percaya aja. 

2 hari aku tunggu-tunggu, kok emailnya belum kuterima ya? Panik donk, aku telp ke 147 tapi aku disuruh menunggu admin cek data dulu, pulsaku sudah keburu habis tapi belum ada balasan lebih lanjut. Jadi aku DM ke IG @IndiHomeCare. 

 

Kagetnya lagi pas admin di IG bilang kalau laporanku 2 hari lalu itu tercatatnya bukan untuk berhenti layanan tapi kalimat admin kayak gini : 

 

Kak Susan, mohon infokan nomor HP alternatif selain nomor 081xxxx. Admin cek di sistem, pada tanggal 23 Februari 2022, Kakak tidak jadi lakukan permintaan cabut layanan. Namun berkenan dibantu proses untuk berlangganan atau migrasi ke IndiHome High Speed Internet (HSI) Home Prepaid. 

 

Berkenan infokan juga data Nomor rekening, Nama Bank, dan Nama pemilik rekening untuk proses refund uang jaminan. Terima kasih. -Kento 

 

Ini kan sangat amat membagongkan sekali???  Kok laporannya bisa beda gitu? Jelas-jelas aku minta cabut/ berhenti langganan kok ini bilang berkenan migrasi?


Antara CS Plasa Telkom dan admin IG sungguh tidak sinkron/ ga ada koordinasi. Kecewa banget. Aku ga menyerah, aku hubungi email customercare@telkom.co.id untuk konfirmasi lagi tentang pemberhentian langganan. 

 

Aku dimintai data lagi, seperti di DM IG. Ini dalam sekian detik admin yang balas beda-beda orang. Jadi misalnya aku tanya ke DM lalu dijawab oleh admin, kemudian aku balas pertanyaan Admin yang balas beda admin lagi. Bahkan sampai di email pun sudah jelas aku minta berhenti layanan, kok masih ditawari promo lagi. 

 

Dan di email, admin tanya apa sudah terima surat dari plasa Telkom kalau sudah berhenti langganan? Aku jawab tidak namun hanya surat keluhan pelanggan. Lha kata CS plasa bilangnya kan aku akan dapat email resmi dari pusat kenapa malah ditanya buktinya? Ya aku kan nunggu email Anda, mbak/mas..

 

Akhirnya setelah berkali-kali mengirim email, barulah admin menjelaskan kalau aku harus membayar tagihan terakhir dan kena tagihan prorata di bulan berjalan. Sedangkan refund tidak bisa buat bayar tagihan terakhir. 

 


Udah tuh, setelah aku email, dapat SMS berupa link paperless permohonan berhenti kayak gini kalimatnya : 

 

Pelanggan IndiHome, untuk proses permintaan cabut layanan IndiHome atas nama xxxxx dengan No. HP 081xxxx membutuhkan kelengkapan data KTP dan tanda tangan Anda. Klik link berikut untuk melengkapi ……. 

 

Dan 

 

Pelanggan IndiHome Yth,Terkait pengembalian perangkat kami ke Plasa telkom pada (Jumat, 25 Pebruari 2022) untuk nomor layanan IndiHome xxxxx atas nama xxxxx , berikut kami kirimkan link Berita Acara Pengembalian Perangkat yang dapat Bapak/Ibu tanda tangani: https://........... Demikian kami sampaikan. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih. 

 

Aku pikir, lha kemarin di plasa Telkom ngapain aku isi data dan difoto? Tak pikir laporannya udah masuk ke pusat ternyata belum. Aku masih harus mengulang untuk mengajukan pemberhentian langganan wifi Indihome lagi via email.

 

Setelah aku sukses upload foto E-KTP dan selfi dengan pegang KTP dan dikirim ke email customercare Indihome, aku diminta menunggu proses selanjutnya. Kemudian Aku cek di aplikasi myIndiHome layananku sedang diisolir. Setelah nanti diterima baru muncul tagihan terakhir yang perlu dibayar. 

Jawaban Admin CS : Terima kasih sudah melakukan tahapan upload berkas terkait permintaannya. Saat ini permintaannya masih dalam proses, sehingga jaringan sudah terisolir. Kemudian, tagihan biaya penggunaan terakhirnya akan muncul diawal bulan depan. Untuk itu, agar permintaannya terealisasi maka berkenan menunggu sampai tagihannya muncul diawal bulan Maret untuk melakukan pelunasan biaya penggunaan terakhirnya. 

 


 

Jadi saran aku buat teman-teman yang mau berhenti berlangganan Indihome secara resmi, pastikan langsung hubungi email: customercare@telkom.co.id saja. 


Setelah mendapat balasan email tersebut, aku mencoba membayar tagihan tapi karena masih 27 Februari dan aku sudah membayar tagihan Januari di tanggal 10 februari, akhirnya aku belum bisa membayarnya. Harus menunggu tanggal 5 Maret baru keluar tagihan baru.

Karena bingung dengan kalimat di email yang mengatakan bahwa aku harus melunasi tagihan berjalan dalam 3x24 jam atau dibatalkan pengajuan pemberhentiannya, aku tanya lagi ke cs via email. Tiba-tiba admin cs lainnya mengatakan bahwa : berdasarkan permintaan cabut layanan melalui Plasa Telkom setelah dicek penggunaan terakhir saya dibayarkan dengan uang jaminan. Lha kan emang dari kemarin begitu tapi pihak cs email bilang ga bisa. sekarang bilang bisa. pusing gak tuh. So, akhirnya aku tidak jadi bayar tagihan lagi alias refund dana jaminan bisa dipakai untuk bayar tagihan terakhir. Perangkat juga sudah kukembalikan ke plasa. 

Dan tepat tanggal 1 Maret aku dapat email surat kontrak permintaan cabut layanan Indihome dari Telkom yang dilengkapi foto KTP, selfi dengan KTP dan tanda tanganku. Oya, cek juga di aplikasi myIndiHome, pastikan tagihannya sudah nol/ dibayar dan pemakaian 0 GB. Lega rasanya setelah semuanya beres. 

 

Kesimpulan : miskom dan kurang croscek data. kalau dari awal pas di plasa aku bisa langsung dapat surat final kontrak dan tanda terima perangkat bukan surat keluhan pelanggan sebagai bukti tanda terimanya mungkin ga seblibet ini alurnya. Ini semua karena email yang ditunggu tidak kunjung datang sesuai yang dijanjikan 1x24 jam. Ya jadi pelajaran saja. Semoga pengalamanku ini bermanfaat buat kalian yang mau berhenti langganan Indihm.



Rangkuman Alur Pendaftaran - Berhenti langganan Indihome:

- 9 Februari 2021 Pasang Wifi Indihome

(9 Februari 2022 = genap 1 tahun)

- 23 Februari 2022 = pengajuan pemberhentian layanan ke plasa telkom dan pengembalian perangkat. Kata CS Plasa Telkom aku akan dapat email pemberhentian langganan 1x24 jam.

- 25 Februari 2022 = lapor ke email customercare@telkom.co.id  karena sudah 2x24 jam belum dapat email pemberhentian langganan. 

Setelah mengirim email, admin customer care menanyakan apakah aku diberi surat keterangan dari plasa Telkom? TIDAK. tapi malah diberi surat keluhan pelanggan sebagai tanda terima perangkat?

Aku juga diminta mengisi data Alamat lengkap, Jumlah tagihan terakhir (lunas) dan tempat pembayaran terakhir.

Setelah itu admin menjawab email:

Kami akan bantu proses cabut layanan, mohon infokan alasan berhenti berlangganan karena apa? Selain itu infokan juga data-data berikut:
- Nomor IndiHome:
- Atas nama pemilik:
- Alamat lengkap (beserta patokan lokasi/ ancer-ancer):
- Nama Pemohon
- Hubungan (Pemilik/Ayah/Ibu/Saudara)
- Identitas (KTP/PASPORT)
- Nomor Identitas pemohon (KTP/PASPORT)
- HP utama:
- HP Alternatif
- Email: 



Setelah permintaan berhenti berlangganan diajukan, selanjutnya terdapat kewajiban pembayaran tagihan penggunaan terakhir, nominal dan tagihan akan muncul, setelah permintaan di ajukan.

Tagihan akan dihitung prorata, yang merupakan pemakaian pada bulan berjalan (bulan dilakukan permintaan), terhitung sejak tanggal 1, sampai dengan tanggal permintaan diajukan pencabutan layanan. Hal ini karena sistem pembayaran pascabayar (menggunakan layanan terlebih dahulu, lalu membayar pada bulan selanjutnya).

Estimasi refund uang jaminan adalah 14 hari kerja (tidak termasuk Sabtu dan Minggu maupun libur nasional).


25 feb 2022 aku dapat balasan email bahwa permohonan berhenti berlangganan akan diproses setelah melengkapi upload berkas pada Link upload yang dikirimkan melalui email/SMS. Berkas yang diupload untuk Atas Nama Perorangan/Pribadi (Non Instansi) yaitu:

1. Mengisi Tanda Tangan Digital
2. Upload Kartu Identitas (KTP)
3. Upload Selfi dengan Kartu Identitas (KTP)

Admin Email Customer Care mengatakan bahwa tagihan penggunaan terakhir akan muncul dan agar permintaan terealisasi diminta menunggu sampai tagihan muncul di awal bulan untuk melakukan pelunasan biaya penggunaan terakhir (pada kenyataannya uang jaminan bisa dipakai untuk bayar tagihan bulan terakhir karena pihak admin email sudah croscek data dengan yang di plasa telkom)




Menurut informasi dari Admin Customer Care biaya tagihan penggunaan terakhirku sejumlah Rp304.465

- 26 Februari 2022 = permintaan dalam proses dan di aplikasi myIndiHome terisolir.


- 1 Maret 2022 baru dapat email Final Kontrak dari Telkom dan aplikasi myIndihome sudah 0GB dan tidak ada lagi tagihan. 

Jadi Pastikan kalian sudah dapat email/ surat Final Kontrak secara resmi ketika berhenti berlangganan Indihome agar Anda tidak kaget kalau masih ada tagihan/denda di masa yang akan datang.



2 komentar:

  1. Waktu pindah rumah aku minta tolong orang kantor yang ngurusi.Wah baru tahu ribetnya.

    Cak Anton

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya tp mungkin kalo saya langsung meminta berhenti lewat email cs telkom bakal cepat ditangani dan tdk seribet ini. Jd tdk perlu ke kantor telkom.

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...