Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • BELI SUPLEMEN

Inilah Perlengkapanku Buat Bikin VLOG

Moocen Susan | Senin, Desember 16, 2019 | Be the first to comment!
Hai guys,
Kali ini aku mau share ke kalian perlengkapan apa aja yang aku butuhin buat bikin vlog di Youtube Moocen Susan
Awalnya aku ngevlog itu cuma pake kamera laptop guys, hanya saja kamera laptop itu kualitasnya kurang bagus, jadi hasilnya burem. Tapi sebenarnya lebih enak si pake kamera laptop. 

Nah, menurut saran mentorku aku harus upgrade biar kualitas videoku bagus aku mulai kumpulin uang buat beli kamera Canon G7X Mark II harganya waktu itu kalau ga salah 7.5 jt itu belum termasuk kartu memori dan batere. Jadi kira-kira abis ampir 8 jeti lah ya. Kekurangannya camera ini baterenya gampang drop guys, maksimal bikin video cm 13 menit abis lagi baterene.

Yang kedua, tripod. aku beli harga 250ribu kalau ga salah di tokped.


Lalu greenscreen buat background kalau itu murah cm 50rb, kalau ga ada greenscreen bisa pake tembok aja guys. Yang putih.



Lalu aku beli tripod ringlight dan standnya harga 250rb juga. Kalau ga ada bisa pake sinar matahari aja alami. jadi bikin videonya kalau pas siang aja.



Terus beli backdrop buat masang greenscreen harganya sekitar 200rb an. Ini bisa disiasati dengan taruh paku di tembok kasih 2 paku satu di kanan satu dikiri lalu kasih penghubung kawat dan pasang deh greenscreennya di kawat itu tempelin ke tembok.



Jadi total biaya yang aku keluarin buat bikin vlogku itu  8.750.000 guys...

Tapi kalian bisa kok bikin vlog dengan modal minim, kameranya bisa pake hp kalian aja sekarang kan banyak banget tuh hp yang kualitas kameranya udah bagus. 

Semangat bikin video guys......

Read More

Mujizat Tuhan, BPKB Akhirnya Ketemu.

Moocen Susan | Senin, Desember 16, 2019 | | Be the first to comment!
Hai guys. Menyambung cerita kemarin soal BPKB ku yang hilang dan sempat membuatku pusing 7 keliling akhirnya berakhir sudah. Begini kronologinya.

Jadi hari itu aku kembali mencari di setiap sudut kamar, dari lemari pakaian, laci, tempat aku taruh file penting aku bongkar smua sampai 3x tetap ga ketemu. 

Dalam hati aku berdoa ya Tuhan, bisakah Kau buat mujizat andai BPKBku ketemu aja, aku sudah ga perlu melakukan semua prosedur yang ribet ini. 

Lalu aku nonton video TB Joshua sebuah tayangan khotbah rohani di youtube. Di situ hamba Tuhan, TB Joshua sedang mendoakan para viewers dengan mengarahkan telapak tangannya ke kamera dan aku mengimani bahwa urusan BPKBku akan dipermudah.

Kalau dipikir mbatek, BPKB ga akan ketemu juga jadi aku hanya bisa pasrah dan terus melakukan prosedur yang diperlukan untuk mengurusnya.

Aku mulai mencari informasi di google dan youtube tentang cara mengurus bpkb yang hilang. Meskipun sudah kutonton berulangkali aku masih berharap BPKBku ketemu.

Pencarianpun dimulai. Setelah aku memasang iklan di suara merdeka untuk 3x dalam 3 bulan. Aku menulis daftar apa saja yang harus kulakukan. Aku baca di internet kalau pasang iklannya minimal di 2 media masa. Wah kurang satu lagi nih, jadi rencananya hari itu setelah aku beli koran aku mau ke dealer untuk minta fotokopian BPKBku sama minta nomernya andai ga bisa dapat fotokopinya. kemudian mau ke bank untuk minta surat keterangan bahwa kendaraan tidak sedang dijaminkan. baru aku mau ke tribun pasang iklan juga.

Semua rencana sudah kususun rapi. Aku berangkat dari kontrakan ke dealer lebih pagi jam 7.50 dan sesampainya disana ternyata dealernya belum buka. Untung disamping dealer ada tempat buat ngadem dulu. Jadi aku nunggu selama setengah jam disitu dengan harap harap cemas.

Dengan bermodalkan surat jalan yang dulu kudapat dari dealer aku memberanikan diri kesana dan aku ga tau apakah boleh minta fotokopian BPKB.180624/SJ/PKK-SMG/06/18. (Untung masih nyimpen surat jalannya)

Dan pagi itu ada kejadian tidak menyenangkan yang kudapat yang sempat buat aku sangat amat tersinggung. Aku sedang menunggu admin selesai briefing di lobi dealer sambil buka buka hp. 

Beberapa saat kemudian munculnya si mbak inisial R ini keluar. Lalu aku menghampiri dan meminta bantuan untuk mendapatkan fotokopi BPKBku eh belum selesai aku ngomong, si mbaknya ini ternyata ga menghiraukan keberadaanku padahal jarak antara aku sama si mbak hanya 50cm dan dia malah mengalihkan pandangannya ke orang yang dibelakangku.

Sebenarnya jika hanya untuk menjawab tunggu sebentar ya mbak, itu bisa karena orang dibelakangku masih jauh tapi dia ga melakukan itu. Aku merasa terabaikan. Dan dia langsung menyambut dengan hangat orang yang katanya janjian sama dia tadi. Setelah kupikir pikir oh mungkin karena dia baru beli motor jadi sambutannya kayak gitu. hm manis sekali.

Ketika aku hendak menarik kursi mau duduk, dia juga menarik kursi di belakangku dan memberikan kursi yang mau kududuki buat orang lain. dan itu membuatku tersinggung kuadrat. 

Lalu aku nanya ke mbaknya, gimana ini mbak? dia jawab dengan ketus, dan matanya tidak menatapku sama sekali ketika kuajak bicara. Nanti! jawabnya dengan acuh.

Lalu tiba tiba datang temannya si mbak ini yang baru keluar dari dalam ruang brifing dan menyodorkan aku 2 plat kendaraan. lalu aku bilang, Maaf mbak aku kesini buat minta fotokopi BPKBku yang hilang. dan kusodorkan saja surat jalan dari dealer tersebut.

Untunglah mbak inisial M ini sangat kooperatif dan dia mau membantuku. Pas lagi dibantuin sama mbak M tiba tiba mbak R ini meminta mbak M untuk membantunya. Lalu mbak M bilang, nanti dulu aku mau mengurusi BPKB mbak ini. (punyaku maksudnya). Pikirku. idih si mbak R ini aneh banget kayaknya beneran sentimen sama eike, emang aku kenal apa sama dia ada masalah apa coba heran aja dia kok kayak gitu sikapnya ama konsumen. 

Si mbak R menatapku dengan tatapan yang sinis, kubalas juga dengan tatapan elang kelaparan. haha. Pikirku tunggu aja ya, nanti saya bikin laporan ke kantor.  Benar benar emosi saya,

Aku sangat kaget dan terkejut ternyata BPKBku ditemukan oleh mbak M. Ternyata selama ini BPKB ku ga hilang tapi belum kuambil. Wah sudah setaun lebih untung aja ga hilang.

Hari itu rasanya aku sangat senang tapi juga agak jengkel dengan sikap mbak R. Akhirnya semua prosedur yang harus kujalani untuk urus bpkb tidak perlu kulakukan karena sudah ketemu yang asli. Jadwal ke bank dan ke tribun batal.

Sesampainya dirumah, aku buka email dan tulis laporan ke kantor dealer. Aku merasa masih jengkel dibuatnya. Eh beberapa saat kemudian aku ditelepon oleh PICnya. Dia memintaku menceritakan kronologi kejadian dan rupanya dia menjelaskan kalau si mbak R ini tidak bermaksud mengabaikanku karena dia sudah ada janji dengan klien dan dia bukan bagian BPKB.

Ya mungkin memang benar klarifikasi itu tapi ada bagian yang PIC ini ga tau. Mungkin CCTV adalah saksinya. Yang tau persis bagaimana sikap mbak R padaku hanya dia sendiri, aku, TUhan dan CCTV serta saksinya adalah mbak M yang diminta membantunya saat masih mengurusiku.

Dan rupanya si Mbak R ini bohong sama PICnya dia bilang dia manggilin mbak M buat mengurusiku. Tidak sodara sodara, Mbak M ini keluar sendiri tanpa dipanggil buktinya ada kok di cctv kalau mau bahkan mbak M datang-datang langsung nyodorin aku plat kendaraan padahal aku butuhnya BPKB.


Dan PIC ini meminta maaf padaku atas sikap Mbak R tapi kayaknya masih belain karyawannya daripada keteranganku. Kenapa bukan pelaku yang minta maaf, kok PICnya heran deh saya. 

Tapi ya sudah lah anggap saja itu bumbu kehidupan, Kalau ga gitu ga ada dramanya. pas telepon itu aku sempat nanya ke PIC.oalah mas, mas BPKB udah setaun di dealer kok aku ga ditelepon buat ambil, lalu dia bilang kalau BPKB udah jadi aku langsung d sms dan itu cuma 1x seingatku sih aku waktu itu datang tapi BPKB blum jadi dan aku hanya dapat plat kendaraan aja. Jadi sesudah BPKB jadi aku ga dikasi tau lagi atau aku yang lupa atau bagaimana entahlah.

Terlepas dari kejadian yang sangat tidak menyenangkan itu aku sedikit lega karena aku ga perlu lagi pulang kampung untuk ngurus BPKB. 

Terima kasih Tuhan, buat mujizatMU.
Read More

Syarat Mengurus BPKB Hilang Terbaru 2019

Moocen Susan | Senin, Desember 09, 2019 | | Be the first to comment!
Hadew, 2 hari terakhir ini aku agak galau karena baru kusadari ternyata BPKB ku hilang entah kemana. Kali terakhir aku melihat BPKB ku saat aku mau bayar pajak tahunan motor ke Samsat Setiabudi.
sumber gambar : id.wikipedia.org

Seingatku, aku menyerahkan berkas-berkas diantaranya STNK, SIM dan BPKB asli dan fotokopi ke loket pendaftaran. Setelah itu aku antri dan tiba giliranku dapat STNK yang baru, aku merasa ada yang kurang tapi aku abaikan karena kupikir oh mungkin memang disimpan di Samsat. Pemikiran bodoh mana itu aku benar benar menyesal kalau ingat keteledoranku itu.

23 Mei 2019 BPKBku hilang bersamaan dengan tanggal pembayaran pajak tahunan, namun aku baru menyadari hilang itu kemarin tanggal 8 Desember 2019 saat aku nonton tayangan di youtube 86.

Seharian aku ga bisa fokus, kepikiran terus rasanya ingin segera hari senin supaya bisa langsung meluncur ke Samsat mencari BPKBku.

Pagi-pagi aku telepon sana sini, tanya syarat mengurus BPKB hilang. Aku sampe ga doyan makan dan hanya sedikit makan nasi dan tempe. lalu pesan gojek ke Samsat.

Sampai disana, aku tanyai satu persatu petugasnya. Namun hasilnya nihil mereka tidak ada yang tahu dimana keberadaan BPKBku. Mungkin keselip mungkin jatuh entahlah. Sampai lah aku di petugas terakhir yang kasih STNK dulu. dia akhirnya mencatat no hp dan namaku serta meminta fotokopi STNK.

Aku warganegara yang sangat taat pajak. Belum waktunya habis jatuh tempo aku sudah bayar duluan. Tapi kenapa musibah bisa saja datang. Aku masih berharap BPKB ku ditemukan.

Aku sudah mencari kesudut kamarku tempat biasa aku taruh dokumen juga tak ada. Sampai berkali kali aku cari tetap ga ketemu dan aku masih yakin 100% BPKB ku tertinggal di Samsat Setiabudi Semarang.

Adapun datanya sebagai berikut : 

Atas Nama            : AGUSTINA DIAN SUSANTI
Merk                      : HONDA (Beat eSP CBS ISS 2018)
Type                      : D1B02N13L2 A/T
Tahun pembuatan : 2018
Warna                    : MAGENTA HITAM
No.Pol                   : K 4637 ME
No.Rangka/NIK    : MH1JM1118JK772672
No Mesin              : JM1E1755672



Oh Tuhan, bayangin repotnya mengurus sendiri pulang ke kampung halaman, sungguh kutak sanggup rasanya. Aku cari cari info soal aplikasi si Bejo yang diresmikan Polda Jateng itu ternyata kucari di webnya juga ga ada, lalu berita di Tribun itu benar tidak? 
https://jateng.tribunnews.com/2018/03/14/jne-semarang-siap-sukseskan-si-bejo-sistem-informasi-bpkb-jateng-online

Atau aku yang salah menangkap informasi? Pulang dari Samsat aku benar-benar galau. Aku telepon satlantas polres blora dan semarang, polsek, polda dan datang ke kantor BPKP di Jl Lampersari 63 Semarang katanya harus diurus di Blora.

Aku bandingkan informasi dan syarat kedua kota antara Semarang dan Blora ternyata ada perbedaan sedikit. Aku coba bagikan ke kalian ya syaratnya.

Syarat mengurus BPKB Hilang/ Duplikat ala kantor BPKB Semarang:
  1. Mengisi formulir permohonan
  2. Melampirkan tanda bukti identitas pemilik yang sah.
  3. Surat permohonan BPKB duplikat (ditujukan kepada Dirlantas) bermaterai cukup.
  4. Surat pernyatan pemilik mengenai BPKB yang hilang tidak terkait kasus pidana/dan atau perdata di atas kertas bermaterai cukup.
  5. Surat pernyataan pemilik kendaraan dilampiri kuitansi jual beli bermaterai cukup
  6. Laporan polisi kehilangan BPKB
  7. Surat keterangan hilang dari unit pelaksana regident tempat  BPKB diterbitkan.
  8. STNK asli dan fotokopi
  9. Iklan sebanyak 3x berturut-turut dengan tenggang waktu  @1bulan di media cetak yang berbeda. -- (jadi nunggu 3 bulan iklan dulu? baru ngurus yak)
  10. Hasil pemeriksaan cek fisik kendaraan bermotor
  11. Arsip STNK
  12. Arsip BPKB
  13. Surat blokir dan buka blokir BPKB bermaterai cukup
  14. Surat keterangan dari Bank Negeri dan Bank Swasta bahwa BPKB tidak dalam status jaminan bank.
  15. Surat keterangan dari Reskim.

Sedangkan cara mengurus BPKB Hilang ala Satlantas Blora yaitu sebagai berikut:

Note : Berkas dibuat @rangkap 2 


  1. Fotokopi laporan kehilangan dari kepolisian
  2. Fotokopi KTP
  3. Fotokopi STNK
  4. Fotokopi Faktur dari Samsat
  5. Cek fisik motor (no rangka, nomor mesin) ASLI
  6. Surat keterangan dari Bank Pemerintah dan Bank Swasta
  7. Pemberitahuan di Surat Kabar Nasional (3x terbit)
  8. Surat pernyataan dari pemilik motor + materai 6000
  9. Surat pendukung lainnya ditujukan ke Kapolres Blora.
Yah, demikianlah alur dan prosedurnya. Di balik keribetannya aku masih berharap BPKB ku ditemukan. Jika ada yang menemukannya harap hubungi aku di 081915197153

Read More