Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • JUAL SUPERGREENFOOD

Cara Mengetahui Berapa Ukuran Gambar di Sebuah Blog/ Website

Moocen Susan | Jumat, Agustus 05, 2022 | 1 Comment so far

Hi Moosufans. Tutorial lagi yuk.

Bagaimana sih cara mengetahui ukuran gambar yang muncul di sebuah blog / website, sebagai contoh ada 2 gambar di bawah ini.


 

  dan

Gambar 2

Berapa ukuran gambar 1 dan gambar 2?

Caranya yaitu :
 1. Arahkan mouse Anda ke gambar 1 lalu klik kanan - klik Open Image in New Tab


2. Pada jendela baru klik kanan lagi di gambarnya lalu klik : INSPECT ACCESIBILITY PROPERTIES


3. Setelah itu arahkan mouse Anda ke bawah dan perhatikan keterangannya di bagian NAME


 

"laptop 1.jpg (JPEG Image, 640x342 pixels)"

Jadi dengan demikian, ukuran gambar 1 yaitu 640x342 px.

Sudah pahamkah? Kalau gitu coba hitung berapa ukuran gambar 2? Komen di bawah ya...


Semoga membantu.

Read More

ADAPTASI DI TEMPAT BARU

Moocen Susan | Rabu, Agustus 03, 2022 | Be the first to comment!

Pagiku terasa berbeda dari biasanya. Biasanya jam 7 baru bangun tidur, sekarang jadi lebih rajin. Di tempat baru ini aku masih belajar beradaptasi. Aku mulai membiasakan diri naik motor sendiri dan tidak menggantungkan delivery food by ojol.

Disini ga ada sopiput tapi ada goput, grabput dan maximput. Tapi banyak warung makan yang dekat. Tapi meski dekat butuh effort buat naik motor sendiri pagi-pagi. 

Meski ada suami, aku belajar buat mandiri. Aku jadi rajin menyapu dan mengepel rumah, tidak seperti saat masih ngontrak rumah.

Jujur, menu makanan yang di daerah kontrakanku dulu lebih enak dan beragam, kalau disini masih agak sulit cari. Mungkin karena aku baru dan belum tau tempat makan yang cocok jadi semua masih coba-coba.

Masak sendiri? Ya itu baru rencana, kepepet baru masak. Sebenarnya aku bisa masak, karena dulu waktu aku sakit asam lambung, aku masak sendiri makananku. Tapi setelah sembuh dari asam lambung, aku jadi kayak dendam gitu, pengen cobain makanan yang dijual di aplikasi pemesanan makanan. eh keterusan....

Akibatnya jadi malas masak, bukan malas masaknya sih tapi malas belanjanya. Bangun pagi dalam keadaan lapar terus ke pasar itu rasanya ga ada energi. 

Memang sih kalau diitung-itung masak sendiri lebih hemat dan sehat. Sehatnya setuju, kalau hematnya kurasa netral. Aku makan ga neko-neko. Suamiku kalau pagi juga ga mau makan, dia makannya siang di kantor. Jadi kalau kami makan berdua cuma malam aja. Pagi dia cuma mau minum jeniper. Aku juga sekarang jadi ikut-ikutan minum jeniper.

Di sini rata-rata individualis. Tetangga kanan kiri baik tapi ya jaga jarak. Bagus sih jadi ga ada tuh gosip gosip tetangga. Aku nyaman banget di sini. Terkadang masih keinget rumahku di kampung yang masih belum laku terjual jadi sedih.

Aku menyibukkan diri dengan beberes rumah, 3 hari kami beres-beres bareng kayak belum kelar-kelar juga. Suamiku sih ga terlalu banyak menuntut. Di sini yang kupikirkan adalah hari ini mau makan apa? Entah kenapa aku selalu mikirin makan mulu.

2 tahun pertama ini benar-benar harus irit, karena aku mau nabung buat bantuin suami bayar KPR rumah. 

Tulisanku agak random ya, aku masih bingung mau bikin apa lagi untuk menambah income.

Read More

CARA MEMBUAT PEWANGI KAMAR MANDI SENDIRI

Moocen Susan | Selasa, Agustus 02, 2022 | 2 Comments so far

Aku lihat tutorial cara membuat kamar mandi jadi wangi ini di youtube dan aku penasaran pengen coba bikin sendiri di rumah. Cukup pakai 2 bahan saja yaitu pelembut dan pewangi pakaian merk Downy yang sasetan dan kamper bola (alias kapur barus bentuk bola merk Swallow).

 

Tonton video cara bikinnya di bawah ini :

 

 

Semoga bermanfaat :

Read More

BIAYA DAN HASIL CEK DARAH di LABORATORIUM CITO

Moocen Susan | Sabtu, Juli 23, 2022 | Be the first to comment!

Pola makan sehat sebaiknya dilakukan agar tidak menyesal di kemudian hari dan tetap sehat. Dari dulu aku ga suka makan yang manis, minum pun aku memilih untuk minum air putih saja. Namun ada yang terlewatkan meski ga suka makanan/ minuman manis, dulu aku suka banget makan nasi campur mie instan atau makan nasi lauknya gorengan krupuk, bakwan/ mendoan. Aku juga jarang makan sayur.

Sekarang baru terasa, puncaknya waktu aku pesen gado-gado, kupikir ya cari makanan sehat. Eh ga taunya sambal gado-gadonya itu muanisss pol. berasa makan gula jawa dikasih air . Langsung pahaku mak cleng, berasa kayak baal kayak pembuluh darah di paha kanan terasa nyeri, panas di dalam kulit dan kadang pegel serta kayak ditusuk-tusuk. Dan setiap habis makan gorengan, suhu badanku meningkat.

Aku pikir apa ini karena miomnya nekan saraf? (cuma prediksi)

Aku periksa ke dokter SPOG dan melakukan USG, tapi anehnya miomku yang tadinya 5cm sekarang jadi 2.5 cm. Sejak aku berhenti makan daging merah, ayam, dan sate babi. Aku lebih sering makan tempe. Berati bagus kan? Jadi bukan itu penyebabnya.

Udah kurang lebih 2 bulan ini ga nyaman di area kaki kanan. Kalau dari gejalanya mirip neuropati entah jenis apa, karena aku belum ke dokter. Biasanya pegelnya itu malam hari tapi akhir-akhir ini tiap kali abis makan yang manis atau yang bertepung apalagi digoreng terasa sekali. 

Pegelnya itu pindah-pindah, nanti kalau mulai lapar baru berkurang nyeri dan pegelnya. Kupikir mungkin aku harus puasa. emang sih kuakui aku agak rakus. hehe..apalagi kalau makanan itu aku suka, aku bisa makan itu itu terus - gizi ga seimbang. Kalian ada yang pernah alami juga kah? Share di kolom komentar ya.


Aku takutnya kena neuropati diabetes. Yang namanya kepo, karena jauh sebelum ini aku pernah cek juga HbA1c ku prediabet dan kali ini mau cek lagi setelah 2 tahun. Pemeriksaan HbA1c menurut aku lebih akurat buat tau apakah kita terkena diabetes atau tidak karena itu buat ngecek gula darah kita karena pola makan kita selama 3 bulan ke belakang. 

Lha pikirku, aku cek darah dulu semua baru ke dokter tinggal nunjukin hasile. (lho kebalik ya) Aku pilih lab Cito sebagai tempat cek darah. Mumpung ada promo. Niate tuh cuma mau cek HbA1C, asam urat ma kolesterol aja tapi pas datang ke sana ditawari paket promo khusus bulan Juni-Agustus 2022 aja yaitu paket Cakap Deteksi Resiko Jantung. Meski aku ga kena jantung sih, cuma pilihan yang pengen aku cek ada disitu. Pemeriksaan ini untuk mengetahui Faktor Resiko Penyakit Jantung Koroner 10 tahun ke depan dengan Framingham Score.

Adapun jenis pemeriksaannya :

- HbA1c - Estimated Average Glucosa

- Kolesterol Total - HDL -LDL- Trigliserid

- EKG

- Tensi

- Framingham Score

Total biaya 350 ribu. Tapi berhubung aku mau cek asam urat juga akhirnya jadi 418 ribu. 

Perincian biayanya sebagai berikut:

1. HbA1C              =  200.000

2. Asam urat          =    75.000

3. Kolesterol total  =    65.000

4. HDL                  =     90.000

5. LDL                   =     95.000

6. Trigliserid          =     70.000

7. Tensi                  =  gratis

8. EKG                  =   120.000

9. Anamnesa Score = gratis

 Total biaya 715.000 - diskon 297.000

Jadi aku hanya bayar 418.000 (sudah termasuk potongan 10% karena pake kartu BPJS tapi yang didiskon cuma cek asam urat saja ya karena di luar paket promo).

 

Malam itu aku diantar suamiku ke lab Cito, tapi karena aku barusan makan malam, maka petugas menyarankanku kembali besok pagi saja karena sebelum cek darah harus puasa dulu meski cek HbA1C tidak perlu puasa tapi untuk cek yang lain butuh puasa dulu selama 8-12 jam supaya akurat hasilnya.

Ya udah akhirnya aku balik ke rumah dan beli roti aja sebagai pengganjal cemilan makan malam darurat. Aku makan terakhir jam 21.30 dan kembali ke lab esok paginya sekitar jam 6 pagi.

 

Aku dapat antrian nomor 2, dan setelah menandatangani beberapa formulir serta membayar biaya cek lab, aku mulai diambil darah di lengan. Entah kenapa kata petugasnya darah di lengan kanan yang sudah diambil masih kurang, jadi diambil lagi di lengan kiri. ya wes manut.

Setelah ambil darah, aku menunggu jam 7 buat cek EKG, karena petugas wanita datangnya jam 7. Aku mulai berbaring dan bertelanjang dada kemudian alat mulai dipasang di kedua pergelangan kaki, tangan, sekwilda. Prosesnya 15 menit.

Hasilnya diambil besok paginya. Karena agak jauh dari rumah jadi aku cek via online di https://hasil.labcito.co.id/auth/login

dan hasilnya adalah :


 


Lega rasanya karena yang kutakutkan tidak terjadi, HbA1Cku normal.  Trigliserid normal. Oh ya kata ahli gizi jangan makan buah/ makan manis malam hari biar ga naik/ tinggi trigliseridnya. 

Yang tinggi hanya Kolesterol. emang sih aku susah banget menahan ga makan gorengan, nasi goreng favoritku huhu... bye bye nasgor dan gorengan tepung lainnya termasuk krupuk. Terus panas di kakiku itu kenapa? Apa kolesterol bikin kaki panas kayak neuropati? Mari kita ke dokter besok Senin.. semoga ada kabar baik.

Eh btw, kok hasil EKGnya ga muncul di online. Menurut info dari petugas lab, hasil EKG tidak bisa dicek via online jadi ya hasilnya harus diambil langsung ke web. Ok nanti sore kita ambil.

 

Read More

CARA MENGETAHUI TYPE SSD YANG ADA DI LAPTOP

Moocen Susan | Selasa, Juli 05, 2022 | 1 Comment so far

Gimana sih cara mengetahui type SSD yang ada di laptop? Kebetulan aku barusan ganti SSD karena SSD lamaku mengalami penurunan kesehatan kata teknisi langgananku. Sebenarnya sih masih bisa diklaim garansi, cuma karena harus dikirim ke luar negeri dan menunggu sebulan alhasil aku harus ke rental mulu, jadi biar cepet beli lagi aja SSDnya. (wew jadi curcol)

OK, Langsung saja ke intinya:

1. Tekan tombol CTRL+SHIFT+ESC secara bersamaan.


2. Akan muncul tampilan seperti berikut ini:

Perhatikan bagian menu PERFORMANCE - DISK 0 (C:) dan lihat di pojok kanan atas itulah type SSD-nya : AK-800-128GB

 


Udah gitu aja. Sekian tutorial kali ini.

Read More

Kesaksian Saat Jualan Pintu

Moocen Susan | Sabtu, Juni 25, 2022 | Be the first to comment!

Saat kami beli rumah, halaman belakang masih berupa lahan kosong. Kami berencana renov untuk dapur dan taman tanpa pintu dari developer tapi mau kami ganti dengan pintu slidding. 

Alhasil pintu dan kusen tersebut tidak terpakai dan rencananya mau kami jual. Aku sudah coba tawarkan ke tetangga kanan-kiri rumah tapi mereka sudah ada pintu juga. 

Suatu ketika, aku tergerak buat posting di marketplace. Ya siapa tahu ada yang nyantol, meski kata suamiku tawarin aja ke tetangga supaya dekat. Aku bilang, "Udah gapapa, coba aja dulu."

Ada banyak yang tanya harga ketika kuposting. Dan salah satunya ada yang minat, aku bilang lihat dulu barangnya baru nego. Akhirnya kami janjian, aku berangkat dari kontrakan sejam sebelum janjian.

Pas jam yang ditentukan, suami isteri itu pun tiba. Dan mulai melihat serta menawar harga. Lalu si suami berkata, "Kayake aku pernah ketemu kamu." Aku juga berpikir yang sama, tapi lupa dimana ya?

Rupanya kami pernah ketemu di warung makan, saat itu lagi rame pembeli dan mereka mempersilakan kami duduk di bangku yang sama dengan mereka. Oiya ya, aku baru ingat, wah kok bisa ketemu lagi ya. 

Jodoh memang ga kemana. Anehnya lagi, mereka juga sedang mau renovasi rumah lama yang baru dibelinya untuk dijadikan kontrakan dan lokasinya dekat dengan perumahanku. MUJIZAT !! 

Akhirnya kami deal harga dan sepulang dari janjian, aku tak berhenti mengucapsyukur kepada TUHAN atas kemurahan-NYA. Singkat cerita pintu dan kusen yang kujual laku.


Read More

Apakah Keloid Bisa Hilang ?

Moocen Susan | Rabu, Juni 01, 2022 | Be the first to comment!

Keloid yang pertama karena bekas abis jatuh dari becak saat aku kecil. Kalau ini hanya kecil saja keloidnya di dengkul.  



Kemudian, saat aku dewasa, bekas operasi kolesistektomi (pengangkatan empedu) yang dulu juga muncul keloid memanjang di area tengah perut vertikal jadi mirip lintah panjang..... kata dokter, keloid itu bakat. Bakat? Hm... bakat kok keloid, kayak bakat (keahlian apa aja) hehe.



Ada yang bilang harus disuntik, dilaser, dioperasi dll. Tapi ada yang bilang kalau disuntik itu sakit, aku jadi takut juga. Pernah juga kuberi salep, tapi sampe entek banyak juga ga ngaruh. Akhirnya kudiemin aja. 

Kadang terasa gatal kalau pas lembab dan bersentuhan dengan baju. Tapi kata dokter ga boleh digaruk karena bisa makin menyebar keloidnya. Jadi dilema kan?

Lalu, koko iparku cerita kalau dia dulu waktu kecil pernah jatuh dan bekasnya juga muncul keloid kira kira diameternya 3 cm. Tapi hilang sendiri setelah dia memutuskan vegetarian. 3 tahun vegetarian dan keloidnya kempes dan mengelupas sendiri. 

Aku cuma mau tanya nih kawan-kawan yang pernah kena keloid dan jadi vegan, apa juga sama kayak koko iparku? Kadang kalau mau coba jadi vegan itu butuh perjuangan ya.. hihi...


Read More

Refreshing ke Taman Bunga Celosia

Moocen Susan | Senin, Mei 30, 2022 | Be the first to comment!

Setelah bayar pajak tahunan STNK ke Samsat, kami meluncur ke Bandungan, yes. Kami diajak adikku refreshing ke Taman Bunga Celosia Bandungan. Mumpung lagi libur. Perjalanan dari rumah sekitar sejam. 

Sampai di sana, bayar parkir Rp.5000,- per motor. Masuk ke taman bunganya bayar Rp.25.000,- per orang. Banyak sekali bunga di sana dan berbagai tempat untuk foto-foto. Ada juga foto dengan pakaian tradisional korea. Tapi aku ga sempat coba.


 

Kami dapat kupon untuk beli dragon ice, tapi rupanya kupon itu hanya potongan 5000. Kami harus tambah 20.000 lagi untuk beli dragon ice. Ada 1 kupon lagi senilai 10.000 untuk 1 orang untuk masuk ke lorong. Tapi kami ga pake semua kupon, kami makan di dekat parkiran.

Ada kolam renang, robot yang isinya manusia, pemandangan yang bagus. 

Aku juga naik bom-bom car karena dari dulu penasaran kepengen naik. Bayarnya 25.000 per 15 menit.



Read More

Pengalaman Bayar Pajak Tahunan STNK

Moocen Susan | Senin, Mei 30, 2022 | Be the first to comment!

Kemarin, Sabtu, 29 Mei 2022 aku bayar pajak tahunan STNK ke Samsat Online 1 Semarang. Sebenarnya jatuh temponya masih bulan Juli sih, tapi gapapa daripada lupa bayar. Hehe..

Begitu tiba di parkiran, banyak calo berseliweran. Bayar parkir Rp.3000,- . Masuk ke kantor Samsat ambil nomor antrian dan menuju ke pojok sendiri. Disitulah tempat untuk membayar pajak STNK. 

Rupanya, mesin antriannya lagi error jadi yang mau bayar pajak langsung menumpuk STNK dengan melepas plastik dan KTP asli di loket.

Setelah tiba giliran dipanggil baru kita bayar ke kasir dengan uang pas. STNK yang barupun bisa diambil. Udah gitu aja cara bayarnya.


Read More

Cara Membuat Label Undangan 121 di Ms Word

Moocen Susan | Kamis, Mei 19, 2022 | Be the first to comment!

Cara Membuat Label Undangan 121 :

1. Buat data di Ms.Excel meliputi : nama, di, tempat.

2. Buka Ms.Word 

- Mailings

-  Start mail merge 

- Label 

- New label 

- Nama label : Undangan 121 

Ukuran :

top margin : 0,2 cm (Batas Atas kertas)

side margin : 0,5 cm (Batas tepi, diukur dari sebelah kiri kertas)

label height : 4 cm (ukuran tinggi label)

label width : 8 cm (ukuran lebar label)

number across : 2 (Jumlah label ke kiri)

number down : 5 (Jumlah label ke bawah)

vertical pitch : 4,2 cm (Tinggi label + jarak antara label ke bawah)

horisontal pitch : 8,5 cm (Lebar label + jarak antara label ke samping)

page size : custom (ukuran kertas label)

page width : 17,5 cm (lebar kertas)

page height : 21,5 cm (tinggi kertas)

klik OK 

Cara memunculkan ruler : View - ruler 

Cara buat border : Ctrl+A - home - border 

Cara memasukkan data dari Excel ke Word :

- Mailings 

- Select recipients

- Use an existing list 

- Pilih file dokumen excelnya 

- Klik open - ok (muncul tulisan next record)

- Letakkan kursor di label 1 

- Pilih Insert Merge Field, pilih itemnya dan enter

Cara merapikan label agar tulisan ada di tengah:

Tekan Ctrl + A - layout - center 

Untuk memunculkan next record -> update label preview result 

Cara memasukkan ornamen:  insert - icon (holiday) - format - wrap text - in front of text 

Cara cetak label undangan mailing finish & merge edit individual document - all - ok - muncul file label 1 file - print

Read More

HASIL PAPSMEAR

Moocen Susan | Jumat, Mei 13, 2022 | 2 Comments so far

Tanggal 11 Mei 2022 aku ambil hasil papsmear (6 hari setelah pemeriksaan). Sepanjang perjalanan aku agak cemas dengan hasilnya. 

Setelah sampai di laboratorium aku tanda tangan telah terima hasil dan pulang ke kontrakan.
 

Sampai di kontrakan, aku buka dan baca ternyata aku terkena radang non spesifik ringan class 2. 

Kalau hasil urine kemarin ada bakteri +++ 

kalau hasil gula darahnya sih normal (negatif)

Aku sih ga ada keluhan gimana-gimana, paling BAK ku agak hangat tapi ga pernah nyeri, juga tidak keputihan, cuma memang sering pipis. Kupikir karena minum air ku cukup banyak entahlah aku belum periksa lagi ke dokter. Mungkin setelah ini. 

Apakah kalian ada yang pernah kena radang juga? Share di komen ya...

 

Read More

CARA MEMBERSIHKAN TANDON MPOIN DRAIN UNTUK PEMAKAIAN PERTAMA KALI

Moocen Susan | Kamis, Mei 12, 2022 | 2 Comments so far

Hari ini aku ke rumah baru kami dan melihat tangki masih belum terpasang juga. Suamiku menambahkan pipa tambahan di dalam tangki karena dia kuatir kotoran akan masuk ke saluran air bersih karena dekat sekali lubang antara saluran pipa see trough dengan lubang saluran air bersih.

Karena dia masuk ke dalam tangki akibatnya di permukaan dalam tangki membekas telapak tanggannya dan susah hilang waktu kita lap saja.

Akhirnya aku menanyakan permasalahan ini kepada admin Mpoin. Lalu dia memberikan tips cara membersihkan bagian dalam tangki yaitu dengan menuangkan 3-5 sendok makan kaporit per 1000 liter air di tangki saat malam hari. 

Besok paginya akan terlihat semua endapan yang menempel akan terlihat di pipa transparan lalu buka kran pengurasan hingga habis. 

Isi air dalam tangki kira-kira 200 Liter lalu kuras sekali lagi untuk pembersihan total. Dan setelah itu boleh diisi secara normal dan dipakai secara normal.

Semoga bermanfaat juga buat kalian yang pakai tangki Mpoin ya. 

Read More

CARA CETAK DOKUMEN SENDIRI DI PERSEWAAN PRINTER/ WARNET

Moocen Susan | Rabu, Mei 11, 2022 | 1 Comment so far

credit : freepik
Jadi hari ini aku mau ngeprint/ cetak dokumen berupa petunjuk pemasangan tandon mpoin ke persewaan printer/ warnet. Kebetulan dekat kontrakanku ada toko alat tulis yang menyediakan beberapa komputer lengkap dengan printer tinta suntik.

Nah ketika sampai disana, antrian cukup ramai. Penjualnya langsung menyuruhku untuk pakai komputer yang ada disitu dan cetak sendiri dokumenku.

Sedangkan filenya ada di whatsappku. Aku tanya gimana caranya ngeprint. Lalu penjaga toko bilang: "Pakai Whatsapp Web aja."

Langsung aku duduk di depan komputer dan buka google chrome lalu ketik link https://web.whatsapp.com/ 

kemudian klik icon titik 3 di pojok kanan atas

klik perangkat tertaut

klik tautkan perangkat 

arahkan HP ke komputer dan pindai kode QR

setelah itu pilih file yang akan dicetak, karena aku pakai ms word aku klik aja di chat yang ada file dokumenku. 

Begitu file word terbuka, langsung klik print. karena aku sudah setting layoutnya di rumah tadi.

Oya, tapi jangan lupa setelah selesai, harus log out dulu dari whatsapp web, agar aman. Caranya klik titik 3 di pojok atas lalu klik log out/ keluar.

Demikianlah caranya..

Read More

PENJELASAN MPOIN DRAIN

Moocen Susan | Selasa, Mei 10, 2022 | 2 Comments so far

Ketika kami memutuskan untuk membeli tandon meski ada tandon bawah yang disiapkan oleh developer, tapi suamiku bilang dia juga ingin pasang tandon atas sebagai cadangan. Jadi aku browsing tandon air yang berkualitas baik. Pilihanku jatuh kepada Mpoin Drain 600L

Kenapa memilih tangki Mpoin Drain? Karena kita tidak usah susah-susah menguras tandon dengan cara lama. Cukup buka aja bagian pipa see troughnya, maka air yang campur pasirpun dengan mudahnya keluar. Ga percaya? Cari aja reviewnya di youtube.

Alasan kedua, karena Mpoin Drain itu kuat dan anti bocor. Dilindas truk aja kuat, jatuh dari loteng jg tdk apa-apa tuh. Dan yang terpenting anti lumut meski ditaruh di luar.

Berhubung aku diminta suamiku untuk mencari tutorial cara pasang pipa di tangki air Mpoin Drain, akhirnya kurangkum saja biar jelas melalui gambar di bawah ini :


Jadi, ketika kita membeli tangki air MPOIN DRAIN, kita akan dapat bonus free J-venting, pipa see trough dan Pelampung otomatis.

Aku beli Mpoin Drain secara offline di toko langsung yang ukuran 600 Liter harganya 2.009.000 (th. 2022) dan kena ongkir 50 rb. (kalau beli online kayake gratis ongkir).



Sesuai dengan gambar di atas, ada 2 lubang di bawah tangki, yang satu untuk pembuangan/ kuras airnya dan yang satunya lagi untuk keluarnya air bersih menuju instalasi pipa air dalam rumah jika Anda meletakkan tangkinya di atas tower/ dak cor.

Sedangkan di bagian atas tangki ada 3 lubang :

1. Inlet = lubang air bersih yang masuk ke dalam tangki

2. J-venting untuk sirkulasi udara

3. lubang untuk disambungkan ke pompa air. 

Untuk cara pasang pelampung otomatisnya sudah aku tulis disini: (klik aja)

Ok, deh guys. Semoga postingan to the point ini bermanfaat.


Read More

Pelampung Otomatis Mpoin

Moocen Susan | Selasa, Mei 10, 2022 | Be the first to comment!

Mpoin Switch Water Level Control HM-70AB

Pelampung otomatis Mpoin Switch (alat pengukur persediaan air)

Mpoin Switch adalah alat pengatur persediaan air otomatis dari pompa ke dalam tangki maupun beralih fungsi ke pengurasan air dari dalam tangki. Serta menjaga agar air tidak terbuang percuma sehingga dapat memperpanjang umur pemakaian pompa air dan hemat listrik.

Mpoin Switch ini dilengkapi dengan 2 pemberat (pelampung)

 

Perhatian!

  • Matikan sumber listrik sebelum memulai pemasangan untuk mencegah kemungkinan kerusakan alat atau sengatan listrik.
  • Gunakan kabel yang berukuran sama pada seluruh rangkaian mulai dari sumber listrik atau stop kontak, Mpoin Switch dan pompa air.
  • Pemasangan harus dilakukan oleh ahli elektronik berlisensi, serta mengerti prosedur keamanan yang berlaku.

 

Spesifikasi :
Power Suply : 110/220V, 50/60Hz

Rating : 220V 7.5A/110V 15A

Connection : 3/4" G/1" G

Mounting Orientation : Vertical installation

Control Range : 0.2-5.0 Meters

Temperature Limits : 5-60 degree celcius

Max. Pump Power by Direct Control : :1.0 HP

 

Cara Pasang Pelampung Otomatis/ Mpoin Switch :

  1. Siapkan air
  2. Keluarkan semua bagian yang ada di dalam kardus
  3. Pasangkan Control Switch ke dalam tangki tanpa menggunakan bracket (karena tangki air Mpoin sudah terdapat Smart Inlet)
  4. Pasangkan Control Switch secara vertikal dengan memasukkan tali ke lubang tangki
  5. Putar Control Switch ke kanan hingga rapat terhadap Smart Inlet
  6. Isi kedua pemberat pelampung dengan air sampai penuh
  7. Ikat pemberat pelampung pertama dengan tali dan beri jarak + 10cm dengan Control Switch (pastikan posisi tutup pemberat berada di atas)
  8. Ikat pemberat pelampung kedua dengan tali dan beri jarak dengan pemberat pelampung pertama sesuai kebutuhan.
  9. Pastikan pemberat dan tali pelampung terikat dengan kencang dan tidak menempel pada dinding tangki.
  10. Sambungkan Mpoin Switch pada pompa air.
 

Cara Kerja Mpoin Switch (Pelampung Otomatis) :

Ketika permukaan air berada di batas tengah pelampung bawah pompa akan mulai bekerja untuk mengisi air ke dalam tangki, dan akan berhenti mengisi ketika ketinggian air mencapai batas tengah pelampung atas.


Read More

Nungguin Tandon Datang di Rumah Baru

Moocen Susan | Senin, Mei 09, 2022 | 2 Comments so far

Rumah kami baru 80% jadi, belum terpasang semua perlengkapan penting, misalnya sanyo, closet, kran, wastafel, shower, dll. 

Hanya listrik yang sudah terpasang tapi kami sudah diminta menandatangani perjanjian serah terima rumah. 

 

Agak aneh sih memang, tapi ya sudah lah ikutin aja kemauan developer. Mungkin memang tinggal di rumah cluster agak sedikit istimewa aturannya. 

 

Waktu tanda tangan serah terima rumah itu, kami disuruh menulis tanggal berapa mau dipasang perlengkapan. Tapi pas hari H ternyata baru diajukan pemasangannya dan menunggu antrian untuk dipasang. 

 

Menurut pihak mandornya bilang sehari 1 rumah padahal ada banyak rumah dengan request tanggal yang sama, jadi entah kapan tiba giliran rumahku. 

 

Dua orang tetangga kami, sudah nekad renov tanpa menunggu perlengkapan dipasang. Hari ini, tandon yang kami beli akan datang, jadi aku menunggu kedatangannya. Karena kata penjual tandon ga bisa dipastikan jam berapa datangnya. 

 

Ya wes, aku datang pagi ke sana.Aku ikut nunut suamiku sekalian pas dia berangkat kerja. Setelah selesai makan pagi di warung langganan kami sekalian berangkat sendiri naik ojol ke rumah baru dan menunggu tanpa kepastian. 

 

Pikirku mau mampir ke rumah tetangga baru daripada bengong sendiri di rumah kosongan. Tapi ternyata tetanggaku lagi keluar rumah jadi ya sudah aku menunggu aja ditemani nyamuk sambil sesekali tengok-tengok HP. 

 

Penjual tandon bilang kalau barang akan dikirim setelah makan siang. Aku tengok jam wedew masih lama, aku jadi laper dan akhirnya kumakan roti yang kubeli semalam, tapi masih laper juga plus haus. Panas pula, karena belum pasang kanopi. 

 

Ada tukang lalu lalang ngeliatin aku yang lagi ambilin batu bata buat ganjel tandon biar ga ngglundung nantinya, itu request suamiku. Karena kami pake tandon merek MPOIN Drain yang ada kaki-kakinya, jadi kakinya dan pelampung, J Venting dan Pipa See Trough ditaruh di dalam rumah aja yang bodynya di teras aja sambil dicengkal pake bata, biar ga dicuri orang kata suamiku. 

 

Jam menunjukkan pukul 12.00 WIB dan belum ada tanda-tanda kedatangan tandon. Akhirnya aku berkenalan dengan salah satu tetangga depan rumahku yang lagi bersih-bersih. Pas banget aku lagi order GO Food, soale shopee ga ada di daerah kami. Hiks- bye bye sopiput. 

 

Aku yang biasa order pake sopi dengan banyak pilihan menu favorit, sekarang jadi harus adaptasi lagi, coba-coba menu di merchant lain yang dekat di daerah kami. Tapi kayaknya nanti kalau pindah rumah baru aku akan belajar memasak hehe... semoga tidak hanya wacana tanpa realisasi haha....

 

Setelah dapat, aku langsung makan lagi dan minum es teh manis, hm berasa hidup lagi.. tadi sudah lemes banget karena haus. Jam menunjukkan pukul 14.00 WIB, akhirnya pak supir yang bawa tandon datang. Dan aku cek barang-barang lalu tanda tangan, abis itu aku laporan sama suamiku dan mandor developer buat masang tandonnya. 

 

Kata suamiku Pipa see troughnya mau dipasang dia sendiri. Aku balik ke kontrakan pukul 15.00 WIB langsung minum air es segelas penuh. Rasa panas pun sirna.

Read More

Pengalaman Periksa Gula Darah di Laboratorium Klinik

Moocen Susan | Sabtu, Mei 07, 2022 | Be the first to comment!
Jadi kemarin, aku dan suamiku mendapat kesempatan untuk memeriksakan gula darah gratis yang ditanggung BPJS di laboratorium klinik.
 
Saat aku mendaftar untuk ikut papsmear, petugas menawariku cek DM/IVA sekalian. Terus aku tanya, apa suamiku boleh ikutan juga? Karena dia suka sekali minum manis, jadi aku coba periksakan sekalian. 
 
Akhirnya petugas memberiku 2 buah formulir yang harus diisi disertai fotokopi BPJS. Tapi kalau ga ada fotokopinya, kartu BPJS asli juga ga apa-apa soale nanti bakal difotokopi sendiri oleh petugas di lab.
 
Petugas menjelaskan prosedur pemeriksaan DM/IVA sesuai postinganku sebelumnya disini

Kami pulang dan makan malam jam 9 malam. Aku sebenarnya ga biasa makan malam di jam itu, biasane aku makan malam terakhir jam 7, tapi karena untuk prosedur periksa ya sudah, setelah makan malam seperti biasa, kami makan roti lagi di jam 9 malam. Lalu puasa 8-12 jam.

Aku ingatkan suamiku buat makan juga, sampe tak alarm takut lupa. hihi...

Setelah itu aku ingatkan lagi buat bangun pagi-pagi biar ga telat ke laboratorium kliniknya. Jam 6 kami sudah bangun dan giliran mandi. Kira-kira jam 7 kami sudah sampai di lab.

Ada beberapa orang yang sudah datang juga, rata-rata mereka berusia di atas 50 tahun. Setelah ambil nomor antrian dan tiba giliran dipanggil, aku menyerahkan formulir tadi beserta kartu BPJS.

Setelah dipanggil, suamiku duduk di ruang pengambilan darah dan darah diambil dari lengan kiri. Setelah itu petugas memberikan wadah plastik kecil yang sudah diberi nama masing-masing untuk tempat urine. Jadi rupanya selain diperiksa darahnya, urine-nya juga ikut diperiksa. Banyak orang setelah diambil darahnya lalu lalang ke toilet buat BAK. 

Aku yang ga kebelet pipis pun aku paksain pipis akibatnya air seni yang keluar dikit banget mana ada yang tercecer di lantai pula. Jadi kan eman-eman dikit banget. Setelah itu langsung makan dan menunggu 2 jam lagi untuk diambil darah lagi.

Kata petugas, "Nanti jangan telat ya, tepat 2 jam kesini."

Aku sampe ingatkan suamiku juga, "Ko, kata petugase nti tepat 2 jam lho, kamu tadi makan jam berapa selesaine? itu diitunge dari makanan bar diemplok apa setelah ditelen? Apa sudah sampe usus? " kami jadi becanda kecil.

Karena masih 2 jam lagi, daripada gabut, suamiku ngajak aku keliling-keliling kota dulu. Suasana masih dalam rangka libur lebaran, sisa-sisa keramaian masih ada. Aku jadi kuatir kalau macet di jalan terus jadi molor. Tapi dia menenangkanku dan akhirnya kami memilih puter-puter disekitar lab aja.

Di tengah jalan, suamiku kebelet pipis, terus dia bilang. "Wah aku kebelet nih, cari pom dulu. Seharusnya memang pipis sekarang, nanti setelah diambil darahnya pipis lagi, itu pipis yang up to date katanya." Jian aneh-aneh ae pipis kok ada up to datenya. Berbeda denganku, aku justru nahan pipis karena tadi pas ambil urine pertama ga kebelet akhirnya pipise jadi sedikit, jadi biar banyak kutampung dulu lah pipisku. Hihi maap agak jorok.

Aku makan terakhir jam 07.20 WIB dan aku balik ke lab lagi kira-kira jam 8.59 WIB. Tiap kali kutengok jam digital yang terpasang di dinding lab itu. Wah kok masih lama jam 09.20 nya. Petugas tadi bilang juga, kalau nanti 5 atau 10 menit sebelumnya langsung duduk aja di ruang pengambilan darah. 

Aku pun duduk disitu dan suamiku tak ajak duduk juga karena kebetulan ada 2 tempat duduk. Petugas mengambil darah dan aku langsung ke toilet untuk pipis lagi dan benar saja, 1 cup penuh keluar pipisku. mantap betul. hehe

Setelah itu kami pulang dan jam 4 sore kami balik ke lab lagi buat ambil hasil. Singkat cerita, setelah kami ambil dan lihat hasilnya puji TUHAN, hasil gula darah puasa dan gula darah 2 JPP kami negatif alias normal semua. Syukur kepada TUHAN. Terima kasih BPJS sudah menanggung biaya pemeriksaan kami. Dan kekuatiranku tentang suamiku yang sering minum manis rupanya masih di ambang batas normal ya seimbanglah sama aktivitasnya.

 

Read More

Persiapan Pemeriksaan DM/IVA di Laboratorium

Moocen Susan | Kamis, Mei 05, 2022 | Be the first to comment!

Apa saja yang dilakukan sebelum melakukan persiapan pemeriksaan laboratorium untuk cek DM/IVA?

  • Puasa 8-12 jam, mulai malam hari hingga saat pengambilan darah. Misalnya makan malam terakhir jam 9 malam, ke laboratnya jam 7 pagi. Lalu diambil darahnya. Setelah itu makan dan puasa lagi 2 jam dan diambil darah lagi.
  • Pada saat puasa tidak boleh makan apapun termasuk permen karet
  • Jangan minum teh, kopi, susu atau minuman lain meskipun tanpa gula.
  • Jangan berpuasa lebih dari 14 jam
  • Boleh minum air putih tanpa gula
  • Perhatikan asupan karbohidrat. pastikan Anda mendapat asupan karbohidrat yang cukup selama 3 hari sebelum pemeriksaan
  • Hindari berolahraga dan melakukan aktivitas fisik yang berat paling tidak 12 jam sebelum pemeriksaan atau pengambilan darah.
  • Informasikan kepada petugas bila sedang mengonsumsi obat.
Read More

Gimana Rasanya Papsmear?

Moocen Susan | Kamis, Mei 05, 2022 | Be the first to comment!
kursi untuk pemeriksaan papsmear
Hari ini akhirnya aku jadi papsmear juga setelah kemarin sempat batal gara-gara jarak antar mens terakhir dengan pemeriksaan terlalu dekat yaitu baru 2 hari, sedangkan seharusnya minimal 5 hari baru bisa papsmear. dan karena masih libur lebaran jadi laboratnya tutup. Aku mens terakhir tanggal 22 April 2022 dan cek papsmear aku pilih tanggal 5 Mei 2022.
 
Berbekal formulir yang sudah kuisi beserta fotokopi kartu BPJS, aku meluncur ke laboratorium sarana medika semarang diantar suamiku.
 
Setelah menyerahkan formulir ke petugas, tiba-tiba dia menawariku screening diabetes juga. Aku merasa sangat bersyukur karena ada screening yang ditanggung BPJS juga. Petugas memberiku formulir screening DM/IVA.

Ketika tiba giliranku dipanggil, aku masuk ke ruang periksa dan kulihat ada semacam lubrican. Ada juga spekulumnya tapi dari plastik bening gitu tidak seperti di youtube dan ada seperti spatula buat ambil cairan dan kaca bentuk persegipanjang 2 buah untuk cek di mikroskop kali ya.

Aku diminta melepas CD dan "mekangkang" di kursi. Rasanya miss V berasa dijembeng. waktu spekulum masuk ada rasa semriwing dari lubricannya dan agak sedikit nyeri saat spekulume diputer. Tapi ga sakit banget, masih bisa ditoleransi rasanya. Kemudian cairan diambil dari miss Vku dan sudah selesai aja gitu. 
 
Setelah papsmear selesai rasanya ada sesuatu yang keluar dari Miss Vku kayak mak slurr.. cairan berasa keputihan gitu. Karena ada beberapa orang yang bilang ada sedikit darah yang keluar setelah dipapsmear ya aku agak waspada gitu jadi aku pakai pembalut eh tapi untung aja setelah kulihat di rumah ternyata ga ada darah. 
 
Hasil papsmear diambil 7-10 hari lagi ya kira-kira tanggal 12 atau 15 Mei 2022.

Kesanku saat periksa di laborat sarana medika semarang, petugasnya semuanya ramah, tempatnya bersih dan ada ruang makan juga yang disekat-sekat dengan kaca gitu.

Besok pagi, balik ke laborat lagi buat cek DM/IVA...
 
Read More

Mual Setelah Bangun Tidur ? Ini yang Kulakukan...

Moocen Susan | Jumat, April 29, 2022 | Be the first to comment!

Tadi malam, aku makan kekenyangan, terus diajak jalan-jalan suamiku ke rumah baru ambil kartu prabayar PLN sambil ngetes lampu motor.

Pulangnya langsung mandi dan bobo. Belum ada tanda-tanda mual, pas jam 6 pagi aku bangun kok perutku agak mual. Kuingat-ingat lagi kemarin siang kelihatannya aku makan agak kurang higienis, beli bihoon, masih ada bau bau tepung berase gitu. wah ini jangan-jangan kena bakteri lagi. Aduh ampun deh malas banget kalau kena Hpilory gara-gara salah makan.

Aku masih coba tahan. Biasanya sih kalau mual gitu aku langsung minum Supergreen Food bisa langsung reda setengah jam kemudian jadi karena aku ga stok pas SGF habis jadi ya pake cara alami. 

Di rumah ada pisang, begitu aku bangun, cuci muka, lalu gosok gigi meski agak mual. (jika mual setelah bangun tidur sebaiknya sih gosok giginya setelah makan aja) lalu aku minum air putih dan makan pisang lalu latihan pernapasan sebentar. 

Cucian seember penuh, mau nyuci kok perutku ga enak, jadi aku coba baringan sebentar sambil olesin minyak kayu putih. 

Setelah agak enakan, aku keluar cari air kelapa muda, sayange belum buka. Jadi kulanjut nyuci dan untung aja ga sampe muntah dan mualnya hilang. Aku pun bisa makan pagi seperti biasa.

Wah bener-bener ini perutku exclusive banget, ga bisa kena yang ga bersih. Puji Tuhan, sudah baikan.

Read More

Kontrol Hasil Cek Lab Urine....

Moocen Susan | Kamis, April 28, 2022 | Be the first to comment!

Jadi Rabu kemarin, aku kontrol ke dokter untuk menunjukkan hasil cek lab urine ku yang hasilnya ada bakteri +++ seperti ini:


Aku berangkat ke dokter sendiri karena suamiku kerja, sampai disana aku langsung menuju ke Pendaftaran Anjungan Mandiri dan dibantu satpam untuk masukkan nomor rekam medis terus aku langsung naik ke lantai 2 menyerahkan berkas ke perawat, seperti biasa ditimbang dan ditensi. BBku 40,14 kg. 

Aku menunggu giliran dipanggil ke ruang dokter. Jadwal dokter jam 3 sore tapi baru datang jam 4 lebih. Tidak banyak penjelasan, begitu dokter melihat hasil urineku langsung ketik-ketik nama obat di komputer dan memberiku antibiotik untuk 30 hari sekaligus, baru kali ini dapat antibiotik selama itu. 

Tadinya dokter tanya, obat yang kemarin belum diambil ya? Jujur aku ga ngeh, pikirku kemarin cuma disuruh cek urine aja, karena lupa kuambil obatnya jadi obat yang buat 15 hari itu tetep dikasi dan ditambahi antibiotik lagi 15 hari. itu memang gitu apa prosedural sih sampai sekarang ga paham.

Levofloxacin 500 tab 15 tablet diminum 1x1 setelah 15 hari ganti minum Cotrimoxazole Forte yang mengandung Sulfamethoxazole 800 mg dan trimethoprim 160 mg dan kaplet salut selaput. dan yang bikin takjub dokternya menyarankan minum air milagros 5 botol (1/2 botol per hari ) 

pikirku apa dokternya member milagros ? 

Waktu lihat obatnya segede gaban, aduh males banget minumnya, aku agak susah menelan yang gede-gede gitu. dan namanya minum antibiotik itu benar-benar butuh perjuangan karena jangan sampai lupa minum dan harus dihabiskan. Andai aja ada bentuk sirup pasti lebih mudah atau minimal tablet bulet lha ini lonjong...mmmghhh... alamak.

Dokternya sih ga bilang apa-apa, tapi menurutku aku kena ISK lagi, soale sering pipiz. kalian pernah ISK juga kah? 

Setelah dari ruang dokter, aku turun ke lantai 1 untuk ke bagian pendaftaran lagi, dijadwalkan kontrol sebulan lagi. setelah dari situ lalu balik ke lantai 2 lagi antri obat. Ternyata ada obat yang kurang 23 tablet jadi 2 hari lagi aku mesti balik rs buat ambil kekurangannya. Mana mau papsmear pula.

Pulang dari RS aku dijemput suamiku, dan kami pergi ke Superindo buat cari buah dan makan malam di rumah. Kami ngobrolin seputar ISK dan dia cari-cari artikel tentang ISK, padahal biasanya kalau di rumah main game mulu. Tapi kali ini so sweet banget... mulutnya tak brenti ngomelin aku yang bandel ini. 

Setelah itu aku coba tanya ke dokter spog lainnya lewat youtube eh kok sepemikiran sama aku, katanya jangan sering-sering minum antibiotik dan diminta cari second opinion.

Lagipula di hasil lab urine ku semuanya baik, ada pendarahan karena lagi mens aja, untuk lekositnya juga bagus. Aku juga baca artikel di alodokter dan klikdokter, disitu dikatakan tidak semua ISK perlu diobati dengan antibiotik karena bisa sembuh sendiri dengan memperbanyak minum air putih agar bakteri keluar bersama urine dan tidak semua hasil lab urine yang menunjukkan bakteri positif itu karena infeksi. 

Dan ISK itu bisa kambuh kalau kita tidak menjaga kebersihan. Rasa sering pipisku ini mungkin karena ada 2 faktor, yang pertama karena ISK yang kedua mungkin karena mioma jenis subserosa yang menekan kandung kemih. Masih ingin cari dokter yang enak diajak konsultasi / komunikatif.

Sekarang yang bisa kulakukan hanya banyak minum air putih, menghindari makan ayam (karena banyak disuntik hormon), daging merah, mie,roti dan lebih banyak makan sayur dan buah.

Untung aja aku punya suami yang ga doyan ayam juga jadi aku ono koncone. Semenjak aku berhenti makan perdagingan ukuran miomku jadi mengecil.


Read More

Cara Membuat Pixel Stretch Effect

Moocen Susan | Selasa, April 26, 2022 | 2 Comments so far

Aku punya gambar dimana background warna putih dan foto objek dengan background file PNG (aku beri judul : za) seperti ini:


Tekan Ctrl+J pada "za" sehingga muncul gambar duplikatnya lalu klik icon mata (indicates layer visibility) "za"


Klik Single Colomn Marquee Tool


Klik pada gambar sehingga membentuk garis vertikal putus-putus seperti ini


Tekan CTRL+J pada "za copy" sehingga muncul layer 1 dimana layer ini adalah hasil duplikasi dari single colomn marquee tool za copy

Delete Layer "za copy" dengan cara klik kanan pada "za copy" lalu klik Delete, sehingga tampilannya seperti ini:


Munculkan kembali layer "za" sehingga tampilannya seperti ini:


Pindahkan layer "za" ke atas dengan cara klik pada layer "za" lalu seret mouse ke atas sehingga tampilannya seperti ini:

Tekan CTRL+T dan lebarkan posisi layer 1 dengan cara seret mouse ke kanan dan kiri seperti ini:

Seret sesuai keinginan sehingga tampilan backgroundnya jadi full. Tapi kalau mau dibuat melengkung bisa klik CTRL + T lalu edit - wrap dan seret ujung-ujungnya sesuai keinginan Anda


Demikianlah cara membuat Pixel Stretch Effect. Semoga bermanfaat.

Read More

RANGKUMAN CATATAN BELAJAR PHOTOSHOP CS6

Moocen Susan | Selasa, April 26, 2022 | 2 Comments so far

1. Cara membuat dokumen baru di Photoshop 

Tekan Ctrl + N atau File → New 

2. Membuat tampilan penuh : Ctrl + 0 

3.  Duplikat layer : Ctrl + J

4. Alt+Move (duplikat dan memindah gambar)

5. Ctrl + G : mengelompokkan layer (grup)

6. Zoom Tool (Z)

7. Alt+ Scroll up (Zoom In)

8. Alt + Scoll Down (Zoom Out)

9. Spacebar+MoveIt! (PAN)

10. Move Tool (V) : untuk memilih dan memindah objek - aktifkan auto select

11. Rectangular Marquee Tools Family (M)

12. Ctrl +T : mengubah ukuran/rotasi secara bebas 

13. Ctrl + D : menghapus seleksi yang sedang aktif

13. Feather (69px) untuk menghaluskan tepian hasil seleksi

14.Single Row Marquee Tool untuk membuat pixel stretch effect


Read More

RENCANA PAPSMEAR BATAL ....

Moocen Susan | Senin, April 25, 2022 | Be the first to comment!

Jadi hari Minggu kemarin, aku diantar suamiku periksa papsmear di laboratorium. Papsmear ini adalah papsmear pertamaku dan untungnya ada program papsmear gratis yang ditanggung BPJS. Aku awalnya mendaftar papsmear lewat faskes 1. Untung masih ada kuota. Lalu aku dibantu petugas faskes 1 untuk mengisi surat pernyataan belum skrining dan surat pengantar skrining.

Sampai di laboratorium yang ditunjuk, aku menyerahkan fotokopi kartu BPJS dan formulir surat pernyatan belum skrining dan surat pengantar skrining. Lalu petugas menanyaiku kapan terakhir mens. karena aku baru selesai mens 2 hari lalu jadinya batal deh ga jadi papsmear, karena menurut petugas baru boleh papsmear minimal 5 hari setelah haid terakhir. dan karena minggu depan sudah libur lebaran jadi ya ditunda periksa papsmearnya.

Dan petugas memberiku formulir lagi untuk diisi jadi besok kalau mau papsmear tinggal dibawa dan diserahkan ke petugas lagi. Formulirnya yaitu Bukti pelayanan peserta program papsmear BPJS kesehatan dan anamnese papsmear serta formulir permohonan pelayanan deteksi ca serviks (papsmear) dan ada juga form pemeriksaan CBE/Sadari.

Ditunggu cerita selanjutnya tentang papsmearku.

Read More

APA ITU PAPSMEAR ?

Moocen Susan | Senin, April 25, 2022 | 1 Comment so far

Papsmear adalah suatu pemeriksaan miroskopik terhadap sel-sel permukaan leher rahim yang diperoleh dengan mengambil sedikit lendir leher rahim sehingga dapat diketahui berbagai jenis kelainan leher rahim.

Kelainan apa saja yang bisa diketahui melalui pemeriksaan Papsmear?

  • Mendeteksi penyebab penyakit infeksi seksual seperti keputihan
  • Mengetahui ada atau tidaknya peradangan di daerah kewanitaan
  • Mendeteksi adanya parasit (Trichomonas), jamur (candida sp), bakteri maupun virus di daerah kewanitaan.
  • Sebagai uji penyaringan untuk menemukan perubahan keganasan atau pre kanker leher rahim sedini mungkin.

Persiapan sebelum melakukan pemeriksaan Papsmear:

  1. Tidak sedang menstruasi
  2. Tidak dalam keadaan hamil
  3. Tidak melakukan hubungan suami isteri sehari sebelum pemeriksaan
  4. Tidak menggunakan obat yang dimasukkan ke dalam liang vagina sehari sebelum pemeriksaan
  5. Setelah haid bersih minimal 5 hr setelah haid terakhir.
Semua wanita yang pernah kontak seksual dianjurkan melakukan pemeriksaan papsmear secara rutin minimal setahun sekali.
Read More

PERTANYAAN SEPUTAR UBT (Urea Breath Test)

Moocen Susan | Jumat, April 22, 2022 | 2 Comments so far

Kemarin, aku mendapat pertanyaan dari mas Obien setelah beliau menonton videoku yang judulnya Bakteri H Pilory. Dia tanya begini:

Lalu setelah ada bakteri H Pilory mbak diterapi apa? dan Untuk mengetahui masih ada tidaknya H Pylori mbak menggunakan tes apa? Apakah dengan Endoskopi lagi atau bagaimana?

Ok, jadi dulu setelah endoskopi dan biopsi aku didiagnosis ada bakteri H Pilory. Kemudian dokter memberiku antibiotik diminum sampai habis. dan setelah antibiotik habis aku tidak melakukan tes apa-apa lagi. Lagipula sudah tidak ada keluhan nyeri maupun mual muntah. Jadi ya cukup dengan minum antibiotik dari dokter sesuai anjuran sampai habis. kalau tidak salah dulu sehari 2x ya setiap 12 jam. Untuk nama obatnya aku ga bisa rekomendasikan karena harus sesuai resep dokter.

Tapi beberapa tahun kemudian, pas aku muntah-muntah lagi karena kecentok makan sampai masuk IGD dan diendoskopi lagi serta biopsi ternyata sudah tidak ada bakteri h pilorynya.

Lalu mengenai UBT (Urea Breath Test) 

1. Apakah tes UBT bisa dicover oleh BPJS? Setau saya tidak ya.

(Ga semua pemeriksaan laboratorium dicover oleh BPJS Kesehatan, kalau pemeriksaan dilakukan atas indikasi medis dan sesuai kategori yang sudah ditentukan maka pemeriksaan dapat ditanggung sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan. Tapi jika tidak maka pasien harus bayar sendiri biaya pemeriksaan tersebut.)

2. Apakah sesudah endoskopi dan hasilnya positif H.Pylori lalu sdh diterapi antibiotik sampai 14 hari, utk mengetahui masih ada tdknya H.Pylori, bisa menggunakan endoskopi lagi? ( kebetulan di cover BPJS )  Kalau ini tidak ya. jadi biaya sendiri. Tapi kata dokter kalau sudah minum antibiotik sampai habis/ tuntas ya pasti kumannya sudah mati. Didukung dengan sudah tidak ada keluhan lagi. Tapi kalau Anda kurang yakin bisa tes UBT dengan biaya sendiri.

3. Untuk tes UBT.. kira2 biayanya berapa ya.. (Mohon dijawab untuk sekitarannya aja berapa ?) terima kasih atas perhatian dan jawabannya ya mbak...

Menurut petugas kliniknya, biaya UBT Rp.800.000 syaratnya 2-4 jam sebelum pemeriksaan harus puasa dulu. TIDAK MINUM obat-obatan (PPI) 2 minggu sebelumnya dan antibiotik 1 bulan sebelumnya (tujuannya agar nanti hasilnya tidak menunjukkan negatif palsu) dan karena ini lagi masa pandemi sebelum periksa harus tes PCR dulu. 

Untuk info lengkapnya Anda bisa tanyakan ke laboratorium terdekat di kota Anda masing-masing yang menyediakan fasilitas UBT. 


Read More