Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • JUAL SUPERGREENFOOD

Apakah Keloid Bisa Hilang ?

Moocen Susan | Rabu, Juni 01, 2022 |

Keloid yang pertama karena bekas abis jatuh dari becak saat aku kecil. Kalau ini hanya kecil saja keloidnya di dengkul.  



Kemudian, saat aku dewasa, bekas operasi kolesistektomi (pengangkatan empedu) yang dulu juga muncul keloid memanjang di area tengah perut vertikal jadi mirip lintah panjang..... kata dokter, keloid itu bakat. Bakat? Hm... bakat kok keloid, kayak bakat (keahlian apa aja) hehe.



Ada yang bilang harus disuntik, dilaser, dioperasi dll. Tapi ada yang bilang kalau disuntik itu sakit, aku jadi takut juga. Pernah juga kuberi salep, tapi sampe entek banyak juga ga ngaruh. Akhirnya kudiemin aja. 

Kadang terasa gatal kalau pas lembab dan bersentuhan dengan baju. Tapi kata dokter ga boleh digaruk karena bisa makin menyebar keloidnya. Jadi dilema kan?

Lalu, koko iparku cerita kalau dia dulu waktu kecil pernah jatuh dan bekasnya juga muncul keloid kira kira diameternya 3 cm. Tapi hilang sendiri setelah dia memutuskan vegetarian. 3 tahun vegetarian dan keloidnya kempes dan mengelupas sendiri. 

Aku cuma mau tanya nih kawan-kawan yang pernah kena keloid dan jadi vegan, apa juga sama kayak koko iparku? Kadang kalau mau coba jadi vegan itu butuh perjuangan ya.. hihi...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...