Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • ORDER DESIGN
  • ABOUT ME
  • JUAL KEFIR
JASA DESIGN BLOG KHUSUS BLOGSPOT & JUAL PRODUK KEFIR

Penyebab dan Solusi GERD

Agustinadian Susanti | Minggu, Juni 21, 2015 | |
   Lagi-lagi bahas GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). Ya, soalnya akhir-akhir ini saya sering banget dapat curhatan dari temen-temen penderita GERD. 

   Buat yang belum tau apa aja kebiasaan kita yang salah yang bisa mengakibatkan sakit GERD, simak tulisanku yuks.

Apakah kamu sering merasa depresi dan susah move on, serta juga punya kebiasaan berikut ini: 
  1. Telat makan hingga sakit maag dari (ringan, kronis, akut) 
  2. Suka makan mie instan atau junk food lainnya 
  3. Perokok berat, (ngerokok kok  brasa ngemil /kalau ga ngrokok ga keren mungkin) 
  4. Ngopi berlebihan (secangkir demi secangkir, lama-lama satu drum) 
  5. Minum-minuman keras (*bukan es batu) 
  6. Begadang tiap malam, ingat kata Bang Rhoma, ♪♪Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya…♪♪
  7. Kesentor kipas angin/AC waktu tidur karena sumuk/gerah/ panas bak di neraka. 
  8. Hobby makan coklat berlebihan apalagi saat hari valentine yang ngasih coklat banyak bingits sayang ga dihabisin gitu? 
  9. Punya kebiasaan sehabis makan langsung tidur-soale ngantuk atau makan sambil tiduran 
  10. Makan tergesa-gesa kayak dikejar deadline 
  11. Kurang olahraga 
  12. Suka makan berlemak (seafood, keju) berlebihan 

   Jika kamu merasa sering punya kebiasaan-kebiasaan diatas, hentikan segera, ubah gaya hidupmu jadi lebih sehat agar GERD tidak menyerangmu. 

    Jika kamu sudah terkena GERD, yang sabar aja ya menjalaninya. Memang ga mudah buat jaga makan biar ga kambuhan atau menjaga hati dan pikiran biar ga gampang stress hingga asam lambung jadi over produksi serta bisa naik ke kerongkongan yang menyebabkan rasa tidak nyaman di tenggorokan kemudian susah menelan makanan berasa makanan yang kita makan ga mau turun ke lambung. Mual sepanjang hari, kembung, sendawa terus. Ga mau kan kayak gitu? 

    So, kalau kamu sudah punya sakit maag jangan diabaikan. Kalau kamu gampang stress jangan terlalu mbatek mikirnya apalagi mikir hal yang belum tentu terjadi. Hey, guys belum tentu yang kita pikirin itu kejadian lho. 

   Rata-rata orang yang sakit GERD itu butuh motivasi dan semangat buat ngejalanin harinya. Soalnya suka cemas berlebihan. Itu bukan lebay!! Sekali lagi bukan! Itu hal wajar yang bisa dialami siapapun yang sakit GERD. 

   Buat kamu yang lagi berjuang melawan kecemasan akibat GERD, jangan putus asa. Coba belajar lebih santai dalam hidup ini. Belajar buat mensugesti diri sendiri dengan pikiran-pikiran yang positif. 

   Kalau lagi parno waktu makan berdoa dulu sebelum makan asal kamu mau jaga makan dengan nggak makan makanan yang dipantang meski pengen banget, kurasa aman-aman aja kok. 

   Kalau udah ngerasa baikan dikit aja jangan langsung balas dendam dengan makan makanan yang dipantang. Lambung kita ini butuh waktu buat penyesuaian. 

   Sekali lagi kalau ada masalah jangan dipendam, utarakan dengan orang yang bersangkutan dan kalau dia ga mau mengerti atau ga bisa diajak komunikasi coba alihkan rasa tertekanmu itu dengan menulis sebagai terapi stress. 

   Nulis apa aja yang kamu rasakan, jangan minder dengan tulisanmu. Anggap aja ketika kamu nulis itu kayak curhat chatting sama temenmu. Sadari apa saja yang kamu rasakan, terima dengan ikhlas seluruh rasa tidak nyamanmu. Kalau kamu belum punya blog kamu bisa kirim curhatan kamu ke blog yang aku buat disini.

   Rasa tidak nyaman di tenggorokan saat pagi hari atau saat cuaca dingin memang menyiksa. Tapi berdasarkan pengalaman saya, ketika pikiran kita sibuk dengan aktivitas, rasa tidak nyaman di tenggorokan itu perlahan hilang. Bisa juga kita bantu dengan minum air hangat pelan-pelan dan latihan pernafasan. 

   Kamu pasti sembuh, yakin sembuh, setiap ada masalah berat yang menekanmu ingat jangan sampai berpikir terlalu keras, soalnya asam lambungnya nanti bisa ikutan keluar berlebihan. 

   Tiap ada masalah, ingatkan diri sendiri, sabar sabar jangan stress, serahkan pada Tuhan. Semua akan baik-baik aja. Kekuatiran ga akan menyelesaikan masalahmu. Semua butuh waktu untuk sembuh. 

   Dan untuk masalah makan, kalau kamu mau kamu bisa coba makan dengan pola food combining. Gabung aja di grup FB : sehat dengan food combining. 

   Oke guys, yang semangat! Sory aku cuma bisa kasih motivasi ke kamu semua karena aku bukan dokter. Aku hanya survivor Bile refluks yang ingin melihat kamu semua sembuh dan ga alami sakit kayak aku. Kalau kamu semua bisa sembuh jangan lupa berbagi dengan yang masih berjuang melawan sakit GERD. 

    Kamu ga sendiri guys, ada banyak orang diluar sana yang ga kamu tahu yang juga sakit GERD dan mungkin lebih parah lagi, hanya saja mereka ga ngasih tahu kamu kalau lagi sakit hehe .. ya ga mungkin gitu kali ya hahaha.. 

    Banyak ketawa ya guys, jangan membatasi dirimu dengan pikiran yang menekan. Hati yang gembira adalah obat guys..apa yang bikin kamu happy lakukan, jangan ditahan-tahan. 

   Jangan pedulikan omongan orang yang negative. Kecenderungan kita yang lemah di hati dan perasaan ini harus diatasi dengan positif thinking. Kalau saya bisa melewati yang lebih parah, kamu pasti bisa juga kok. Hidup ini terlalu indah untuk disia-siakan..

28 komentar:

  1. Wah, aku belum bs move on dr mie instan nih Mak :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah jangan sering sering mak. ati ati ya

      Hapus
  2. sepertinya saya masuk point yang ke 2 sama 4 dech mbak :-)

    BalasHapus
  3. Suamiku punya Gerd... lumayan bawel sekarang penyediaa makanannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe sabar mak. emang begitu makannya susah. sekarang gmn keadaannya

      Hapus
  4. Baru denger ttg penyakita gerd mbak. Hadewww , itu kebiasaanburuk saya ada didaftar semua. Harus kembali hidup sehat nihhh kayaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak... segera miliki gaya hdp yang sehat

      Hapus
  5. akupn mulai nerapin makan dan minum yg sehat mba... kopi ato teh sebisa mungkin g aku sntuh lg..apalagi soft drink, drdulu emg ga suka.. lumayan berhasil lah... tp suami nih yg susah bgt diksh tau :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus itu mbak Fanny.. emang susah sih kalau ngasih tau orang yang blm mengerti. mgk perlu didoakan haha

      Hapus
  6. Habis makan terus ngantuk terus bobo. Aku banget nih. Untung sih kebiasaan makanku masih cukup 'sehat' , mudah2n terhindar dr Gerd. Serem juga nama penyakitnya..wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mak, boleh sih baringan tapi dkasih jeda minimal 3 jam

      Hapus
  7. bahasan GERD lagi rame, nih. Terutaa sejak wafatnya Didi Petet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya? Didi Petet apa meninggal karena GERD? baru tahu saya :D ga update info ketinggalan.. hihi.. mgk dia kegemukan

      Hapus
  8. ya semangat buat kita mba susan... iki mendingan tapi ya kadng kumat2an lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. pikirannya yg tenang jgn masukin omongan yg menyakitkan hatimu

      Hapus
  9. Mie Instant dulu suka bgtt. Tapi sekarang biasa saja. :D

    BalasHapus
  10. sekarang aku udah jarang makan mie instan mba rasanya udah engga mood lagi deh makan mie hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus tu kalau bisa berhenti makan mie instan.. malah sehat

      Hapus
  11. Aku baru tau soal si GERD ini. Pernah denger tapi taunya cuman asam lambung naik, aja. Makasih ya infonya, mbak.

    BalasHapus
  12. Mbak saya memang punya maag akut, udah sebulan ini tenggorokan saya susah menelan dan ga nyaman kepala sering keleyengan dan lemes banget. Saya cek ke dktr katanya iritasi dari lambung. Apa saya gerd mbak ya? Perasaan tuh selalu ga tenang gelisah aja bawaanya.

    BalasHapus
  13. Masih berjuang pasca suspect typoid dan sekarang muncul lagi GERDnya, habis kemarin diopnam dan disuruh cepet masuk kerja sama si boss. Banyak yang ga percaya si strong ini sakit, mesti tetep berpikir positif, happy, dan jaga pola makan walau di perantauan. Saya doakan semoga kita semua cepat sembbuh dan happy..Aamiin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa itu typoid? Gmn keadaannya skrg mb nanda?

      Hapus
    2. Apa itu typoid? Gmn keadaannya skrg mb nanda?

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Categories

Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...