Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • ORDER DESIGN
  • ABOUT ME
  • JUAL KEFIR
JASA DESIGN BLOG KHUSUS BLOGSPOT & JUAL PRODUK KEFIR

Cara Mengatasi Refluks Asam Lambung Alami

Agustinadian Susanti | Rabu, September 16, 2015 |
    Refluks asam lambung adalah berbaliknya cairan asam lambung dari perut ke kerongkongan. Biasanya ada rasa sesak di dada/ bahkan heartburn (rasa terbakar di dada)

   Biasanya hal ini terjadi karena terlambat makan, makan makanan berlemak tinggi sehingga produksi asam lambung berlebihan, atau makan makanan yang mengandung banyak gas.

    Nah, soal refluks ini saya sudah bertahun tahun mengalaminya sembuh kumat sembuh kumat, biasanya kalau lagi banyak pikiran suka gitu. Ada rasa mengganjal di tenggorokan setiap bangun tidur. Rasanya ingin terus meludah, tapi bukan air liur yang keluar melainkan cairan asam lambung yang bentuknya kayak busa sabun cuci.. ups jangan dibayangin.. hehe. Ntar kalau nyuci malah kepikiran hiii kayak asam lambung.. 

   Kemarin saya muntah-muntah, karena salah makan. Makan makanan yang ga fresh bisa muntah, udah gitu selesai muntah, asam lambungnya masih keluar terus seakan ga mau berhenti. Kalau ga dimuntahin perut nyeri, sakit rasanya di tenggorokan kayak iritasi gitu. Saya ingat saya makan sawi. Minum air gula hangat di pagi hari. Ternyata saya ga berhenti muntah asam lambung. 

Cara mengatasinya gimana? 
1. Ubah dulu kebiasaan kita. Jangan tidur sehabis makan atau makan sambil tiduran Jangan kesentor kipas angin kalau pas tidur 
2. Ubah menu makanan. Jangan makan makanan berlemak tinggi/ yang banyak gasnya. Makan berlemak tinggi misalnya seafood/ikan laut, sambal sate/kacang tanah, coklat, keju,susu, dll 
3. Makan setiap 2-3 jam sekali ga selalu nasi tapi bisa cemilan buah paling bagus pisang raja dapat memperkuat otot LES 
4. Jika terjadi refluks coba latihan pernafasan. Ambil nafas dalam dalam tahan sebentar lalu hembuskan pelan-pelan. Minum air hangat 
 5. Sebelum makan minum ranitidine 150mg 2x1 tab (konsultasi dulu sama dokter kalau ini) 
6. Makanlah begitu merasa lapar jangan menunda / malas makan. 
7. Minum air hangat dengan perasan JERUK LEMON. bisa juga pake jeruk nipis, cocokan aja.

   Caranya ambil air hangat sekitar 250ml. lalu peras jeruk lemon secukupnya, bisa ¼ atau ½ irisan dulu baru diaduk pake sedotan minumnya supaya tidak merusak email gigi.

11 komentar:

  1. Wah. Saya suka mengalamin kayak gini. Biasanya kalau habis sakit batuk

    BalasHapus
  2. permasalahan lambung ya pas aku kuliah
    Terobsesi pengen kurus aku stop nasi 4 semester. Berat bdn yg semula 43 kg langsung anjlok mpe pernah jadi 34, 36 kg....trus aku diceramahin teman teman n ortu akhir ya skarang balik lg ke habit lama, makan kayak biasanya berat badan jadi 47 kilo hahahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan terobsesi pengen kurus mbak. tapi BB yang ideal aja. makan tetep 3x sehari

      Hapus
  3. Baru tau kalau itu namanya refluks asam lambung, padahal aku beberapa kali ngalami, hehehe. Makasih infonya ya, Mak Susan :*

    BalasHapus
  4. Mba ,, mau tanya, saya penderita GERD , byk yg menyarankan utk mnum prasan air lemon , nmun krn takut , saya mncoba infused water ( irisan lemon d campur air angat ) , stelah mnum , maagnya perih dan bkin saya panik , mkin gk berani nyoba yg lemon :( apa mba gk da msalah mnum air lemon ? Trm ksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. begini mbak, pada dasarnya kondisi masing masing orang berbeda satu sama lain. kalau mbak ga cocok lebih baik jangan diteruskan ya

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...