Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • JUAL SUPERGREENFOOD

Q&A Keluhan GERD PAK UKAR

Moocen Susan | Jumat, Maret 29, 2024 |

Hi Moosufans, 

Hari ini aku mau jawab pertanyaan seputar penyakit asam lambung naik/ GERD lagi. Ada pak Ukar yang mengeluh tenggorokannya mengganjal, sering sendawa, dan perut berdenyut, rasanya semua urat pembuluh darahnya berdenyut kencang. beliau sudah cek EKG dan hasilnya normal.

Sebelumnya disclaimer dulu ya, aku bukan dokter jadi hanya share pengalaman karena kebetulan aku dulu juga pernah sakit asam lambung cukup lama.

Penyebab sensasi seperti rasa mengganjal di tenggorokan itu karena terjadi refluks asam lambung jadi asam lambungnya naik dan mengiritasi tenggorokan. Akibatnya penderitanya susah menelan makanan karena rasa ngganjel di tenggorokan tadi.

Kenapa bisa terjadi refluks asam lambung? Penyebabnya karena otot LES melemah, LES =  Lower Esophageal sphincter ini letaknya di bawah kerongkongan. Fungsinya untuk mencegah asam lambung berbalik arah ke kerongkongan.

Apa penyebab otot LES melemah?

penyebabnya beragam ya, bisa karena penderitanya terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak tinggi contoh coklat, faktor usia, kegemukan, atau bahkan kehamilan, tapi kan pak ukar cowok ya jadi ga mungkin karena kehamilan hehe.

Cara mengatasinya gimana biar otot LES menguat?

Anda bisa coba latihan pernafasan diafragma, atau yoga untuk menguatkan otot LES, bisa cari di youtube tutorialnya ya.

Kemudian menganggapi tentang keluhan perut berdenyut dan rasanya urat pembuluh darah berdenyut kencang itu mungkin pak Ukas sedang cemas berlebihan, banyak pikiran, stres. Rata-rata penderita gerd dan kecemasan berlebihan sering mengeluhkan hal ini, ketika cek EKG karena mengira sakit jantung ternyata normal dan ini kadang bikin mereka bingung dan penasaran. trus aku ini kenapa? Ya nggak?


Kalau kita makin cemas, otot jadi tegang semua, segala sensasi yang muncul jadi beban pikiran.

coba untuk rileks, mungkin bisa dibantu dengan belajar meditasi, mendengarkan musik yang menenangkan, berdoa. 

Ga memungkiri kadang ketika kita ada masalah berat jadi beban pikiran, apalagi kalau kita orangnya pemikir, pencemas, serta perfeksionis. Wah itu rasanya susah kontrol pikiran. Kalau sudah begini biasanya butuh ke psikolog atau psikiater untuk diterapi.

Dan saranku buat pak Ukar serta teman-teman yang lain yang mungkin mengalami keluhan yang sama, jika Anda ingin sembuh dari sakit GERD selain minum obat dokter sesuai anjuran, coba ubah gaya hidup dan pola makan jadi lebih sehat, kurangi makanan pedas, bergas, gorengan, mie, jangan terlambat makan, makan teratur, kalau makan kunyah pelan-pelan sampai lembut baru ditelan, 

kalau habis makan jangan langsung tiduran beri jeda waktu minimal 3-4 jam sebelum tidur malam. Stop rokok kalau mungkin pak Ukar merokok, turunkan berat badan jadi ideal kalau mungkin pak Ukar obesitas, dan yang terpenting belajar kelola stres. 

Jangan mbatek mbatek nek mikir ya pak, saya tidak tahu apa masalah yang sedang dialami tapi serahkan pada TUHAN masalah Anda. Biarkan TUHAN menyelesaikan bagian yang tidak bisa Anda atasi. Berserah bukan pasrah, tetap berusaha yang terbaik yang bisa dilakukan.

Ini ngaruh banget ke kesembuhan Anda pak Ukar. 

Ok segitu dulu saran saya, buat teman-teman yang ingin sharing atau bertanya seputar penyakit asam lambung, liver dan empedu bisa tulis di kolom komentar youtube ini, jika ada waktu akan aku balas lewat video. 

Semoga bermanfaat dan selalu salam sehat luar biasa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...