Udah hampir setahun aku pake BPJS. Bayar rutin per bulan kelas 3- Rutin ga pernah nunggak karena autodebet-langsung dipotong dari tabunganku dan aku juga sangat paham prosedur BPJS.
Hingga hari ini aku dirujuk ke Rumah sakit yang cukup bagus di kota Semarang yang tidak bisa kusebut namanya. Cukup sulit dapat nomor antriannya harus pagi pagi bener biar kebagian. Jam 3 pagi bo! padahal rumah sakitnya baru buka jam 8. Itu aja dapat nomer 5. Jam 3 dan nomer 5. Oh oke. Besar harapanku buat sembuh karena denger-denger ini dokter yang cukup teliti dalam memeriksa pasiennya. Tapi ketika sampai disana, bener-bener diluar dugaan.
Aku masuk dan dokter tanya-tanya kronologiku sakit dan riwayat sakitku. Aku memang pernah berobat ke dokter yang mahal dan minum obat yang mahal juga tapi itupun dibayari temen. kayaknya nih dokter tersinggung dulu bisa berobat ga pake bpjs kok sekarang malah berobat pake bpjs. ya iyalah jaman itu belum ada bpjs dan saya dibayarin gimana sih.
Dan ketika dia tahu aku juga pernah endoskopi dengan hasil diagnosa bile refluks jawabannya sungguh membuatku tercengang. Jadi dia itu belum meriksa aku nih tapi udah jelasin prosedur BPJS dulu kalau obat BPJS itu ga mempan buat penyakit kronisku ini karena aku pernah minum obat yang mahal.
Dan ketika aku minta endoskopi ulang dia bilang ntar hasilnya pasti sama aja. Ha? Sama aja? Kan endosnya udah bertahun tahun yang lalu.Waktu aku tanya nih soal obat yang harus diminum rutin atau boleh putus. Dia kok tersinggung gitu ya, berkali kali dia jelasin prosedur bpjs kalau obatnya cuma boleh diresepin untuk seminggu. Jadi saya sebagai pasien BPJS musti sadar diri. Beda ceritanya kalau saya berobatnya itu MBAYAR. Loh emangnya BPJS ga bayar apa gimana? Ya okelah, tapi nggak usah pake ngotot gitu kan kita Cuma nanya sebagai pasien.
Jadi dia bilang kalau penyakitku ini harus berobat bukan dengan BPJS biar dapat obat yang non generic selama maksimal 2 bulan. Seandainya ga sembuh akan dilakukan endoskopi ulang tapi ga dirumah sakit tipe B, tipe A. mudeng ya mbak prosedurnya. Gitu tandasnya. ini belum meriksa nih masih ceramah soal obat BPJS.
Jadi kebayang kan aku disana kayak apa, jadi tertunduk kayak orang disetrap. Denger ceramah soal BPJS. Hello saya kesini ini berobat dok ga butuh prosedur saya ngerti kalau BPJS itu dikasih nya obat generic kok dokternya gt sih.
Terus berulangkali dokter itu nawari saya masih mau berobat pake BPJS atau bayar? Kalau pake BPJS sama aja ga berobat katanya karena ga mempan. Ini jujur aja ya mbak biar mbak ga nyalahin kita kalau ga sembuh tak kasih obat generic..
Pikirku, ini dokter pasti lagi ada masalah dirumah deh dibawa ke rumah sakit. Aku berasa banget dia ngomong dengan nada agak tinggi dan ekspresi orang kesel.
Baru setelah itu dia meriksa aku kayak formalitas aja. Nimbang, nensi, periksa perut. Ya dia bilang ini ada bile refluksnya. Iya karena saya tadi sebelumnya udah bilang pernah bile refluks. Makanya dokternya mengiyakan. Pusiang!! tau gak sih.. aku ga puas banget sama dokter ini, rasanya ga pengen balik situ lagi kapok. Datang ke dokter udah sakit jadi tambah sakit ngrasain sikap dokternya.
sabar Mbak, emang sebagai pasien BPJS ya seringkali gitu. Dokter keluargaku malah bilangnya ke temenku, "Oh ini yg dari perusahaan XX sering telat bayar BPJS ya" hahaha coba gitu.. jadinya aku bela2in pindah aja demi keselamatan eh kenyamanan. Padahal sebelumnya aku pernah berobat tanpa BPJS tanggapannya juga baik walaupun obatnya sama2 generik
BalasHapusWah dalemmm tuh nyindirnya si dokter...knp bpjs kyk gini ya dampake
HapusSangat tidak beretika tu dokter. Andai bisa ke RSK ngesti Waluyo di Parakan mbak, pasti lebih nyaman.
BalasHapusJauh yo mba hihi
Hapusoalaahh mbk susan, iya wes, cari tempat laen aja, gk ush kesitu lg deh, bikin kapok
BalasHapusIya kapokkk
Hapusko gitu ya bilangnya...bpjs juga kan bayarr pa
BalasHapusIya berarti kalo sakit kronis ga boleh pk bpjs donk.bpjs brati buat sakit yg biasa2 aja gt kali
Hapuskemaren juga sempet baca tentang bpjs yang dialami seorang dokter bedah...... miris !!
BalasHapusbpjs main-main dengan hati nurani
Gmn ceritanya tuh
Hapuskok semakin banyak aja berita ttg carut marut bpjs ini ya San. Padahal masyarakat juga bayar, dan dipakasa lagi masuk bpjs sementara layanannya kayak begini. Kesel pastinya ya
BalasHapusiya mbak mgk karena iurannya murah kali jadi disepelekan...
HapusHaduuhhhh kok gitu ya, Mbak. Dokternya nyebelin bangettt. Kalo sy pengalaman pake BPJS alhamdulillah baik, tapi sdh setahunan lalu, sih.
BalasHapusiya nih mungkin doktere lagi badmood ..
Hapusoh..Indonesia. maksud baik tapi masih carut marut
BalasHapussing marai carut marut sopo leh...
Hapuskok dokternya begitu amat ya.... jadi ikutan kesel
BalasHapusdokter e agak badmod kali
HapusDokternya bikin kesel ya. Untunglah mertuaku selama ini pake BPJS pelayanannya baik-baik saja, cuma memang obatnya biasanya generik.
BalasHapusiya dokter di daerahku ga pernah ngomong kayak gt.. kebetulan aja ngepasi dokter ceplas ceplos
HapusIh dokternya ..... kok gitu??
BalasHapusSama kayak Mbak Santi, jadi ikutan kesal
iya mbak... eh saya Susan.. bukan santi hehe
HapusSeharus sikap dokter itu profesional. Mereka kan sudah disumpah sebelum menjadi dokter dan wajib memberikan pelayanan terbaik buat pasiennya. Miris saya membaca tulisan ini. Tuh dokter kudu belajar ilmu psikologi kayaknya, bukan ilmu ekonomi yang barometernya adalah duit. Duit..duit..duit...
BalasHapusBagaimana ya nasib pasien Jamkesmas? Pelayanan rumah sakit/klinik terhadap pasien Jamkesmas? Duh maybe dokternya lagi PMS -_-
Mbaknya udah sembuh belum? Semoga selalu diberi kesehatan ya Mbak. Amin
Salam kenal Mbak :D
mungkin dia ga sadar kali kalau kata katanya yang menurutnya bener itu nyakiti pasiennya
Hapussehat itu mahal. itu lah di negri kita sekarang
BalasHapusya betulll
HapusCoba ganti dokter aja mbak, karena anakku rutin periksa dan dapat obat untuk sebulan seharga 1jt lebih loh. Dokternya juga kooperatif, baik banget malah menyarankan pakai bpjs aja biar enggak keberatan biaya. Beliau malah menjelaskan kalo treatment utk anak saya bakal berlangsung 2 tahun.
BalasHapusiya mbak..
Hapussebenrnya akupun gak pake BPJS beberapa kali nemu dokter yang suka sekenanya gt. iya beneran jd sebel kita yaa. kalau kayak gitu mendingan cari dokter lain aja mbak, dokter yang bs nyaman kita konsultasi. walopun BPJS sebetulnya kan gak gratis, laah kan bayar iuran bulanan.
BalasHapussebenrnya akupun gak pake BPJS beberapa kali nemu dokter yang suka sekenanya gt. iya beneran jd sebel kita yaa. kalau kayak gitu mendingan cari dokter lain aja mbak, dokter yang bs nyaman kita konsultasi. walopun BPJS sebetulnya kan gak gratis, laah kan bayar iuran bulanan.
BalasHapusHaduh, bacanya ikutan kesel ya, Mbak. Mungkin dokternya lagi bermasalah juga, jadi Mbak Susan kena dijadiin pelampiasan, deh. Mudah-mudahan nggak kapok pake BPJS ya, Mbak. Programnya sih bagus, tapi di lapangan emang ada aja pengalaman-pengalaman buruk yang diterima pasien :)
BalasHapusprogram bpjs itu bagus hny sayang kadang dirusak sama system dan attitude dokter dan karyawan dr rs setempat yg kadang kita sbg pasien yg membutuhkan kesembuhan merasa kesal dan tersinggung....maklum yg sakit kita bukan mereka...hehhehehe
BalasHapus