Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • JUAL SUPERGREENFOOD

DOBEL BAYAR PBB APAKAH BISA DIKEMBALIKAN?

Moocen Susan | Rabu, April 15, 2020 |

Aku adalah orang yang sangat rutin bayar PBB. Tapi kejadian ini sungguh sangat membuatku tidak mengerti, kenapa bisa aku yang taat pajak malah ditagih dobel. Selama di Blora aku bayarnya ke Kantor BPD Blora sekarang Bank jateng.

Kejadiannya di 16 Mei 2018 saat aku bayar pajak untuk tahun yang sama. Teller Bank Jateng Bymnk Semarang menagih pembayaran PBB untuk 5 tahun. Padahal aku sudah melunasi pembayaran PBB setiap tahun, bahkan sebelum masa jatuh tempo sudah kulunasi.

Untuk tahun 2011 aku maklum, mungkin petugas teller bank BPD Blora lupa input data karena waktu itu lampu mati. Tapi bagaimana dengan 4 tahun yang lain? Ini jadi pertanyaan besar kemana uang tsb?

Kesalahanku adalah aku hanya punya bukti pelunasan PBB untuk tahun 2010 (dilunasi tanggal 2 Juli 2010 di BPD Blora kemudian ditagih lagi di Bank Jateng Banyumanik 16 Mei 2018) dan 2011 (dilunasi tanggal 22 Agustus 2011 di BPD Blora kemudian ditagih lagi 16 Mei 2018 di Bank Jateng Banyumanik), karena kupikir sudah lunas ya mungkin tidak diperlukan lagi. Bukti pelunasan yang 3 tahun lainnya itu lupa aku pake buntel apa dulu tak buang. Menyesal kalau inget. Yang pasti kuingat adalah aku ditagih untuk 5 tahun.

Mungkin kalau dicek di web pada tanggal pelunasan akan ketahuan kalau tgl 16 mei 2018 (aku bayar untuk 5 tahun dan satu tahun di tahun 2018)  akhirnya aku melunasi pbb  (yang tidak seharusnya kubayar lagi). sayangnya di web hanya terlihat beberapa tahun ke belakang.

Jadi yang bisa kulaporkan ke web lapor.go.id hanya yang 2 tahun itu. Masih menunggu balasan...

Ini sekedar saran, buat teman-teman yang mau bayar pbb tahunan usahakan kalau sudah bayar, sudah dapat bukti pelunasan disimpan baik-baik dan satu lagi cek di web sudah lunas atau belum, agar tidak terjadi kejadian seperti yang kualami.

https://epbb.blorakab.go.id/tagihanpbb 

(kalau di Blora di link ini ngeceknya)


 Ini salah satu bukti pelunasan 2x pbbku.


th. 2011


Ini tanda terima bayar PBB di Bank Jateng luar kota :

Bayar pokok dan Denda th.2011


Dan rencana aku mau pembetulan besaran pajak PBB juga karena ternyata selama bertahun-tahun aku bayar PBB tidak sesuai dengan sertifikat (lebih mahal hampir 2x lipat dari yang seharusnya aku bayar).

Kejadian dobel bayar PBB ini ternyata juga pernah dialami oleh orang lain. Apa kamu juga salah satunya? 

Aku ingin suasana segera normal kembali, masa pandemi kayak gini mau keluar kota agak menguatirkan tapi kalau ga segera diurus takut jadi lama. Sedih aku... 

Note : 23 Agustus 2021 Mengurus di BPPKAD Blora

Update info:

Setelah perjuangan mengurus Pembayaran PBB Ganda akhirnya tanggal 8 Juni 2022 kelebihan bayar sudah ditransfer balik ke rekeningku. Ini jadi pelajaran berharga buatku, kedepannya jika terjadi hal seperti ini lagi jangan langsung dibayar dulu tapi diurus dulu agar tidak ribet sendiri karena dobel bayar.

Terima kasih buat kerjasama petugas BPPKAD yang sudah membantu penyelesaian masalahku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...