Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • JUAL SUPERGREENFOOD

Diary Cari Rumah Baru & Urus KPR

Moocen Susan | Kamis, Desember 16, 2021 |
Setahun yang lalu, saat kami selesai mengurus acara pernikahan. Aku dan suamiku mencari kontrakan dulu. Kami berkeliling kota ini dari ujung ke ujung dan melewati daerah ini. Suamiku bilang pengen tinggal di sini. Tapi aku kurang suka awalnya, hingga kulihat ada perumahan yang aku suka desainnya. Tapi waktu itu unitnya sepertinya sudah habis. Dan kami berkeliling lagi ada sebuah spanduk di sebuah lapangan yang menginformasikan akan dibangun perumahan lagi. Hanya kulihat gambarnya saja dan aku berdoa: "Tuhan aku pengen rumah itu nantinya."

Waktu terus berjalan dan kami malah menemukan kontrakan lain yang lebih dekat dengan kerjaan dan aku tetap bersyukur akan hal itu. Tapi baru sebulan tinggal di kontrakan, suamiku nyeletuk kalo dia pengennya beli rumah secara kpr lagi ga mau kontrak terus.

Aku pun agak sedih karena kontrakan ini sudah hommy banget, tapi aku mencoba berpikir dengan logis. Iya ya daripada kontrak mending uangnya buat cicil rumah. Tapi agak ngeri juga sih kalo kpr takut ga bs cicil. Aku si pengennya cash, nunggu rumah laku dulu tapi.

Bulan desember kami mulai cari-cari info rumah lagi atau tanah dan pengennya dibangun sendiri aja jauh lebih murah karena kebetulan koko iparku arsitek. 

Aku bantu suamiku cari- cari info rumah/tanah dijual. Aku nemu 3 lokasi yang harganya terjangkau. Kami pun meluangkan waktu untuk survey, suamiku sampai rela ijin di waktu makan siang buat survey, demikian juga hari minggu pasti kita kluar buat survey. Maklum kejar tayang soale bulan Januari abis jatuh tempo kontrakan.

Dan suamiku kaget plus kecewa karena ketiga lokasi tanah yang dijual dekat makam semua. Katanya koko, menurut fengshui kurang baik. Akhirnya kami urungkan niat beli tanah. Aku pun tidak menyerah untuk tetap mencari lokasi lain. Hingga aku teringat lokasi yang dulu pernah kudoakan.

Aku iseng cari iklannya dan nemu. Aku pun menghubungi marketingnya dan kami janjian survey tapi suamiku agak ogah-ogahan. Karena harganya mahal menurut dia. Tapi aku tetap bujuk suamiku buat lihat aja dulu. Akhirnya dia mau dan setelah sampai disana surprisenya ada 1 unit yang lagi promo harga. Suamiku agak tertarik dengan 1 kamar harganya segitu. Tapi waktu itu dia ga segera setuju untuk UTJ. Dia bilang masih dipikir-pikir lagi. Aduh gemes gak bun.. tapi ya sudahlah. 

Ketika kami pulang, suamiku bilang setuju kalo harganya segitu. Tapi... tiba-tiba marketing bilang unitnya sudah laku. Yah pupus harapanku untuk beli rumah itu. Unit yang lain harganya lebih mahal dan suamiku ga mau. Apalagi bulan Januari harganya naik lagi. Aduh kesel rasanya, coba kalo tadi langsung UTJ pasti ga diambil orang. Semalaman aku bete, ngomel, dan aku keselll kuadrat. Tapi Tuhan ingatkan aku buat selalu bersyukur.

Keesokan harinya aku mulai cari-cari lagi info rumah dijual di lokasi lain. Dapet, tapi entah kenapa yang diiklankan di fb itu beda dengan realnya. Titik lokasi yang ga tepat, design rumah nyomot desain orang lain, dan benar aja setelah kami datangi ternyata pesan bangun. Dan hasil pesan bangunnya itu ga sama dengan yang di foto.ya karena foto desain orang lain. Setelah aku cek wifi langgananku tidak ada odp di daerah itu.

Aku bilang suamiku. Kalo wifiku cuma masuk di lokasi perumahan yang kusuka kemarin. Pas pulang kerja entah ada angin apa tiba tiba suamiku bilang, ya weslah boleh beli yang disana. Aku antara seneng, ngambek, dan agak takut kalo suamiku berubah pikiran. Aku dah pengen banget dari taun lalu ambil rumah itu. Aku suka rumah baru soale hehe..

Kami sepakat buat aku yang bayar UTJ,DP,asuransi di awal, peningkatan SHGB ke SHM sedangkan dia bertugas cicil sampe lunas.

Tapi meskipun suamiku mampu nyicil aku sebagai istri harus punya cadangan juga. Jadi aku harus extra kerja keras buat cari uang tambahan. Syukur2 kalo rumah kami kejual jadi lebih tenang. Agak horor juga sih kalo gabay di tengah jalan. Mana kemarin di kerjaan suamiku ada phk masal pula. Jadi agak takut. Tapi tetap berusaha dan berdoa.

Okay, ini kucatat diary urus kprnya ya



- 7 desember 2021 aku bayar UTJ ke developer

- 8 desember : Isi formulir permohonan mandiri kpr dan mandiri multiguna

- 9 desember: panggilan buat tanda tangan surat perjanjian kredit

- 10 desember : kami ke CL untuk tanda tangan surat PK.

- 11 desember: aku bikin surat slip gaji dan sk kerja dan minta tanda tangan bosku. Karena kpr suamiku cuma 10 th dan usia dia 45. Jadi butuh join income biar pas cicilane.


-13 desember : bos suamiku ditelp bank untuk verifikasi data

- 14 desember: suamiku dan koko iparku ditelp bank

- 16 desember : pemberitahuan KPR bank ku di acc dengan full plafon, bunga 4.25% tenor 10 tahun. Untuk pelunasan dipercepat bisa kapan saja tapi kena penalty 3%.

- 24 desember : Akad kredit di Bank Mandiri

Setelah sampai di bank kami menuju lantai 2 dan satpam meminta KTP asli, KK asli, npwp asli, buku tabungan, akta nikah asli.

Beberapa waktu kemudian datang pihak developer bersama notaris. Kami menandatangani berkas-berkas dan membayar cash ke notaris. Setelah selesai, pihak bank datang dan kami tanda tangan lagi sebanyak 11 berkas dengan 11 materai.

Udah gitu aja, selanjutnya kami menunggu rumah jadi kira-kira bulan April 2022. 

 



10 komentar:

  1. Kadang gitu sih memang kalau mau sewa rumah suka gak cocok walau di perumahan dan ujungnya cuma pindah ke sana-kemari

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ya mbak hehe, tapi sebenere aku cocok sih sama kontrakannya

      Hapus
  2. Memang memiliki rumah yang baru adalah keputusan yang bagus.

    BalasHapus
  3. Memang biasanya sih sewa rumah malah menghabiskan banyak uang, memang lebih baiknya punya rumah sendiri.

    BalasHapus
  4. Keputusan yang bagus memang buat rumah baru apalagi kokonya arsitek, semangat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak novi. Tapi ternyata ga pake jasa koko karena akhirnya kami beli rumah jadi

      Hapus
  5. Memang sulit cari rumah yang cocok belum lagi nanti biayanya lebih mahal, semoga terlaksana rumah barunya dan lancar.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...