Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • ORDER DESIGN
  • ABOUT ME
  • JUAL KEFIR
JASA DESIGN BLOG KHUSUS BLOGSPOT & JUAL PRODUK KEFIR

Aksi Sehat 5 Menit Bersama Mama Lime Versiku

Agustinadian Susanti | Senin, Juli 21, 2014 |
   Aku sangat suka makan buah apel, karena ada pepatah mengatakan bahwa "An apple a day, keeps the doctor away." Artinya, jika kita makan apel setiap hari maka akan membuat tubuh kita sehat jadi nggak perlu ke dokter. 

   Dulu, setiap aku mau makan buah apel paling cuma kucuci pake air biasa dan kumakan begitu saja bersama kulitnya. Soalnya makan buah dengan kulitnya itu lebih sehat. Namun, ketika aku tahu kalau buah-buahan impor biasanya mengandung pestisida dan diberi lapisan lilin (parafin) agar lebih kinclong dan tahan lama, aku jadi ngeri juga. Ih, masa makan buah berlapis lilin plus kena residu (sisa pestisida)? 

   Untuk mengetahui apakah suatu bahan makanan mengandung lilin atau tidak, bisa dicari tulisan pada kemasan berupa 'Coated with food-grade vegetable-, petroleum-, beeswax-, atau shellac- based wax atau resin to maintain freshness'. 

   Nah, selain itu untuk mengecek apakah buah tersebut berlapis lilin caranya kerik aja tuh kulit buahnya pasti ada warna putih-putih. Eh beneran, hwaaa… makin takut. Jadi, kalau aku makan buah apel selalu aku kupas kulitnya terlebih dahulu supaya tetep aman. Tapi nyucinya tetep aja pake air biasa. 

   Duh jadi dilema nih, pengen makan buah apel dengan kulitnya supaya sehat tapi takut sama lapisan lilinnya, dan katanya nih lapisan lilin itu nggak akan hilang kalau cuma dicuci pake air biasa. Nah, kalau aku kupas kulitnya, vitaminnya ilang.. Duh, gimana donk? 

   Kata temanku kalau mau mencuci buah yang ada lapisan lilinnya harus pakai air hangat sambil digosok-gosok hingga bersih agar lapisan lilinnya hilang atau dicuci di bawah air mengalir. Hm, ternyata karena pestisida pada buah dan sayur bersifat waterproof sehingga mencuci dengan air saja tidak cukup. 

   Dilemaku terobati, ketika Ketua Pusat Kajian Buah Tropika, Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr Sobir dalam artikelnya di harian republika yang mengatakan, bahwa buah yang diberi lapisan lilin harus dicuci dengan sabun. 

   “Apa? Dengan sabun? Ow.. ow.. sabun untuk mencuci buah dan sayuran? Oh ada ya? Kukira selama ini sabun itu cuma untuk mandi, cuci muka, sama cuci pakaian/ peralatan dapur aja. Hihi.. "

   Saat aku menonton tayangan iklan di TV ada mas Choky Sitohang yang sedang mempromosikan sabun cair untuk mencuci buah dan sayuran disamping untuk mencuci peralatan dapur, aku baru ngeh/ paham. “Oh ini to?” Ya, Mama Lime Anti Bacteria namanya. Mau nonton juga? Klik aja video dibawah ini : 


   Mama Lime Anti Bacteria merupakan brand international yang diproduksi oleh Lion-Japan, Di Indonesia, LION bekerja sama dengan WINGS (one of the biggest local company in indonesia FMCG), sehingga menjadi LION WINGS. 

   Mama Lime adalah cairan pencuci piring dengan Anti Bacterial Agent food grade (bioguard) yang sangat efektif membunuh kuman, daya cucinya ekstra dan aromanya? Hm, segar alami! Ampuh menghilangkan sisa pestisida pada buah dan sayur hingga 99% dan menjadikannya lebih bersih higinis. 

   Kini ada 4 varian produknya yaitu : Lime, Lime Refil, Green Tea dan Green Tea Refil. 
 
Ilustrasi penulis sendiri
  Produk ini telah teruji dari pengembangan teknologi Jepang dan juga teruji di FKUI untuk membasmi kuman E. coli dan S. Aureus. Tahu sendiri kan kuman E. coli itu yang biasanya menyerang organ pencernaan yaitu usus besar kita (menyebabkan diare). Padahal usus besar sangat penting dalam proses penguraian sisa makanan makanan. Jadi harus kita jaga juga kesehatannya. Kalau usus kita sehat badan kitapun juga sehat donk, karena awal hidup sehat dimulai dengan pencernaan yang sehat. Ow, super sekali! 
 
dokumen foto pribadi penulis

   Nah, kalau buah sudah dicuci sama cairan Mama Lime, agar biar bisa tahan lama gimana caranya ya ? Setelah dicuci bersih, buah harus dikeringkan. Jika sudah kering, simpanlah di lemari pendingin. Bungkuslah buah dalam plastik dengan porsi sesuai kebutuhan. Plastik penyimpan sebaiknya tidak sering dibuka tutup, sehingga buah akan segar lebih lama.” Jadi ga usah pake lilin lagi ya? 

   Organisasi Kesehatan Dunia, WHO sendiri juga merekomendasikan agar masyarakat global mengonsumsi buah dan sayur sebanyak 400 gram/hari. Karena, kekurangan asupan buah dan sayur dapat meningkatkan risiko kematian akibat kanker saluran cerna sebesar 14%, risiko kematian akibat penyakit jantung koroner sebesar 11% ,dan risiko kematian akibat stroke sebesar 9% maka penting sekali bagi masyarakat Indonesia untuk mengonsumsi minimal dua sampai empat porsi buah ,dan tiga sampai lima porsi sayuran setiap hari,” ujar Prof. Dr. Ir. Tien R Muchtadi. Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor. 

   Saat ini, Mama Lime Anti Bacteria sedang menggiatkan Aksi Sehat 5 menit, dengan tujuan untuk membangkitkan kesadaran masyarakat Indonesia agar lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur. 
 
editing dan ilustrasi penulis sumber foto FP Mama Indonesia
   Aku juga ikut mempraktekkan aksi sehat 5 menit ini lho, yeah meski di rumahku sendiri yaitu dengan mencoba mencuci apel dengan Mama Lime Anti Bacteria.

    Selain kumakan sendiri buah apelnya, aku juga membaginya untuk bapakku. Sayangnya gigi bapakku sudah ompong jadi buahnya harus dijus terlebih dahulu. Kebetulan sekali ada buah apel, buah apel sangat baik dikonsumsi untuk bapakku yang sakit paru-paru. 

   Buah Apel dan tomat mengandung antioksidan yang berguna untuk melindungi saluran nafas dari iritasi eksternal misalnya polutan asap tembakau dan racun udara lainnya. Dengan mengonsumsi 3 buah tomat atau 5 buah apel seminggu dapat meningkatkan fungsi paru-paru. mengurangi mengi, dan membantu penderita asma bernapas lebih mudah. 

   Biasanya sih, bapakku kubuatkan jus tomat tapi hari ini aku pengen buat jus apel, biar bapakku ga bosan jadi kuselang-seling. Yuk guys, simak caraku membuat sajian buah dan Jus Apel, BERSAMA MAMA LIME AKSI SEHAT 5 MENIT : 
 
ilustrasi penulis sendiri

  1. Siapkan 2 wadah berisi air bersih
  2. Larutkan ½ sdm cairan Mama Lime ke dalam wadah nomor 1
  3. Masukkan dan cuci buah tersebut ke dalam wadah nomor 1
  4. Bilaslah buah tersebut ke dalam wadah nomor 2 sambil digosok-gosok 
  5. Keringkan dan lap buah tersebut dengan tissue kering hingga bersih 
  6. Potong apel sesuai selera atau masukkan potongan apel ke dalam juicer 
  7. Taraa, jus apel sehat buatanku sudah jadi 
  8. Dan bapakku sangat suka minum jus apelnya, “Hm, it’s so delicious and healthy apple juice,” katanya.
  9. Kini, dengan Mama Lime Anti Bacteria Aksi Sehat 5 Menit, semua bersih higinis! Dan aku tak kuatir lagi makan buah apel dengan kulitnya. 

  Yuk, coba aksi sehat 5 menit bersama Mama Lime Anti Bacteria di rumah kalian masing-masing. Saatnya, bersama-sama kita lakukan “Aksi Sehat 5 Menit” setiap hari dan jadilah generasi penikmat buah-sayur. 

bit.ly/as5mblog


sumber referensi :
http://www.republika.co.id/  

20 komentar:

  1. wah,,,detail banget ya,,,salut deh,,,sukses lombanya mak,,

    BalasHapus
  2. mudah ya hidup sehat itu.. sukses mbk

    BalasHapus
  3. Aku belum pernah mama lime... jadi pengen nyoba ah.
    Semoga menang ya lombanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo dicoba... amin..makasi ya mbak Reni

      Hapus
  4. Ilustrasinya bagus dan kreatif, Mak Susan. Sayang saya tak punya kamera apalagi HP berkamera jadi gak bisa kreasi gambar. Untuk foto terpaksa main pinjam, hehe.
    Tabik untuk postingan yang ini. Semoga menang, ya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, makasi mbak Rohyati. Saya juga pake HP kamera biasa kok. cuma memanfaatkan apa yang saya bisa dengan fasilitas seadanya saja. Amin.

      Hapus
  5. Mama lime memudahkan orang untuk makan buah dengan sehat. Keren tulisannya mak.

    BalasHapus
  6. aku juga pake mama lime mbaak

    BalasHapus
  7. oooh gitu ya caranya..mau coba aaaah... ulasan yang bermanfaat :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Categories

Komentar

Blog Archive

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...