Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • ORDER DESIGN
  • ABOUT ME
  • JUAL KEFIR
JASA DESIGN BLOG KHUSUS BLOGSPOT & JUAL PRODUK KEFIR

Cara Belajar Efektif

Moocen Susan | Kamis, Agustus 28, 2014 |
   Tidak ada orang bodoh di dunia ini, yang ada hanyalah orang malas. Coba saja kalau orang yang dianggap bodoh itu rajin belajar maka dia akan jadi anak yang pandai. Dan satu kunci agar bisa menguasai pelajaran yaitu dengan menyukai dulu pelajaran tersebut. 

   Masing-masing anak mempunyai minat masing-masing dan itu tidak bisa dipaksakan. Tapi kalau di sekolah kan kita ga bisa milih-milih pelajaran yang kita suka aja untuk dipelajari? Ya betul, oleh sebab itu biasanya pelajaran yang tidak disukai nilainya jelek. Apalagi kalau tidak suka pada gurunya. 

   Ada beberapa cara belajar seseorang yang saya tahu yang satu dengan menghafal di dalam hati sedangkan yang lain menghafal dengan cara mengucapkannya berulang-ulang. Saya termasuk orang yang belajar dengan model mengucapkan berulang-ulang. Ada juga yang belajar sambil mendengarkan musik atau ngemil. Apapun caranya yang penting nyaman saja dan bisa menghafal dengan baik. 

   Jangan membiasakan diri menunda PR dari guru untuk dikerjakan agar tidak lupa meskipun PR itu hanya sedikit dan mudah. Saya masih ingat waktu masih duduk di bangku TK, guru saya memberikan PR pertama saya di awal masuk sekolah yaitu melingkari titik titik sebanyak 20 titik untuk dibulati satu persatu. 

  Pulang sekolah, ibu saya biasanya langsung bongkar tas saya kalau ada PR harus langsung dikerjakan, dan sejak saat itu saya terbiasa untuk tidak pernah menunda pekerjaan. Kalau bisa dikerjakan sekarang mengapa harus ditunda? 

   Kedua orangtua saya tidak pernah memaksa kami belajar, tapi sejak kecil kami dilatih untuk mempunyai kedisiplinan dan tanggungjawab. Nonton TV (waktu itu TVnya masih TVRI) hanya sekali pada jam 3 sore itupun numpang nonton di rumah tetangga karena saya ga punya TV. Jadi mungkin tidak terlalu banyak gangguan untuk belajar. Kami bermain bersama tetangga setelah selesai belajar. 

    Saya menerapkan pola menghafal dan mengulang kembali setiap pelajaran yang diterima di sekolah setiap hari. Waktu itu teman-teman saya didaftarkan les oleh orangtua mereka, sedangkan saya tidak pernah les, dan ibu saya lah yang selalu menemani saya belajar. 

   Materi sedikit apapun jika langsung diulang kembali di rumah maka akan membantu kita menghafal dan memahaminya dengan baik. Saya menerapkan hal ini pada murid les privat saya. Ada orangtua yang menganggap bahwa les hanya dibutuhkan saat menjelang ujian semester saja padahal cara tersebut salah. Mana mungkin pelajaran selama 6 bulan bisa diingat hanya dalam waktu sejam? Jadi penting sekali untuk mengulang setiap hari setiap materi yang diajarkan dari sekolah ketika sampai di rumah. 

   Ada orangtua murid yang saking sibuknya dengan pekerjaan hingga tak punya waktu menemani anaknya belajar atau bahkan ketika anaknya kesulitan mengerjakan PRnya dan ibunya ditanya ternyata ibunya lupa bagaimana caranya. Sehingga untuk mengatasi hal tersebut anak-anak mereka didaftarkan les. Inilah alasan saya membuat bimbel privat di rumah, membantu ibu-ibu menemani anak-anak dari orangtua yang sibuk dan tidak punya waktu menemani anak-anak belajar. Saya menemani dan mengajar les privat di rumah seperti ibu saya saat menemani saya belajar. Yang penting anak tersebut niat belajar, rajin datang les, dan mau diajar dengan baik pasti hasilnya akan maksimal. 

    Jika Anda tinggal di Blora Jawa Tengah, dan membutuhkan les privat untuk anak-anak Anda segera hubungi saya via inbox fb: moocensusan atau email di moocensusan@gmail.com

8 komentar:

  1. kalo saya dulu bangun sebelum subuh,ngafal pelajaran pake suara,kadang komat kamit :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh haha saya juga pernah bangun subuh juga waktu tes hihi

      Hapus
  2. aku jadi guru les buat anak2 aja mbak :)

    BalasHapus
  3. Memang kalo nemenin anak belajar itu harus banyak stok sabar yah mba :)
    Aku masih berusaha siiih..
    Saat ini lagi ngajarin Fathir buat belajar baca soalnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya mbak harus sabar sama anak2 hehe

      Hapus
  4. he2....sama nih... Kalo aku juga gitu ..kalo udah mau test,.aja sistem sks deh... Sistem kebut semalam....ditambah subuh... Itu pun pake ngantuk...., yang penting ada kemauan belajar ya... Insya Allah ga bodo2 amat he2...

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...