Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • JUAL SUPERGREENFOOD

Pengalaman Periksa Gula Darah di Laboratorium Klinik

Moocen Susan | Sabtu, Mei 07, 2022 |
Jadi kemarin, aku dan suamiku mendapat kesempatan untuk memeriksakan gula darah gratis yang ditanggung BPJS di laboratorium klinik.
 
Saat aku mendaftar untuk ikut papsmear, petugas menawariku cek DM/IVA sekalian. Terus aku tanya, apa suamiku boleh ikutan juga? Karena dia suka sekali minum manis, jadi aku coba periksakan sekalian. 
 
Akhirnya petugas memberiku 2 buah formulir yang harus diisi disertai fotokopi BPJS. Tapi kalau ga ada fotokopinya, kartu BPJS asli juga ga apa-apa soale nanti bakal difotokopi sendiri oleh petugas di lab.
 
Petugas menjelaskan prosedur pemeriksaan DM/IVA sesuai postinganku sebelumnya disini

Kami pulang dan makan malam jam 9 malam. Aku sebenarnya ga biasa makan malam di jam itu, biasane aku makan malam terakhir jam 7, tapi karena untuk prosedur periksa ya sudah, setelah makan malam seperti biasa, kami makan roti lagi di jam 9 malam. Lalu puasa 8-12 jam.

Aku ingatkan suamiku buat makan juga, sampe tak alarm takut lupa. hihi...

Setelah itu aku ingatkan lagi buat bangun pagi-pagi biar ga telat ke laboratorium kliniknya. Jam 6 kami sudah bangun dan giliran mandi. Kira-kira jam 7 kami sudah sampai di lab.

Ada beberapa orang yang sudah datang juga, rata-rata mereka berusia di atas 50 tahun. Setelah ambil nomor antrian dan tiba giliran dipanggil, aku menyerahkan formulir tadi beserta kartu BPJS.

Setelah dipanggil, suamiku duduk di ruang pengambilan darah dan darah diambil dari lengan kiri. Setelah itu petugas memberikan wadah plastik kecil yang sudah diberi nama masing-masing untuk tempat urine. Jadi rupanya selain diperiksa darahnya, urine-nya juga ikut diperiksa. Banyak orang setelah diambil darahnya lalu lalang ke toilet buat BAK. 

Aku yang ga kebelet pipis pun aku paksain pipis akibatnya air seni yang keluar dikit banget mana ada yang tercecer di lantai pula. Jadi kan eman-eman dikit banget. Setelah itu langsung makan dan menunggu 2 jam lagi untuk diambil darah lagi.

Kata petugas, "Nanti jangan telat ya, tepat 2 jam kesini."

Aku sampe ingatkan suamiku juga, "Ko, kata petugase nti tepat 2 jam lho, kamu tadi makan jam berapa selesaine? itu diitunge dari makanan bar diemplok apa setelah ditelen? Apa sudah sampe usus? " kami jadi becanda kecil.

Karena masih 2 jam lagi, daripada gabut, suamiku ngajak aku keliling-keliling kota dulu. Suasana masih dalam rangka libur lebaran, sisa-sisa keramaian masih ada. Aku jadi kuatir kalau macet di jalan terus jadi molor. Tapi dia menenangkanku dan akhirnya kami memilih puter-puter disekitar lab aja.

Di tengah jalan, suamiku kebelet pipis, terus dia bilang. "Wah aku kebelet nih, cari pom dulu. Seharusnya memang pipis sekarang, nanti setelah diambil darahnya pipis lagi, itu pipis yang up to date katanya." Jian aneh-aneh ae pipis kok ada up to datenya. Berbeda denganku, aku justru nahan pipis karena tadi pas ambil urine pertama ga kebelet akhirnya pipise jadi sedikit, jadi biar banyak kutampung dulu lah pipisku. Hihi maap agak jorok.

Aku makan terakhir jam 07.20 WIB dan aku balik ke lab lagi kira-kira jam 8.59 WIB. Tiap kali kutengok jam digital yang terpasang di dinding lab itu. Wah kok masih lama jam 09.20 nya. Petugas tadi bilang juga, kalau nanti 5 atau 10 menit sebelumnya langsung duduk aja di ruang pengambilan darah. 

Aku pun duduk disitu dan suamiku tak ajak duduk juga karena kebetulan ada 2 tempat duduk. Petugas mengambil darah dan aku langsung ke toilet untuk pipis lagi dan benar saja, 1 cup penuh keluar pipisku. mantap betul. hehe

Setelah itu kami pulang dan jam 4 sore kami balik ke lab lagi buat ambil hasil. Singkat cerita, setelah kami ambil dan lihat hasilnya puji TUHAN, hasil gula darah puasa dan gula darah 2 JPP kami negatif alias normal semua. Syukur kepada TUHAN. Terima kasih BPJS sudah menanggung biaya pemeriksaan kami. Dan kekuatiranku tentang suamiku yang sering minum manis rupanya masih di ambang batas normal ya seimbanglah sama aktivitasnya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...