Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • JUAL SUPERGREENFOOD

Asyiknya Menulis Aksara Jawa

Moocen Susan | Kamis, Maret 06, 2014 |
    Selain mengajar les matematika, biasanya saya juga mengajar mata pelajaran lain yang sesuai dengan kebutuhan murid les saya yang nilainya kurang baik. Salah satu murid saya pernah meminta saya untuk mengajarinya cara menulis Aksara Jawa. 

    “Kak, aku ajari nulis Aksara Jawa dong, tapi jangan bilang mama ya soalnya mamaku menyuruhku belajar matematika.” Pintanya penuh harap. 

    Memang rata-rata, orangtua murid menganggap bahwa les Matematika atau Bahasa Inggris saja yang lebih penting. Padahal masih banyak murid yang belum bisa menulis dan membaca Aksara Jawa dengan lancar. Hal itu ditandai dengan nilai mata pelajaran Bahasa Jawa mereka yang kurang. 

    Tetapi saya salut dengan salah satu murid saya ini, baru kali ini ada murid yang tertarik belajar menulis Aksara Jawa. Sebenarnya, Aksara Jawa itu sendiri jika mau dipelajari juga mudah dan murid saya itupun akhirnya lancar membaca dan menulis Aksara Jawa. 

    Adapun kunci khusus untuk bisa menulis Aksara Jawa maupun mata pelajaran yang lain sebenarnya cukup sederhana, yaitu sukai dulu pelajarannya. Jika kita suka pada pelajaran tersebut maka otomatis kita akan mempelajarinya dengan penuh semangat. Untuk permulaan memang tidak mudah, namun jika kita rajin berlatih maka kita pasti berhasil. 

    Buah ketekunannya itu membuat nilai pelajaran Bahasa Jawa khususnya untuk materi menulis Aksara Jawanya bagus. Dia memperlihatkan buku PR menulis Aksara Jawa-nya yang mendapat nilai 100 itu kepada saya. “Wah hebat, pinter kamu nak!” Puji saya pada murid saya tersebut. Ternyata, bisa lancar membaca dan menulis Aksara Jawa itu asyik, lho. Jika bukan kita yang melestarikan Aksara Jawa lantas siapa lagi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...