Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • ORDER DESIGN
  • ABOUT ME
  • JUAL KEFIR
JASA DESIGN BLOG KHUSUS BLOGSPOT & JUAL PRODUK KEFIR

Cara Mencegah Pencurian Artikel Blog

Agustinadian Susanti | Sabtu, Desember 28, 2013 |
Cara Mencegah Pencurian Artikel Blog - Suatu ketika saya penasaran banget sama icon yang satu ini:ya ini namanya icon RSS Feed. RSS (Rich Site Summary) adalah ringkasan isi situs (blog) dengan format xml. Sedangkan Feed adalah layanan yang disediakan oleh sebuah situs untuk mengumpulkan ringkasan blog untuk didistribusikan ke orang yang berlangganan situs tersebut. 

Nah, pas saya baca-baca di google, ternyata eh ternyata pasang icon RSS Feed ada kelemahannya juga, yaitu orang lain bisa dengan mudah mencuri konten artikel kita lewat RSS feed ini. 

Tapi kemudian saya cari tahu juga gimana ya cara mencegah pencurian artikel di blog kita jika kita pasang icon RSS Feed ini? Ternyata caranya sangat mudah, yaitu : 

1. Log in ke www.blogger.com 
2. Klik Setelan 
3. Klik Lainnya 
4. Perhatikan pada opsi “Izinkan Umpan Blog” pilih SINGKAT (kenapa milih yang 'singkat' ? Ini lebih mending daripada pilih yang TAK SATUPUN. Kalau yang singkat pencuri artikel cuma bisa copy setengah aja dari isi blog kita, nah kalau milih yang 'TAK SATUPUN' berarti kita matiin semua update artikel kita sehingga para pembaca blog kita juga TIDAK akan tahu tentang update terbaru blog kita) . 

Jika kita milih "PENUH" maka semua isi artikel kita akan muncul semua di RSS Feed, ini yang memudahkan pencuri artikel mencuri konten kita. Nah, pilihan di tangan Anda mau yang "singkat" apa yang "tak satupun"?

5. Simpan dan lihat blog Anda 

Mudah bukan. Dengan menyetel ke pilihan SINGKAT selain mencegah pencuri artikel mencuri seluruh isi artikel kita dan pembaca blog juga masih bisa ikuti update an blog kita. 

Adapun cara mengeceknya Anda harus pasang dulu icon ini di blog Anda, kalau di blog Anda tidak ada icon RSS feednya si aman-aman aja. Nah, jika mau ngecek tinggal di klik saja icon RSS feed di blog Anda nanti akan terlihat bagaimana kalau di setting PENUH, SINGKAT, atau TAK SATUPUN akan terlihat bedanya. 
 
NB : Pikirkan juga untuk menyetel ke singkat karena jika Anda memasang widget kotak komentar blog seperti di tutorial saya maka isi kotak komentarnya juga ikut ilang. ya semua emang ada untung dan rugi-nya hehe..  

28 komentar:

  1. Wiiidiiihh..
    Terima kasih mbak infonya. Sangat menarik dan bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya sama-sama mbak :) hehe first reader nih hahaha

      Hapus
  2. DUlu aku pernah kirim tulisan ke media tapi malah dibilang plagiat, padahal sebelumnya sudah aku kasih tahu kalau ini adalah tulisan yang pernah aku muat di blog... ternyata tulisan yang diblogku itu yang diambil oleh orang lain, ya walaupun akhirnya pihak media tahu kalau tulisan di blogku yang lebih awal diposting tetep aja mereka nganggepnya aku plagiat ... sedih campur kesel yang gak ilang-ilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya mbak pasti kecewa rasanya, tapi sabar aja mbak karena pasti Tuhan akan membalas perbuatan manusia setimpal dengan perbuatannya. Semoga rejeki mbak Astri ditambah2kan ya.. sukses mbak..cemungud hahaha

      Hapus
    2. Sebaiknya kalau kirim tulisan jangan yang sudah dipublikasikan di blog, jejaring sosial (FB/twitt), atau milis, dan media OL lainnya Juga jangan yang pengirimannya langsung pada lebih dari satu media. Pajang karya di-blog untuk yang sudah dimuat atau tak laik muta namun ingin dipajang. Salam. :)

      Hapus
  3. Nyimak dan siap dipraktekan mbak. Oh iya, aku ngadain GA kecil"an , main ke blogku awal tahun baru 2014 ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah keren.... bikin GA ya? siap meluncur makasi infonya mbak Titis

      Hapus
  4. Wah mba, aku sudah coba mba... terimakasih ya mba, atas tips2nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan dicoba mbak oya ada ralat dikit mbak nanti bisa baca sekali lagi ya

      Hapus
  5. Balasan
    1. monggo ... ni mbak wiwit? apa bukan ya? hehe

      Hapus
  6. belom dicba...
    dan mau dicoba....
    :D

    BalasHapus
  7. maksudnya, isi di kotak komentarnya ikut hilang itu gmana mbak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kan pasang widget kotak komentar di bagian sisi kanan bawah gabung sama multi tab yang isinya categories, sama label. nah itu yang ilang mbak

      Hapus
  8. Tips yang keren, mak. TFS ya

    BalasHapus
  9. makasih infonya ya mak. mau dicoba ah.

    BalasHapus
  10. makasih banyak infonya mbak...ntr kucoba...:-)

    BalasHapus
  11. oo gt ya..baru tahu..makasih mba

    BalasHapus
  12. Makasih infonya, mak. Jd nambah pengetahuanku nih....:)

    BalasHapus
  13. bisa dicolong ya mbak dari feed, wah baru tahu nih, tapi bukannya copas juga tanpa feed bisa - bisa aja kan?
    jadi serba salah pasang feeds apa enggak. gunanyakan untuk memperluas jaringan pengunjung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya gan, tapi kalau feed lebih gampang copasnya ketimbang lainnya. ya terserah aja sih hehe

      Hapus
  14. Penggunaan plugin seperti wpematico kadang ya bkin kesel juga, meskipun blog kita gak pasang icon feed ttep saja mereka bisa buak dengan klik kanan pilih view page info. satu-satunya jalan ya bkin singkat aja feednya atau dengan menyertakan link aktif didalamnya. meskipun artikel kita di curi toh link kita juga ikut nebeng didalamnya....itung" submit otomatis...hehehehehehehehehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...