Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • ORDER DESIGN
  • ABOUT ME
  • JUAL KEFIR
JASA DESIGN BLOG KHUSUS BLOGSPOT & JUAL PRODUK KEFIR

Tips Blog Untuk Anda

Agustinadian Susanti | Minggu, Desember 22, 2013 |
Beberapa waktu belakangan, saya baca keluhan beberapa teman yang mengeluhkan tentang hilangnya foto-foto mereka di blog setelah secara gak sengaja menghapus file foto di picasa. Mungkin emang maksudnya supaya bersih jadi dibuanglah foto-foto itu ke recycle bin (kotak sampah). Jika hanya dibuang ke kotak sampahnya aja masih bisa dipulihkan atau dikembalikan lagi ke albumnya. Tetapi jika kotak sampahnya juga dikosongin alamat dah hilang bener itu foto yang sudah diupload di blog juga. Apalagi jika kita nyimpen foto di picasa trus ambil URL linknya untuk dipasang bersama kode script widget. 

Yang kedua, masalah mengikuti tutorial blog di internet.Tak ada salahnya mencoba-coba tutorial karena saya juga begitu hehe, tapi memang harus ekstra hati-hati dalam mengikuti panduan tutorialnya karena template yang kita pakai kadang tidak sama dengan template si empunya tutorial. Blog saya hampir jadi korban karena kotak komentar saya sempat hilang disebabkan adanya bentrok kode script. Seperti halnya kode jquery ga boleh ada dobel kode itu di template kita. 

Untuk mengutak-atik template pun sebelumnya kita wajib unduh template blog kita dulu dengan cara klik cadangkan/ pulihkan dan unduh template lengkap. Simpan file template kita dalam bentuk .xml ke tempat yang aman, sehingga sewaktu-waktu kita gagal ikuti panduan tutorial di internet, bisa kita kembalikan lagi susunan kode template kita seperti semula. 

Ada lagi yang seperti ini kasusnya, seseorang pengen agar postingan dan gambarnya tidak bisa dicopy paste orang lain. Waktu ikuti tutorial di internet eh mungkin karena gagal malah susunan tata letaknya jadi berantakan. Untuk berjaga-jaga agar postingan kita ga dicopy paste si boleh juga, tapi kalau blog Anda isinya tutorial mau dibuat agar tidak bisa dicopas ya nanti sulit buat yang mau ikuti tutorialnya, karena blog isinya tutorial itu harus copy kode script. Bisa sih di simpan dalam file lain tapi buat yang masih gaptek akan kesulitan. 

Kasus berikutnya adalah pasang kode capthca di blognya biar ga ada spamer masuk. Bisa aja, tapi buat pembaca mesti males kalau ada kode verifikasi dulu. Untuk mencegah komentar spam, saya punya tutorialnya disini

Kemudian, ada juga yang begini, tidak mau blognya dikomentari orang lain sehingga disembunyikanlah kotak komentarnya itu. Alhasil, ternyata kotak komentarnya hilang forever. Meski sudah ganti template tetep ga ada . Entah dimana kotak komentarnya berada. 

Jadi intinya begini, jangan sampai maksud kita mau menjaga diri eh malah kena batunya. Beberapa hari ini saya baca komentar dari para pembaca yang menanyakan hal aneh dan tidak masuk akal. Misalnya lho di template saya kog ga ada tulisan Ctrl+F nya mbak? Ya iyaalah Ctrl+F itu kan di keyboard bukan di template hahaha.. aneh aneh aja nih orang, ternyata dia cuma iseng nanya. Komentar ya komentar tapi dipikir dulu donk sebelum komen. Nanya asal-asalan kurang kerjaan kali ya? Haha.. saya sih senang-senang aja pada komentar tapi yang masuk akal donk. 

Geli lagi tuh kayak gini, tulisan saya tentang apa komentarnya ngomongin lainnya. Trus maksanya "kunbal gan…" (kunjungan balik gan) wedew….BW si BW tapi yang tulus dongggg.. wkwkw… 

Oya, semua tutorial yang saya buat di sini sudah saya praktekan terlebih dahulu di blog saya sebelum saya buat tutorialnya. Jadi apabila ada complain lho di template saya kog ga ada kode ini dan itunya itu mungkin karena template kita berbeda. Template saya adalah template asli bawaan blogger yang dimodifikasi. Jadi tutorial saya cocoknya buat yang bertemplate bawaan blogger juga. 

Ok, segitu aja ya tipsnya.. so be carefull ingat catatan itu penting banget, bookmark segala sesuatu yang penting dan jangan sampai ilang terutama username dan password blog Anda. Sip.. happy blogging ya…..

2 komentar:

  1. saya termasuk yang ikuti update blog mbak susan...hehee....

    mau donk tutorial cara nambahin postingan di bawah laman. kayak mbak susan dilaman ada 3 -4 postingan, saya cari-cari blom nemu...., makasih sebelumnya...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tutorialnya sudah pernah saya buat, coba cari cara membuat menu dari label ya..

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Categories

Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...