Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • ORDER DESIGN
  • ABOUT ME
  • JUAL KEFIR
JASA DESIGN BLOG KHUSUS BLOGSPOT & JUAL PRODUK KEFIR

Trik Menghafal Perkalian Bilangan Bulat

Moocen Susan | Kamis, September 04, 2014 |
   Bilangan bulat itu ada 2 macam: positif dan negative. Seringkali murid les saya kurang teliti dalam memperhatikan bilangannya itu positif atau negative, sehingga jawabannya jadi kurang tepat. 

   Nah kali ini saya akan mengajarkan cara menghafalkannya. Kita tahu bersama bahwa ketika bilangan bulat positif dikalikan dengan bilangan bulat positif maka hasilnya tetap positif, demikian juga bilangan bulat negative ketika dikalikan dengan bilangan bulat negative hasilnya juga positif. 

   Dalam hal ini saya akan menyingkatnya sehingga lebih mudah dihafalkan. Ingat: po (positif) ; ne(negative) 

(+) x (+) = (+) → popopo 
(-) x (-) = (+) → nenepo 

    Jadi bisa disimpulkan jika bilangannya sama sama positif atau sama-sama negative maka hasilnya tetap positif. Isn’t it? 

   Nah sekarang jika masing-masing bilangannya berbeda, yang satu positif dan satunya lagi negative maka hasilnya menjadi negative.

(+) x (-) = (-) → ponene 
(-) x (+) = (-) → nepone 

Mari kita menghafalkannya : Popopo, nenepo, ponene, nepone…. 


Hm, good job (y) 


Mari terapkan pada soal : 
  • 4 x 4 = 16  
  • (-4) x (-4) = 16
  • 4 x (-4) = -16
  • (-4) x 4 = -16 

   Apabila bilangan bulat baik (+) maupun (-) dikalikan dengan 0 (nol) maka hasilnya tetap NOL. 

Contoh
  •  4 x 0 = 0  
  • (-4) x 0 = 0 

 Bagaimana? Let’s try it by yourself :D

10 komentar:

  1. popone hehehe aku baru tau trik seperti ini, biasanya pakai trik lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oops ada triks lain? wah trik apa tuh saya jadi kepo...

      Hapus
  2. ini penting dipelajarin kalo thifa udah SD nanti, sekarang leyeh2 sik, mumet liat plus minus gitu akuu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. :D selamat leyeh2... thifa melu leyeh2 ra gelem sinau haha

      Hapus
  3. Bu Guru, satu-satunya trik harus menghafal yach....kalo pengertian ngga bisa yach...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengertian bisa sih tp lebih praktis kalau pengertian diterapkan ke penjumlahan atau pengurangan positif negatif jadi kayak sistem bayar utang gt

      Hapus
  4. Wah..ketemu deh triknya.. Makasih Bu guru..:)
    Popopo, nenepo, ponene, nepone.. Noted. Ini dibutuhin bbrp tahun lg buat ngajari Amay, hihihi...
    Smga ilmunya bermanfaat Mba..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. :D makasi mbak Arin.. semoga bermanfaat..

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...