Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • ORDER DESIGN
  • ABOUT ME
  • JUAL KEFIR
JASA DESIGN BLOG KHUSUS BLOGSPOT & JUAL PRODUK KEFIR

Aplikasi Anak Cerdas Cara Asyik Belajar dan Bermain

Moocen Susan | Sabtu, April 26, 2014 |
   Masa kanak-kanak tak lepas dari yang namanya bermain. Biasanya, anak-anak lebih suka bermain daripada belajar. Ini terjadi pada murid saya, Brisa, yang selalu malas setiap disuruh mengerjakan soal matematika. Terkadang baru mengerjakan soal sebentar saja dia sudah mengeluh, “Ah males kak, istirahat dulu ah. Mainan aja yuk, kak.” 

   Ini disebabkan karena dia tidak suka pelajarannya. Mungkin saya perlu menambahkan sedikit trik agar Brisa suka belajar, misalnya saja dengan diselingi permainan. Tak hanya saya, namun para orangtua bijak pasti ingin mencari media permainan yang edukatif untuk anak-anaknya. Hal itulah yang kini mendorong banyak orangtua membelikan gadget sebagai sarana bermain anak-anaknya di rumah. Sehingga, wajar apabila anak-anak jaman sekarang jadi lebih mahir pencat-pencet gadget daripada jaman saya kecil dulu. 
 
dokumentasi pribadi
    Terlepas dari sisi positif gadget, ternyata ada juga sisi negatifnya untuk anak-anak. Masalahnya perkembangan jaman yang dibarengi dengan kemajuan teknologi memungkinkan semua orang mudah mengakses internet termasuk anak-anak. Apalagi kalau anak-anaknya lebih melek internet daripada orangtuanya dan tanpa bimbingan ortu saat memainkannya. Kadang muncul kekuatiran orangtua dan saya sebagai guru lesnya kalau mereka mengakses situs yang tidak sesuai dengan usia mereka. 

    Tapi kemudian, kekuatiran saya sirna saat di grup KEB ada info lomba blog Aplikasi Anak Cerdas yang diadakan oleh ACER. Saya pun tertarik mempelajari lebih dalam artikel tentang aplikasi ini di microsite Anak Cerdas
 
ilustrasi penulis sendiri
   Wah, ternyata aplikasi ini bermanfaat sekali untuk membantu saya dalam mengajar sekaligus menjadi solusi untuk mengatasi rasa bosan murid saya ketika les. Aplikasi ini membantu mereka belajar sekaligus bermain dengan parental control. Saya jadi ingin mengetahui lebih detail tentang aplikasi ini tidak hanya dari membaca artikelnya saja. Berikut ini syarat downloadnya : 
 
dokumentasi pribadi
   Berhubung saya tidak memiliki gadget android maupun smartphone, maka saya berencana meminjam tablet milik murid saya yang bernama Jenny. Tetapi sayang sekali, ternyata versi tabnya tidak compatible untuk diinstal aplikasi Acer. Kemudian saya meminjam saluran dari laptop adik saya untuk menginstal bluestack (software untuk menjalankan seluruh aplikasi OS Android) dengan teamviewer (remote PC jarak jauh). Tutorialnya disini dan disini

    Berhubung, kemarin murid-murid les saya sudah selesai tes dan buku-buku LKS mereka sudah selesai dikerjakan semua jadi saya pikir akan sangat bermanfaat jika bisa menggunakan aplikasi ini sebagai tambahan latihan soal. Aplikasi anak cerdas adalah aplikasi android keluaran ACER sebagai cara baru belajar yang aman dan menyenangkan karena disamping belajar, mereka bisa bermain juga. 

   Untuk menginstal aplikasi ini saya mendownloadnya dari halaman google play :
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.acer.anakcerdas
Add caption

dan klik install/ pasang → membuat akun → Login dengan menggunakan akun email atau facebook → dapatkan  konfirmasi via email :
email dari Acer
   Di Menu PANDUAN ada beberapa petunjuk untuk menggunakan aplikasinya. 
tampilan beranda Aplikasi Anak Cerdas

    Untuk masuk ke menu PENGATURAN, saya memasukkan kata sandi yang sama dengan saat registrasi tadi. Di menu ini ada 4 sub menu, yaitu : laporan penggunaan, akses dan proteksi, profil pengguna, dan tentang aplikasi. 

  Untuk mengaktifkan LAPORAN PENGGUNAAN, saya menggeser tombol ke posisi ON untuk memantau aplikasi apa saja yang mereka gunakan dan lamanya digunakan. Saya pun bisa mendapatkan hasil laporan penggunaan ke email saya yang akan dikirim setiap tanggal 1 perbulannya. 
dokumentasi pribadi

   Di Menu AKSES dan PROTEKSI saya mengaktifkan izin unduh dan zona anak dengan cara menggeser tombol ke kiri (posisi ON) juga. Pada fitur izin unduh, saya memasukkan kata sandi dan klik “mulai zona anak” untuk memilih menu MARI BERMAIN dan LATIHAN YUK

Tips: Sebaiknya jangan mengaktifkan fitur izin unduh untuk menampilkan Play Store atau browser sebab nanti anak-anak bisa bebas mengunduh konten atau aplikasi dari internet karena ternyata fitur ini hanya mampu memblokir download aplikasi dari dalam "Anak Cerdas" sendiri.

   Profil orangtua dan anak terdapat di menu PROFIL PENGGUNA. Saya bisa memasukkan nama dan mengupload foto saya dan kedua murid saya. Saya juga mengisi data profil murid saya di profil anak. Adapun data yang diminta antara lain : nama anak, tanggal lahir, kelas, sekolah, dan warna favoritnya. 

   Di menu TENTANG APLIKASI, saya bisa memeriksa pembaruan soal latihan, membaca syarat dan ketentuan tentang aplikasi dan berbagi aplikasi melalui media sosial. Saya dapat mengatur aplikasi apa saja yang ingin ditampilkan atau disembunyikan. Untuk menampilkan nya, klik Mari Bermain → Atur Aplikasi→ Masukkan kata sandi orangtua → Pilih Aplikasi → Simpan  
 
dokumentasi pribadi
   Jika saya mengaktifkan zona anak, maka tampilan beranda tadi berubah menjadi seperti ini : 
dokumentasi pribadi

Ketika menu MARI BERMAIN diklik maka akan tampak 3 menu aplikasi diantaranya aplikasi terbaru, aplikasi terinstal dan pilih kategori. 
contoh aplikasi

   Di dalam pilihan kategori, saya bisa memilih diantara ratusan permainan, buku cerita, dan edukasi yang direkomendasikan. Di menu LATIHAN YUK ada 4 jenis mapel dari mulai kelas 1-6 SD untuk latihan soal diantaranya : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Sains. Yang mana masing-masing mapelnya ada 4 Bab dan 4 level berisi 20 soal latihan yang harus dikerjakan secara bertahap. 
4 mata pelajaran di aplikasi anak cerdas

   Ketika mereka salah mengisi jawabannya maka bisa dikoreksi kembali sebelum lanjut ke soal berikutnya/sebelum dikumpulkan. Jika mereka sudah selesai mengerjakan level 1 bisa dilanjutkan dengan level 2. Untuk membukanya perlu password saya dan jika sudah selesai di bab 1 bisa lanjut ke bab 2 dengan cara mengunduh soal kembali. 
 
urutan cara mengerjakan soal latihan Acer
   Keempat mapel ini disesuaikan dengan kurikulum sekolah nasional juga lho. Jadi memang terbukti sangat bermanfaat untuk murid-murid les saya. Saya bisa membuka kunci jawaban untuk mengetahui jawaban yang tepat dan sebagai pembetulan jika suatu saat ada soal seperti itu di sekolah. Jadi, lain kali mereka bisa menjawab dengan benar. 

    Saya juga bisa mendapatkan report mereka melalui menu profil pengguna di profil anak. Inilah hasil latihan kedua murid saya : 
 
dokumentasi pribadi
   Untuk mengakses DUNIA TEKNO maka diperlukan koneksi internet. Melalui dunia tekno, mereka bisa belajar teknologi dengan bahasa yang lebih mudah dipahami. Selain itu ada tips dan info seputar produk teknologi yang pastinya bermanfaat juga untuk saya. 
contoh artikel di dunia tekno

Berikut ini video sederhana tentang Acer: 
video
video buatanku

   Aplikasi ini juga bisa membuat hubungan orangtua dan anak jadi lebih dekat lho, karena mau tak mau orangtua ikut berperan aktif untuk memantau perkembangan belajar anak-anaknya dimana aktivitas anak terhadap gadgetnya selalu butuh password orangtua. 


   Sebagai guru les privat khusus SD kelas1-6 saya sangat terbantu dan berterima kasih kepada PT. Acer Indonesia yang telah berinisiatif mengeluarkan produk yang amazing ini. 

ilustrasi penulis sendiri

Apakah Anda juga tertarik untuk download aplikasi ini demi perkembangan pengetahuan putra-putri Anda? Download sekarang juga dan dapatkan manfaat positifnya.




Postingan blog ini diikutsertakan dalam lomba blog  
Aplikasi Anak Cerdas, kerja sama 
Kumpulan Emak Blogger dan Acer Indonesia 

Jumlah kata : 1000

48 komentar:

  1. Sayang blm ada yg buat anak usia paud yaa

    BalasHapus
  2. oo ada laporan penggunaannya ya, baru tau, mak

    BalasHapus
  3. Lengkap sekali informasinya mbak Susan. Pengen deh download pake laptop, makasih sharingnya ya, sukses untuk lombanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. :D makasi mbak Yuni.. yuk download, kalau RAM laptopnya masih memadai bisa diinstal bluestack

      Hapus
  4. Sudah bisa delete profil anak kan, Mba?
    Sukses utk kompetisinya, ya. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga saya delete mak, saya edit doank. tetep ga bisa didelete

      Hapus
  5. Ulasannya lengkap Mak.. ajarin dong cara bikin gambar seperti itu Bagus lho Mak Susan suka saya lihatnya, lucuu :D

    BalasHapus
  6. wow lengkap bgt ulasannya.. Aku udah cb install dr kmrn2, tp sampe skrg blm berhasil jg :(
    Smoga menang yaa ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin makasi doanya. oya mungkin memory PC/ laptop emak kurang dari 2GB freespacenya jadi ga bs diinstal bluestack :D

      Hapus
  7. aku sukaaa banget ilustrasinyaa.,....kereeen bingitt..sukses untuk kontesnya yaa mis :)

    BalasHapus
  8. Lengkap & bagus! Good Luck!

    BalasHapus
  9. Waaw... reviewnya keren, Mak. Aku jiper nih. Hehehe... padahal belom utak-atik juga. Gak pake android dan netbookku gak cukup memorinya.
    Semoga menang, Maaaak. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jiper? apa tu :O :) hehe.. aku juga ga cukup memorinya mak.. modal minjem

      Hapus
  10. Lengkap, Mak..
    Videonya juga bagus..
    Gutlak :)

    BalasHapus
  11. Teknologi akan membawa sisi positif jika tahu cara memanfaatkannnya. contohnya aplikai untuk anak cerdas yang kamu ceritakan ini. mau nyoba download aplikasinya ah.

    BalasHapus
  12. aku sudah dowload jug anih mbak tinggal ikutan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo ikutan, oya mak Christanty kayaknya kesulitan instal. mungkin bs share ke beliau mak?>

      Hapus
  13. aplikasi yang sangat bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang bagus ini pak :) coba aja pak hehe

      Hapus
  14. Good luck ya untuk lombanya. Sayang hanya untuk emak-emak ya... hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi :D, kalau grupnya emang emak2, tp lomba ini umum og

      Hapus
  15. Aplikasinya memang keren ya Mak. Mau download tapi bingung mau diajarkan ke anaknya siapa. Anak tetangga aja kali ya...
    Gud lak kontesnya Mak :)

    BalasHapus
  16. Hai Mak Susan, rame banget nih blog nya. Sukses selalu ya Mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya> rame apa kerammean ? :D makasi sudah mampir

      Hapus
  17. Nice posting and so smart...:)

    BalasHapus
  18. Tulisan mak lebih lengkap dari tulisan saya :) . Gut lak ngontesnya mak ;)

    BalasHapus
  19. Good Luck Mba Susan untuk ngontesnya :)

    BalasHapus
  20. komplit....rayuan belajar dengan gadget berhasil ya mak hehehe

    BalasHapus
  21. reviewnya keren...ilustrasinya bagus
    Semoga menang ya, mbak Susan :)

    BalasHapus
  22. Mantap Mbak,Langsung Download Buat Anak Saya...Mkasih Atas Infonya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...