Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • ORDER DESIGN
  • ABOUT ME
  • JUAL KEFIR
JASA DESIGN BLOG KHUSUS BLOGSPOT & JUAL PRODUK KEFIR

Rayakan HUT TMII ke-39, Negeriku “Satoe” Indonesia Jarak Jauh

Moocen Susan | Rabu, April 02, 2014 | | |
♪♪ Menghitung hari detik demi detik 
HUT TMII sebentar lagi 
Ku ingin datang namun tak bisa
Hanya bisa saksikan di layar kaca ♪♪ 
 
   Sudah lama sekali saya tidak pernah bisa menikmati indahnya bepergian keluar kota untuk berlibur karena kelemahan fisik. Seumur hidup saya hanya pernah berlibur sekali saja bersama keluarga, itu pun waktu saya masih kecil dulu. 

   Kadang saya merasa iri ketika melihat foto teman-teman saya yang diunggah ke facebook tentang liburan mereka ke berbagai tempat wisata baik yang di dalam maupun luar negeri. 

  Ketika ada seorang teman saya yang menceritakan tentang liburannya ke TMII bersama keluarganya, saya hanya bisa menyimak. Mendengar ceritanya tersebut, saya jadi penasaran dan ingin tahu lebih banyak tentang TMII. Akhirnya saya pun browsing di internet tentang TMII

   Ternyata sebentar lagi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan merayakan ulang tahunnya yang ke-39, tepatnya tanggal 20 April. Wah, tinggal beberapa hari lagi ya. 


    Kawasan taman wisata budaya yang diresmikan sejak 20 April 1975 ini rencananya akan mulai menggelar acara perayaan HUT ke-39 nya dari tanggal 17 – 27 April 2014 dengan mengusung tema “Wahana Pelestarian Budaya Nusantara, Perekat Persatuan dan Kesatuan Bangsa.” 

   Banyak pengunjung memilih berwisata ke TMII karena harga tiket masuknya terjangkau sekitar Rp.10.000,-/ orang dan keamanan pengunjung juga terjamin. Tapi ada yang spesial nih, tepat di hari ulangtahunnya nanti, pihak TMII akan membebaskan biaya tiket kepada para pengunjungnya, alias GRATIS. Asyik kan? 

   Pada tanggal 20 April 2014 TMII akan dibuka mulai jam 08.00-16.00 WIB. Selain itu ada promo tiket buy one get one ( beli 1 dapat 1 tiket ekstra) pada tanggal 21-25 April 2015. Wah bisa ajak teman dong ya? :D 

Berikut ini cuplikan rangkaian kegiatan menyambut HUT ke-39 TMII : 

Ada acara apa saja di HUT ke-39 TMII? 


Kamis, 17 April 2014 
Pk. 15.00 WIB 
Gelar Pembukaan HUT, Gelar “Gita Natya Nusantara” 
di Teater Bhinneka Tunggal Ika, TMII 

***

Kamis s/d Minggu, 17-20 April 2014 
Pk. 08.00-16.00 WIB 
Expo Nusantara (Pameran Produk Unggulan Daerah) 
Pameran Bersama Museum 
Pameran Keris Paksi 
di Area Arsipel & Teater Bhinneka Tunggal Ika 

***

Kamis s/d Jumat, 17-18 April 2014 
Pk. 08.00-16.00 WIB 
Festival Kuliner Nusantara 
di depan Teater Bhinneka Tunggal Ika 
***

Kamis s/d Jumat, 17-18 April 2014 
Pk. 08.00-16.00 WIB 
Expo Karya Kreatif Nusantara 
Pameran dan Bursa Produk Kreatif 
di Area Dermaga Seni dan Desa Seni 

***

Jumat, 18 April 2014 
Pk. 13.00-17.00 WIB 
Parade Busana Daerah ke-6 
di Teater Bhinneka Tunggal Ika 

***

Jumat s/d Minggu, 18-27 April 2014 
Pk. 10.00-16.00 WIB 
Pameran & Seminar Nasional Flora/ Fauna 
di depan Anjungan Maluku 

***
Minggu, 20 April 2014 
Pk. 10.00-22.00 WIB 
Citra Budaya Tradisi Bali Night “Sang Sutasoma” 
di Teater Bhinneka Tunggal Ika 

***

Selasa s/d Kamis, 22-24 April 2014 
Pk. 10.00-15.00 WIB 
Lomba Seni Beladiri Pencaksilat 
di Teater Bhinneka Tunggal Ika 

***

Sabtu s/d Minggu, 26-27 April 2014 
Pk. 10.00-15.00 WIB 
Kontes Burung Merpati (JFF Just For Fun Contest
di Kawasan Danau Arsipel 

***
Minggu, 27 April 2014 
Pawai Budaya Nusantara dan Gelar Tari Kolosal 
di Plaza Tugu Api Pancasila 

Menurut hasil penjelajahan saya di internet: 

     TMII adalah salah satu kawasan taman wisata budaya Indonesia yang terletak di Jakarta Timur. Keunikan taman wisata berlogo tulisan TMII dan maskot berupa tokoh wayang Hanoman yang dinamakan NITRA (Anjani Putra) ini yaitu di tengah-tengahnya terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia yang meliputi Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. 
 
sumber : file TMII - edit gambar oleh penulis sendiri
    Mantan Ibu Negara RI, Ibu Tien Suharto menggagas dibuatnya miniatur ini bersama Yayasan Harapan Kita dengan nama proyek Miniatur Indonesia “Indonesia Indah”. 

  Dengan dibangunnya miniatur ini diharapkan dapat membangkitkan rasa bangga dan cinta tanah air seluruh bangsa Indonesia. Disini terdapat berbagai anjungan daerah 33 provinsi di Indonesia yang ada di sekitar danau. Dimana tiap anjungannya ada bangunan khas daerah setempat serta berbagai corak khas budayanya. 


    Salah satu anjungan yang menarik misalnya di Anjungan Aceh yang mana terdapat patung pasangan pengantin dari berbagai daerah di Aceh, Rumah Gadang di Anjungan Sumatera Barat yang menyediakan layanan sewa busana pengantin adat Minang, Anjungan Jambi yang menyediakan toko souvenir, serta Anjungan Jawa Tengah yang menyediakan berbagai jenis kuliner khas daerah tersebut.
sumber: file TMII - edit gambar oleh penulis sendiri

   Ada juga 7 bangunan keagamaan, 12 taman yang menampilkan indahnya flora dan fauna Indonesia, 9 wahana rekreasi (kereta Aeromovel, pemancingan telaga mina, Skylift, Istana Anak-Anak Indonesia (IAAI), Balon Raksasa, Snowbay Waterpark, Teater 4D 
 
sumber: file TMII - edit gambar oleh penulis sendiri
dan Teater dengan layar terbesar di Asia yaitu Teater IMAX Keong Mas) 
 
sumber: file TMII - edit gambar oleh penulis sendiri
serta 16 Museum yang memamerkan sejarah, budaya, dan teknologi. Salah satu museum Purna Bhakti Pertiwi dikenal sebagai tempat menyimpan souvenir tamu negara ke Indonesia. 
 
sumber : file TMII - edit gambar oleh penulis sendiri
   Selain itu ada juga fasilitas berupa hotel dan restoran, persewaan gedung, Galeri dan toko souvenir, serta transportasi umum seperti bus, mobil keliling, mobil listrik, sepeda wisata , dan perahu angsa. 

    Oya, bagi kalian yang belum pernah dan ingin berkunjung ke TMII seperti saya, berikut ini tips nya : 
  1. Datang lebih pagi supaya kelar kalau ingin menjelajahi seluruh wahana di TMII.
  2. Sedia payung sebelum hujan atau topi jika takut kena panas matahari.
  3. Parkir kendaraan di areal parkir yang telah disediakan.
  4. Beli makanan dan minuman di tempat resmi yang telah disediakan agar terjamin kebersihannya.
    Semoga saya cepat sehat kembali agar dapat menikmati indahnya suasana perayaan HUT TMII tahun depan. Buat kalian semua, jangan lewatkan Semarak HUT ke-39 TMII Negeriku “Satoe” Indonesia di Jakarta Timur yaa.... :)
dan ini ucapan dari saya untuk TMII :
desain oleh penulis sendiri


20 komentar:

  1. Semoga impian berliburnya terkabul mba..banyak sekali inspirasi yang diperoleh di TMII, anakku aja ketagian, maunya tiap minggu ke sana..heheh ayahnya sampe pusing ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mbak sepertinya memang kalau saya lihat TMII cukup inspiratif buat pendidikan anak anak. makasi mbak :)

      Hapus
  2. sukses lombanya mba susan....

    awal bulan lalu datang kondangan ke TMII, jadi pengen ajak anak2 kesana,,,masih belum kesampaian nih,.,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya? wah asik ya kalau bisa ke sana hihi

      Hapus
  3. Terakhir ke TMII jaman SMP Mbak.. Moga2 suatu hri bisa bawa anakku kemari... Sukses ngontesnya Mbak :)

    BalasHapus
  4. sayajuga belum pernah ke TMI mbak :-(

    BalasHapus
  5. Wah yang udah melancong ke TMII, selamat ya sukses untuk lombanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mbak ni baca yang mana mbak? siapa yang udah melancong ke TMII? saya blm pernah ke TMII kok? :O thanks for commentnya..

      Hapus
  6. sukses utk lombanya mbak.....moga suatu saat bisa melihat pesona TMII.. :)

    BalasHapus
  7. good luck.. mba lomba blognya smoga bruntung yaa.. :)

    BalasHapus
  8. waah ikutan juga ya mak lombanya... sukses yaa
    aku juga ikutan niih.. soale penggemar TMII jadi harus ikut merayakan Ultahnya.
    mampir mak di http://ophiziadah.blogspot.com/2014/04/selamat-ulang-tahun-taman-mini.html

    BalasHapus
  9. Pengen k taman mini deh,,,,
    Dlu pernah kesana waktu masih kecil,pasti bnyak perubahan,

    BalasHapus
  10. Sukses ya mak moocen, saya juga sama belum pernah ke TMII :D

    BalasHapus
  11. Mbak...mau tanya, kalo ke TMII bw ibu sy yg umurnya sdh 65 th an. Kira2 bisa ngga ya ? Ktnya tempatnya jauh2 ya mbak ?

    BalasHapus
  12. Mbak...mau tanya, kalo ke TMII bw ibu sy yg umurnya sdh 65 th an. Kira2 bisa ngga ya ? Ktnya tempatnya jauh2 ya mbak ?

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...