Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • ORDER DESIGN
  • ABOUT ME
  • JUAL KEFIR
JASA DESIGN BLOG KHUSUS BLOGSPOT & JUAL PRODUK KEFIR

B Blog’s I A.M a Blogger

Agustinadian Susanti | Senin, April 21, 2014 |
Mengapa aku membuat Blog? 

    Sebenarnya waktu kecil itu aku suka mengarang dan beli buku diary, sayangnya karena tulisanku jelek dan banyak coretan di sana-sini, jadi aku sering merobek buku diary itu. 

    Aku pernah jadi juara 3 lomba mengarang waktu SD. Aku mulai tertarik sama yang namanya komputer waktu kelas 6 SD. Kupikir kayaknya enak nih, nulis bukan dengan bolpen tapi ngetik di komputer. Masalahnya kalau kita nulis pake bolpen kalau salah akan banyak tip ex dan coretan. Nah, kalau ngetik di komputer kan kalau salah bisa dihapus pake tombol backspace, jadi lembar kerjanya tetep bersih. Selain itu kalau ngetik di komputer ga secapek seperti kalau nulis pake bolpen. 

    Waktu SMP pengen ikut kursus komputer tapi belum diijinkan ortu, sampai lulus SMA baru deh kursus sendiri. Dan sejak itu aku suka ngetik-ngetik curhatku pake Microsoft Word. 

    Aku baru tahu tentang blog itu waktu main ke warnet depan rumahku dan lihat penjaga warnetnya lagi sibuk nulis di blog. Waktu itu aku masih gaptek akut. Blog itu apa sih? Aku juga belum paham. Aku kira blog itu alamat perumahan (ups kalau itu kan blok pake ‘k’ bukan blog pake “g” ya hahaha). 

    Tapi waktu itu aku masih cuek aja. Sampai suatu ketika waktu aku gabung di sebuah komunitas kepenulisan, baru deh aku tergerak buat bikin blog karena  ada yang ngajari dasar-dasar buat blog. Kebetulan adikku juga memberikan komputer secondnya padaku. Meskipun banyak yang perlu diservis ulang dan pelindung layarnya ada tambalan lakban sama penjepit, after all lumayan lah masih bisa dipakai buat nulis-nulis dan desain. 
Komputer secondku yang berjasa

    Blog itu diary online yang dibaca oleh banyak orang di dunia. Kok bisa? Kok tahu dibaca orang banyak? Nah tuh aku pasang widget feedjit, ketahuan deh dari kota dan negara mana aja yang baca blogku :D .

    Kalau buku diary kan cuma kita aja yang baca, kadang malah digembok bukunya :D. Kan jadi ga bermanfaat kalau yang baca cuma aku sama Tuhan aja yang tahu? Kalau nulis di blog kan bisa bermanfaat juga buat orang lain. 

    Sebenarnya, aku punya 4 blog tapi yang aktif cuma 1 ini. Di blogspot ada 2, yang satu blog tentang masakan dan yang ini. Ada juga blog yang kubuat di wordpress, blogdetik, dan tumblr. 
tampilan blogku sekarang
blogku lainnya tentang masakan

    Dasarnya aku ini orangnya suka penasaran dan belajar hal baru, langsung deh tancap gas browsing di internet tentang cara buat blog lebih dalam, sampai utak-utik blogku sendiri. 

    Berbagai tutorial aku pelajari, aku coba dan aku review caranya di blog lalu aku bagikan buat temen-temen di grup. Berulangkali gonta-ganti template dan pasang kode script sampai blogku ini hampir rusak karena sering clash script code

    Melalui kejadian ini aku jadi tahu bahwa tidak semua tutorial blog di internet itu cocok diterapkan diblog kita. Dan karena sering trial and eror itulah aku jadikan kegagalanku buat belajar setting blog dan buka jasa online ngerapiin blog orang lain sekaligus bikinin blog teman-teman yang masih gaptek kayak aku dulu. 

    Alasanku ngeblog, selain buat terapi stres karena aku pernah stres dan dengan menulis itu bagaikan terapi buatku jadi aku ngeblog. 

    Disamping itu, blog ini aku jadikan lahan pencari uang. Dengan blog ini aku bisa promosi jasa onlineku ke khalayak umum dan pernah juga ada yang pasang iklan di blogku. 

    Aku bisa berbagi lewat blog ini dan menambah banyak kenalan. Dengan blogwalking/ BW (saling mengunjungi blog teman) aku mendapat ilmu baru dan saling bersilaturahmi dengan sesama blogger. Aku juga suka ikutan berbagai lomba blog dan giveaway berhadiah. 

Bagaimana aku memilih nama dan tema untuk blogku? 

   Tadinya judul blogku "Enjoying Everyday Life." Kenapa milih tema itu karena bagiku menikmati hidup sehari-hari adalah cara untuk menjadi tenang dan lebih sehat. 

    Blog ini kuisi tulisan-tulisan keseharianku, ada sedikit pelajaran anak SD juga karena aku merangkap jadi guru privat di rumah, ada tutorial blog yang pernah kupelajari secara otodidak, dan artikel untuk lomba blog/ giveway. 

    Waktu itu aku masih pake template simple, kemudian tertarik ganti template download-an yang ada anime Jepangnya karena aku suka banget sama anime Jepang. Kemudian karena yang namanya template download-an itu ada menu-menu yang ga bisa kuedit dan kumodifikasi, akhirnya balik lagi ke template asli bawaan blogger dan mulai modifikasi seperti sekarang ini. Blogku ini hasil modifikasi template asli blogger lho. 

   Kemudian, karena kupikir judulnya kepanjangan dan agar mudah diingat mendingan aku pake nama panggilanku aja, yaitu Susan. Jadi kunamai blogku ini Susan’s Blog. Blog kepunyaan Susan. 

Manfaat Ngeblog buatku

   Ngeblog itu ajang berbagi ilmu dan silaturahmi. Sejak aku ngeblog, banyak silent reader yang add facebookku dan jadi temanku. So, otomatis dengan ngeblog akan menambah banyak teman dan kenalan. Aku ga kenal mereka tapi mereka yang kenal aku duluan lewat baca tulisanku di blog. 

    Aku dapat uang dari sering dapat order job desain blog, ada yang pernah pasang iklan juga, Aku sering dapat kiriman hadiah dari menang lomba dan dari teman-teman pembaca setia blogku lho. Hihi.. 

    Hadiah hasil ngeblog selama ini yaitu aku dapat buku, pulsa, piagam, uang tunai, dll. Pengen dapat gadget juga sih (ngarep.com) 
dokumentasi pribadi

Tips &Trik sebagai seorang blogger 

Dalam membuat blog yang perlu diperhatikan : 

  1. Tema yang jelas. Maksudnya disini, temanya jelas mau bikin blog tentang apa misalnya blog kuliner, ya isinya resep-resep masakan, tips tips memasak yang baik, contoh bagaimana cara mengetahui air mendidih (haha,.. ini cuma misalnya aja..btw, parah banget nih aku ngasih contohnya ya?) . Ya kayak gitu gitu deh, jangan dicampu-campur. Misal blog masakan kok dicampur sama review film. Ga nyambung kali, boleh beda tapi yang sejurusan. Misalnya food photography. Kalau mau buat yang random ya bisa ditaruh di menu khusus, jadi penting buat bikin menu navigasi di blog (kalau ga cukup bisa pake menu dropdown) biar ada pengelompokan artikelnya berdasarkan label yang kita buat. Jadi pembaca itu jadi ga bingung dan lebih mudah cari artikel yang sesuai minatnya. Selain itu buat memudahkan pembaca mencari artikel kita bisa memasang daftar isi di blog. Kalau kotak pencarian/ search box di template asli bawaan blogger nih sebenarnya sudah ada diatas sendiri.
  2. Akses yang mudah dan cepat. Ini untuk memudahkan pembaca ketika mengunjungi blog kita. Kalau blog kita loadingnya lama buat terbukanya pasti pembaca ga sabaran, belum dibaca eh udah kabur duluan karena menunggu terlalu lama. Mengapa loading blog lemot? Karena pemilik blog banyak pasang widget yang memberatkan blog. Misalnya terlalu banyak efek animasinya, seperti kursor animasi, salju, petir, dll. Atau mungkin karena blognya dipasangi music/ lagu-lagu itu bisa juga bikin tambah lemot dan ngabisin kuota pembaca blognya kalau pembacanya pake kuota internet
  3. Isi/ konten yang bermanfaat .Kalau ingin blognya banyak dikunjungi orang lain, selain kita rajin blogwalking ke blog teman, kita juga perlu menulis artikel yang bermanfaat bagi pembacanya. Tulis saja tentang hobby kamu misalnya, berikan tips-tips yang bermanfaat
  4. Tampilan Blog yang menarik. Buatlah tampilan blog meskipun simple tapi enak dilihat, rapi dan tidak pedih di mata. Misal dengan memakai latar utama yang warnanya terang/ netral. Jangan terlalu banyak iklan melayang-layang disana-sini, karena itu bisa mengganggu pemandangan. Jangan naruh iklan di dalam postingan, nganggu pemandangan menurutku. Tata letak yang proporsional (responsive template) ga kelebaran melebihi lebar layar PC/ netbook/laptop, sehingga kalau kita mau baca artikel di blog itu ga usah scral-scrol mouse sampai jauh. 
  5. Widget Translator (optional) tapi ini penting banget buatku kali aja ada orang luar negeri yang baca blogku bisa diubah bahasanya jadi sesuai dengan negara mereka tinggal. 
Tentang BBlog 

    Aku tahu tentang BBlog ini pas ga sengaja blogwalking ke blog salah seorang kenalanku yang posting tentang info lomba blog. BBlog (Bina Blog) dari PT. Bina Blog Indonesia ini adalah perusahaan blog network yang menyediakan layanan job review artikel untuk para blogger yang sudah terdaftar menjadi member BBlog itu sendiri. BBlog ini dioperasikan oleh Cyberbuzz Inc, pemain blog network no.1 di Jepang dari grup CyberAgent Inc. 

    Asyiknya gabung jadi member BBlog itu kita bakal dikirimi sample produk, misalnya contoh produk kosmetik atau makanan ringan sebelum kita buat review artikelnya di blog. Jadi sebelum produk itu dijual ke masyarakat luas, kita dapat kesempatan buat nyobain dulu, baru deh kita tulis kesan-kesan dan pengalaman kita di blog tentang produk tersebut. Lumayan dapat sample gratis kan? :D . 

    Ga cuma itu aja, kita juga bakal diundang untuk ikut serta dalam acara tukar pendapat tentang produk pada sebuah diskusi/ talkshow dan ketemu orang-orang terkenal disana. Double wow deh pokoknya (y) 

    Tapi ada syaratnya, pertama kalian musti jadi member BBLog dulu dengan cara :
  1. Buka http://s.bblog.web.id/c/m2a3z0 → Klik pendaftaran gratis disini 
    dokumentasi pribadi
  2.  Isi data (alamat email dan password) dengan benar → Klik setuju dan daftar
    dokumentasi pribadi
  3. Buka email dan klik tautan link yang telah dikirim ke email kita
    dokumentasi pribadi
  4. Lengkapi profil. 
Dan inilah bukti kalau aku udah terdaftar jadi membernya BBlog :
dokumentasi pribadi

Bayar gak nih daftarnya? Eits, tenang aja ini semua GRATIS!! 

Saranku, masukkan data dengan lengkap dan benar ya, soalnya menurut pengalamanku kemarin pas daftar kalau ada kotak yang ga diisi alias kosongan, pendaftaran kita belum berhasil. Terutama pas ngisi nomor telepon, siapkan 3 nomor telepon yang bisa dihubungi ya. 

Kalau kita udah terdaftar jadi member BBlog, kita jadi bisa ikutan lomba blog berhadiah gadget dan uang tunai jutaan rupiah lho :D mupeng gak tuh? Aku jugaaaa.., so buruan aja daftarin diri kamu semua dan ajak temen-temen kamu juga buat ikutan ya…masih ada waktu lho karena DL-nya sampe tanggal 15 Mei 2014. Kalau berminat, klik aja banner di bawah ini ya: 
http://s.bblog.web.id/c/m2a3z0

33 komentar:

  1. langsung ngiler...hahaha..
    nyoba juga aaah...sukses ya mba.. eh, wismilak juga :D

    BalasHapus
  2. aduh jadi pengen hehe kalo dikirim sample gratis siapa yg ga mau coba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuks segera daftar aja kalau begitu :D

      Hapus
  3. ngeblog itu memberikan warna-warni ya mbak :)

    semoga menang ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya mbak, ayo mbak ikutan sekalian,

      Hapus
  4. saya mulanya iseng-iseng membuat blog,eh ketereusan deh hehe,tapi manfaatnya lumayan banyak mbak yah,bisa menambah teman utamanya,dan bisa saling berbagi...

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. makasi mak, ayo mak ikutan sekalian :)

      Hapus
  6. aiih koleksi hadiahnya banyak beneeer, mupeng

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo ayo mak, ah itu masih dikit mak hadiahnya.. mupeng gadget aku malah hahaha

      Hapus
  7. Wuih sejarah ngeblog tiap orang beda-beda yak. Moga-moga menang, mbaaak :) didoakan dari sini.

    BalasHapus
  8. Yay keren. Jadi pengen ikutan lombanya juga nih. TFS, Mak. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mak Nia tinggal klik dan daftar aja hehe

      Hapus
  9. keren banget mbak susan, tulisannya lengkap bin komplit, semoga menang ya.
    aku sudah daftar dari dulu lho, ah buka lagi deh, kok pengen ikutan juga nih...makacih infonya ya

    BalasHapus
  10. Nyimak cerita masing2 blogger tentang ngeblognya senantiasa menarik.
    Hadiahnya wow...
    Semoga sukses ya Mak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, makasi mak Euis.. ayo ikutan juga :)

      Hapus
  11. Hahaha, jadi kesindir ya. Blogku ga ada temanya :) cuma buat seneng2 aja. Blog satunya lebih random lagi soalnya cuma buat ngontes hohoho...
    Sukses ya buat lomba BBlognya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ups kesindir ya.. hehe.. sory:P ayo ikutan juga lumayan lo kalau bisa dapat sample ntar

      Hapus
  12. Xixixix, blognya keren Mak .... Punyaku masuk yang mana, ya?

    BalasHapus
  13. Ikutan ga yah, ikutan ga yah, hehe.. Mudah-mudahan menang ya mbak :)

    BalasHapus
  14. wah belum bkn reviewnya lagi masih ada waktu nggak yaa btw goodluck lombanya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. wokey mak masih ada waktu sampai 14 mei kok

      Hapus
  15. calon-calon juara nich kayaknya... keren dan beken :)

    BalasHapus
  16. Waw, super duper lengkap Mbak. Boleh gak kalau minta didesainin gratisan? hihi ngawur.
    Gud lak ya Mbak, saya doakan menang.

    BalasHapus
  17. wah,,,bagus banget nih mbak,,pengen ikutan juga :)

    BalasHapus
  18. Blog Makes
    From Hobby to Professi and Get Earning from the blog

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Categories

Komentar

Blog Archive

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...