Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • ORDER DESIGN
  • ABOUT ME
  • JUAL KEFIR
JASA DESIGN BLOG KHUSUS BLOGSPOT & JUAL PRODUK KEFIR

Cara Mencari Bilangan Kuadrat dari Akar Pangkat 2

Agustinadian Susanti | Minggu, Mei 26, 2013 |
pinjam gbr pintarmatematika
Halo, jumpa lagi ya adik-adik? Jangan bosan belajar ya, hari ini kak Susan mau ajarin kalian mencari bilagan kuadrat dari akar pangkat 2.  Berikut ini adalah bilangannya: 

12     = 1 x 1 = 1
22     = 2 x 2 = 4
32     = 3 x 3 = 9
42     = 4 x 4 = 16      
52     = 5 x 5 = 25
62     = 6 x 6 = 36
72     = 7 x 7 = 49
82   = 8 x 8 = 64
92     = 9 x 9 = 81
102       = 10 x 10 = 100

Contoh Soal :

1).  √1156 = …..

Caranya:
-    Jika ada 4 angka di dalam akar, ambil 2 angka paling depan yaitu angka 11
-    carilah bilangan kuadrat yang mendekati angka 11 = 3
      (32=9, 9 mendekati angka 11)

                                    3...
                              √1156
                3 x 3 =       9  .. _
                                  256
(3+3)= 6
                
                6 ? x ?  =  256  _
                                     0
-    (?) cari angka yang sama disamping angka 6 ini agar jika dikalikan = 256, ditemukan angka 4 jadi 64 x 4 =256.

                                   34.
                              √1156
                  3 x 3   9.. _
                                  256
(3+3)= 6
                
               6 4 x 4  =  256  _
                                     0

Jadi, √1156 = 34


2) √ 625 = ….

Caranya:
- jika ada 3 angka di dalam akar, ambil 1 angka terdepan yaitu angka 6
- carilah bilangan kuadrat yang mendekati angka 6 = 2
      (22=4, 4 mendekati angka 6)


                                25.
                              √625
                  2 x 2 4.. _
                                225
(2+2)= 4
                
               4 ? x ?  =  225 _
                                   0
- (?) cari angka yang sama disamping angka 4 ini agar jika dikalikan = 225,
  ditemukan angka 5 jadi 45x5 =225.


                                 25. 
                              √625
                  2 x 2 4.. _
                                225
(2+2)= 4
                
              4 5 x 5  =  225 _
                                   0
Jadi, √625 = 25

Ok, begitu caranya, memang agak sedikit ribet tapi tidak ada yang sulit asal kalian rajin berlatih ya? Semangat ^^

44 komentar:

  1. Susan bgmana mnghitung akar 6 dari perkalian 1x6x7x6x6x5 ditunggu ya sgera terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. yakin tuh soalnya ga salah? ga ada jawabannya, ini dengan siapa ya kok ga ada namanya?

      Hapus
  2. balejar matematika kadang pusing banget, tapi belajar di sini kayanya enak

    BalasHapus
  3. Kalau akar pangkat 2 dari 324 apa, kakak? Soalnya aku gak terlalu bisa soal pangkat
    Thank's kakak !

    BalasHapus
  4. AKAR PANKAT 2 DARI 15376 APA?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itung dulu baru tanya ya.. itu salah soal mustinya 15876. akarnya = 126

      Hapus
  5. apakah setiap bilangan memiliki akar kuadrat ??
    jika kita ditanya akar 3, bagaimana menjawabnya ???

    adakah fakta menarik dan perlu diketahui tentang bilangan kuadrat ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sepertinya pertanyaannya cukup sulit. maaf saya hanya menulis yang saya tahu saja. ini masih taraf SD.

      Hapus
  6. Saya penasaran cara mencari akar pangkat tiga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya itu lebih mudah dari akar pangkat 2, ya kl bljr...
      Con. Soal:
      3/3375=...
      1. Abaikan 2 nomor stlh nomor pertama= 3/3375= 3/3dan5
      2. Cari bilangan kubik yang mendekati nomor pertama= 3= 1pangkat3= 1
      3. Bilangan kubik apa yang belakangnya 5? = 125= 3/125 = 5
      4. Jadi, hasilnya 15
      3/3375= 15
      Maaf kl tdk jelas :D agak susah emg

      Hapus
    2. Tp, km emg harus hapal dasar dari bilangan2 kubik.
      Contoh soal lain= 3/13824
      3/13dan4
      | |
      V V
      3/8=2 3/64= 4
      Jadi, jwbnnya 24...
      Aku kls 6, lho!

      Hapus
  7. 27pangkat 2 dan 36 pangkat 2 berapa nilan n = 45 pangkat 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu bukan soal untuk kapasitas anak SD mas. silakan dhitung sendiri ya :P

      Hapus
  8. Misalnya mencari akar 900 kan dilihat angka terdepan yaitu 9, yg mendekati angka 9 kan 3, trus 00 nya bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hasil dari akar adalah salah satu dari perkalian bilangan kuadrat yang sama. kalau 0 nya ada 2 ya tinggal dihapus salah satu aja gan. dan ditambahin dibelakang angka 3. jadi akar 900=30 karena 30x30=900

      Hapus
  9. Mbak nanya dong..akar kuadrat dr 1369 brp yah... kasih contoh akar kuadrad yg 4 angka ya mbak..makasih.. (stress dgn pr anak ) ;((

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya ambil 2 angka dari depan (1369) → ambil angka 13.
      cari bilangan kuadrat yang mendekati angka 13 → ketemu angka 3 karena 3kuadrat =9 (9 kan mendekati angka 13 to?)
      3 kuadrat kan =9 berarti 1369 - 9 = 469
      selanjutnya 3+3= 6, carilah angka 6n x n yang hasilnya = 469
      (n adalah bilangan yang sama) ketemu n=9 karena 69x9 = 469
      jadi hasil dari akar 1369 = 39 dari pertemuan antara angka 3 dan 9 diatas. jadi 39

      Hapus
  10. Mohon bantuannya
    berapa akar kuadrat dari 32?
    mencari akar kuadrat yang hasilnya bukan bilangan akar kuadrat.

    Terima kasih
    ditunggu jawabnnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf pertanyaan anda bukan kapasitas anak SD. silakan dihitung sendiri

      Hapus
  11. Seharusnya Akbar kuadrat 1369 =37

    BalasHapus
  12. Menentukan akar pangkat 2
    ^841=....

    BalasHapus
  13. mbak kalo 5 atau 6 angka bagaiMana caranya mencari akrnya? mohon kasi contoh makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mencari akar kuadrat dari 5 angka ambil 3 angka dari depan, kalau akar kuadrat dari 6 angka ambil 4 angka dari depan. selanjutnya ikuti cara saya seperti diatas. misalnya akar dari 15.376 → ambil 3 angka dari depan (153) cari bilangan kuadrat yang mendekati angka tersebut . ketemu 12 (karena 12 kuadrat=144)
      12+12=24, 24nxn=976, n=4 (244x4) jadi akar kuadrat dari 15376=124

      Hapus
  14. kalo akar kuadrat dari 24576 berapa ya kak??.MAKASIH^_^

    BalasHapus
  15. KAK, kalo misalnya jawabannya masih ada sisa,contohnya kaya 24576,gimana ya???.Tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau untuk kapasitas anak SD biasanya bilangannya ngepas2. kalau nggak ya tinggal dibulatkan aja.

      Hapus
  16. Kak aku sekolah di sd pelita bandung klas 5 a. Aku kemarin semustinya dapat nilai 100 karna salah 1 jd 90. 1 pertanyaan yg gak bs aku jawab akar 9 pangkat 1/2. Berapa y kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah maaf aku agak lupa caranya. bs ditanyakan langsung ke guru matematika di sekolahnya aja ya biar jelas

      Hapus
    2. Itu gmpng :D Kl pngkt 2= 3, karna 3×3×3 / 3pngkt3= 9. ya kl pngkt 1 ya gk ada jwbnnya mngkn. Mungkin. Btw, aku kls 6 :)

      Hapus
    3. kalau akar pangkat 2 dari 9 memang =3 tapi kalau 3 pangkat 3= 27 bukan 9 dik Loise,,,

      Hapus
  17. Kakak aku kalo belajar ini yg diambil Angka belakang nya kak menurut aku lebih gampang

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  19. Mau nanya, Cara mencari hasil akar pangkat dua yg pake metode pecahan itu gmn ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya hanya membagi apa yg saya tahu dr hasil plajaran SD. Untuk pertanyaan anda silakan tny guru anda smdiri

      Hapus
  20. Thanks mbak artikel ini sangat membantu saya
    Mengajari anak saya,thanks good luck

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...