Kita sering mendengar ungkapan yang mengatakan bahwa
“Pembeli adalah Raja.” Oleh karena itu
kita harus memperlakukan pembeli dengan ramah dan memberikan mereka pelayanan
yang baik. Jangan sampai pembeli merasa kecewa sehingga tidak jadi membeli
barang yang kita tawarkan. Akibatnya dagangan kita tidak laku dan tidak ada
pembeli yang mau berkunjung lagi ke toko kita..
“Salah satu syarat suksesnya sebuah bisnis yaitu kita
harus dapat memahami karakteristik pelanggan utama sebab tanpa itu kita tidak
mungkin dapat menentukan strategi marketing dan memberikan layanan terbaik bagi
mereka,” ujar Veronica Ratna Ningrum, Womanmarketer dan CEO dari PT.
Masterindo Multiguna yang bergerak di bidang konsultan marketing dan juga
telah sukses menangani berbagai program marketing bagi sejumlah lembaga
perbankan, baik bank nasinal maupun bank asing.
Menurut salah satu klien cantik dari Personal Branding Agency, Indscript Creative ini, ada sejumlah karakteristik pelanggan
utama yang perlu diketahui oleh setiap pelaku bisnis, yakni:
- Informasi dasar tentang pelanggan, yang meliputi: siapa mereka, kisaran usia, kisaran penghasilan, lokasi tempat tinggal, atau lokasi bisnisnya. Milikilah database pelanggan yang tersistem dengan rapi, yang berisi semua informasi dasar tersebut beserta alamat kontak mereka karena kontak mereka dibutuhkan untuk tetap dapat berinteraksi dengan baik dan memberikan informasi terkini tentang sesuatu yang baru dari perusahaan Anda.
- Bidang atau bisnis yang mereka jalankan. Hal ini termasuk siapa saja klien mereka dan bagaimana mereka menjalankan bisnis tersebut. Dengan demikian, Anda akan tahu layanan jasa atau produk seperti apa yang tepat bagi mereka.
- Hal-hal yang mereka sukai. Masing-masing pelanggan memiliki kesukaan atau hobi yang unik. Jika kita memahami apa yang mereka sukai, maka akan mudah bagi kita untuk merancang program reward atau program marketing lainnya guna membentuk loyalitas pelanggan.
- Masalah yang mereka hadapi. Setiap pebisnis tidak semata-mata menawarkan sebuah produk atau jasa kepada konsumen. Namun kita juga menawarkan solusi bagi masalah yang dihadapi pelanggan. Dengan memahami masalah mereka, maka kita dapat merancang program maupun produk yang lebih tepat.
Lulusan Universitas Kristen Indonesia (UKI) jurusan
Manajemen yang meneruskan ilmu hingga ke Illinois -AS ini, senantiasa menekankan perlunya memperhatikan
kebutuhan konsumen dan memberikan layanan terbaik. “Sebab sukses tidaknya
sebuah bisnis, sangat tergantung dari cara kita menghadapi konsumen,” ujarnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D