Hal ini terjadi berkat kemudahan akses internet dan
teknologi digital lainnya, serta karakter masyarakat Indonesia yang cenderung sosial dan komunal. Namun sangat
disayangkan dengan angka pengguna yang sebesar itu media digital belum banyak
dimanfaatkan untuk keperluan diluar ajang sosialisasi.
CEO Bridges and Balloons Digital Agency, Razi Thalib mengatakan bahwa, “Salah satu penyebab utama masyarakat belum melek
digital karena cara berpikir mereka yang lebih sering untuk sekedar
menggunakan, meniru, atau mengikuti tren, tanpa mengeksplorasi penggunaan media
digital lebih jauh. Sayang sekali jika kita hanya berhenti sekedar sebagai
konsumen tanpa memanfaatkan akses dan kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi
digital untuk berkarya. Padahal potensi yang dimiliki negara ini sangat besar.”
Menurut salah satu klien Personal Branding Awards
dari Indscript Creative ini, media digital seharusnya sudah difungsikan lebih
jauh, misalnya untuk menyebarkan konten yang menjalin loyalitas, menghemat
waktu, dan memberikan solusi untuk kepentingan sehari-hari.
Sedangkan bagi para pelaku bisnis saat ini kebanyakan
hanya berhenti pada target sekedar untuk meraup jumlah pengunjung sebanyak
mungkin dan jarang ada pemikiran lebih jauh, misalnya menggunakan desain dan
konsep interaksi untuk mengubah pengunjung menjadi pembeli setia.
Razi menguraikan, “Misalnya Anda punya produk
cokelat. Yang layak Anda lakukan selain menjualnya adalah mengedukasi konsumen
tentang produk itu. Bagaimana mengenali cokelat berkualitas tinggi, dari penampilan,
aroma, dan rasanya. Lalu informasikan tentang konsep Fair-Trade,
dimana para petani bisa menjual hasil kebun cokelat mereka dengan harga
yang layak dan tidak dipermainkan oleh pasar. Ciptakan sebuah kesadaran, bahwa
ada sisi lain dari bisnis Anda yang menyentuh aspek kemanusiaan atau
lingkungan. Juga gambarkan mengapa sangat penting bagi konsumen untuk mendukung
perusahaan yang memiliki idealisme dan tidak semata-mata berbisnis.”
Menurut Razi Thalib, kini sudah saatnya para pengguna media digital di
Indonesia mengoptimalkan teknologi ini dalam berbagai aspek kehidupan. Tidak
lagi sekadar sebagai pemakai namun juga menggunakannya sebagai media untuk
mengedukasi masyarakat, merubah cara berpikir, memberikan solusi, serta
mendorong mereka ke arah perubahan yang lebih baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D