Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • ORDER DESIGN
  • ABOUT ME
  • JUAL KEFIR
JASA DESIGN BLOG KHUSUS BLOGSPOT & JUAL PRODUK KEFIR

Peran Konsultan Marketing Bagi Kesuksesan Sebuah Bisnis

Agustinadian Susanti | Rabu, Mei 15, 2013 |

Ada sebuah toko pakaian yang baru dibuka di sebelah rumah saya. Toko itu sangat besar dan ditata dengan etalase yang begitu indah. Namun, setiap hari toko itu sepi pengunjung mungkin karena harga pakaian yang dijual disana tergolong mahal dengan sebagian besar produknya yang merupakan barang impor. Hal ini tentu saja membuat pemilik toko itu merugi. Oleh sebab itu, sebelum kita membuka sebuah usaha maka kita perlu mempertimbangkan dan merencanakan langkah-langkah yang pasti dan tepat agar bisnis yang kita jalankan itu sukses. Jadi, berbisnis itu tidak hanya sekedar memproduksi barang dan menjualnya kepada konsumen. Untuk membuat produknya disukai oleh konsumen dan laku di pasaran maka pebisnis membutuhkan campur tangan seorang konsultan marketing.


Peran konsultan marketing bagi kesuksesan sebuah bisnis, diantaranya yaitu mengarahkan pihak produsen untuk melakukan sejumlah langkah yang berkaitan dengan proses produksi barang hingga strategi penjualan. Pada tahap awal produksi barang, konsultan bertindak sebagai pengarah saat menentukan bentuk dan kemasan barang yang diproduksi dengan memberikan masukan tentang apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen, tipe konsumen, serta segmen pasar berdasarkan hasil riset dan observasi.

Dalam tahap pemasaran, konsultan akan mendampingi pemilik bisnis atau produsen untuk menentukan strategi pemasaran barang. Tanpa strategi pemasaran yang tepat produsen akan mengalami hambatan dalam menjual barang sekalipun kualitasnya bagus. Sebelum merancang strategi pemasaran, seorang konsultan akan mempelajari apa saja celah dan ide yang bisa dimanfaatkan untuk membuat produk tersebut laku keras dipasaran dan menjadi trend.

Selain sebagai pendamping kliennya, konsultan marketing juga bertindak sebagai sumber ide tentang bagaimana menjalankan sebuah bisnis, produk apa yang dapat dikembangkan lebih lanjut, bagaimana memangkas biaya yang tidak perlu, serta bagaimana membuat konsumen merasa lekat dan loyal terhadap sebuah produk. “Banyak keuntungan yang bisa diperoleh jika seorang pemilik bisnis memanfaatkan jasa Konsultan Marketing. Mereka tidak perlu harus memikirkan segalanya sendiri karena ada konsultan yang dapat berperan sebagai partner guna mengembangkan bisnisnya,” ujar Veronica Ratna Ningrum, seorang klien dari Personal Branding Agency, Indscript Creative yang sudah menangani program marketing dari beberapa lembaga perbankan ternama di Indonesia.

Menyadari perannya sebagai Konsultan Marketing yang sangat vital bagi kesuksesan bisnis kliennya, membuat Veronica selalu menyediakan waktu untuk memperdalam ilmu dalam hal Marketing dan Bisnis. Hal ini penting dilakukan seorang konsultan mengingat dunia marketing sangat dinamis dan sarat perubahan. “Tanpa mengasah ilmu, kita akan tertinggal jauh. Dan lagipula seorang konsultan yang baik tentu akan senantiasa berusaha memberikan yang terbaik pula pada kliennya. Seorang konsultan yang haus ilmu dan selalu berinovasi, adalah asset besar bagi kesuksesan sebuah bisnis,”ujarnya. 

2 komentar:

  1. terima kasih infonya, sangat bermanfaat.
    kalo ada waktu boleh lo mampir di blog sederhana saya www.dosenjualan.com.
    salam kenal

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Categories

Komentar

Blog Archive

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...