Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • ORDER DESIGN
  • ABOUT ME
  • JUAL KEFIR
JASA DESIGN BLOG KHUSUS BLOGSPOT & JUAL PRODUK KEFIR

Cerdas yang Menular

Agustinadian Susanti | Rabu, Mei 15, 2013 |

Sejak kecil, ayah saya selalu menyarankan agar saya bergaul dengan teman-teman yang baik yang mempunyai kegiatan positif. Hal ini bukannya tanpa alasan dan bukan pula bermaksud untuk membeda-bedakan dalam berteman, namun ayah saya ingin agar saya menjadi anak yang baik pula karena lingkungan dapat mempengaruhi perkembangan anak-anak juga.


Selain itu bukan hanya penyakit yang bisa menular, ternyata kecerdasan juga bisa menular. Dalam sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa kepintaran atau kecerdasan yang dimiliki oleh seseorang bisa ditularkan kepada orang lain. Penelitian ini dibuktikan dengan pengujian terhadap sampel yang didapatkan dari lingkungan akademik. Sampel yang digunakan dalam pengamatan ini berasal dari para siswa yang berada dilingkungan tersebut. Ternyata, dari hasil penelitian tersebut ditemukan bahwa kecerdasan bisa menular atau bisa disebut dengan cerdas yang menular.

Sebagai contoh, seorang anak yang memiliki peringkat ke-100 di sekolahnya kemudian berteman dengan anak yang memiliki peringkat ke-50. Dari pertemanan tersebut, anak dengan peringkat ke-100 mengalami kenaikan peringkat hingga 10-15 peringkat. Melalui fakta ini disimpulkan bahwa kecerdasan yang dimiliki oleh seseorang bisa ditularkan. Memiliki lingkungan yang baik mampu membuat orang lain menjadi baik pula. Hal itu dibuktikan oleh anak dengan peringkat ke-100 yang mengalami kenaikan peringkat dikarenakan berteman dengan anak yang lebih pintar.

Salah satu klien Personal Branding Agency dari Indscript Creative, dan juga motivator pemberdayaan diri Ermalen Dewita berkata, “Kualitas diri seseorang dapat dilihat dari lingkungan dan teman-teman yang sering diakrabinya. Semakin tinggi tingkat kecerdasan teman yang diakrabi maka semakin besar pula peluang bagi diri kita untuk menjadi lebih pintar. Sebaliknya bagi mereka yang pintar, tidak akan bertambah bodoh karena tidak ada yang dapat membuktikan bahwa seorang guru akan menjadi bodoh ketika mengajarkan ilmu yang dimiliki kepada muridnya. Malah guru menjadi lebih pintar karena banyaknya pertanyaan dan masalah yang ditemukan.”

Dengan demikian sekarang kita tahu bahwa cerdas yang menular itu ada. Jadi, mulai sekarang carilah teman yang pintar atau cerdas agar kita menjadi cerdas pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...