Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • ORDER DESIGN
  • ABOUT ME
  • JUAL KEFIR
JASA DESIGN BLOG KHUSUS BLOGSPOT & JUAL PRODUK KEFIR

Dumay oh Dumay

Agustinadian Susanti | Jumat, September 20, 2013 |
Berkenalan dengan orang baru melalui dumay (dunia maya) harus berhati-hati. Namanya saja dunia maya, dimana orang hanya bertatap muka via laptop/ PC/ gadget yang lainnya. Apa yang tertulis dan terpampang disana itu yang jadi gambaran tentang siapa dan bagaimana orang /kenalan baru kita itu. Seringkali kita menemukan di dalam facebook misalnya, ada akun-akun palsu beredar. Entah itu tidak pasang foto dengan alasan tidak suka foto, ada yang ganti foto profilnya dengan foto artis biar terkesan keren, ada yang menulis status tidak jelas, misalnya saja sudah menikah tapi diisi single, nama aslinya diganti-ganti seolah-olah biar keren, dan masih banyak lagi kejanggalan-kejanggalan di dunia maya yang tidak bisa kita percayai begitu saja. 

Sebenarnya mudah untuk mengetahui apakah akun facebook orang tersebut asli atau palsu. Akun facebook yang palsu biasanya memuat hal-hal berikut ini : 
1. Foto profil kosong/ diganti foto artis 
2. Data kurang lengkap/ dibuat-buat misalnya bekerja di perusahaan namanya yang tidak lazim.
3. Koleksi foto hanya sedikit/ bukan foto yang menggambarkan aktivitas keseharian/ pribadi. 
4. Dalam history kronologinya baru dibuat, alasannya jarang online.
5. Tidak punya banyak teman dan tidak ada aktivitas komentar antar teman-temannya yang lain.
6. Menggunakan nama samaran di akunnya, dll. 

pinjam gambar
Mengenai karakter orang yang ada di dunia maya itu kadang kita bisa merasakan itu orang bener atau tidak. Maksudnya disini orang baik-baik atau orang yang iseng. Contoh sederhana adalah dari kesukaannya, kita bisa lihat apa yang menjadi kesukaan orang tersebut. Koleksi foto seperti apa yang dimiliki orang tersebut di akun facebooknya. Dan jika kita sudah berteman dengan seseorang kita bisa tahu sedikit mengenai orang itu dari cara dia berkomentar, apakah dia selalu berkomentar dengan kata-kata yang sopan atau justru sebaliknya? Demikian pula dengan cara dia menulis status di facebooknya. Apakah kata-kata motivasi atau yang berbau positif di dalamnya atau justru banyak keluhan-keluhan ga jelas, missal 5 menit sekali update status. 

Memang tidak ada aturan dalam Facebook untuk menulis status motivasi karena kita bukan motivator, dan memang benar itu akun milik pribadi dan menjadi hak masing-masing orang untuk membuat status. Tapi alangkah bijaknya jika kita tidak selalu mengumbar keluhan di dalamnya sehingga orang yang membaca status kita jadi ilfeel. Orang yang setiap saat update status ga jelas dalam jangka waktu yang terbilang singkat dan berkali-kali akan membuat suasana tak nyaman bagi teman-teman facebooknya. Facebook menyangkut orang banyak. Apa yang kita tulis disana itu dibaca sejumlah besar orang yang terhubung dengan kita. Jadi lebih bijaklah dalam update status. Berpikirlah sebelum update status. Apakah status yang akan kita tulis ini bermanfaat bagi orang lain atau justru menimbulkan ketidaknyamanan. Seakan orang lain harus lebih mengerti kita. 

Seperti apa anda ingin dikenal orang melalui dunia maya, terlihat dari cara kita update status, menanggapi komentar orang lain dan bagaimana kita mencantumkan data yang tidak abstrak. Banyak penipuan yang terjadi lewat kenalan di dunia maya, oleh karena itu penting bagi setiap kita waspada. Jangan semua permintaan pertemanan dikonfirm. Bukan bermaksud memilih-milih teman, tapi pergaulan yang buruk bisa merusak kebiasaan yang baik. Carilah komunitas yang membangun dan positif karena dengan demikian facebook akan lebih bermanfaat. Selamat menjelajah dunia maya dan temukan manfaat positif dengan bergabung di grup-grup yang membangun.

4 komentar:

  1. Klau saya sih ad yang ngajak temenan namun orang nya gak gk ad foto asinya,,, ya gak saya konfir...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh maksudnya gmn ya? Aku jadi bingung sama bahasanya... :-?

      Hapus
    2. Dan harus lebih ati2 lagi, karna slalu ada kemungkinan di'bajak'...

      Hapus
    3. Oh ya? wah gawat tuh, kok bisa dibajak ?

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Categories

Komentar

Blog Archive

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...