Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • ORDER DESIGN
  • ABOUT ME
  • JUAL KEFIR
JASA DESIGN BLOG KHUSUS BLOGSPOT & JUAL PRODUK KEFIR

Mengatasi Berbagai Keluhan pada Lansia

Moocen Susan | Minggu, September 22, 2013 |
Tinggal berdua bersama orangtua yang sudah lanjut usia memang tidak mudah. Apalagi ketika mengetahui sifatnya yang labil hampir mirip seperti anak kecil. Ditambah lagi dengan kesensitifannya akan segala sesuatu. Ini membutuhkan kesabaran ekstra. 

Bapakku jarang sekali minum air putih dan beliau juga kurang suka makanan lunak, padahal giginya sudah pada ompong. Ketika bapakku yang sudah lanjut usia kehilangan nafsu makannya, aku sempat panik dan cemas. Lalu aku browsing internet mencari tahu penyebab lansia hilang nafsu makan. 

pinjam gambar
Rupanya itu disebabkan karena faktor usia dan psiko-kognitif/ gangguan pada otak dimana fungsi syaraf pengecap mulai menurun sehingga kemampuan membedakan bau dan rasa akan menurun pula, gigi tanggal sehingga akan sulit mengunyah, gusi menciut, berkurangnya produksi air liur, dan berlebihnya reflex peregangan dinding lambung. Hal-hal tersebut mengakibatkan asupan makan pada lansia jadi menurun. 

Ketika aku bertanya apakah beliau tidak lapar? Bapak menjawab tidak. Meski aku menawarkan berbagai macam menu makanan kepadanya, beliau juga tidak berselera. Sebagai seorang anak yang hanya tinggal berdua dengan bapak, aku ingin bapakku tetap sehat dan menjaga pola makannya. Aku cemas jika bapakku belum makan walau ia merasa masih kenyang. Setelah membaca artikel di internet yang mengatakan bahwa pola makan lansia berbeda dan tidak bisa seperti kebanyakan orang pada umumnya karena orang yang sudah berusia lanjut itu bisa makan kapan saja saat mereka merasa lapar. Tenang rasanya mengetahui hal ini. Berarti memang tidak bisa dipaksa makan. 

Biasanya jika bapakku kehilangan selera makan seperti ini, aku selalu membelikannya jus buah. Terkadang setelah minum jus itu beliau merasa fit dan mau makan kembali. Memang kondisi badannya jadi labil karena tidak selalu berselera makan. Di hari yang lain, beliau mengeluh pusing setiap bangun tidur pagi. Tapi itu hanya berlangsung sebentar saja, setelah dipijit bagian punggungnya pusingnya hilang. 

Aku pun mencari tahu penyebabnya dengan bertanya ke dokter, dan dokter mengira posisi tidur bapakku yang salah. Aku sampaikan hal ini pada bapakku untuk mengubah posisi tidurnya dengan bantal yang lebih tinggi dari badan. Tapi kadang-kadang yang namanya orangtua memang merasa diri paling benar jadi ketika diberi saran malah ‘ngeyel’ / membantah. Sulit memang membujuk orangtua yang sudah lanjut usia untuk menerima masukan dari anaknya. Hal itu terjadi hampir setiap pagi. 

Aku membawa bapakku berobat ke tukang pijat langganan kami dan beliau menyarankan agar bapakku menghindari ikan laut, dan minum air rebusan lengkuas. Aku pikir apa ini karena kolesterol bapakku tinggi hingga pusing? Setelah diperiksa tekanan darahnya rupanya tekanan darahnya 90/60 wah pantesan rendah sekali. Setiap minum obat, bapakku merasa baikan tapi cuma sementara, esoknya pusingnya datang lagi. Aku mikir lagi, apa ini karena bekas luka akibat kecelakaan dan jahitan di kepalanya? Tapi ketika kutanya katanya pusingnya bukan dibagian itu, tapi di dahi dan bukan vertigo. Aku jadi semakin bingung. 

Pagi-pagi bangun tidur aku merebus air hangat dan mengompres kepala, leher, dan punggung bapakku dengan handuk sambil memijit-mijitnya. Berasa enak sebentar tapi sakitnya kambuh lagi. Hadeuh, sekarang gantian aku yang pusing. Nyerah rasanya. Setiap pagi bangun tidur aku selalu tanya kepada bapakku apakah beliau masih pusing ketika bangun tidur? Beliau bilang akhir-akhir ini sudah tidak pusing lagi. Aku pun penasaran. Kok bisa tiba-tiba sembuh sendiri? Beliau mengaku kalau tiap pusing bapakku minum kopi dan pusingnya sembuh sendiri. Owalah, rupanya obatnya kopi to? Manfaat kopi diantaranya meningkatkan metabolisme tubuh dan mengandung zat antiosidan. Jadi sekarang jika pusing setiap bangun tidur pagi solusinya minum secangkir kopi dan dipijit bagian punggung sebelah kiri dekat leher.

13 komentar:

  1. alhamdulillah sudah ketemu penyebab pusing2nya bapak ya mb, semoga ayahanda selalu diberikan kesehatan di usia lanjutnya. amiin YRA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, makasih mbak Intan :) salam kenal ya

      Hapus
  2. wah kopi ternyata obatnya yah? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, :D syaratnya tidak ada keluhan sakit maag ya...

      Hapus
  3. kopinya kopi apa tuh..? white ato yg hitam hehe...
    Ditunggu kunjungannya

    BalasHapus
  4. hehe jangankan bapak kamu mba, aku aja kl belum minum kopi di pagi hari rasanya "mati gaya" hehehe. Semoga selalu diberikan kesehatan ya pak. maaf baru mampir di blogmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah berarti lambung mbak termasuk kuat ya bisa minum kopi :D (y)

      Hapus
  5. salam gan suatu artikel yang sangat bermanfaat
    siang gan salam sehat dari kami Penyakit ini merupakan penyakit yang berbahaya bisa mengancam nyawa
    jika anda menderita penyakit tersebut maka kami sarankan untuk di obati dengan jelly gamat gold g, yaitu obat herbal terbaik atasi penyakit anda sampai tuntas bagi anda yang berminat caranya dengan via sms yaitu dengan mengikuti format seperti berikut pelyanan dengan SISTEM KIRIM BARANG DULU :
    Ketik GAN : Jumlah Pesanan: Nama : Alamat : No.HP/Telp anda

    kirim ke 081.220.617.666

    Contoh

    GAN : 4 Botol : Dista Anggara : Jln Rajawali Citra No 08 Jakarta Barat : 087767811xxx

    Kirim ke 081.220.617.666

    http://bit.ly/1m4yeAP
    http://bit.ly/1sGPwob
    http://obatmaagkronisresepdokter.wordpress.com/
    http://produkobatjellygamatgoldg.com/
    http://obatpenyakitmaag.net/

    BalasHapus
  6. Alhamdulilah anda sangat perhatian terhadap orang tua, semoga jadi amal kebaikan dan di terima sebagai ibadah dan medapat pahala dari Allah swt. Terima kasih saya ucapkan karen baktimu kepada orang tua. Saya sangat bangga terhadapmu. Semoga jadi teladan bagi orang lain.Amin.

    BalasHapus
  7. Kalo orang tua ga mau makan ga mau minun sama sekali ini gmna cranya ya biar mau minum tau makan

    Klo d kasih minum d semburin , makan tak mau makan
    Tolong bantuanya ya

    Apa harus pake selang makanan tau ada cara lain kah dr pada itu

    Terimakasih

    BalasHapus
  8. Kalo orang tua ga mau makan ga mau minun sama sekali ini gmna cranya ya biar mau minum tau makan

    Klo d kasih minum d semburin , makan tak mau makan
    Tolong bantuanya ya

    Apa harus pake selang makanan tau ada cara lain kah dr pada itu

    Terimakasih

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...