Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • ORDER DESIGN
  • ABOUT ME
  • JUAL KEFIR
JASA DESIGN BLOG KHUSUS BLOGSPOT & JUAL PRODUK KEFIR

Pilih Nofollow atau Dofollow?

Moocen Susan | Rabu, September 25, 2013 |
Pilih Nofollow atau Dofollow? - Untuk meningkatkan Page Rank Blog maka kita harus mendapatkan link dofollow dari Website / Blog lain sebanyak – banyaknya, Blogwalking, tukar Link dengan Blog / Website dengan PageRank lebih tinggi, berkomentar dan meninggalkan link blog anda di Website / Blog Dofollow. Berdasarkan alasan-alasan inilah maka orang akan berburu link dan mencari blog dofollow. 

Sumber: google
Pada dasarnya, blog itu terdiri dari 2 jenis, yaitu nofollow dan dofollow. Saat membuat blog pertama kalinya biasanya blog itu berstatus nofollow. No (=tidak) follow (=mengikuti), dan bisa diubah menjadi dofollow jika kita ingin mengubahnya, karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Nofollow akan memerintahkan robot google untuk tidak ikut mengindeks link - link yang diselipkan oleh para pengunjung yang dengan sengaja menyelipkan link - link tertentu. 

Jika kita berkomentar di blog nofollow maka kita tidak meletakkan link di blog tersebut sehingga Google tidak menganggap itu sebagai backlink. Backlink adalah link aktif yang kita letakkan di website/blog lain dan link tersebut akan mengarah langsung ke website blog milik kita. 

Kelebihan Nofollow : 
1. Aman dari gangguan spammer 
2. Lebih disukai Google dalam hal SEO 
3. Menaikkan Page Rank secara perlahan namun pasti 
4. Komentar blog murni karena kemanfaatan blog tsb 
5. Lebih supel dalam blogwalking untuk bertukar link dan silaturahmi. 
6. Lebih menantang dalam mencari kreatifitas posting karena komentar yang masuk tergantung dari kualitas postingan kita.

Kekurangan Nofollow : 
1. Sedikit yang berkomentar 
2. Lebih rentan ditinggal pembaca untuk blog baru 

Lalu, apa itu dofollow? Menurut awam saya dofollow dari dua kata yaitu do (podo=sama, saling) dan follow (=mengikuti). Jadi dofollow saling mengikuti #ngawur iki haha..   Dofollow akan mempersilahkan robot - robot search engine untuk mengindeks semua link yang terselip dari setiap halaman blog kita. Dengan begitu maka link - link yang terselipkan akan mempunyai keuntungan untuk menikmati naiknya page rank secara perlahan. Intinya blog dofollow itu blog dimana jika kita berkomentar di blognya maka kita akan mendapat backlink karena link pada komentar di blog itu berstatus doffolow. Jadi kita bisa mendapat backlink dengan cara berkomentar dan hal itu akan berpengaruh pada SEO (Search Enggine Optimation) karena setiap link yang kita tinggalkan di kolom komentar akan dianggap backlink oleh Google.

Kelebihan dofollow : 
1. Blog jadi terkenal 
2. Mendapat banyak pengunjung sehingga dapat meningkatkan pageview blog 
3. Mendapat banyak komentar 
4. Mendapat traffic yang berlipat ganda dan cenderung stabil meski jarang update 
5. Lebih disukai pembaca karena pemberi komentar akan mendapat backlink gratis. 

Kekurangan dofollow
1. Menjadi sasaran para spammer untuk mencari backlink, untuk mengantisipasi hal itu pakai cara ini. 
2. Sulit mendapat page rank, karena blog dofollow biasanya tidak disukai mesin pencari (Google) dengan banyaknya link yang keluar. Whats? Oh no, tapi bukan berarti blog dofollow tidak bisa memiliki PR yang tinggi. Semua itu tergantung dari pemilik blognya. 
3. Blog akan dianggap 'junk blog' karena banyaknya spam. 

Jadi bagaimana donk, blognya mau disetting nofollow atau dofollow? Selanjutnya terserah Anda...

1 komentar:

  1. emang kalau komentar di blog nofollow gak dihitung backlink ya gan?

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...