Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • ORDER DESIGN
  • ABOUT ME
  • JUAL KEFIR
JASA DESIGN BLOG KHUSUS BLOGSPOT & JUAL PRODUK KEFIR

Laporan SPT Tahunan Pertamaku

Moocen Susan | Rabu, Maret 05, 2014 |
   Udah bulan Maret nih, saatnya laporan SPT tahunan. Berhubung aku baru kali ini punya NPWP jadi agak masih belum paham betul prosedur laporannya. Awalnya punya NPWP karena diajak temen sih pas keluar buku antologi pertamaku 20 Flash Fiction Twist Ending "Rainbow". Yang pengen beli bukunya masih banyak lo stoknya hubungi saya aja ya =-c. (wah malah promosi-kembali ke topic). 

    Nyadar kalau udah dewasa nih aku, karena mulai banyak tanggungjawab. Kalau dulu semua ortu yang bayar sekarang aku yang pontang panting sana sini bayar listrik, bayar PBB, ngurus ini itu huaaahhhaaha all in one. Nah, sehubungan dengan laporan SPT tahunan ke kantor pajak nih sempet bikin pusing aku selama 2 hari. Inilah akibatnya kalau semua dipikir sendiri, malu bertanya sesat di pasar :P… 

    Ini pertama kalinya aku ngurus sendiri. Hari pertama aku datang ke kantor pajak ambil formulir SPT tahunan, sama satpamnya dikasih sebendel formulir isinya ada buku panduannya, ada formulirnya juga berupa formulir rangkap dua nomor 1770, lampiran SPT tahunan PPh, dan Surat Setoran Pajak (SSP). Nah lo bingung ni cara ngisinya gimana, akhirnya aku bawa pulang aja tu buku tak baca di rumah. Dasarnya aku malas baca baru baca selembar aja mata udah pedih banget dan makin ga paham. Pajak mumet juga ya ternyata, karena ga paham baca bukunya aku coba googling diinternet cara ngisi formulir ini. Nemu deh, tapi masih aja ga mudeng. 

    Kalau ga paham ask a friend atau call a friend? Tanya deh sama temenku yang ngerti pajak. Dari dia aku baru tau kalau cara ngisi form SPT tahunan itu dari lampirannya dulu baru ke induknya. (dari belakang ke depan). Karena aku kerja sendiri alias freelance formulir nya nomor 1770 itu untuk SPT tahunan PPh Wajib pajak orang pribadi. (jangan tanya nomor lainnya karena aku ga mudeng :O) 

    Melototin cara ngisinya di internet kepalaku malah nyut-nyutan, aduh gemes banget gimana sih cara ngisinya? Nyerah deh akhirnya keesokan harinya kuputuskan buat balik lagi ke kantor pajak buat tanya langsung ke bagian peneliti SPT. 

    Sampe disana aku diajarin caranya ngisi. Aku ceritakan jenis pekerjaanku dan hasilku selama setahun. Panduan ini buat ingetin aku aja sih biar kagak lupa besok tahun depan kalau ngisi lagi. Kira-kira cara ngisinya seperti ini: 

    Formulir no 1770 kan ada 4 lampiran ya? Mulai dari lampiran terakhir berarti nomor 1770-IV :

  1. Tahun pajak diisi tahun kemarin (2013)
  2. BL / TH : 01-13 s/d 12-13 
  3. Beri tanda silang pada NORMA
  4. Tulis nomor NPWP
  5. Tulis nama lengkap anda (wajib pajak)
  6. Bagian A: harta pada akhir tahun (isi aja harta Anda apa aja)
  7. Bagian B : utang pada akhir tahun (kalau ada diisi)
  8. Bagian C : Daftar Susunan Anggota Keluarga (tulis data keluarga Anda) 
Formulir no. 1770-III :

 Untuk langkah nomor 1-5 sama dengan diatas caranya
  1. Bagian A : Penghasilan yang dikenakan pajak final dan / bersifat final (kalau ada diisi)
  2. Bagian B : Penghasilan yang tidak termasuk objek pajak (misalnya dapat sumbangan/ kiriman uang dari saudara / hibah/bantuan/ beasiswa dll)
  3. Bagian C: penghasilan istri yang dikenakan pajak secara terpisah (kalau ada) 
Formulir no.1770-II : 

Langkah nomor 1-5 sama dengan diatas
  1. Bagian A : daftar pemotongan/pemungutan PPh oleh pihak lain, PPh yang dibayar/ dipotong di luar negeri dan PPh yang ditanggung pemerintah (kalau ada)  
Formulir no.1770-I :

Langkah nomor 1-5 sama dengan diatas
  1. Bagian B: Penghasilan neto dalam negeri dari usaha dan/pekerjaan bebas (pilih jenis usaha anda dan isi nominalnya kalau saya norma 35% . penghasilan neto= 35% x peredaran usaha)
  2. Bagian C: penghasilan neto dalam negero sehubungan dengan pekerjaan (tdk termasuk penghasilan yang dikenakan PPH bersifat final) 
  3. Bagian D: penghasilan neto dalam negeri lainnya (bunga, royalty, sewa,penghargaan dan hadiah, keuntungan dari penjualan/pengalihan harta, penghasilan lainnya) 
Formulir no. 1770 (induk) :

  1. Tulis tahun pajak, bulan dan tahun  
  2. Silang kotak norma
  3. Jika ada Spt pembetulan diisi pembetulan ke berapa 
  4. Tulis nomor NPWP
  5. Tulis nama lengkap wajib pajak
  6. Tulis jenis usaha/ pekerjaan bebas Anda
  7. Isi KLU (tanya petugasnya kalau belum tahu nomor KLUnya )
  8. Tulis Nomor telepon / fax 
  9. Penghasilan neto diisi di penghasilan neto dalam negeri dari usaha dan atau pekerjaan bebas. Cara isinya ga usah pake rupiah, jadi misal 1.000.000
  10. Penghasilan kena pajak (opsi nomor 10. TK/1 = karena tanggungan saya cuma 1 orang)
  11. Penghasilan kena pajak diisi nominalnya PTKP (26.325.000)
  12. Dibawah sendiri tulis nama dan Nomor NPWP serta tanda tangan Selain itu setiap bulan musti laporan lagi ke kantor pajak dengan menyerahkan Surat Setoran Pajak (SSP) dengan kode akun pajak 411125 dan kode jenis setoran 100 beri tanda silang pada masa pajak sesuai dengan pembayaran untuk masa yang berkenaan dan tahun terutangnya pajak. Besarnya PTKP tanpa tanggungan dengan status tidak kawin adalah 24.300.000 jika ada tanggungan misalnya orangtua tunggal berarti 26.325.000. 
Abis diisi minta stempel sama peneliti SPTnya lalu disetor ke petugas penerima laporannya baru kita dapat tanda terima. Fiuh, akhirnya beres juga urusan laporan pajaknya :D bangga aja jadi WNI yang baik.

8 komentar:

  1. rakyat bijak, taat pajak... (y)

    BalasHapus
  2. hai nanya dong, kalau PPH NORMA gitu apakah harus melampirkan surat pemberitahuan norma kah ? atau kamu tidak kasih surat pemberitahuan memperhitungkan norma ? terima kasih ya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tahu Bill, tanya langsung aja sama petugas d kantor pajaknya,

      Hapus
  3. Oh makasih tapi kamu tidak buat surat pernyatan erhitungan norma kan ? Kalau memang bisa gitu, aku juga gak usah pake surat deh soalnya dulu kalau mau pake norma harus ada surat lho huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya waktu mau ngisi itu minta tolong sama petugasnya jadi saya kasih dia data pemasukan saya komplit terus dia sendiri yang masuk-masukin, saya cuma nulis ulang aja. saya ceritain pemasukan saya darimana saja gt. mendingan tanya langsung aja sama petugasnya biar clear.

      Hapus
  4. makasih mbak....boleh tanya 1 lagi....mbak isi form 1770 karena seluruh pajak atas penghasilan mbak harus mbak bayar sendiri ya via SSP ?

    kalau yang sudah dipotongin perusahaan kan biasanya pakai 1770 s/ss

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya tiap bulan laporan SSP. btw, tolong jangan pake anonim ya kalau komentar

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...