Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • ORDER DESIGN
  • ABOUT ME
  • JUAL KEFIR
JASA DESIGN BLOG KHUSUS BLOGSPOT & JUAL PRODUK KEFIR

Tips Sembuh Untuk Penderita GERD

Agustinadian Susanti | Selasa, Maret 11, 2014 | |
    Postingan ini saya buat spesial untuk teman-teman di grup facebook GIHM (Gastrointestinal Health Mania Indonesia) sehubungan dengan banyaknya inbox yang masuk ke akun facebook saya yang menanyakan bagaimana, serta tips apa saja ya yang harus dilakukan agar bisa sembuh? 

    By the way, banyak juga kok di GIHM yang sudah sembuh selain saya, malah lebih cepat sembuh daripada saya dan bisa makan dengan normal. 

    Sebenarnya saya pribadi tidak sakit GERD melainkan sakit Bile Refluks (cairan empedu mengalir masuk ke dalam lambung) tapi apa yang pernah saya rasakan mungkin mirip dengan pasien GERD yang mana mengeluhkan sensasi terbakar di kerongkongan, perasaan mengganjal di tenggorokan waktu bangun tidur, jantung deg-degan, kedinginan walau cuaca tidak dingin, paranoid, mual sampai muntah dll. Saya melewati waktu 2 tahun untuk berjuang dengan penyakit ini. Untuk lebih jelasnya silakan baca disini

    Saya pernah minum penenang juga dari amytriptiline, risperdal, sampe Zoloft yang harganya lumayan mahal. Saya pernah diendoskopi, pernah menjalani terapi akupuntur 10x, bekam, hypnoterapi, datang ke 3 orang psikiater, masuk keluar rumah sakit dalam sebulan 3x opname. saya muntah tiap hari, dan saya tidak bisa makan dengan bebas. 

   Saat itu saya putus asa karena berobat kemana-mana belum sembuh juga maka hal itu membuat saya akhirnya menulis surat ke Suara Merdeka (rubrik surat pembaca) siapa tahu ada yang mengalami kasus seperti saya. Dan ternyata banyak sekali respon yang saya terima saat saya menulis di surat pembaca. Sudah seperti artis saja rasanya karena dalam sehari saya terima 250 sms dan HP saya ga berhenti berdering karena banyak orang yang menanyakan keadaan saya. 

    Ada yang memang berniat menolong secara sukarela, tetapi ada pula yang menggunakan kesempatan ini untuk jualan obat. Tapi apapun itu saya tetap menghargai usaha mereka. Saya mohon maaf apabila tidak bisa membalas satu persatu inbox teman-teman GIHM karena benturan dengan kesibukan saya sendiri, Jadi untuk lebih praktisnya silakan baca semua tulisan saya di blog tentang GERD. 

    Sebenarnya saya banyak menulis tentang pengalaman saya sendiri di blog ini, jadi apapun yang ditanyakan jawabannya pasti sama dengan yang saya tulis. Jadi sebaiknya baca saja ya :D 

    Ok, langsung saja bagaimana tips supaya sembuh dari GERD? Berdasarkan pengalaman saya dan mungkin kondisi kita berbeda, sekali lagi saya bukan dokter, saya tidak jualan obat dan tidak merekomendasikan obat apapun. Saya hanya bisa membantu memotivasi Anda saja dan memberikan tips seputar yang saya tahu:
  1. Jika tenggorokan terasa mengganjal itu disebabkan karena asam lambung naik ke kerongkongan. Rasanya pasti tidak nyaman, solusinya minumlah air hangat dan latihan pernafasan, tarik nafas panjang dan hembuskan pelan-pelan. Berusahalah untuk tetap rileks.
  2. Jika ada masalah jangan terlalu "mbatek mikir" sehingga asam lambung anda over produksi. Jika asam lambung yang fungsinya membantu mencerna makanan itu over maka bisa melukai dinding lambung dan bila terus dibiarkan akan naik ke kerongkongan dan menyebabkan rasa tidak nyaman di tenggorokan dan panas di dada (heartburn)
  3. Jika kondisi Anda belum pulih benar coba jaga makan, hindari makanan yang mengandung gas seperti sawi, dan kol. Serta hindari makanan berlemak tinggi seperti seafood, kacang-kacangan, keju, susu, coklat, dll . Sebaiknya makan makanan rebus/ kukus saja. saya makan makanan rebus kurang lebih 5 bulan menunya sop (isi wortel dan kentang rebus, telur rebus) serta sayur bayam dengan labu kuning
  4. Jika kondisi Anda sudah pulih jangan coba-coba hajar makan sembarangan dulu, karena jika kumat resikonya lebih parah. Memang orang itu pengennya terus makan enak tapi inget kondisi juga. Buat apa enak di mulut tapi ga enak di perut? Kalau saya mempertimbangkan  lagi kalau mau coba coba makan pantangan. Saya bisa sembuh, karena sampai sekarang masih jaga makan. Awalnya juga ga doyan, tapi karena ikhlas menerima keadaan jadi terbiasa makan seperti itu. Sambil belajar sedikit demi sedikit makan yang lain agar gizinya seimbang tapi itu tidak langsung dan butuh waktu. Ternyata enak juga sekarang jadi vegetarian, saya bisa masak sendiri dan itu lebih sehat :D
  5. Jika lambung Anda tidak terlalu bermasalah seperti saya berarti semua itu dari pikiran, makan apa saja tidak apa apa karena pikiran anda yang sakit. Jangan saklek juga sekali lagi kondisi kita berbeda. Saya tidak mewajibkan Anda mengikuti aturan saya, ini hanya share (*catet ya)
  6. Banyak minum air putih (hangat) 
  7. Olahraga ringan, kalau saya bersepeda setiap hari 1 jam
  8. Makan buah-buahan (kalau saya makan pisang raja) → sesuaikan dengan kondisi masing-masing ya. Alternative pilihan buah: buah naga merah (jangan kaget kalau BAB anda menghitam setelah makan buah ini karena itu reaksi normal. Sama kayak Anda habis makan sayuran hijau otomatis BABnya warna hijau), melon, pepaya, pir hijau.
  9. Setelah makan jangan langsung tiduran atau jangan makan sambil tiduran. Beri jeda waktu 2-3 jam. Orang kalau abis makan bawaannya ngantuk pengennya tidur siang kan? Kalaupun Anda mengantuk coba bantalnya ditumpuk 2. Agar tidak terjadi refluks asam lambung
  10. Buatlah hidup Anda itu happy selalu, jangan mau dikuasai/ dipengaruhi keadaan tapi kendalikan keadaan maka Anda akan jadi pemenang atas ujian hidup ini
  11. Berpikir positif dan yakinkan diri Anda bahwa suatu hari nanti Anda pasti sembuh. 
  12. Jangan terlalu banyak browsing di internet yang membuat Anda jadi semakin takut dengan penyakit Anda. Yang nulis di internet itu banyak, kadang juga cuma hasil copas. Siapa saja bisa menulis di blog tanpa adanya editor naskah dulu. ya itu tadi kembali pada keadaan masing-masing orang. Semakin banyak yang Anda tahu mungkin Anda semakin takut, jadi mendingan ga usah tahu aja :)
  13. Sadari bahwa penyakit ini adalah peringatan Tuhan agar kita jadi lebih memperhatikan kesehatan, Bagi yang merokok ayo kurangi -ah bukan- kalau bisa berhenti total. Kalau sudah sembuh,-baru merasa sembuh sedikit aja, jangan balik lagi kebiasaan awal yaitu merokok lagi. Jangan mencobai diri sendiri. Jangan merasa jago ketika Anda sudah berhasil sembuh lalu hajar bleh.. ingat penyakit bisa kumat sewaktu waktu kalau anda teledor.
  14. Penyakit ini bukan penyakit guna-guna. Jadi tenang aja, Anda tidak sedang diguna-guna. 
  15. Keluhan yang Anda rasakan mungkin terkesan lebay (kata orang) tapi biarkan saja orang bicara begitu karena rasa yang bisa merasakan cuma Anda. Orang lain kan cuma nonton. Kayak pertandingan sepak bola itu lho, yang nonton cuma sorak sorak aja kan, yang menghadapi sendiri pasti susah dan penuh perjuangan buat menang.
  16. Makannya pelan-pelan (jangan seperti dikejar setan) semua dinikmati aja sesuap demi sesuap
  17. Jangan makan sambil berdiri kayak standing party kehabisan tempat duduk atau lagi ambeyen? (ups sory becanda :D)
  18. Atur pola makan anda, makan besar 3x sehari selebihnya makanan ringan/ setidaknya perut Anda tidak kosong lebih dari 3 jam. Sebaiknya makan buah saja sebagai cemilan. 
  19. Ikan yang boleh dikonsumsi yang hidup di air tawar, misalnya lele. 
  20. Bagi yang suka makan pedas mungkin jaga makan ini agak menyiksa anda ya tapi hindari dulu makanan pedas dan asam / kecut demi pulihnya kesehatan Anda sendiri. 
  21. Latihan meditasi/ banyak berdoa mendekatkan diri pada Tuhan sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.
  22. Bersosialisasi dengan teman-teman yang lain, saling share jangan memendam masalah Anda sendiri. Hati anda itu sebesar apa? Masalah Anda yang banyak tak cukup muat dimasukkan kedalam hati semua bukan ? Jadi perlu dibagi ke orang yang bisa Anda percaya. Kalau saya lebih enak sharing ke Tuhan lewat doa, itu tanpa efek samping. Kenapa? Kalau curhat ke manusia biasanya malah ga aman, bisa jadi diumbar di facebook ntar :D 
  23. Belajar memotivasi diri sendiri. Jangan dibiasakan ragu-ragu tapi berusaha punya iman dan prinsip. Apalagi kalau minum obat. Obat belum diminum sudah curiga duluan, Nanti kalau ga sembuh gimana ya? Kalau begini begitu? Hadehhh…. Wes rasah diombe sisan…! Hehe. Yakin seyakin yakinnya. Kalau ga yakin jangan. Orang kalau ragu, minum air putih saja bisa kayak minum racun, bukannya sembuh malah muntah-muntah
  24. Jangan membungkukkan badan saat terjadi refluks asam lambung.
  25. Anggaplah rasa sakit ini sebagai rasa cinta Tuhan sama kita. Supaya kita lebih banyak waktu mendekatkan diri kepada Yang Maha kuasa dan menyadari bahwa kita telah berdosa karena telah menyia-nyiakan anugrah kesehatan dengan gaya hidup yang salah. 
  26. Sebagai penunjang untuk membantu proses kesembuhan Anda, minumlah minuman probiotik SUSU KEFIR PRIMA ETAWA 2x sehari pagi bangun tidur dan malam sebelum tidur cukup 100 ml tiap minum. jika dibarengi dengan obat dokter harap beri jeda 2 jam. Untuk pemesanan Susu Kefir Prima Etawa bisa hubungi WA : 081915197153 atau isi formulir order ini

    Saya doakan semoga teman-teman di GIHM segera mendapat kesembuhan dan bisa berbagi dengan yang belum sembuh juga. Salam sehat. GBU all (y)

197 komentar:

  1. Wah perjuangan ya mbk...semoga mkn hari mkn sehat mbk.....baru tahu..bermanfaat sekali :)

    BalasHapus
  2. Artikel yang menarik mbak, baru sekarang tahu tentang sakit GERD ... makasih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh terimakasih pak Darto atas kunjunganya :D

      Hapus
  3. Wah... jadi tahu deh tentang penyakit ini. TFS, Mak :)

    BalasHapus
  4. tips yang bermanfaat sekali mbak :D

    BalasHapus
  5. Aku baru tahu tentangmu Mak... juga tentang GERD ini.
    Sekarang sudah sembuh kan Mak..?
    Makasih banyak utk sharinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sembuh total si belum mak, cuma bisa jaga makan aja. yang berlemak tdk bisa saya makan lagi. dan juga saya masih belum bisa keluar kota karena susah cari menu makan yang cocok buat perut takutnya kambuhan kalau kecentok makan di luar kota. makanya saya agak mupeng sama SB 2014, apa saya bisa ya seperti mereka kumpul di luar kota :) sama-sama mak

      Hapus
  6. Terimakasih atas postingan infonya. Saya sekarang lagi kena senggol sama yang namanya GERD. Hanya saya kebingungan, kok saya sering kedinginan ya, sering keringat dingin walau cuaca panas. Apakah mbak juga pernah rasakan seperti itu? Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya benar sekali pak. memang begitu keadaannya. untuk membaca tentang GERD yang lain bisa klik bagian categories (label cloud) di blog saya, cari yang tulisannya GERD.

      Hapus
  7. Terima kasih atas tips nya .... saya terkena GERD sudah 3 bulan terakhir ini ... mungkin harus relaksin pikiran ... lebih berserah ama yang diatas

    BalasHapus
  8. saya udah dari april tahun kemaren terkena gerd, kena psikosimatis juga (nah itu yg paling parah n dibilang penyakit lebay) pdhl yg ngerasain luar biasa, alhamdulillah setelah pindah kota, ikut hypno sana-sini, akupuntur, bekam bla bla bla skrg udah enakkan, tinggal gerdnya aja...makasih postingan infonya mbak saya suka banget sipsipsip

    BalasHapus
  9. terima kasih tips2nya mb... saya udah dr bbrp tahun ini kena penyakit GERD. 2bln ini kambuh luar biasa. sesak napas,tenggorokan rasanya kecekik,heartburn. dan saya sdg berjuang utk sembuh. bermanfaat skli artikelnya. bener kt mbk, org yg kita curhatin apa yg kita rasain,nganggepnya kita lebay. pdhl rasanyaaa... minta doanya ya mb spy sembuh. makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok, semoga Cantika cepat sembuh ya dan dijaga makan dan pikirannya jangan stres2

      Hapus
  10. gerd ku komplikasi ke batuk & sesak napas.. beneran hrs pantang kopi, pedas, coklat, makanan minuman instan & yg berlemak.. :)

    BalasHapus
  11. blog Mba Susan sangat membantu kita khususnya saya yang juga mengalami GERD ini. Setelah membaca pesan2 yang Mba Susan sampaikan, scara psikologis hal ini sangat2 membantu saya bagaimana menghadapi & berusaha untuk menyembuhkan GERD ini. Terimakasih Mba Susan atas sharringnya, semoga hal ini dapat membantu lebih banyak lagi orang2 yang mengalami hal yang sama, amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya sama sama mbak anonim... hehe semoga bermanfaat ya GWS

      Hapus
  12. trims atas tulisannya yg memotivasi. saya pernah mengalami serangan GERD spt ini. malah terasanya spt orng mau stroke/serangan jantung aja sebab sy keturunan hipertensi. pas ke dokter tekanan darah sy sgt tinggi sekali. yah. pd saat itu sy mengalami kecemasan, keringat dingin, napas sesak dan dada kiri sakit. saking cemasnya tekanan darah sy naik sehingga terasa spt mau stroke (vertigo, kaku sebelah, dsb.) makin sy cemas makin terasa semua perasaan itu. sama dokter disuruh rekam jantung dan periksa darah. untung hasilnya normal semua. dokternya trus tanya lg perasaan ga enak lainnya dirasa. sy bilang perut seperti berputar dan penuh/sebah. lalu sy diberi obat hiptertensi sama 2 lg obat maag (antasida doen & omeperasole) diminum sebelum dan sesudah. untungnya sampe skrg udah ga gitu lg. tapi pernah sesekali gara2 nakal makan pantangannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh gt ya, gpp nakal makan pantangan asal berani terima resiko :P semoga selalu sehat

      Hapus
  13. saat ini sy sakit sdh 3 bulan lebih, awalnya kecaean pulang kerja byk bgadang akhirnya drop lemas, nafas susah diangkat, jalan sedikit sj jantung trasa cape banget, dada sering sakit di bagian kiri, tengah, kanan kadang seperti ditusuk, tembus ke punggung dn ketiak, kdg bicara sj cape, ngga bisa duduk lama langsung cape, akhirnya banyakan di t4 tidur, tekanan naik 140, sdh rekam jantung EKG, Echo, periksa ensim jantung, fungsi ginjal dn hati normal, kata dokter smuanya normal waktu diopname 2 kali sempat dikasi obat maag tp ngga sembuh jg. saat ini istiraht di rumah lg coba obat herbal, tp 2 minggu blakangan ini uluhati sakit, perut keram dada trasa panas, punggung pegal leher panas dn kaku, mual pusing keringat dingin apalg klw cemas, keram kaki kiri, pernah sakit di kerongkongan. kira2 itu gerd jg atw bukan ya sampai susah sembuhnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah anda merokok? sudah pernah dirontgen paru2nya? begadang memang tdk baik bagi kesehatan. sering telat makan jg? atau suka mengonsumsi makanan instan? gerd itu biasanya ada rasa mengganjal di tenggorokan, kalau melihat gejala bapak saya blm tau pasti apa itu GERD atau bukan? dokternya ga bilang GERD

      Hapus
  14. sore mbak,saya sakit lambung/gerd sudah 8 bln.opname 3x di rs,msk ugd berpuluh2 kli krna sesak nafas.pdahal saya rutin ke dok spesialis dlm tp sampai skrg blm ad perubahan yg berarti msk sering kambuh.gejala yg saya rasakan perut sama dada rasanya seperti terbakar,ulu hati nyeri,cemas,panik,takut jd satu seperti org mau mati haiz,saya dah di endoskopi mbak kata dok cuma radang lambung biasa gak perlu dikwatirkan.pdhal saya bner2 menderita bget tlong solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang bikin menderita itu beratnya pikiran.kalau mau sembuh sebaiknya jaga makan dan banyak makan buah pisang raja.

      Hapus
  15. siang mba susan, sy tiap hari perut kembung, kalau uda buang angin enakan, tp setelah itu kembung lagi..kalau makan atau minum selalu tenggorokan ada yg mengganjal,kalau uda sendawa enakan,tp sebentar ada yg mengganjal lagi..kalau makan sedikit serasa perut uda kenyang bgt tp sebentar rasa lapar lg..padahal saya kalau makan uda dikunyah lama..uda 3 tahun saya sakitnya dan belum sembuh..itu gerd bukan ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi mbak tapi sebaiknya konsultasi dengan dokter saja mbak :D

      Hapus
  16. pengalaman yang menarik, terima kasih infonya.. semoga ini jadi amal jariyah mbk susan.. amin..,

    BalasHapus
  17. Mba saya sering sendawa tenggrkan panas kadang brnapas sesak apa ini ciri gerd

    BalasHapus
  18. Kata dr c asam lambung.apakah klo asam lmbung naik itu rasanya sakit

    BalasHapus
    Balasan
    1. tepatnya mual dan tidak nyaman di tenggorokan

      Hapus
  19. iya mba sdh di rontgen normal, cek jantung smuanya normal tetap blum sembuh, ini sdh 6 bulan sakit duduk lama sj blum bisa apalg jalan langsung capek skali spt udara ngga ada di dada tp tdk sesak.., benar2 bikin stress. sy tdk pernah mrokok, alkohol, kopi, teh, awalnya hanya kecapean dn bgadang akhirnya kesehatannya terus turun. sdh coba minum kunyit, madu, gold g lebih 10 botol tp blum ada perubahan brarti..kata dokter kamu ini tdk sakit. liat browsing internet mungkin asam lambung, klw ada yg tau obat alaminya mohon sms di 085242066870, adnankassogy@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo pak adnan, solusinya sudah saya email ya

      Hapus
  20. Mbak susan boleh tau mbak susan ke Dr mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya ga ke dokter mas, tapi berobat chikung sama jaga makan aja.tapi ada info dari temen yang sembuh dari GERD namanya mbak Yulia Hiu (https://www.facebook.com/yulia.hiu?fref=ufi&pnref=story) dia ke dokter penyakit Gerd : dokter Tjhang Supardjo Gastrointestinal. Rumah Sakit Pondok Indah Puri Indah. Jl Puri Indah Raya Blok S-2 Kembangan Selatan Jak 11610. Telp 2569 5200 ext 2 (call centre)

      Hapus
    2. selain itu jika mas kenny berminat bisa konsumsi susu kefir etawa aja mas.. bisa hubungi saya di WA 081915197153

      Hapus
  21. Saya baru tahu penyakit GERD setelah browsing dan baca-baca Blog Mbak, hampir setahun kebelakang tenggorokan saya seperti ada yang mengganjal dan kadang sesak nafas di tenggorokan. Kadang untuk bicara juga susah. Sering kambuh jika stres dan setelah makan. Gampang tegang, banyak ketakutan dan hal-hal lain yang membuat saya tidak nyaman. Saya berusia 27 tahun sekarang mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh begitu, memang rata rata pemicu GERD selain pola makan dan gaya hidup yang salah juga karena stres. sudah periksa ke dokter?"

      Hapus
  22. Mbak, saya sering merasakan sensasi panas pada telapak tangan setiap sore hari menjelang malam, habis itu badan agak demam tetapi suhu badan normal, sperti panas dalam gtu. setelah sebelumnya perut terasa panas, sering buang angin dan tenggorokan seperti ada yg ngeganjel sampai sendawa. Apa sensasinya bisa seperti itu ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mbak itu karena produksi asam lambungnya berlebihan. jadi naik ke kerongkongan bikin terasa ngganjel di tenggorokan. minum air anget mbak. soal demam itu saya juga ngalami. banyak minum air putih aja

      Hapus
  23. Wah Mbak Sharenya sangat bermanfaat krn sy jg di vonis GERD, tp yg sy heran kok berat badan sy menurun terus ya mba, padahal makan saya ya teratur tidak terganggu, saya juga makan kentang rebus, pisang rebus, tapi belum bisa menghindari goreng gorengan ,trus lengan & tangan terasa lemah,....apa Mbak Agustin juga berat badannya turun ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mbak memang rata rata BB jadi turun kalau kena GERD. saya dulu dari 35 jadi 30kg, mungkin mbak ada psikosomatisnya jg jadi merasa lemah. sudah konsultasi dokter mba?

      Hapus
  24. Sudah ke bbrp Dokter & obatnya ya golongan prazole prazole gitu trus yg terakhir malah yg mahal itu parriet & satu lagi lupa ....lha padahal bln April besok saya mau Umroh , ada saran Mbak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh saya juga pernah minum obat itu. pariet emang mahal. ga kebeli akhirnya berhenti minum obat hehe.. saran saya ya itu kurangi stress dan makan teratur setiap 3 jam sekali.

      Hapus
  25. Iya Mbak makasih saran saran nya.......

    BalasHapus
  26. O iya mbak kalau makan semangka Kumar nggak gerdnya ?

    BalasHapus
  27. Balasan
    1. gak mak asal jangan kebanyakan bisa nurunin tensi

      Hapus
  28. Gw jga dpt nih penyakit dri 4 thn lalu....dulu gw sering khawatiran jdi dpt kado gerd alias psikosomatis...

    Pertama fpt penyakit ini dikira serangan jantug soalnya badan lemes, jantung debar2..sama kayaq yg dibilang ts..... sampe prnh msk rumah sakit gra2 tek darah tinggi jantung debar2,....plg dri rs blon smbuh juga...gw coba obat sana sini, obat dokter ma periksa dokter , hipnoterapi, psikiater total bsa mpe 7 jutaan bolak balik.....tpi msh blon ada hasil jga...

    Dah gtu yaa putus asa, gw pasrah aja klo bakal diambil nyawa, tpi ntah napa pgn cari2 trs tntg penyakit ini, dan akhirnya ketemu dri maag dan pikiran..

    Gw dah ga pengobatan dokter lagi soalnya pengobatan dokter klo lama2 kmungkinann bsa bahaya ke ginjal jdi ane pindah ke herbal,

    Ini rumus herbal rahasia ane:
    1) sambiloto , bagus diminum kalau ada peradangan...anti radang dan bengkak...
    2) kunyit minum pagi dan malam sebelum makan.
    3) ini yg paling tokcer...kulit manggis asli direbus, minum aernya tiap hari...dah minum ini badan langsung enakkan...

    Cm itu aja obat ane, tntu aja makan hrs dijaga, dn pikiran hrs +.... saran utk belajar positif thinking dri film dokumenter "the secret - law of attraction"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Owhh iah satu lagi...sering2 lah sendawa...yg bikin kepala pusing n keleyengan n jantung debar2 itu gas dri dlm lambung... gas nya dikeluarin pasti serangan panik sama pusingnya bakal ilang..soalnya gas yang ada di lambung bikin lambung membengkak neken jantung...jdi aliran darah ga lancar...trs peringatan juga, ati2 klo perut kembung jgn mkn banyak2, jgn duduk miring neken lambung dan jantung soalnya ane prnh kejadian yg ane rasa gangguam ritma jantung yg hebat (disini ane tiba2 batuk trs jantung tiba2 degup kenceng banget...ngettt..ngettt dan sangat cepat. Trs tiba2 kesemutan seluruh badan, dah mau kayaq mati bneran==") tpi untungnya ane slamat dgn cara kontrol napas .dah gtu ane makan obat pegencer darah)

      Hapus
  29. Hi Mbak Susan,

    Saya berencana untuk endoskopi dalam waktu dekat. Bisa share pengalaman endoskopi nya ga mbak?

    Thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://moocensusan.blogspot.co.id/2016/04/pengalaman-endoskopi-di-rs-panti-wilasa.html

      Hapus
  30. Saya juga di vonis GERD oleh dokter dan skrg saya sedang dalam pengobatan dan disarankan memakan makanan yang mudah dicerna

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika berminat bisa minum SUSU KEFIR PRIMA ETAWA... bisa pesan melalui saya 081915197153

      Hapus
  31. terima kasih blog ini sangat membantu penyembuhan GERD..

    BalasHapus
  32. Sy udah 6 bln nih,,pertama dirawat divonis dispepsia,,ke ugd udh bolak balik,,rasa cemas, was2 sprti lg naik kora2,,perut panas smp dada,,terakhir dirawat divonis gerd..bnyk yang bilang susah diobatin,,malah dipikirin malah tambah2,,sy coba putar haluan sy harus ngobatin batin dulu, emosi dan pikiran negatif coba dibuang, mendekatkan diri kepda tuhan, dan berobat ke dr msh dilanjutkan,,alhamdulillah agak baikan wlw msh ad beberapa yang dirasa sy coba berpikiran positif ajlah,,pasrah dengan berusaha dan berdo'a

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok mas ahmad mau coba minum susu kefir etawa? bs pesan ke aku kalau mau.. bagus buat GERD

      Hapus
  33. Terimakasih informasinya...setelah sy baca penyakit yg sy derita ini persis sama.. Sdh bolak balik ke dokter spesialis penyakit dalam suspec maag...tetapi sy diduga kena gerd...

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah pernah nyoba minum kefir? saya minum kefir juga loh..

      Hapus
  34. Saya juga, menderita GERD, luar biasa komplet rasanya, ya perut, ya dada, ya radang tenggorokan.... Sekarang sdang masa pemulihan setelah seminggu bed-rest karena GERD saya caumpur tipes...saya setuju poin bahwa hubungan dengan Sang Pencipta harus diperbaiki, sehingga lebih tenang dan ga grasa-grusu, penuh tekanan dalam menjalani kehidupan.....salam sehat dan sembuh dari GERD

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin, semoga fatin selalu sehat ya biar bisa nyanyi lagi hehe,,

      Hapus
  35. Saya juga mengidap GERD, dan parah" nya baru 4 hari ini, nafas sesak dada berat dan panas..
    Obat sudah diminum, periksa kesana kemari jantung normal, paru-paru normal, tensi darah normal, awalnya saya mengidap Maag tapi saya rasa sudah sembuh?
    Tapi pas pola makan saya telat dan ga beres jadi tambah parah, nafas sesak dada berat dan panas, cepat lemas atau capek..
    Solusinya dong mba..
    biar pikiran saya ga stres? :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi kontak aja mas kita bisa sharing saling memotivasi

      Hapus
    2. memang GERD itu ga boleh telat makan dan menu makanannya jg harus dijaga dari segala pantangannnya sebab bisa kumat sewaktu waktu apalagi kalau stres. kalau untuk biar ga stres harus banyak mendekatkan diri kepada TUhan.. saya jg sedang belajar untuk tdk stres dan tdk mudah sensitif

      Hapus
    3. jika berminat bisa minum SUSU KEFIR PRIMA ETAWA... bisa pesan melalui saya 081915197153

      Hapus
  36. Keluhan tmn2 yg lain sama persis sprti yg sy alami, tiap hr hrs merasakan dada tidak bs plong dlm bernafas, jantung berdebar2 kencang, kepala kleyengan, tgn kaki suka lemes, ud prgi ke bbrp dktr sprti dktr interniz, dktr saraf, dktr blg sy stresss, terakhir ke dktr lambung dktr blg bkn asam lambung, pdhl ulu hati skt klo di tekan dan suka sendawa terus menerus, dktr cm ksh tablet kunyah untuk lambung dan sisa 3 obat mcm nya utk vertigo dan anti depresi...skrg klo keluhan di atas hmpr tiap hr dtg dan blm ktmu obat yg cocok dan suka kumat gmn gak stresss? Sy jg udah pola hdp sehat dan pola mkn bnr tetep sprti ini...dlu sy aktif berenang semg 3x, cross trainer tiap hari, dan yoga pemula semg3x, keluhan tiap hr sprti ini jd sy stop semua kegiatan krna skrg sy kemana2 takut bngt, jika sudah kumat bs 2jam lbh gak bs jalan...apakah pnykt sy ini di sebut gerd? Sy mual2 saja blm sampai tahap muntah...terima kasih jwbn dr tmn2...sy udah gak tau mau gmn lagi, krna cara herbal jg sy udah coba sprti mkn labu kuning di kukus, lalu mnum jamu kunyit, lalu mkn apel di parut tmbh madu 2 sendok dan di kukus, jg sudah mkn oatmeal scra rutin...tetep sprti ini...hrs gmn lg sy?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau baca ceritanya sepertinya sudah kena GERD yang dibarengi dengan psikosomatis. memang penyakit ini gampang gampang susah. banyak yang sembuh tapi caranya juga berlainan. bisa kambuh juga kalau kita lengah dengan stres dan pola serta menu makan yang salah.pertama mulai telusuri dulu penyebab depresinya apa setelah itu baru pemulihan GERDnya.

      Hapus
  37. sangat bermanfaat mba...terima kasih banyak untuk tulisannya, saya tadinya ragu untuk periksa kedokter karna masih saya anggap ringan (hanya sekedar tahak saja) tetapi 5 hari ini makin terasa nggak enak...saya jadi tau banyak nih mba. salam kenal juga mba susan, saya sarah ^^

    BalasHapus
  38. Batul.... sangat bermanfaat dan saya mulai termotivasi... saya juga sepertinya mengalami GERD.. sampai saat ini rasanya ga nyaman... saya juga sudah pernah rekam jantung. Rontgen.test dahak(maaf) semuanya normal... hanya saja rasa cemas...ketakutan..parno..sesak nafas...lemes... itu yg ga tahan.... tapi saya tetap BerDo'a semuanya pasti bisa di atasi dan berlalu...berfikiran positif dan yakin sakit lebay ini akan sembuh.... Allah SWT menuntun saya hingga menemukan artikel yang bermanfaat...artikel mba ini... dan sungguh memberi saya motivasi untuk lekas sembuh...
    Mba mw tanya donk chikung itu sama kaya akupresure gitu ya? Kemarin saya dpt rekomendasi akupresure dan chikung... itu bagus kan mba? Minta saran donk...thx...salam sehat selalu...

    BalasHapus
  39. mbak saya jg merasa sperti mbak,sesak nafas yg sangat menyiksa,smpe saya pikir mau mati,dda terasa terbakar,.kbingungan,puyeng di kepala,,gimana mbak ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. minum kefir prima etawa aja ya ,.. gmn>

      Hapus
  40. Artikel yang sangat membantu mba susan, saya juga mengalami seperti diatas 6 bulan yg lalu, sy sdh fto rontgen, ekg normal , hasil lab , Ct scan , dicurigai pnyempitan ureter, saya baru mengetahui setelah opname dan consul dr interna, dr mngtakan asam lambung tinggi, dan sy setuju bahwa penyakit ini bsa kambuh jika byk pikiran / stress, karna yg sy alami bgtu ketika byk pikiran asam lambung naik dan membuat radang tenggorokan, sesak nafas, keringat dingin, jantung berdebar2, lemas. Semoga yg mengalami cepat sembuh dan tetap semangat ya, JBU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok makasi pak fandi.. sekarang gmn keadaanya?

      Hapus
  41. mbak susan sya lgi bingung nich entah GERD atau bukan tapi ciri2nya sama kaya GERD
    dada panas,badan rasanya lemes ,capek, sesak napas , ada rasa gak enak di tenggorokan,sering bersendawa wlwpun belum makan ,terus batuk kering yg berkepanjangan ini udah hampir setahun sekarang udah 2 bulanan kalo batuk kadang sampe mual/muntah kalau habis makan , sya bingung ni mba susan sya rongsen sama tes darah katanya flek paru padahal kalo saya liat hasil ronsen Normal,dokter bilang begitu kyknya karna sya tinggal bareng sama orng yg sakit paru jdi dikira saya ketularan.
    Saya udah minum obat selama 2 bulan dri dokter yg bilang sya flek paru tapi belum ada perubahan.
    saya jdi curiga ke GERD nih mba, penyakit GERD deteksinya dengan cara apa ?
    atau sbenernya penyakit sya itu GERD mba ?
    apa GERD memang disertai batuk kering ? bagaimana cara menghilangkan batuknya , karna sya risih sudah sangatt lama sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. paru paru itu berobatnya ga cuma 2 bulan tapi 6 bulan. dievaluasi kalau belum sembuh ditambah setahun lagi.biasanya kalau flek paru dahaknya berwarna hijau.tapi emang bisa menular si kalau TBC. taunya GERD itu dari dokter. kalau dokter yang satu kurang meyakinkan cb ambil second opinion periksa ke dokter lain..

      Hapus
  42. Permisi mbak.. saya sudah membaca perjuangan mbak Susan.. Pertanyaan saya.. Apakah mbak susan sampai skg benar2 sudah sembuh total? Krn saya juga menderita gerd dan saya sudah melakukan berbagai cara dan saya selalu takut tdk bisa sembuh sampai saya sering parno sendiri..

    BalasHapus
  43. Permisi mbak.. saya sudah membaca perjuangan mbak Susan.. Pertanyaan saya.. Apakah mbak susan sampai skg benar2 sudah sembuh total? Krn saya juga menderita gerd dan saya sudah melakukan berbagai cara dan saya selalu takut tdk bisa sembuh sampai saya sering parno sendiri..

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah artikel ini saya tulis saya memang sudah sembuh tapi tidak total alias masih jaga makan hingga 6 tahun namun saya kembali kambuh akibat depresi kembali, jadi saran saya jagalah hati dan pikiran agar tdk stress. penyakit ini bisa sembuh namun harus tetap menjaga pola makan dan gaya hdp yang sehat.

      Hapus
  44. Mbk susan ikan lelenya itu digoreng ato dikukus?

    BalasHapus
  45. Ok.. Thanks mbak susan.. Tetep semangat untuk sembuh.. Tetep jaga 3P.. Pola Makan.. Pola Tidur.. dan Pola Hidup..

    BalasHapus
  46. Kak. Aku umur 18 th dan kaget banget setelah tau aku kena penyakit gerd ini karena bisa tiba2 penglihatan ya kabur gt :( tp aku seneng bisa baca tulisan ini dan aku jadi termotivasi untuk sembuh! Jangan mau kalah sama penyakit hehehe GBU

    BalasHapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  48. Selamat sore mbak susan,saya mau bertanya?tolong saya siapa yang pernah merasakan hal seperti saya,saya sudah satu bulan lebih berobat ke tht tapi gak ada perubahan.di tenggorokan saya seperti kecekek dan kadang seperti bergerak-gerak di tenggorokan,dokter tht bilang asam lambung naik,amandel dan radang tenggorokan,tpi gak ada perubahan,saya stres sekali,karena saya tidaklah bisa tidur dan aktivitas terganggu

    BalasHapus
    Balasan
    1. sore pak andre
      rata rata semua penderita gerd mengalami hal itu. tenggorokan seperti kecekek karena asam lambung naik melalui esofagus (refluks)coba ubah menu makannya makan buah dan sayur diperbanyak hindari gorengan/ makanan berlemak. jangan stres. minum air hangat bila sensasi melanda

      Hapus
  49. Selamat pagi mbak susan,saya andre yg kemaren,saya pindah ke dokter tht yg lain mbak,dokter baru tht saya bilang saya gak ada gejala gerd,karena yang saya rasakan saat ini gak sakit di perut atau Ulu hati,makan saya nafsu,keluhan saya di tenggorokan bergerak-gerak seperti ada semut,kepala saya pusing,di dalam kuping sebelah kiri saya ada benjolan.mohon penjelasan nya mbak,

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya perlu CT scan . ke dokter internis aja jangan THT

      Hapus
  50. Dokter internis itu dokter bagian apa mbak susan?

    BalasHapus
  51. Nyesak, lemas, meriang, gak bisa keluar rumah sendiri, nyetir mobil tak bisa, motor apalahi, parno-an serasa ajal dah mau dekat saat kambuh, cemasan bila dengar kabar yg tak enak, perut terasa penuh, lendir ditenggorokan, sendawa tak berhenti2, jalan terasa mau jatuh dan mau pingsan, udah 2 tahun dijalani. Udah kemana mana tak ada hasil nya, hingga skrg trus berjuang walau terkadang frustasi atau putus asa tp mesti disemangati. Sampai org tua bingung harus gimana. Bingung sendiri , ini gerd yg menyebabkan kecemasan berlebih atau sebaliknya. Menurut mbak susan gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul pak. memang rata rata penderita GERD mengalami hal tersebut. bapak jaga makan ga? makan sayur dan buah jangan makan gorengan. buah dimakan pada pagi hari saat perut kosong. kurangi stres ya

      Hapus
  52. Wah syukur bnyk temen yg senasib sm sy.dh hmpir 1 bln nh kesiksa bngd sm pnyakit ini.. Klo obat yg alami ap mb y? Slm knl q aszar dr pekalongan

    BalasHapus
    Balasan
    1. menjaga pola dan menu makan
      gaya hidup sehat
      dan hindari stress

      Hapus
  53. halo mba susan ..
    saya sebulan ini sesak nafas, sesak nafas yg saya alami itu ketika menrik nafas tidak plong dan berasa oksigen kurang di dada, sudah ke beberapa dokter internis, paru, dan jantung juga dan katanya sesak nafas ini berasal dari lambung.. tp knpa setelah minum obat lambung sesek nafasnya tidak membaik juga.. dan sering kalo sendawa dada saya panas sampe ke tenggorokan, dan di tenggorokan ada yg mengganjal, apakah asam lambung itu yg bikin saya sesak nafas stiap hari mba ? saya juga merasa seperti kurang darah, baru duduk sebntar trus langsung bangun langsung kliyengan. kalo seperti ini terus bisa setres juga.. kira2 pengobatan apa yg cocok ya mba ? trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul itu krn refluks asam lambung.kliyengan jg krn itu.byk mkn buah dan sayur dan mkn dlm interval 2 jam sekali dlm porsi sedikit.cb triocid dan jus kentang sebelum tdr 2 buah. Dijus jgn diblender

      Hapus
  54. Selamat malam mbak susan,saya andre yg kemaren.saya masih merasakan ada yg bergerak-gerak di tenggorokan dan kepala saya bagian belakang pusing setiap hari.apakah penyakit gerd ada gejala sakit kepala setiap hari?

    BalasHapus
  55. Thanks mbak untuk tipsnya, saya juga terkena GERD dan sekarang sedang proses pemulihan,sampai2 parno sendiri ga berani nyetir atau bawa motor sendiri karena klo udah kambuh ga tau deh udah kemana gitu rasanya.

    BalasHapus
  56. mba susaaan ada contact number ? karena saya butuuuh bgt
    udah 4 bulan badan saya anget bagian dada kadang jantung berdebar kesemutan ga jelasss, peut suakiiiit, kalo lagi ngga kambuh sakitpun badan lemas,kadang cemas berpikiran saya ini kenapa sebenarnya astaga ya Allah

    BalasHapus
  57. oh iya mba
    lidah saya juga pait dan hambar kalo nelen ludah dan jadi putih warnanya jd parno kan >.<
    emang begitu yah mba aku ampe tes darah macem2 selama 4 bulan terakhir tp ga ada apa2 ! pusing jdnya kan what is happening with me :(

    BalasHapus
  58. Slam krnal mba susan...sy sdngbkambuh nih gerd nya skitar 2minggu ini. Sdh minum obat jd sdh agag mendingan gerdnya. Tp skrng sdng batuk pilek mba. Bayuk brdahak gt. Apakah ini slh satu efek gerd atau gmna ya mb? Minum obat batuk aman ga ya kira2 soalnya kepala jd ikut pusinv jg rsanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. orang normal jg bs batuk pilek gan unknown.. minum jeruk nipis campur kecap kalau takut minum obat, makan buah apel. minum jus tomat

      Hapus
  59. Selamat malam mbk susan,saya andre yg sering konsultasi sama mbak susan,skrg saya tambah bingung sama dokter,saya sudah ke dokter spesialis tht gak ada perubahan tenggorokan saya,dan saya pindah ke dokter penyakit dalam saya gak ada sakit gerd,jadi saya ini sakit apa?tenggorokan saya masih ada rasa yg bergerak-gerak,panas dan mengganjal.malahan skrg kepala saya sakit terus di bagian belakang,gara- gara minum obat dari dokter yg gak ada perubahan sama sekali,jadi tolong mbak apa solusi nya utk saya.saya bingung ni sama dokter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba ubah pola makan dan menunya...jangan makan yang digoreng/ berlemak, makan serba kukus.kalau masih ada sensasi mgk mas perlu ke psikiater

      Hapus
  60. selamat malam mba susan,saya yoso
    saya sering merasakan jantung berdebar,sesak nafas ketika tidur dan sering sakit didaerah punggung sampai keleher,dan yang paling menyiksa ketika setelah makan sendawa saya tidak berhent" sampai berjam"..
    apa ini termasuk gejala sakit gerd.
    bulan desember 2015 kemaren saya sempat dirawat 3 kali dalam sebulan tetapi kata dokter penyakit dalam dr hasil tes darah saya dibilang sehat,saya sudah mencoba berbagai macam pengobatan alternatif tp hasilnya nihil...
    sampai sekarang saya takut pergi" keluar apa lagi tempat jauh (takut kumat),tp kalau keseringan dirumah malah tambah stress..

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba ke psikiater kemungkinan bapak banyak pikiran sehingga asam lambung naik

      Hapus
  61. Mba Susan saya juga diindikasikan gerd disuruh endoscopy tp takut ... apa mba susan pernah diendoscopy ...sakit gak sih

    BalasHapus
  62. Maaf mbak susan saya andre kemaren,kalo mbak susan saran kan saya ubah pola makan saya setuju.tpi kalo mbak susan saran kan saya pergi ke psikiater saya tidaklah setuju,saya ini memang sakit di tenggorokan nyata bukan oleh stres atau buat-buat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lakukan yg perlu dilakukan. Saya cm saran aja. Kalo ada sudah tahu jawabannya knp msh bertanya?

      Hapus
  63. Salam kenal mba susan..cerita mba hampir sama dgn aq..berawal dr depresi kl aq krn divorce dgn suami hingga terkena serangan gerd dan panic attact sejak 2th lalu..opname hampir tiap bulan..cek medis semua sudah dilakukan..semua dokter di datangi..tp gerd ku blm sembuh..ditambah psikosomatis dan anxiety makin lengkap rasanya sakitku..obat yg aq konsumsi sm ky mba.. tp skrg yg rutin hanya xanax xr dan kdg ppi..gerd ku skrg naik level ditambah LPR dan sinus.. setiap kambuh atau badan ga enak selalu berfikir seolah akan mati.. aq ingin tanya mba susan.. yg mana duluan yg hrs diobati? Fisik atau psikisnya? Dari pagi hingga malam sll reflux terutama sehabis makan..tenggorokan tercekat susah nafas dan panik.. aq pgn sembuh dari lingkaran setan penyakit ini..kalo aq cemas..aslam naik..kl lambung sakit..cemas kambuh.. knp sakit bgni jd psikosomatis ya mba? Dan kdg aq depresi lelah dgn penyakit ini krn smpe membuat aktifitas ku lumpuh..jika kambuh aq tiap hari hanya berbaring di tmpt tdr..setiap membaik aq bs makan apapun berani keluar nyetir dll tapi kalau kambuh lg..drop lagi..takut lg..begitu trs mba..gmn agar bs stabil kondisi ini?apa sakit ini kambuh2an?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sakit ini kambuh kalau kita stres dan melanggar makanan yang dipantang. memang butuh waktu. aku sekarang jg lagi proses pemulihan, karena dulu sehat 7th bs kumat lagi krn ayah meninggal. fisik diobati dulu, psikis lama lama ngikuti mbak tinggal dengan siapa?

      Hapus
  64. Kok sebagai admin di blog ini mbak susan gak bls komentar saya sedangkan komentar yg lain di bls.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dilihat lagi yg betul. Kpn saya tdk balas komentar anda?

      Hapus
  65. Salam kenal mba susan,
    penyakitku spertinya hampir sama seperti yang tertulis di atas, yang saya alami tenggorokan saya terasa ada yg mengganjal dan sesak nafas yg mengerikan. sesak nafas itu biasa terjadi saat malam hr ketika saya mau tidur, rasanya bingung mau membuat diri sendiri utk tenang kalau sudah sesak nafas karena rasanya seperti mau mati pdhl saya gk punya sakit asma. kadang saya batuk2 yang sepertinya ada darah di tenggorokan, tp alhamdulillah sy tdk pernah melihat darah itu keluar (hanya merasa saja). kalau dada terasa panas sepertinya belum pernah saya alami, hanya merasa batuknya saja yang saya rasa berbeda dari batuk yg biasa saya alami sebelumnya. apakah penyakit ini termasuk penyakit gerd mba? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk memastikannya sebaiknya cek ke dokter mba kiki. Kemungkinan asam lambung naik jd kebawa batuk.iya memang sulit kalo sensasinya dtg.

      Hapus
    2. Untuk memastikannya sebaiknya cek ke dokter mba kiki. Kemungkinan asam lambung naik jd kebawa batuk.iya memang sulit kalo sensasinya dtg.

      Hapus
  66. sy waktu itu cuma cek ke klinik 24jam saja mba susan, tp katanya sy hanya sakit maag dah di kasih obat maag, tp alhamdulillah sudah jarang sakitnya

    BalasHapus
  67. salam kenal mbak susan..saya juga salah satu penderita GERD udah hampir setengah tahun ini payah2nya. dulu memang saya punya maag dan gaya hidup telat makan yang parah meski saya termasuk yang jaga makanan.tp stres dan kebiasaan telat makan saya lah yang parah. Beberapa bulan yang lalu saya akhirnya 2x ke internis, yang pertama kasih terapi obat selama 2minggu dan alhamdulillah membaik tapi mungkin saya g perhatikan untuk jaga pola makan seperti yang mbak tulis..udah ngerasa enakan,semua makanan masuk lagi..kumatlah lagi akhirnya terapi obat yang kedua dengan jangka waktu dua bulan udah agak enakan belum abis obat eh saya hamil..antara sedih dan senang ya mbak..tapi sebenarnya saya ga siap karena kondisi masih belum stabil dan pengen banget sembuh dulu. Berhubung sudah terlanjur, dari 3 dokter obsgyn yang saya datangi hanya 1 yang rekomendasi untuk meneruskan pengobatan selama hamil..tapi karena saya takut dan ga tega dengan calon bayi akhirnya saya stop..sama sekali ga minum obat, hanya air hangat jahe..awal hamil saya langsung turun 3kg, setiap makan keluar, sesak napas, ga bisa tidur, ga nafsu makan tapi klo ga makan kumat..payah sekali rasanya..masuk minggu ke 10 membaik sudah bisa makan tapi kumat lagi di minggu ke 12..saat ini saya sedag berjuang mbak buat sembuh..makasih tips2 dan penyemangatnya ya..daripada beberapa bulan yang lalu, insyaallah psikomastis rasa2 mau matinya sudah berkurang dari pikiran saya..semoga segera membaik dan kehamilan saya sehat dan lancar ya..mohon doanya mbak susan..terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh maaf baru respon sekarang.. oya mbak gmn keadaannya skrg> kalau mau bisa konsumsi kefir prima etawa ya, itu cukup membantu pemulihan GERD... saya jg minum

      Hapus
  68. Salam kenal mbak Susan...sdh satu minggu sy terkena gerd demikian diagnosa dokter. Sdh dibrri obat. Sy tak masalah dg gejala2 perut kembung,asam lambung naik,heartburn. Yg membuat saya tak nyaman adalah seeaktu berbaring bisa merasa pening selama beberapa detik, miring ke kanan dan kiri jg pening.kadang ada kadang tak ada.bagaimn pendapat mbak? Apa ada solusinya? Tks byk mbsk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mgk itu bisa disebabkan karena asam lambung naik. atau Bonie sedang kondisi cemas. atau banyak pikiran? solusi dari dalam diri coba rileks meditasi. solusi lain coba konsumsi susu kefir prima etawa ya... jika berminat bisa pesan melalui saya 081915197153

      Hapus
  69. Terima kasih mbakmbak solusinya..
    Memang bener obat paling ampuh itu sabar .. Saya juga masih menderita penyakit semacam ini nih yg ngelumpuhin aktifitas sehari hari.. Moga aja dengan masukan dari mba bermanfaat bagi saya dan sodara yg lainnya.. Sekali lagi terima kasih mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul pak.. sekarang bagaimana kondisinya?

      Hapus
  70. Salam kenal..sy diponis dokter 2 bln yg lalu kena Gerd saat itu kecapean dan stres ada masalah dikantor..dada berdebar2,tenggorokan serasa kecekik, sy diajurkan dokter untuk bersenang2,jangan cemas berlebihan..dokter memberi obat Amitriptyline dan Omeprazole..dan sy juga minum air kunyit...dan menjaga pola makan..jangan begadang,olah raga,intinya positif thinking..sewaktu-sewaktu bisa kambuh ketika kita kontrol makanan dan pikiran..sy ngalami ketika dipindahkan jabatan baru dan saat dilantik sy hikang keseimbangan,jantung berdegub kencang,tangan dingin,bdn lemas..tp sy berusaha ambil napas pelan2 berulang-ulang,berusaha untuk tenang dan berusaha tersenyum dg org sekitar lama kemudian bdn sy hangat kembali berdebar hilang, pernah juga sy makan2 sma teman..tiba2 sy kelimpungan,leher kecekek..sy coba ingat bahwa sy tadi makan sayur asam..hitungan detik normal..sy berusaha tenang sambil napas pelan dan berulang..sampe normal lagi..teman'teman penyakit ini kambuh dg tiba-tiba dan usahakan positif thinking,selalu tenang dan berdoalah mnrt kepercayaan masing-masing...pasrahkan semua ke Allah SWT.semoga bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok good lenny.. bagaimana keadaannya sekarang?

      Hapus
  71. salam kenal mba susan... sy juga baru saja di vonis bile refluks dan refluks esofagitis... mungmin akumulasi dari pola makan jelek dan isi kepala yg overload... saya baru mingguń d nyatakan dan sdh 1.5bulan dari gejala maag biasa kambuh 2x akhirnya endoscopy... untugnya saya tdk mengalami sensasi muntah2..makanan msh bs masuk..cuma sensasi panas d kerongkongan dan perut saja yg sangat sangat menggangu piskologis saya dan skrang dada saya seperti agak berat bernafas...apakah mba susan masih bisa beraktivitas seperti biasa pd awal2 d nyatakan bile reflux?... maksud saya bisa melakukan aktifitas seperti olah raga berlarikah?...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya beraktivitas nya ringan, kebetulan waktu itu saya kehilangan pekerjaan jadi lebih banyak istirahat dirumah. olahraga cm jalan kaki kadang bersepeda. oya bagaimana keadaannya sekarang. maaf baru sempat balas. jika berminat bisa bisa minum SUSU KEFIR PRIMA ETAWA... bisa pesan melalui saya 081915197153

      Hapus
  72. Mba, saya punggung prut trasa panas, dan gerah keringat dingin banyak, tangan lebih hangat dari anggota tubuh lain..

    BalasHapus
  73. Saya mba sering sesak napas pikiran ga enak pilek sudah lama belum sembuh" sering sendawa jantung berdebar apakah itu penyakit gerd mohon kasih tau saya soal nya saya panik

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk memastikan itu gerd konsultasi ke dokter Sppd KGEH.mgk mbak ada tekanan hidup yang berat sehingga muncul sensasi seperti itu.

      Hapus
  74. saya dari malaysia...saya sakit gerd ini sudah masuk 2 bulan,,alhamdulillah terasa simpton2 berkurangan kerna pantang makan,,cuma masalah saya..saya sering mual terus..mungkin kerna saya tak selera makan..jd makan nya cuma sedikit.aku bingung selalu mau makan apa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya makan harus sikit2 tapi sering tiap 2 jam harus makan. oya makanlah buah apel yang ijo itu cukup bagus, atau pisang kepok

      Hapus
  75. Pantangannya lumayan banyak ya buat GERD, maka lebih baik menjaga kesehatan sedini mungkin kalo gak mau berupaya seperti ini.. tipsnya sangat bermanfaat mba :)

    BalasHapus
  76. salam kenal mba susan,,, mba apa penderita gerd haidnya tdk teraturya,,soalnya belum 2 minggu udah haid ehh haid lagi,,kena gerd udah dua bulan,,udah tanya dokter, katanya ga apa2,, tp takut suka kepikiran.

    BalasHapus
  77. Mba saya mau tanya apakah mba pernah mengalami sepert panas dalam yg tiap hari, mksdnya nafas panas, lidah putih, jantung berdebar, sakit kpala blakng, nyeri punggung,kalo panik jantng berdebar, dan tengorkan sprti ada yg ganjal? Dan susu kefir itu susu kambing bukan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya pernah.itu krn asam lambung over produksi dan tjd refluks.iya susu kambinh yg difermentasi dg kefit grains

      Hapus
  78. Mba susan,seminggu lalu saya minum susu jahe,setelah itu jantung berdebar telinga berdengung dan mual. Paranoid krn badan terasa tak bertenaga. Apakah itu tanda dr penyakit GERD? Pengecekan apa yg mesti sy lakukan di lab?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Endoskopi. Itu asam lambung naik. Jgn minum susu jahe

      Hapus
  79. Mba, jujur aku panik krn hampir mau hilang napas dan sekujur tubuh tak bertenaga. Setiap badan rasa ga enak, pasti jadi paranoid. Apa krn gejala itu aku jadi takut, dan rasa takut itu sudah tertanam di alam bawah sadar? Kalau boleh tau, endoskopi brp ya biaya nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Gratis kalo.pk bpjs. Periksa ke dokter sppd kgeh spesialis pencernaan dan hati.kalau tdk ada perubahan sebaiknya ke psikiater

      Hapus
  80. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  81. terima kasih banyak atas informasi yang telah disajikan senang bisa berkunjung !

    BalasHapus
  82. All I hear is a bunch of whining about something that you could fix if you werent too busy looking for attention.
    cara mengobati paru-paru basah
    cara mengatasi maag

    BalasHapus
  83. Selamat sore, perkenalkan saya danang sefdyanto perwakilan Mahkota Medical Centre Surabaya Rep Office. kami adalah salah satu perwakilan di jawa timur. kami siap membantu dan memberikan:
    1. informasi seputar mahkota dan malaca malaysia
    2. informasi fasilitas & kesehatan
    3. Book dokter dan arange perjalanan sampai akomodasi dengan Company Rate kami ( sehingga lebih murah )
    3. Second opinion langsung dari Dokter kami.
    Semua pelayanan ini FREE of Charge, walaupun hanya untuk bertanya atau sekedar second opinion dari Dokter lain kita siap membantu .Jika Membutuhkan infomasi tentang Mahkota Medical Centre Melaka Malaysia, silahkan hubungi kantor perwakilan kami....
    Regard
    Danang Sefdyanto
    Surabaya Representative Office
    Mahkota Medical Centre
    Jl. Barata Jaya XIX / 31C
    Surabaya 60131 - Indonesia.
    WA : +6281 331777697
    Line: +6281 4026 2166
    Mobile: +6283 8300 28050
    Phone : +6231 5020588 / 5026505
    Email : mmcsurabayaoffice@gmail.com
    Fb : https://www.facebook.com/mmc.surabaya
    http://mahkotamedicalcentresurabayaoffice.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  84. Bismillah...mba susan gejala yg mba tulis hampir sma...saya sekrang mengalami itu...dibilang dokter tht radang tenggorokan...tpi sy mengira2 gejalax berdasarkan yg sy baca...perasaan mengganjal ditenggorokan...disertai demam,panas didada sampai tenggorokan,kadang pusing dan batuk pada pagi hari..perasaan sangat menyiksa ...peraasaan mengganjal ya Allah...kadang agak sesak..sdh 2 minggu saya tdk beraktifitas....u diagnosa gerd belum...tpi tht bilangx radang...tpi u saya lebih waspada dan pengobatanx mohon mba...sy butuh sekali..minta nox mba...sybutuh skali bantuan petunjuk demi ksembuhan saya...

    BalasHapus
  85. Bismillah...mba susan gejala yg mba tulis hampir sma...saya sekrang mengalami itu...dibilang dokter tht radang tenggorokan...tpi sy mengira2 gejalax berdasarkan yg sy baca...perasaan mengganjal ditenggorokan...disertai demam,panas didada sampai tenggorokan,kadang pusing dan batuk pada pagi hari..perasaan sangat menyiksa ...peraasaan mengganjal ya Allah...kadang agak sesak..sdh 2 minggu saya tdk beraktifitas....u diagnosa gerd belum...tpi tht bilangx radang...tpi u saya lebih waspada dan pengobatanx mohon mba...sy butuh sekali..minta nox mba...sybutuh skali bantuan petunjuk demi ksembuhan saya...

    BalasHapus
  86. Bismillah...mba susan gejala yg mba tulis hampir sma...saya sekrang mengalami itu...dibilang dokter tht radang tenggorokan...tpi sy mengira2 gejalax berdasarkan yg sy baca...perasaan mengganjal ditenggorokan...disertai demam,panas didada sampai tenggorokan,kadang pusing dan batuk pada pagi hari..perasaan sangat menyiksa ...peraasaan mengganjal ya Allah...kadang agak sesak..sdh 2 minggu saya tdk beraktifitas....u diagnosa gerd belum...tpi tht bilangx radang...tpi u saya lebih waspada dan pengobatanx mohon mba...sy butuh sekali..minta nox mba...sybutuh skali bantuan petunjuk demi ksembuhan saya...

    BalasHapus
  87. Halo mbak. Saya mau tanya nih, ato sharing aja biar sayanya ga paranoid :D
    Yang saya rasakan sperti GERD itu sendiri, tapi disertai pusing, leher tegang yang kata dokter kemarin saya pengapuran setelah baca hasil rontgen leher saya padahal saya masih berusia 20th, lalu menjalar ke punggung dan pinggang kanan. Saya selalu paranoid kalau ginjal saya bermasalah krn kebanyakan minun obat krn "nikmat" pemberian Tuhan ini sudah berjalan hampir 1thun lbh, tapi alhasil 2x USG ginjal saya baik. Bagaimana solusi anda? Lalu saya mau tanya, selain bersepeda apakah renang juga dianjurkan? Saya tidak bisa klo sehari saja tnpa olahraga, krn itu hobi saya heheh. Mohon dijawab mbak, terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. penyakit ga kenal usia. untuk apa anda paranoid kalau ginjal anda baik baik saja?dokter pasti sudah prediksi dan ga sembarangan kasih obat. kalau sudah bahaya ga mungkin obat diteruskan. olahraga bagus kok. justru kalau sakit GERD harus banyak gerak.

      Hapus
  88. Iya mbak, terima kasih. Mungkin saya cuma butuh motivasi, mungkin dengan begini saya lebih tenang. Terima kasih mbak :)

    BalasHapus
  89. Terima kasih banyak infonya mbak,blog ini sangat bermnfaat bagi kami penderita gerd..sekali lagi terima kasih banyak

    BalasHapus
  90. Terima kasih banyak infonya mbak,blog ini sangat bermnfaat bagi kami penderita gerd..sekali lagi terima kasih banyak

    BalasHapus
  91. Terima kasih banyak infonya mbak,blog ini sangat bermnfaat bagi kami penderita gerd..sekali lagi terima kasih banyak

    BalasHapus
  92. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  93. Asam lambung yang naik terjadi karena adanya gangguan pada lower esophageal sphincter yang merupakan katup penghubung antara lambung dan kerongkongan. Akibatnya, asam lambung yang seharusnya tetap berada di perut, naik ke kerongkongan dan menimbulkan sensasi terbakar di dada. obat asam lambung terbaik

    BalasHapus
  94. terjadi karena adanya gangguan pada lower esophageal sphincter yang merupakan katup penghubung antara lambung dan kerongkongan. Akibatnya, asam lambung yang seharusnya tetap berada di perut, naik ke kerongkongan dan menimbulkan sensasi terbakar di dada.

    BalasHapus
  95. kayanya gerd sulit sembuh mbak, kalau selalu banyak pikiran.

    BalasHapus
  96. Mba saya penderita gerd baru 2 minggu. Tp badan saya makin hari lemes. Truz berat badan turun. Gmana mengatasinya. Mohon bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah anda sdh ikuti saran2 saya di atas

      Hapus
  97. Mba saya penderita gerd baru 2 minggu. Tp badan saya makin hari lemes. Truz berat badan turun. Gmana mengatasinya. Mohon bantuannya.

    BalasHapus
  98. MAKASIH mb info nya sangat membantu, saya sudah 1bulan terkena Gerd. 2x datang ke dokter umum n 2x ke dokter spesialis dengan comment yang santai ''ini penyakit ringan'' tpi saya jga bingung ringan tpi sebulan belum sembuh2, perut masih terasa panas. saya jga kadang stress saat baca2 Internet tentang penyakit Gerd. sampai sekarang saya masih pengobatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hindari stres . Jaga pola mkn.dan menunya.ikuti saran2 sya

      Hapus
  99. Selamat siang mba,saya udh 3 minggu kena gerd n belakangan terakhir sering panas dingin, lemas, pusing, ke dokter penyakit dalam lagi kata dia gpp krn gerd emg lama sembuhnya n jangan cemas krn akn memperlama proses penyembuhan,3hr berikutnya saya coba ke puskesmas n menceritakannya n saya disuruh tes darah alhasil saya positif tipes,sama dr puskes saya dikasih antibiotik,antasida sama parasetamol generik,tp udh mau 9hr belum sembuh juga,apa obat yg dr dr penyakit dalam saya teruskan ya krn menurut saya isinya jauh lbh Bagus dibanding minum antasida generik,mohon solusinya,terimakasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sakit gerd pengobatan sebaiknya jgn ke puskesmas tp ke dokter spesialis sppd kgeh.gerd itu bkn skt maag biasa yg cm dikasi antasida.prngobatan jgn ganti2. Biasanya si dr dokter dikasi obat ppi minumnya 1-2 bln rutin tanpa putus.nanti setelah 2 bln br dievaluasi lg.aps prrlu endoskopi/tdk. Jd jgn ganti2 dl kalo blm sembuh bnr.sabar mrmang dibutuhkan dlm pengobatan

      Hapus
  100. makasih infonya mba
    tapi saya mau tanya: paman saya sudah 1 minggu selesai operasi pengangkatan batu empedu , anehnya sebelum dan sesudah operasi tetap saja mengeluarkan cairan berwarna hijau . itu disebabkan karena apa sih mba ??? kentut tidak bab juga tidak. malahan sendawa dan perut terasa penuh dan kembung walau dokter sudah menyarankan puasa selama 1 minggu. tolong bagi yang tau beritahu saya

    BalasHapus
  101. Salam mbak agustin...saya salah 1 penderita refluks asam...yg sy mau tny untuk buah apa sj ya yg bole dikonsumsi?sebelum atau sesudah makan?karena sy trauma 2minggu lalu tb2 sesak nafas habis makan trus minum juice buah peach...sy sudah berobat dan sudah diendoskopi dibagian klep lambung ada infeksi sedikit kt dokter

    BalasHapus
  102. Salam mbak agustin...saya salah 1 penderita refluks asam...yg sy mau tny untuk buah apa sj ya yg bole dikonsumsi?sebelum atau sesudah makan?karena sy trauma 2minggu lalu tb2 sesak nafas habis makan trus minum juice buah peach...sy sudah berobat dan sudah diendoskopi dibagian klep lambung ada infeksi sedikit kt dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buah apel sebelum mkn.infeksi hrs minum antibiotik 10hr. Peach itu apa y

      Hapus
  103. Masya Allah. Insya Allah mudah. Minum air kanji (tepung tapioka).
    Cara buat:
    Ambil air putih hangat" kukuh 1/2 gls, masukin kanji (tepung tapioka) 1 sendok makan aduk rata, minum selagi hangat, langsung dihabiskan. Pagi dan sore serta malam sebelum tidur. Insya Allah sembuh. Semoga bermanfaat. Wallahu a'lam.

    BalasHapus
  104. Yang mau sharing2 tentang gerd/psikosomatis bisa wa juga ke saya 0838-0759-0638. Saya sedang berjuang memulihkan keadaan, saling sharing positif mudah2an jd obat yg baik juga :)

    BalasHapus
  105. Thx utk infonya..ampir yuk ke http://elementmtb.com/obat-diabetes-sepeda/

    BalasHapus
  106. macam mana rumus membendung ejakulasi dini?

    kamu mampu mengahdiri dokter guna berkonsultasi. Dokter bakal merekomendasikan sesi penyuluhan yg menyeret-nyeret psikoterapi. demikian lagi dgn formula berkomunikasi dgn pasangan menyangkut disfungsi seksual. terkecuali pengarahan, pengobatan yang lain serta dapat menyeret-nyeret alat tabiat, anestesi topikal yg( diberikan serta-merta buat kulit), dan sekian banyak remedi. Berikut ini sekian banyak penjelasannya:

    1. proses perilaku
    Seperti yg telah dijelaskan di atas, ejakulasi dini mampu berjalan dikarenakan kamu merasa terpojok. daya upaya perilaku sanggup dibilang tak runyam, kamu bisa jadi dapat direkomendasikan guna masturbasi seputar tunggal, atau dua jam sebelum lakukan senggama. tabiat ini ditujukan buat membimbing ejakulasi dini selagi kamu bersambung seksual. rahasia yang lain yg sepertinya direkomendasikan yaitu menghindari senggama selagi sekian banyak kala buat konsentrasi buat kategori permainan/rangsangan seksual saja, maka tekanan yg menyulut pendapat dekat pikiran kamu bisa dihilangkan.

    BACA berulang: Berapa Kali Masturbasi yg Dianggap sedang Normal?

    2. Latihan basic panggul
    tak cuma wanita yg mampu melaksanakan senam Kegel, cowok pula mampu melakukannya. Senam Kegel mematok otot-otot basic panggul. Ejakulasi dini mampu disebabkan bersama lemahnya otot basic panggul maka kemampuan pada mengganjal ejakulasi tengah 5 memindahkan. Latihan basic panggul dgn senam Kegel sanggup membenarkan otot-otot ini.

    trick melaksanakan senam Kegel:

    - dapatkan otot yg sah. Caranya kamu dapat cobalah aktivitas mengganjal ajaran kencing, atau kencangkan otot disaat kamu mengganjal buang udara. apabila kamu telah meraih otot yg sahih, kamu dapat lakukan kegiatan ini kapan saja. Pastikan perihal ini tak menciptakan kamu jadi mengganjal urin, atau menyangga buang cuaca, lantaran dampaknya tak apik terhadap kesegaran. melakukan kegiatan tertera kala tak mau buang air mungil atau buang angin.
    - sejak mulai laksanakan usaha latihan. kamu mampu mengganjal otot basic panggul sewaktu tiga detik, dulu lemaskan buat tiga detik seterusnya. waktu kamu merasakan otot panggul telah sejak mulai menguat, kamu dapat melakukannya sambil bersila, berdiri, atau berjalan
    - Latih konsentrasi kamu. siap sedia terhadap tak latihan melenturkan otot perut, paha, atau pantat. konsentrasi saja terhadap mengencangkan otot panggul. selagi latihan, sebaiknya kamu bernapas leluasa saja, tak butuh menyangga napas Anda
    - Ulangi latihan ini. supaya akhirnya maksimal laksanakan tiga kali pada sehari. kalau, kamu telah bisa melakukannya sekian banyak kali, targetkan 10 kali klise dekat sehari

    Andrologi | bagaimana mengatasi kulup panjang

    Apakah sunat sakit | Metode sunat modesn terkini

    hubungi Dokter | Chatting gratis

    BalasHapus
  107. coba teman teman konsultasi kan dan brobat ke dokter yusuf, saya juga sekarang lagi brobat ke beliau ,beliau welcome dan asik... semoga saya dan teman teman juga bisa sembuh dengn perantara dokter yusuf amin... no WA dokter yusuf 085361675232 semoga br manfaat amin...

    BalasHapus
  108. Sama persis yg saya alami sekarang, memang penyakit gerd ini adalah penyakit aneh dan sudah 2 bulan ini saya tersiksa karna gerd sudah 2 kali opname tapi belum sembuh sembuh juga, saya mohon dengan sangat mbak solusinya agar saya bisa sembuh, nih email saya, hgozal2@gmail.com

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Categories

Komentar

Blog Archive

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...