Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • JUAL SUPERGREENFOOD

Cara Menghapus Komentar Spam

Moocen Susan | Selasa, September 24, 2013 |
Cara Menghapus Komentar Spam - Saya terkejut saat melihat ada yang berkomentar di artikel blog saya yang tidak ada hubungannya dengan isi postingan saya. Saya ingat waktu itu artikel saya tentang tutorial blog, eh dia malah komentar jualan produknya, dan ia berkomentar tidak hanya di satu postingan saja #inisihniatbanget, beberapa postingan saya dikomentari isi iklannya sendiri.Saya pun menanyakan hal ini dengan teman dan saya baru tahu kalau itu namanya spam. #Hari gini baru tahu spam? Gubrak
Pinjam gambar
Lalu, apa sebenarnya komentar spam itu? Komentar spam adalah komentar yang berisi link yang mengarah ke situs web milik spammer (orang yang melakukan spam) dengan tujuan untuk mendapatkan backlink yang berguna untuk meningkatkan peringkat blognya di mesin pencari. 

Ah ya sudah lah ya, namanya juga baru saja terjun di dunia blog. Yang penting bisa jadi pelajaran berharga saja. Nah, waktu itu karena saya baru belajar ngeblog jadinya saya hapus manual saja komentarnya. Sebenarnya ada juga cara mengatasi spam yaitu dengan memasang kode captcha tapi ntar banyak yang protes malas ngisi captcha, "ah lama ah", bla-bla-bla. Tapi setelah kupikir-pikir bagaimana ya kalau lain waktu ada lagi spammer-spammer sejati bermunculan? 

Saya pun browsing internet cara menghapus komentar spam tapi yang otomatis. Berikut ini caranya: 

1. Log in ke www.blogger.com 
2. Klik Template 

3. Klik Edit HTML

4. Cari kode ]]></b:skin> di dalam kotak template dengan menekan Ctrl+F 

 5. Paste kode berikut ini sebelum kode ]]></b:skin>
#comments p a{display:none !important;}
6. Sehingga kodenya jadi seperti ini
#comments p a{display:none !important;} ]]></b:skin>
7. Simpan 

Satu langkah mudah untuk menumpas komentar spam. Hehe…silakan dicoba ^^

4 komentar:

  1. kalo di wp.com sudah ada akismet yg secara otomatis :menangkap" spam :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya? ini khusus blogspot, kalau wp udah ada akismet ya bagus lah

      Hapus
  2. komentar spam sangat mengganggu sekali ya mbak. Mbak apa kabar? lama banget ya aku gak mampir , maafkan ya baru bisa online lagi

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...