Laman

  • HOME
  • LOMBA BLOG
  • ARTIKEL
  • TUTORIAL
  • ORDER DESIGN
  • ABOUT ME
  • JUAL KEFIR
JASA DESIGN BLOG KHUSUS BLOGSPOT & JUAL PRODUK KEFIR

Lakukan Meditasi untuk Mengatasi Stres

Agustinadian Susanti | Kamis, Juni 20, 2013 |
Praktik meditasi, terutama jenis mindful meditation, dapat membantu Anda bersantai dan menghilangkan stress. Ini karena tujuan dari mindful meditation adalah untuk memusatkan perhatian Anda pada hal-hal yang terjadi saat ini. Ide dasarnya adalah untuk mengamati dan menerima apa yang Anda alami tanpa berusaha mengubahnya.

Adjie Silarus, sang meditator, mengatakan, “Meditasi dapat membantu Anda santai, karena Anda tidak khawatir tentang apa yang terjadi sebelumnya atau yang mungkin terjadi di masa depan. Anda tidak memerlukan alat khusus untuk berlatih meditasi ini. Anda hanya duduk dalam posisi yang nyaman di kursi atau di lantai. Atau Anda dapat berbaring, pilihlah yang lebih nyaman untuk Anda.”

“Meditasi pun dapat memunculkan perasaan atau emosi tertentu. Jika ini terjadi, jangan mencoba untuk membersihkan pikiran Anda dari perasaan ini. Fokuskan saja pada apa yang Anda rasakan saat ini. Jangan tersesat dalam pikiran Anda sendiri. Jika pikiran Anda mengembara, fokuskan kembali pada saat ini. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memperhatikan tubuh Anda. Misalnya fokuskan pada napas Anda, bernapas cepat atau lambat,” tambahnya.

Adapun yang dimaksud dengan mindful meditation adalah meditasi ketika Anda duduk tanpa melakukan apapun dan fokus pada saat ini. Ketika Anda melakukan ini, Anda melepaskan pikiran-pikiran tentang masa lalu dan masa depan. Setelah Anda berlatih meditasi ini, Anda mungkin merasakan lebih mudah untuk berhati-hati bahkan ketika Anda tidak bermeditasi.

Adjie pun mengungkapkan bahwa, “Melakukan meditasi apapun berarti Anda melakukan relaksasi atas pikiran dan tubuh Anda. Hal tersebut merupakan salah satu kiat untuk mengatasi stress. Hal ini terbukti dari riset seorang ilmuwan di Harvard University, yaitu Dr. Herbert Benson dalam bukunya The Relaxation Response yang diterbitkan tahun 1968. Dan juga publikasi dari Astin JA, dari Department of Psychology and Social Behavior, University of California, Irvine, USA, yang berjudul Stress reduction through mindfulness meditation: Effects on psychological symptomatology, sense of control, and spiritual experiences.”

Manajemen Adjie Silarus, 268ED6C1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Komentar Anda sangat bermanfaat dan sangat saya hargai atau jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di livechat saya (sidebar kiri bawah)
Perhatian: saya akan menghapus otomatis komentar yang ada link hidupnya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...